Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja

Apa saja Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja? Semakin banyaknya lowongan kerja palsu, tampaknya setiap tahun kebutuhan lowongan pekerjaan terus meningkat. Hal tersebut membuat persaingan cukup ketat. Sayangnya, saat ini banyak oknum yang melakukan penipuan lowongan kerja. Tidak sedikit orang yang terjebak lowongan palsu tersebut.

Lantas bagaimana ciri-ciri dan karakter penipuan lowongan kerja? Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut.

Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja / Palsu

1. Persyaratan Terlalu Mudah dan Umum

Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja

Setiap perusahaan pasti membutuhkan SDM yang kompeten. Tidak heran apabila proses seleksinya cukup ketat dilakukan. Akan tetapi terdapat beberapa lowongan yang tidak memiliki kriteria karyawan yang jelas.

Bahkan posisinya seringkali tidak dicantumkan. Nah, loker seperti inilah yang harus kamu curigai.

Seharusnya apabila perusahaan tersebut membutuhkan karyawan, mereka harus menuliskan persyaratan calon pelamar dengan jelas. Terlebih apabila lembaga tersebut adalah perusahaan yang besar.

Beberapa contoh persyaratan yang umum dan terlalu mudah adalah pendidikan minimal SMA/SMK, boleh jurusan apapun, dan tanpa pengalaman boleh mendaftar.

Meskipun beberapa persyaratan di atas terlihat menggiurkan, ada baiknya kamu cari lebih dalam informasinya. Terlebih jika posisi yang ditawarkan tidak jelas. Jangan sampai kamu menjadi korban penipuan lowongan kerja.

Takutnya saat kamu mengirim surat lamaran, informasi pribadimu akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Alamat Email Perusahaan Terlihat Tidak Professional

Alamat email merupakan identitas sebuah perusahaan. Sudah sepatutnya perusahaan membuat email yang terlihat professional.

Terlebih apabila email tersebut menjadi sosial media yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Biasanya, perusahaan besar menggunakan domain berbayar sehingga alamat email terlihat lebih bonafide.

Saat ini terdapat berbagai email dengan domain yang gratis. Kebanyakan perusahaan besar tidak menggunakan hal tersebut. Kamu boleh curiga apabila email rekrutmen menggunakan akhiran gmail atau yahoo.

Selain itu hal yang patut untuk kamu waspadai adalah ketika mereka tidak mencantumkan alamat email dan mengirimkan berkas lamaran lewat Whatsapp.

Meskipun whatsapp adalah media komunikasi, tidak mungkin perusahaan besar menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan perekrutan karyawan. Kamu patut waspada apabila loker yang hendak kamu lamar menggunakan aplikasi ini.

Lebih baik kamu cek kembali dan kunjungi website resmi perusahaan tersebut untuk menggali informasi lebih dalam.

3. Nama Perusahaan Tidak Jelas dan sulit ditemukan

Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja

Ciri ciri loker penipuan yang berikutnya adalah nama perusahaan yang tidak jelas. Apabila kamu tidak pernah mendengar nama perusahaan itu, lebih baik kamu browsing dulu di internet.

Perusahaan besar hampir semuanya memiliki website resmi. Platform tersebut menjadi salah satu bagian perkembangan komunikasi yang dapat membuat mereka lebih dikenal oleh masyarakat.

Saat mencari nama perusahaan, kamu juga harus menggali lebih dalam perusahaan apa itu.  Pastikan bahwa loker yang kamu lihat sebelumnya memang mereka tulis di halaman website.

Akan tetapi apabila nama perusahaannya tidak terkenal dan sulit dicari informasinya, lebih baik kamu pilih loker yang lain saja.

Salah satu situs pencari kerja yang saat ini banyak digunakan adalah Linkedin. Kamu bisa memeriksa eksistensi calon perusahaan melalui laman Linkedin. Lihatlah apakah perusahaan tersebut memiliki banyak karyawan atau tidak.

Selain itu cermati kegiatan rekrutmen yang mereka lakukan. Dengan begitu kamu akan terhindar dari salah satu ciri-ciri penipuan lowongan kerja.

4. Gaji Yang Ditawarkan Terlalu Tinggi

Perusahaan yang menawarkan gaji tidak sesuai dengan kualifikasi dan posisi menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai. Memiliki gaji yang tinggi dan pekerjaan yang enteng memanglah impian semua orang.

Akan tetapi, hal tersebut hampir mustahil untuk didapatkan terlebih apabila kamu yang masih fresh graduated dan belum memiliki pengalaman.

