Berkas Penting Pendaftaran CPNS 2021

Apa Saja Berkas Penting Pendaftaran CPNS 2021? Penyelenggaraan CPNS setiap tahunnya menjadi hal yang ditunggu tunggu banyak orang. Meskipun belum ada informasi resmi terkait formasi baru pada CPNS 2021 yang akan diumumkan bulan Maret mendatang, tak ada salahnya jika sudah mempersiapkan berkas se awal mungkin. Sebagai gambaran, yuk simak berkas penting pendaftaran CPNS 2021, seperti berikut ini!

Berkas Penting Pendaftaran CPNS 2021

A. Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS

Berkas Penting Pendaftaran CPNS 2021

Sebelum mempersiapkan berbagai macam dokumen untuk pendaftaran CPNS tahun 2021, ada baiknya jika pelamar mengetahui beberapa ketentuan. Meskipun informasi detail formasi baru terkait CPNS akan di umumkan pada bulan Maret mendatang, tetapi ada persyaratan umum yang bisa kamu persiapkan untuk pendaftaran CPNS 2021.

1. Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP

Salah satu syarat umumnya yaitu pelamar merupakan WNI atau Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP. Dengan begitu, pelamar harus berusia minimal 18 tahun saat melakukan pendaftaran. Adapun batasan usia saat melamar CPN yaitu maksimal 35 tahun saat melakukan pendaftaran. Ketentuan ini akan lebih detail dijelaskan pada instansi yang hendak dilamar.

2. Bukan merupakan pengurus maupun anggota partai politik

Selain itu, pelamar bukan merupakan pengurus maupun anggota partai politik. Tidak berhenti sampai di situ saja, pelamar juga tak diperbolehkan untuk melibatkan diri dalam pengurusan politik secara langsung. Maka dari itu, jika kamu yang ingin melamar posisi sebagai CPNS, alangkah baiknya mempertimbangkan persyaratan ini.

3. Tidak diperbolehkan sedang berstatus sebagai salah satu CPNS

Sebagai pelamar juga tidak diperbolehkan sedang berstatus sebagai salah satu CPNS, PNS, Calon Anggota Polri atau TNI. Tidak hanya itu saja, pelamar juga tidak boleh merupakan anggota sekolah ikatan dinas pemerintah, Polri, dan TNI. Artinya, bagi kamu yang sedang menerima SK atau masih berstatus PNS tidak bisa mendaftar CPNS.

4. Persyaratan lainnya sesuai dengan posisi

Ada juga persyaratan lainnya yaitu memenuhi kualifikasi pendidikan berdasarkan posisi yang kamu lamar. Kualifikasi ini akan disesuaikan dengan instansi yang kamu lamar. Selain pendidikan, persyaratan lainnya yaitu terkait tindak kriminal. Jadi, pelamar tidak boleh tersandung tindak pidana yang sudah berdasarkan putusan pengadilan, termasuk kasus narkoba.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga yaitu tidak pernah diberhentikan secara tak terhormat atau bukan pemintaan sendiri dari PNS, CPNS, dan Anggota Polri/ TNI. Selain itu, hal ini juga berlaku pada pegawai swasta. Pelamar tidak diperkenankan mendaftar jika memiliki status PHK atau diberhentikan secara tidak terhormat oleh perusahaan sebelumnya.

Syarat selanjutnya yaitu menyatakan kesediaan untuk mengabdi dan siap ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia. Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu berkelakuan baik, sehat jasmani rohani dan juga bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jika sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka kamu tinggal menyediakan syarat lainnya.

Baca juga: Ketentuan dan Syarat Pendaftaran CPNS yang Harus Diketahui

B. Berkas Utama Yang Wajib Disiapkan Untuk Mendaftar CPNS Tahun 2021

Setelah memastikan syarat syarat umum terpenuhi, pelamar juga harus mencermati beberapa berkas lainnya. Pasalnya untuk mendaftar CPNS perlu adanya berkas yang meliputi data diri, ijazah terakhir, hingga foto yang harus dilampirkan. Agar tidak kewalahan dalam mempersiapkan berkas saat formasi sudah diumumkan, maka kamu bisa mulai menyiakan mulai sekarang.

1. KTP

Berkas Penting Pendaftaran CPNS 2021

Salah satu berkas penting pendaftaran CPNS 2021 yaitu data diri. Data ini bisa ditunjukkan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk). KTP ini menjadi berkas terpenting jika ingin mendaftar CPNS. Pasalnya, KTP bisa menjadi bukti bahwa kamu adalah seseorang yang benar benar merupakan WNI atau Warga Negara Indonesia.

