Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas SEO Specialist

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas SEO Specialist? Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat menyebabkan adanya pergeseran dunia bisnis yang lebih mengarah pada digital. Tentu saja, transformasi format digital menjadi tujuan utama selain profit.

Tak ayal jika SEO specialist termasuk salah satu profesi yang diandalkan. Untuk lebih lengkapnya, yuk intip pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas SEO specialist berikut.

A. Apa Itu SEO Specialist?

Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas SEO Specialist

Sebelum membahas pekerjaan SEO specialist secara mendalam, alangkah baiknya jika pengertian SEO perlu dijabarkan. SEO atau dikenal dengan Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk mengoptimasi mesin pencarian.

Sistem ini dihadirkan sedemikian rupa agar artikel yang diupload muncul pada halaman pertama dan banyak dikunjungi.

Artikel tersebut seringkali dimanfaatkan untuk mengenalkan perusahaan kepada khalayak ramai. Tentu saja, hal ini memberikan keuntungan tersendiri untuk mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada target pasar dengan mudah dan praktis.

Dalam hal ini, pekerjaan SEO specialist berfungsi untuk memberikan informasi perusahaan kepada target pasar.

Tentu saja, SEO specialist tidak hanya dibutuhkan dalam mengenali program komputer. Pemahaman strategi marketing yang baik di internet juga dibutuhkan agar banyak calon pelanggan yang tertarik dengan bisnis anda.

Hal ini dapat dipahami bahwa SEO specialist hampir memiliki peran yang sama layaknya seorang marketing.

Meski demikian, SEO specialist lebih ditekankan pada kegiatan penjualan yang dihadirkan melalui laman web perusahaan. Pemilihan website sebagai platform penjualan diduga terbukti sangat efektif.

Website bahkan memiliki peran penting dalam membangun branding perusahaan. Terlebih lagi jika dihadirkan dengan memperhatikan tampilan user interface dan user experience.

Fungsi utama SEO specialist adalah meningkatkan traffic website secara berkala. Pasalnya peningkatan ini memiliki peran penting agar sebuah website mudah ditemukan dan dibaca banyak orang.

Untuk itu, memperhatikan beberapa komponen penting yang harus dihadirkan dalam sebuah artikel wajib untuk dilakukan.

Pekerjaan ini menghadirkan proses optimasi dengan teknik khusus agar situs mendapatkan posisi terbaik dalam mesin pencarian.

Tentu saja, SEO specialist harus memiliki keahlian dalam memahami dan menganalisis struktur sebuah website. Umumnya, jenis pekerjaan ini terbagi menjadi beberapa jabatan sesuai dengan tingkatan tertentu.

B. Jenjang Karir Dan Gaji SEO Specialist

Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas SEO Specialist

SEO specialist merupakan salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan. Pasalnya, persaingan bisnis yang beralih dalam dunia digital membutuhkan keahlian ini agar tidak tertinggal dan terhempas karena banyaknya pesaing.

Sehingga gaji SEO specialist nyatanya cukup menggiurkan untuk didapatkan. Meski demikian, gaji ini sangat tergantung dengan perusahaan tempat anda bekerja.

Menurut kitapunya.net, gaji profesi SEO specialist berkisar mulai dari Rp 4.000.000. Tentu saja, gaji ini sangat disesuaikan dengan jabatan yang anda duduki saat ini.

Semakin tinggi jabatan, semakin tinggi pula gaji yang bisa anda dapatkan. Jabatan tertinggi dari pekerjaan ini bisa mendapatkan gaji hingga Rp 40.000.000.

Beberapa tahapan jenjang karir yang bisa anda dapatkan ketika bergelut dalam bidang ini yaitu SEO Link Builder, SEO Copywriter, SEO Officer, SEO Content Writer, SEO Manager dan SEO Director.

Berbagai jenis tingkatan tersebut umumnya memiliki tugas yang berbeda. Tentu saja, SEO Director sebagai jabatan tertinggi memiliki tugas dan tanggung jawab yang paling berat.

Pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas SEO specialist alangkah baiknya perlu dipahami sebelum memilih jenis pekerjaan ini. Selanjutnya, anda juga dituntut untuk memiliki skill yang mumpuni agar dapat bekerja dengan maksimal.