Salah satu contoh penawaran yang terlalu tinggi namun tidak masuk akal adalah persyaratan pendidikan minimal SMA/SMK dengan gaji 8-10 juta perbulan.

Pengumuman tersebut terlihat aneh bukan? Apabila kamu menemukan loker dengan tulisan seperti itu, alangkah lebih baiknya kamu menggali informasi lebih dalam.

Pendidikan terakhir, pengalaman, dan posisi memegang peranan penting sebagai patokan gaji. Saat ketiga hal tersebut tidak sinkron, kamu patut curiga. Memang memilih loker tidaklah mudah.

Kamu tidak boleh gampang tergiur dengan iming iming gaji yang tinggi. Takutnya, kamu malah menjadi salah satu korban penipuan loker yang marak  terjadi saat ini.

5. Alamat Perusahaan Sulit Ditemukan

Dalam sebuah pengumuman loker, biasanya akan dicantumkan alamat perusahaan. Coba kamu lihat apakah benar lokasinya ada atau tidak. Meskipun mungkin perusahaan itu kecil, seharusnya alamatnya tetap terdaftar di internet.

Jika masih sulit ditemukan, coba buka google maps. Perangkat tersebut bisa membantu anda untuk menemukan lokasi dengan lebih mudah.

Terkadang beberapa penipuan loker mencantumkan alamat yang salah dan asal. Hal tersebut patut untuk diwaspadai. Jangan sampai anda kelupaan untuk tidak memeriksa lokasi perusahaan terlebih dahulu.

Apabila lokasinya dekat dan bisa anda jangkau, tidak ada salahnya untuk datang secara langsung dan melihat keberadaan perusahaan agar semuanya lebih jelas.

6. Alamat Wawancara Berbeda Dengan Alamat Perusahaan

Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja

Salah satu ciri-ciri penipuan loker yang patut untuk diwaspadai adalah alamat interview yang berbeda dengan lokasi perusahaan.

Terkadang setelah kamu mengirim lamaran melalui email, kamu akan diminta untuk datang interview ke alamat perusahaan. Ketika mendapat panggilan tersebut kamu boleh merasa senang, akan tetapi jangan lupa untuk tetap waspada.

Ketika alamat wawancara berbeda dengan alamat perusahaan, kamu tidak boleh diam saja. Coba cari informasi lebih terkait dengan hal tersebut.

Kamu bisa cek apakah ada anak perusahaan mereka di alamat interview yang kamu terima. Apabila memang ada, artinya lokasi interview memang dilakukan di salah satu cabang perusahaan.

Lantas bagaimana dengan perusahaan outsources? Memang benar terkadang perusahaan tersebut melakukan wawancara di kantor mereka dan bukan di kantor perusahaan yang kamu lamar.

Meskipun begitu pada umumnya mereka telah memberikan penjelasan di awal sehingga calon pegawai tidak bingung.

Baca juga: Cara Melamar Kerja Di Job Fair

7. Calon Perusahaan Memungut Biaya

Patut digaris bawahi bahwa setiap rekrutmen perusahaan tidak memungut biaya. Kamu boleh curiga apabila mereka memintamu melakukan pembayaran saat hendak melakukan proses seleksi.

Dapat dipastikan apabila loker tersebut adalah penipuan. Meskipun biayanya sedikit, hal tersebut tetaplah tidak wajar.

Beberapa penipuan loker meminta calon pelamar membayar biaya dengan alasan akomodasi diklat. Meskipun sepintas terlihat meyakinkan, kamu tidak boleh langsung percaya.

Kegiatan tersebut sudah menjadi tanggung jawab perusahaan sehingga calon pegawai tidak perlu mengeluarkan uang.

Lantas bagaimana dengan iming iming pengembalian uang? Itu sama saja dan menjadi ciri-ciri penipuan lowongan kerja. Meskipun mereka berjanji mengembalikan uang, kamu tidak boleh termakan dengan rayuan tersebut.

Dapat dipastikan biaya yang kamu bayarkan tidak dapat kembali. Hal ini menjadi salah satu jebakan penipuan loker yang kerap terjadi.

Sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk jeli melihat setiap loker yang ada di media social. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dan berusaha mengambil keuntungan.

Meskipun mungkin informasi loker kamu dapat dari teman atau kerabat, tidak ada salahnya untuk menggali informasi lebih dalam sebelum memutuskan untuk melamarnya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!