Untuk memudahkan pendaftaran kelak, kamu diharuskan untuk men scan berkas tersebut. Pasalnya, saat pendaftaran nanti, KTP harus diunggah ke portal pendaftaran. Selain itu, pada KTP juga ada NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang menjadi persyaratan pembuatan akun pendaftaran CPNS. Saat melakukan pendaftaran, kamu juga harus foto dengan memegang KTP.

Langkah tersebut penting sebagai bukti bahwa KTP merupakan milik kamu sendiri. Tidak hanya KTP saja yang digunakan sebagai identitas diri, sebab kamu juga harus menyiapkan KK. Kartu Keluarga ini menjadi data penting yang digunakan sebagai nomor untuk login di laman resmi pendaftaran CPNS 2021.

2. Kartu Keluarga

Seperti halnya KTP, Kartu Keluarga juga perlu di scan dalam bentuk soft file. Sehingga, pada saat pendaftaran nanti, pelamar hanya perlu upload ke website resmi atau laman seleksi. Sesudah menyiapkan data diri tersebut, hal selanjutnya yang harus kamu miliki yaitu foto. Foto yang disyaratkan untuk melamar CPNS yaitu dengan latar belakang warna merah.

Format foto sebagai kelengkapan berkas pada pendaftaran CPNS harus JPG. Sedangkan ukuran berkas dapat diketahui pada laman pendaftaran. Foto yang digunakan tentu harus resmi atau formal dan bukan foto gaya yang santai. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu berfoto di studio agar hasilnya lebih baik.

3. Ijazah

Tidak berhenti sampai di situ saja, berkas lainnya yang harus dipersiapkan yaitu Ijazah. Berkas ini juga perlu diunggah pada lam resmi CPNS 2021. Ada baiknya kamu juga menyiapkan dokumen ini dengan bentuk soft file. Selain itu, dokumen ini akan menjadi kesesuaian syarat kualifikasi pendidikan bagi instansi yang kamu tuju.

Sediakan pula berkas ijazah yang sudah difotokopi dan dilegalisasi institusi pendidikan tempat kamu mengenyam pendidikan. Hal ini sangat penting jika kamu lolos ke tahap selanjutnya. Biasanya, akan dimintai bukti fisik atau hard file terkait ijazah pendidikan terakhir yang sudah dilegalisasi. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi kesulitan menyiapkan berkas.

4. Transkrip Nilai

Selain ijazah, transkrip nilai juga penting untuk dipersiapkan. Berkas ini dibutuhkan sebagai bukti bahwa pelamar merupakan lulusan dari sebuah institusi pendidikan yang terdaftar dengan resmi. Untuk itu, pastikan data diri atau nama yang tercantum pada nilai transkrip yang kamu miliki sudah sesuai dengan KTP atau ijazah.

5. Surat Lamaran

Setelah itu, kamu juga perlu menyiapkan surat lamaran untuk mendapatkan posisi pada kursi CPNS. Bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja, tentu surat lamaran bukan merupakan hal yang asing lagi. Namun, dokumen ini mungkin akan asing bagi yang baru saja lulus. Jadi, penting untuk memperhatikan surat lamaran yang akan digunakan untuk mendaftar CPNS.

Jika berkaca pada seleksi tahun lalu, surat lamaran harus dikirimkan bersamaan dengan instansi penerima. Surat lamaran ini harus ditulis tangan dan menggunakan tinta warna hitam. Isi yang harus tercantum yaitu, nama, tempat atau tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir, formasi yang akan dilamar, hingga alamat domisili.

6. Sertifikasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi

Berkas penting pendaftaran CPNS 2021 selanjutnya yaitu sertifikasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi. Dalam seleksi CPNS periode lalu, terdapat berkas yang bisa dilampirkan untuk mengapresiasikan peserta yang memiliki predikat cumlaude saat lulus dari perguruan tinggi. kamu juga harus menyiapkannya dalam soft file untuk di upload di laman resminya.

Baca juga: Link Untuk Mendaftar CPNS 2021

Itulah beberapa informasi mengenai persyaratan untuk daftar CPNS tahun 2021. Sebagai calon pelamar, kamu bisa mempersiapkan mulai dari persyaratan umumnya terlebih dahulu. Jika sudah memenuhi persyaratan, maka bisa mulai menyiapkan berkas penting lainnya. Misalnya saja, KTP, KK, Ijazah, transkip nilai, fot dengan latar belakang merah, dan surat lamaran.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!