Latihan CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (Tata Negara) Tipe 2

Latihan CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (Tata Negara) Tipe 2 – Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan wawasan peserta terhadap Kebangsaan, Pancasila, Hukum, Kebhinekaan, dan Hal-hal yang berkaitan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bangsa Indonesia telah menetapkan falsafah / prinsip dasar negara Pancasila yang artinya bahwa setiap tindakan / tindakan baik tindakan pemerintah maupun tindakan rakyat harus sesuai dengan ajaran Pancasila di bidang hukum.

Pancasila merupakan sumber dari hukum materiil, sehingga setiap isi peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan sila yang terkandung dalam Pancasila.

Undang-Undang Dasar 1945 merupakan dasar ketatanegaraan republik Indonesia. Amandemen UUD 1945 memuat empat pokok pemikiran yang merupakan cita-cita hukum bangsa Indonesia yang mendasari hukum dasar negara, baik hukum tertulis maupun hukum tidak tertulis.

Pasca amandemen UUD 1945, ditegaskan dalam pasal 1 ayat 3 bahwa “Negara Indonesia adalah negara hukum yang sebelumnya hanya tersirat dan diatur dalam penjelasan UUD 1945”.

Berdasarkan ketentuan tegas di atas, maka setiap kebijakan dan tindakan aparatur negara dan segenap rakyat harus dilandasi dan sesuai dengan aturan main hukum.

Dengan demikian semua pejabat / perangkat negara tidak akan bertindak sewenang-wenang dalam menjalankan kekuasaannya.

Atas dasar itu, Undang-Undang Tata Negara Indonesia berkembang pesat dari waktu ke waktu. Perkembangan kehidupan ketatanegaraan Indonesia saat ini mulai menggeser praktik hukum tata negara dari orientasi politik yang terlampau politis ke arah yang lebih praktis.

Perkembangan ini menunjukkan bahwa Hukum Tata Negara menempati posisi penting dalam kehidupan bernegara di Indonesia saat ini.

Petunjuk Soal:
Berdasarkan informasi singkat yang diberikan pada masing-masing soal. Isilah pilihan yang paling sesuai dengan informasi yang diberikan.


Latihan CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (Tata Negara) Tipe 2

Selamat mengerjakan Soal Latihan CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (Tata Negara) Tipe 2

Rekomendasi menggunakan komputer atau laptop, namun jika menggunakan smartphone sebaiknya gunakan browser Chrome, Opera atau UC Browser

Catatan:

  1. Tiap soal hanya ada satu jawaban yang Benar
  2. Tekan F5 jika anda ingin latihan psikotes dari awal

Anda dapat mencoba berbagai macam Try out CPNS di CPNS TWK, TKP dan TIU 20212021

Mulai sekarang…!!



Latihan CPNS - Wawasan Kebangsaan (TWK) Tata Negara Tipe 2

Simulasi CAT ini diharapkan bisa memberikan pemahaman bagaimana bentuk dan sistem ujian seleksi cpns yang menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang diberlakukan dalam seleksi CPNS 2021.



error: Content is protected !!