Alur Pendaftaran Hingga Pengumuman Tes CPNS 2021

Bagaimana Alur Pendaftaran Hingga Pengumuman Tes CPNS 2021? Pendaftaran tes seleksi CPNS kembali dibuka, rencananya akan berlangsung pada April 2021 mendatang. Sedangkan ketetapan formasi yang dibutuhkan baru diluncurkan keputusannya pada bulan Maret 2021.

Bagi anda yang bercita-cita untuk menjadi pegawai negeri, maka mulai mempersiapkannya dari sekarang. Berikut informasi terkait alur tes CPNS 2021, pendaftaran hingga pengumuman.

Alur Pendaftaran Hingga Pengumuman Tes CPNS 2021

1. Kunjungi Laman Resmi SSCN BKN

Alur Pendaftaran Hingga Pengumuman Tes CPNS 2021

Menjadi seorang ASN melalui tes CPNS harus melampaui perjalanan yang cukup panjang. Proses seleksi bukan hanya melakukan tes tertulis saja, tapi ada serangkaian alur yang perlu dijalani.

Apabila pelamar melewatkan salah satu alur atau tidak melengkapi syarat dokumen yang ditetapkan, maka calon peserta dianggap gugur dan gagal menuju tes berikutnya.

Itulah mengapa dalam mempersiapkan tes seleksi ini anda harus benar-benar teliti. Bila perlu membuat catatan sendiri apa saja dokumen yang dibutuhkan.

Tidak lupa mempelajari materi tes CPNS yang diujikan dan mulai berlatih soal-soal. Mengingat kesempatan ini tidak datang dua kali, jadi tidak ada salahnya mempersiapkannya sejak sekarang.

Pertama, anda perlu melakukan pendaftaran di laman milik SSCN BKN yaitu sscn.bkn.go.id. Website resmi tersebut dikelola oleh pemerintah, anda hanya diperkenankan untuk membuka portal online tersebut.

Jangan membukan website dengan domain yang kurang resmi, perlu diingat bahwa informasi terpercaya hanya berasal dari domain .go.id saja.

Anda juga perlu mengingat bahwa tes CPNS 2021 boleh diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi syarat.

Proses seleksinya pun tidak dipungut biaya alias gratis, tinggal daftar lalu mengkuti alur yang diumumkan. Apabila ada yang memungut biaya pendaftaran CPNS bisa dipastikan ilegal dan tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Baca juga: Link Untuk Mendaftar CPNS 2021

2. Registrasi Online di Laman Resmi

Pada tahap pendaftaran online calon peserta akan diminta membuat akun pribadi terlebih dahulu. Kemudian anda diminta untuk melengkapi dokumen sesuai syarat dan mengisi data-data penting. Diantaranya dokumen pribadi seperti Kartu Keluarga (KK), Ijazah, Kartu Tanpa Penduduk (KTP), dan transkrip nilai. Dokumen tersebut diunggah dalam kolom yang telah disediakan.

Pelamar juga diminta untuk upload foto resmi atau pas foto dengan format .jpg. Ketentuan foto untuk peserta CPNS ialah ukuran 4×6 dengan latar belakang berwarna merah.

Jika persyaratan untuk registrasi online telah terpenuhi dan dipastikan benar, anda bisa langsung submit dan mencetak kartu pendaftaran akun.

Pelamar tidak perlu terburu-buru dalam melengkapi data pada laman resmi. Karena pada tahap ini diberi kelonggaran waktu kurang lebih 2 minggu untuk unggah dokumen.

Dalam kurun waktu tersebut anda bisa mengulas kembali syarat dan berkas apa saja yang dibutuhkan. Hal ini untuk menghindari kekeliruan ketika sudah upload dan submit dokumen.

3. Seleksi Administrasi

Setelah persyaratan dokumen lengkap dan diunggah ke laman resmi, anda akan melalui alur seleksi administrasi. Para pelamar CPNS mulai diseksi oleh panitia penyelenggara pada alur ini.

Sebelumnya anda sudah diminta untuk melengkapi dokumen yang sesuai syarat. Anda bisa mengunggah berkas pribadi maupun ketentuan dokumen di akun pribadi pada laman SSCASN.

Anda perlu login ke website sscasn.bkn.go.id untuk mengecek data yang sudah didaftarkan. Kemudian ikuti alur yang diberikan yaitu memilih instansi tujuan, formasi dan jabatan yang ingin dilamar.

Sebelumnya anda wajib memerhatikan apakah formasi yang diinginkan membuka lowongan atau tidak. Nantinya pelamar CPNS diminta unggah dokumen tersebut pada akun pribadi di SSCASN.

