Jurusan yang Gampang Menjadi CPNS

Apa Jurusan Yang Gampang Menjadi CPNS? Pendaftaran CPNS di Indonesia merupakan suatu hal yang banyak dinanti. Lazimnya, PNS dianggap terjamin hidupnya. Mendapatkan gaji yang tergolong cukup besar dengan tanggungan sebagai gaji tambahan.

Menariknya lagi, status pegawai PNS juga tergolong cukup tinggi dan terpandang. Mengetahui kondisi tersebut, berikut jurusan yang gampang menjadi CPNS untuk diketahui.

Jurusan yang Gampang Menjadi CPNS

1. Kesehatan

Jurusan yang Gampang Menjadi CPNS

Kesehatan merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Tak ayal jika jurusan ini banyak dibutuhkan sebagai CPNS.

Sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil, jurusan kesehatan banyak dibutuhkan untuk memberikan pelayanan medis kepada masyarakat di berbagai daerah.

Beberapa jurusan kesehatan yang sangat dibutuhkan untuk mendaftar CPNS berupa dokter umum, dokter spesialis, perawat dan apoteker.

Tentu saja, jurusan ini patut mendapatkan kesempatan ini karena kamu yang kuliah di bidang kesehatan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kesabaran dan ketelitian sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa setiap orang.

2. Manajemen

Mendengar jurusan manajemen mungkin terlihat sangat biasa. Jurusan yang seringkali banyak disepelekan diantara fakultas ekonomi ini ternyata sangat dibutuhkan oleh pemerintah.

Lazimnya, ilmu manajemen memiliki peran yang sangat penting karena berfungsi untuk mengatur, merencanakan, dan membuat target suatu tujuan dalam organisasi.

Mengetahui fungsi penting tersebut, tentu manajemen menjadi salah satu jurusan yang banyak dicari. Hal ini karena manajemen sangat menentukan kondisi suatu organisasi pemerintahan.

Tanpa manajemen yang baik, sangat jarang suatu organisasi pemerintahan mampu menempuh tujuan organisasi yang telah direncanakan selanjutnya.

3. Hukum

Jurusan yang Gampang Menjadi CPNS

Begitu pula, kamu bisa memilih jurusan hukum jika ingin mencalonkan diri sebagai CPNS. Lazimnya, hukum merupakan sebuah profesi yang banyak dibutuhkan.

Negara Indonesia bahkan memerlukan hukum yang baik dan jelas agar kehidupan dapat berjalan dengan baik. Misalnya saja melakukan perencanaan, melakukan perjanjian dan menyelesaikan masalah.

Salah satu pekerjaan pemerintahan yang membutuhkan jurusan ini adalah penerimaan hakim dan jaksa. Tentunya, pekerjaan tersebut memerlukan ilmu yang tinggi dan bisa dipertanggungjawabkan.

Pekerjaan tersebut bahkan membutuhkan pegangan yang kuat agar semua warga negara tidak menyalahi aturan.

Selain hakim dan jaksa, jurusan hukum nyatanya juga banyak diperlukan dalam CPNS. Aturan yang dihadirkan dalam pemerintahan seperti penyusunan rancangan undang-undang, peraturan daerah dan lainnya.

Mendapati kondisi tersebut, tak ayal jika sarjana hukum sangat berpotensi untuk menjadi pegawai PNS.

4. Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menyebabkan teknologi informasi menjadi ilmu yang banyak dibutuhkan. Pasalnya, ilmu ini sangat berkaitan erat dengan penggunaan komputer yang banyak dibutuhkan berbagai kalangan. Pemerintahan juga membutuhkan jurusan ini untuk mengikuti era globalisasi untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat.

Tentunya, teknologi informasi menjadi jurusan yang gampang menjadi CPNS. Pemanfaatan tenaga yang memiliki ilmu teknologi informasi banyak dibutuhkan untuk membuat situs web dan mengembangkan perangkat lunak.

Pekerjaan ini membutuhkan pengetahuan komputer yang handal, pemahaman logika algoritma dan berbagai pengkodean yang rumit.

Kebutuhan jurusan teknologi informasi dalam pemerintahan dapat bekerja sebagai teknisi handal untuk menghadirkan situs web pemerintah yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Begitu pula, kebiasaan masyarakat dalam menggunakan aplikasi tertentu juga dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dalam meningkatkan pelayanannya.

5. Psikologi

Selanjutnya, psikologi juga menjadi salah satu jurusan yang berpotensi untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS. Jurusan psikologi yang sangat berkaitan dengan kesehatan mental hampir memiliki kesamaan dengan jurusan kesehatan.

