Sistem Gaji Kurir J&T dan Tunjangan

Bagaimana Sistem Gaji Kurir J&T dan Tunjangan? Kurir di J&T juga biasa disebut sebagai Sprinter J&T. Maka tidak heran jika ada lowongan kurir J&T yang diganti dengan nama Sprinter J&T. Biasanya gaji J&T dan JNE tidak jauh berbeda dimana besaran gajinya masih sama menurut UMR yang berlaku di daerah.

Sistem Gaji Kurir J&T dan Tunjangan

Sekitar 5 tahun yang lalu, salah satu jasa pengiriman & ekspedisi bernama PT Global Jet Express (J&T) mulai beroperasi di Indonesia. Ya, tepatnya pada 20 Agustus 2015. Meski terbilang baru dan memiliki banyak pesaing, J&T tetap bisa bertahan seperti jasa ekspedisi sebelumnya. Seperti JNE, Kantor Pos, dan lainnya.

Hal ini terlihat dari perkembangan bisnis yang relatif masih muda. Sejak 2015, J&T sudah memiliki 10.000 kurir. Yang mana jumlah kurir selalu meningkat setiap tahunnya. Padahal, pada 2019 perusahaan ini sudah merambah ke 5 negara. Yang tentunya tidak lepas dari peran dan dedikasi kurir.

Gaji kurir ekspres J&T juga termasuk di antara yang paling banyak ditanyakan oleh pencari kerja. Kami tahu sendiri bahwa distribusi jasa ekspedisi J&T sudah tersebar di luar Indonesia. Hal inilah yang membuat J&T juga membutuhkan banyak pegawai. Salah satu yang paling dibutuhkan adalah departemen kurir.

Sebelum kita membahas berapa gaji seorang kurir J&T express, ada baiknya Anda membaca ini terlebih dahulu agar Anda yakin bisa bekerja sebagai kurir J&T.

Berapa gaji kurir J&T Express setiap bulan? Apa saja syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar di perusahaan ini? Dan bagaimana cara mendaftarkannya?

Yuk mari kita simak artikel tentang Sistem Gaji Kurir J&T dan Tunjangan, semoga bermanfaat.

A. Tunjangan Kurir J&T

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu penghasilan selain gaji yang akan Anda dapatkan jika bergabung sebagai kurir di J&T, seperti:

  1. Gaji pokok tersebut sudah diatas UMR / UMK di masing-masing daerah
  2. Uang untuk transportasi atau bensin
  3. Sewa kendaraan pribadi sudah termasuk biaya perawatan sepeda motor
  4. Insentif untuk setiap pengiriman per paket yang diselesaikan.

Selain mendapat gaji pokok, kurir juga mendapat komisi. Biasanya komisi yang didapat adalah Rp 1.000 / paket yang berhasil dikirimkan ke penerima.

Semakin banyak paket yang berhasil dikirimkan, semakin banyak komisi yang akan Anda dapatkan selain akumulasi gaji bulanan.

B. Berapa Gaji Kurir J&T?

Sistem Gaji Kurir J&T dan Tunjangan

Umumnya seluruh wilayah kerja J&T sudah menerapkan gaji pokok sesuai UMR daerahnya masing-masing. Jadi pasti bisa dapat gaji tiap bulan.

Gaji bulanan untuk kurir J&T Express sekitar Rp 2.000.000 – Rp. 3.000.000. Ada yang bilang Rp 2.361.436 per bulan. Ada juga yang bilang Rp 3.000.000 per bulan. Ingat, itu hanya gaji pokok yang ditulis oleh beberapa review dari pekerja.

Sekarang kita akan menutupi gaji sprinter J&T. Untuk seorang kurir gaji rata-rata yang akan Anda dapatkan adalah Rp 2.500.000. Jelas ini gaji rata-rata beberapa daerah. Tapi tentu saja ini belum termasuk tunjangan dan komisi yang kami sebutkan di atas.

Tentunya Anda akan mendapatkan komisi dari kinerja paket yang sudah Anda ambil dan ambil dari konsumen. Biasanya komisi untuk paket ini adalah Rp 1000 per paket yang dikirim atau diambil. Tentu ini hal yang menyenangkan, karena jika bisa mengantarkan 100 paket, sehari bisa mendapatkan Rp 100.000.

Bisa dibilang gaji bekerja di J&T masih tinggi untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman. Dan gaji UMR di beberapa daerah sudah tergolong tinggi.