Perhatikan alur tes CPNS 2021, pendaftaran hingga pengumuman. Berkas-berkas yang dilengkapi sesuai dengan ketentuan, disertai berkas dokumen pendukung yang disyaratkan oleh instansi tujuan.

Dokumen tersebut diunggah bersamaan kemudian anda tinggal menunggu verifikasi dari tim penyeleksi. Jika pelamar dinyatakan lolos maka bisa mengikuti tahap seleksi berikutnya.

Sebaliknya, apabila pelamar dinyatakan tidak lolos berarti ada dokumen yang kurang atau salah memahami. Pihak penyelenggara menyediakan masa sanggah bagi calon peserta yang merasa ragu dengan hasil seleksi.

Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan cek dokumen apa yang keliru, lalu mengonfirmasi kesalahan tapi berlaku bila salah dari tim penyeleksi.

4. Seleksi Kompetensi Dasar

Alur Pendaftaran Hingga Pengumuman Tes CPNS 2021

Setelah melampaui seleksi administrasi, calon peserta akan mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Seleksi ini akan dilaksanakan dengan proses Computer Assisted Test (CAT).

Sehingga semua peserta akan menjalani ujian CPNS berbasis komputer. Untuk jadwal dan lokasi ujian sudah ditentukan oleh penyelenggara sesuai dengan regional calon peserta.

Materi SKD yang diujikan antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Pada tahap ini ada passing grade yang ditentukan untuk setiap materi tes, agar meraih nilai total tertinggi. Anda perlu banyak berlatih soal SKD menjelang tes, mengingat waktu seleksi terbatas dengan komposisi soal cukup menantang.

Baca juga: Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU (Kunci Jawaban) 2021

5. Seleksi Kompetensi Bidang

Pelamar CPNS yang lolos seleksi SKD berhak mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Jumlah peserta yang boleh mengikuti seleksi ini hanya sekitar tiga kali dari jumlah formasi yang dibutuhkan.

Artinya persaingan begitu ketat pada tes SKD dan semakin sulit pada tahap tes SKB. Tapi tak perlu cemas asalkan mempersiapkan diri sejak awal pasti akan mendapat kemudahan.

Materi SKB sendiri beragam tergantung dari pihak penyelenggara sesuai pilihan formasi. Biasanya terdiri dari Tes Substantif Bidang, Tes Wawancara, Psikotes, atau Tes Keterampilan khusus beberapa jabatan.

Pada umumnya instansi pusat mengadakan minimal dua macam tes kepada pelamar. Apabila lolos pada seleksi SKB maka peserta bisa meneruskan ke tahap selanjutnya.

6. Integrasi Nilai

Menunggu waktu pengumuman menjadi masa-masa tegang bagi para pelamar CPNS. Pihak penyelenggara akan melakukan integrasi nilai dari semua tes yang dilewati peserta.

Perlu diingat bahwa SKD mempunyai bobot nilai sebesar 40 persen, sedangkan presentase nilai SKB 60 persen. Oleh sebab itu, anda perlu memacu diri untuk mendapatkan skor tinggi di kedua tes tersebut.

7. Pengumuman Kelulusan

Setelah melampaui integrasi nilai sesuai ketentuan penilaian dari masing-masing formasi, pihak penyelenggara akan mengumumkan hasilnya secara resmi.

Anda bisa mengikuti perkembangan informasinya melalui portal SSCASN atau masing-masing kementerian dan instansi tujuan. Pelamar yang diterima sebagai ASN berarti memiliki nilai kumulatif SKD dan SKB tertinggi.

8. Pemberkasan Dokumen

Alur Pendaftaran Hingga Pengumuman Tes CPNS 2021

Tidak berhenti di pengumuman saja, anda masih melalui tahap pemberkasan dokumen. Dimana pelamar harus melengkapi berkas dokumen sesuai ketentuan dari masing-masing formasi.

Seperti SKCK, surat keterangan dehat dari Rumah Sakit Pemerintah, surat pernyataan bebas narkoba, surat pernyataan bersedia ditempatkan dimana saja, dan dokumen lainnya.

Menjelas tes CPNS 2021 banyak hal yang perlu anda persiapkan, mulai dari dokumen hingga persiapan ujian seleksi. Anda harus sering memantau perkembangan informasi terkait timeline pelaksanaan CPNS 2021.

Selain itu perhatikan apa saja dokumen yang dibutuhkan, gali informasi dari berbagai sumber. Tidak lupa mulai mencicil latihan soal-soal CPNS demi kemudahan saat mengerjakan nanti.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!