Jika jurusan kesehatan berkaitan dengan kondisi fisik masyarakat, maka jurusan psikologi sangat berkaitan erat dengan kondisi mental masyarakat.

Tentunya, kesehatan fisik dan mental perlu dirawat dengan baik. Ketidakseimbangan kedua kesehatan tersebut mempengaruhi kondisi setiap masyarakat.

Untuk itu, pemerintah membutuhkan tenaga ini untuk ditempatkan pada pusat pelayanan masyarakat. Misalnya saja pelayanan kesehatan mental, pelayanan kementerian hukum, studi penelitian dan lain sebagainya.

6. Pendidikan

Jika ingin membentuk negara yang maju dan sejahtera, masyarakat perlu memiliki pikiran yang maju demi masa depan yang baik. Untuk itu, pendidikan menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam menghadirkan pola pikir masa depan.

Terlebih lagi kegiatan mengajar yang dilakukan mulai dari jenjang dasar, menengah hingga tinggi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Untuk itu, CPNS membuka peluang guru untuk mengajar berbagai kalangan masyarakat sejak dini. Pekerjaan guru setelah mendaftar CPNS bahkan ditempatkan di berbagai wilayah Indonesia agar pemerataan pendidikan menjadi lebih baik.

Tenaga pendidik terampil akan dihadirkan di berbagai wilayah untuk menghadirkan pendidikan yang layak kepada setiap siswa Indonesia.

7. Teknik

Jurusan yang Gampang Menjadi CPNS

Begitu pula, teknik juga banyak dibutuhkan untuk menempati bidang pekerjaan yang dapat membantu pemerintahan. Bidang ini memiliki peran penting untuk menghadirkan pembangunan berkelanjutan dengan lebih baik.

Beberapa kualifikasi jurusan teknik dalam hal ini yaitu lingkungan, fisika, kimia, biologi, geografi, geologi, perminyakan, industri, planologi dan lainnya.

Kebutuhan jurusan teknik dalam pemerintahan berperan penyelesaian masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penyelesaian masalah ini dilakukan dengan menerapkan perpaduan pengetahuan, ilmu matematika dan pengalaman praktis. Penerapan teknis yang dikombinasikan dengan ilmu pengetahuan menghadirkan penyelesaian yang lebih maksimal.

8. Bahasa Inggris

Bahasa inggris juga termasuk salah satu jurusan yang banyak dibutuhkan. Bahasa inggris yang sudah lama menjadi bahasa internasional diharapkan mampu menjalankan berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan komunikasi.

Kamu yang memiliki jurusan ini harus mampu berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan.

Tentunya, penggunaan bahasa inggris yang baik dibutuhkan untuk menyalurkan komunikasi dalam menjalin kerjasama antar negara.

CPNS dengan kualifikasi jurusan ini biasanya akan ditempatkan pada bagian konsulat, kementerian luar negeri dan lainnya. Meski demikian, jurusan ini juga sangat dibutuhkan dalam pekerjaan jurnalisme, periklanan dan lainnya.

9. Politik Dan Pemerintahan

CPNS yang berhubungan erat dengan pekerjaan pemerintah tentu sangat membutuhkan jurusan politik dan pemerintahan. Lazimnya, jurusan ini mempelajari ilmu yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah dan politik.

Untuk itu, kamu bisa memilih jurusan ini jika bercita-cita menjadi bagian dalam abdi negara atau Pegawai Negeri Sipil.

Jurusan politik dan pemerintahan mempelajari ilmu yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan berbagai hal yang berkaitan dengan sebuah kontroversi dalam menentukan sebuah kebenaran.

Pemahaman tentang ilmu politik dan pemerintahan ini juga bisa digunakan untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah maupun pusat.

Tak hanya itu, jurusan politik dan pemerintahan ternyata memiliki peran yang sangat penting. Pemahaman tentang berbagai kebijakan dapat diperdalam dengan mempelajari birokrasi, protokoler dan membentuk citra politik yang baik.

Kamu yang memiliki jurusan ini dapat mencalonkan diri untuk mendapatkan kekuasaan negara secara demokratis.

Itulah beberapa jurusan untuk mendaftarkan diri menjadi CPNS dengan mudah. Untuk kamu yang memiliki jurusan tersebut, tentu menjadi kesempatan emas agar bisa diterima.

Meski demikian, kemudahan ini bergantung pada kebutuhan pekerjaan di tingkat pemerintahan. Kamu bahkan bisa mengulik berbagai hal untuk melihat peluang terkait pekerjaan yang dibutuhkan pemerintah.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!