Pemahaman tentang algoritma search engine, bahasa digital marketing, pemeliharaan website, tools SEO dan trend SEO adalah bekal yang harus dimiliki.

C. Mengenal Beberapa Tugas SEO Specialist

1. Riset Keyword Dan Content Strategist

Sebelum mengoptimasi sebuah mesin pencarian, seorang SEO specialist wajib merencanakan konten yang relevan. Tentu saja, konten yang berpotensi untuk mendatangkan traffic dan penjualan adalah hal yang harus diperhatikan.

Hal ini juga dapat dilakukan untuk menarik pembaca agar memberikan feedback terkait informasi yang dihadirkan.

Dalam hal ini, kegiatan riset keyword perlu dilakukan agar sebuah artikel dapat ditemukan dengan mudah dan praktis. Kemudian, keyword tersebut perlu dimasukkan ke dalam konten yang ringan dan sesuai dengan selera target pasar suatu perusahaan.

Meski demikian, konten yang dapat diterima dan menjangkau seluruh kalangan lebih direkomendasikan.

2. Optimasi SEO On Page Dan Off Page

SEO specialist bertugas untuk mengoptimasi website dengan baik. Penerapan SEO on page dapat dilakukan dengan memberikan custom title dan meta description, title image, keyword density, internal link, tag heading optimization dan keyword density.

Penerapan tersebut diharapkan dapat menghadirkan website yang dapat menjangkau target dengan ampuh.

Begitu pula, anda dapat menambahkan SEO off page agar website terlihat lebih kredibel. Hal ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan rangking status dan authority pada hasil pencarian.

Beberapa tugas dapat perlu anda lakukan ketika memanfaatkan SEO off page adalah memberikan link building (guest post, content placement, pbn), natural link building dan share to social media.

3. Menulis Dan Mengedit Artikel

Tugas SEO specialist selanjutnya yang harus dipahami adalah menulis dan mengedit artikel dengan baik. Tak hanya menghadirkan informasi terkait perusahaan, SEO specialist nyatanya harus memahami teknik copywriting untuk meningkatkan daya jual. Bahasa SEO friendly dan tambahan call to action (CTA) sangat diperlukan.

Baca juga: Peran dan Tugas Customer Service

4. Melakukan Site Audit

Sebagaimana jenis pekerjaan yang lain, site audit nyatanya juga dibutuhkan dalam dunia SEO. Tugas yang satu ini bertujuan untuk menghadirkan kondisi website yang bagus secara technical.

Hal ini bahkan perlu dilakukan secara rutin dan berlanjut agar kualitas website selalu mendapatkan ranking yang baik.

Lazimnya, pekerjaan site audit bertujuan untuk mengetahui berbagai issue-issue yang kurang tepat. Misalnya saja keberadaan tag heading yang kurang tepat, tidak ada alt pada gambar, duplicate content, mendeteksi broken link dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika beberapa kesalahan tersebut ditemukan, maka SEO specialist bertugas untuk memperbaikinya.

5. Mengoptimasi Kecepatan Website Dan User Experience

Tugas SEO specialist yang tak boleh dilewatkan adalah optimasi kecepatan website dan user experience. Kedua komponen tersebut pada dasarnya memiliki pengaruh penting terhadap pengunjung yang menyelami website perusahaan.

Beberapa tools yang sering dimanfaatkan untuk memeriksa kecepatan website diantaranya lighthouse, pagespeed insights dan GT matrix.

6. Analisis dan Laporan

Tugas terakhir yang harus diperhatikan setelah semua tugas selesai adalah analisis dan reporting. Keberhasilan proses optimasi hingga traffic yang terjaring perlu dianalisis dengan baik.

Tentu saja, hasil analisis tersebut perlu dihadirkan dalam sebuah laporan. Lazimnya, laporan ini sangat bermanfaat untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan marketing untuk melakukan strategi selanjutnya.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait pekerjaan SEO specialist. Gaji mungkin menjadi poin utama yang sering diperhatikan dalam mencari pekerjaan.

Meski demikian, pengetahuan terkait SEO specialist alangkah baiknya jika dipahami terlebih dahulu. Termasuk beberapa tugas yang akan anda lakukan ketika bergelut dalam bidang ini.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!