Cara Agar Lolos CPNS 2021 dan Hal yang Perlu Dipersiapkan

Apa Cara Agar Lolos CPNS 2021 dan Hal yang Perlu Dipersiapkan? Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia mendambakan pekerjaan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini karena fasilitas gaji yang sudah pasti, serta adanya tunjangan kesehatan dan hari tua.

Namun sebelumnya kamu harus melalui proses seleksi CPNS yang cukup panjang dan penuh perjuangan. Berikut ini ada cara agar lolos CPNS 2021 dan hal yang perlu kamu persiapkan.

Cara Agar Lolos CPNS 2021 dan Hal yang Perlu Dipersiapkan

1. Gali dan Pahami Informasi

Cara Agar Lolos CPNS 2021 dan Hal yang Perlu Dipersiapkan

Menjelang pendaftaran CPNS 2021 tentu banyak informasi simpang siur yang berkaitan dengan mekanisme pelaksanaan. Oleh karenanya kamu perlu hati-hati ketika mendapatkan update informasi dari berbagai sumber.

Pilih dan pilah mana yang berasal dari sumber resmi dan bukan, karena salah tangkap informasi tentang proses seleksi bisa berakibat fatal.

Alangkah lebih baik ikuti informasi terbaru dari laman resmi SSCASN BKN. Website tersebut dikelola langsung oleh penyelenggara tes CPNS 2021.

Sehingga apapun berita yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi ASN ini tidak perlu diragukan. Karena jelas sumbernya resmi dari peraturan pemerintah dan bisa dipertanggung jawabkan.

2. Buat Akun Pribadi SSCASN

Setiap pelamar CPNS diwajibkan membuat akun pribadi pada laman SSCASN BKN. Nantinya kamu akan diminta untuk mengisi biodata diri secara lengkap.

Di website resmi tersebut pelamar juga bisa melihat lowongan formasi apa yang sedang dibuka. Selain itu kamu dapat lebih memahami apa saja persyaratan dan ketentuan yang dibutuhkan untuk melamar sebagai ASN.

3. Mempersiapkan Dokumen

Cara Agar Lolos CPNS 2021 dan Hal yang Perlu Dipersiapkan

Untuk mendaftar CPNS 2021 ada beberapa berkas dokumen yang dibutuhkan. Dokumen tersebut digunakan untuk mengikuti tahapan seleksi administrasi.

Karena jumlah dokumen cukup banyak, kamu perlu memahami detail berkas yang ditetapkan. Bila perlu catat di buku atau note smartphone agar kamu bisa tahu apa yang belum dilengkapi ketika persiapan berkas nanti.

Dokumen pertama yang diperlukan ialah Kartu Keluarga (KK). Kamu wajib periksa kembali apakah data di dalam KK sesuai data terbaru atau masih data lama.

Dokumen kedua adalah Kartu Tanda Penduduk, jika belum punya bisa minta Surat Keterangan (SK) ke Disdukcapil. Selanjutnya siapkan pula Ijazah, Transkrip Nilai, Pas Foto 4×6 (dengan latar merah), dan dokumen pendukung sesuai tujuan instansi.

Ketika mempersiapkan berkas pendaftaran kamu harus paham dengan baik apa saja dokumen penunjangnya. Karena setiap instansi memiliki persyaratan yang berbeda, tergantung dari jenis formasi pilihan.

Cek berkas susulan yang perlu dilampirkan oleh setiap pelamar. Kelengkapan dokumen ini sangat dibutuhkan untuk menentukan gugur tidaknya pelamar di tahap seleksi administrasi.

4. Cari Tahu Jenis Tes yang Dilaksanakan

Cara agar lolos CPNS 2021 dan hal yang perlu kamu persiapkan adalah mencari tahu macam tes yang diujikan. Hal ini cukup krusial karena berkaitan dengan skor kelulusan untuk diterima sebagai PNS.

Kemungkinan jenis tes sama seperti tahun sebelumnya, tapi bisa juga terdapat perubahan. Penting mengetahui update informasi ini sebab berhubungan dengan persiapan ujian.

Jika belum ada perubahan tertentu, berarti kamu akan menghadapi dua tipe ujian, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

SKB sendiri terdiri dari tiga materi antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ada kurang lebih 100 soal yang perlu kamu kerjakan dengan durasi 90 menit.

Pelamar yang dinyatakan lolos tes SKD, artinya boleh lanjut ke tahapan ujian SKB. Tes SKB ini merupakan ujian kompetensi yang lumayan menentukan.

Disini kamu akan diuji terkait wawasan sesuai dengan bidang formasi yang dituju. Biasanya bukan hanya ujian tulis tetapi ada tambahan tes wawancara dan tes praktik kerja langsung.

5. Latihan Soal CPNS 2021

Cara Agar Lolos CPNS 2021 dan Hal yang Perlu Dipersiapkan

Kamu perlu tahu bahwa presentase masing-masing jenis tes berbeda. Untuk tes SKD muatannya sebesar 40 persen, sedangkan tes SKB sebesar 60 persen.

Hasil skor akhir akan ditentukan berdasarkan batas maksimal dari standar kelulusan. Itulah mengapa kamu harus mempersiapkan diri sejak awal. Mengingat durasi waktu untuk pengerjaan soal sekitar 90 menit.

Luangkan waktu untuk latihan soal setiap hari, tidak perlu satu hari penuh tapi cukup minimal 2-3 jam. Beri jadwal tersendiri di tengah kesibukanmu untuk melatih kecakapan dalam menjawab pertanyaan.

Kamu bisa membeli buku latihan soal CPNS atau berlatih melalui internet. Semakin sering kamu berlatih maka bisa meminimal gugup saat mengerjakan soal nantinya.

Baca juga: Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU (Kunci Jawaban) 2021

6. Rajin Olahraga

Persiapan dokumen dan latihan soal memang penting, tapi jangan lupa tetap menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya banyak peserta yang jatuh sakit di hari-hari mendekati ujian CPNS berlangsung.

Hal ini disebabkan terlalu memforsir diri, makan tidak teratur, dan waktu istirahat terganggu. Maklum mungkin rasa khawatir berlebih membuat pola hidup berantakan.

Namun kamu harus berani melawannya, jangan sampai kesempatan emas ini terbuang sia-sia karena jatuh sakit. Buat jadwal untuk olahraga rutin minimal satu minggu sekali, tapi jika sanggup setiap hari.

Tidak perlu olah fisik berat, cukup lari pagi atau jogging di sore hari sekitar 30 menit. Disamping itu ubah kebiasaan makan dan minum yang bergizi serta atur pola makan.

7. Tumbuhkan Rasa Optimis

Wajar jika kamu merasa khawatir mengingat jumlah pendaftar CPNS 2021 mungkin lebih banyak dari sebelumnya. Tapi jangan biarkan berlarut karena kamu bisa tertekan dan stres sebelum perang.

Tumbuhkan rasa optimis dan percaya diri bahwa kamu lulus untuk ujian CPNS 2021. Sering menonton acara motivasi atau membaca kalimat penenang jiwa agar terus berpikir positif.

8. Teliti Ketika Isi Formulir

Jangan terburu-buru saat kamu mengisi formulir pendaftaran, baca satu per satu kolom isian yang tersedia. Apalagi ketika upload dokumen, perhatikan dengan baik apa jenis berkas yang perlu diunggah.

Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam seleksi administrasi, yang bisa saja menggugurkan kesempatanmu. Cek kembali apakah data yang dicantumkan sudah benar atau belum.

9. Lakukan Survey Lokasi

Jika tempat mengadakan ujian CPNS masih satu regional dengan tempat tinggalmu, usahkan untuk survey lokasi terlebih dulu.

Akan tetapi kalau berlainan kota boleh cek lokasi menggunakan Maps, atau tanya teman dan keluarga yang tinggal di kota tersebut. Hal ini untuk mengetahui rute yang akan dilalui, jadi bisa tahu harus naik kendaraan apa untuk pergi ke lokasi ujian.

Selain itu kamu bisa melakukan estimasi waktu agar tidak terlambat sampai lokasi ujian. Karena kesalahan sepele ini berakibat fatal pada hasil kelulusan ujian CPNS 2021.

Jadi kamu dapat memperkirakan hari berangkat, serta jam berapa datang di lokasi. Usahakan datang minimal 2 jam sebelum jadwal tes, agar bisa antri registrasi di awal dan pikiran tenang saat mengerjakan.

Menjelang ujian seleksi CPNS 2021 tentu banyak hal yang perlu kamu siapkan. Pertama jelas beragam dokumen yang dibutuhkan untuk seleksi administrasi.

Selanjutnya mempersiapkan fisik dan mental untuk menghadapi ujian. Dengan begitu, kamu akan jauh lebih percaya diri dan optimis melalui berbagai tes untuk lolos tes CPNS 2021.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!