Dari forum Quora, ada yang mengatakan gaji kurir J&T 2020 adalah Rp 1.500.000 dan itu belum termasuk uang insentif. Dari penutur cerita di quora, untuk wilayah Jawa Timur, pendapatan dari kurir J&T bisa mencapai lebih dari Rp. 4.000.000 jika dihitung dengan komisi tadi.

C. Bagaimana Cara menjadi kurir J&T?

Informasi pertama tentang cara mendaftar kurir J&T ini. Sebelumnya, Anda harus mengetahui kualifikasi atau persyaratan untuk menjadi kurir J&T pada umumnya.

1. Berikut persyaratannya:

  1. Berusia antara 18-35 tahun.
  2. Pendidikan minimal SMA / SMK / sederajat.
  3. Memiliki motor.
  4. Memiliki SIM C yang aktif.
  5. Memiliki STNK yang aktif.
  6. Memiliki NPWP yang aktif.
  7. Memiliki SKCK yang aktif.
  8. Punya HP.
  9. Sehat jasmani dan rohani.
  10. Tidak memiliki tato di tubuhnya.
  11. Bebas dari narkoba.
  12. Jujur, pekerja keras, dan memiliki kepribadian yang baik.
  13. Menguasai jalur atau jalan alternatif dan tercepat dimana kurir / sprinter akan mengirim atau mengambil barang dari konsumen.
  14. Bersedia ditempatkan sesuai kebijakan kantor.
  15. Mengirim lamaran dan file pendukung seperti CV, fotocopy ijazah.

2. Dokumen yang dibutuhkan :

  1. Kirimkan CV yang diperbarui
  2. Foto terbaru diri Anda
  3. SKCK yang masih aktif
  4. SIM dan STNK yang masih aktif
  5. Fotocopy ijazah.

D. Tugas dan Metode Daftar Kurir J&T

Tugasnya sendiri hampir sama dengan kebanyakan kurir lainnya, seperti JNE, JNT, Ninja Express dan lainnya. Dimana tugas pokok pengiriman barang / paket. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tugas kurir Lazada:

  1. Kirim paket ke penerima tepat waktu.
  2. Kirimkan paket tanpa kerusakan saat diterima oleh penerima.
  3. Jika pengiriman paket (dokumen) dapat menjaga kerahasiaan.
  4. Buat laporan jika barang sudah berhasil dikirim.

Untuk cara mendaftar, tonton web karier J&T Express berikut (https://www.jet.co.id/about/career). Biasanya akan diinformasikan tentang lowongan pekerjaan apa saja yang masih terbuka, apa saja tugas pokok dan tanggung jawab dari jabatan tersebut, serta bagaimana cara mendaftarkannya. Nah, Anda harus memahami semua ini.

Misalnya, ketika Anda menemukan lowongan pekerjaan sebagai kurir di J&T. Segera lengkapi semua persyaratannya, serta buatlah surat lamaran kerja dan CV terbaru Anda.

Kemudian, kirim semua file lamaran ke alamat email yang tercantum di situs web karier J&T. Dengan memasukkan format berikut dalam subjek email “kota_posisi yang Anda lamar_nama Anda

Atau bisa langsung mendatangi kantor cabang J&T terdekat di kota Anda.

Setelah mengetahui informasi tersebut, khususnya gaji kurir J&T Express, apakah Anda tertarik untuk mendaftar posisi kurir? Jika iya, segera lengkapi persyaratannya dan daftarkan diri Anda secara online.

E. Sistem Kerja Kurir J&T

Sistem kerja kurir J&T bisa dibilang sama dengan jasa kurir lainnya. Seperti namanya, tugas utama kurir ini adalah mengirimkan paket ke alamat yang dituju. Tentu saja Anda hanya akan diberikan satu area untuk lebih fokus pada pengiriman.

Namun tidak hanya itu, kurir J&T juga ditugaskan untuk mengambil paket yang akan dikirim oleh konsumen. Berikut adalah alur singkat tugas kurir J&T:

  1. Penjual meminta kepada kurir untuk mengambil barang atau apa yang akan dikemas
  2. Kurir J&T akan mengambil dan mengirimkannya ke gudang atau kantor gudang untuk disortir terlebih dahulu.
  3. Paket akan disortir menurut wilayah yang berdekatan
  4. Setelah itu paket akan dikirim ke drop point yang tersebar di setiap kecamatan di kota tersebut
  5. Dari sini kemudian paket dikirim kembali ke alamat yang ditentukan oleh kurir J&T
  6. Bisa dibilang jam kerja kurir J&T mulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 8 malam dengan menggunakan sistem kerja shift yang dibagi dengan kurir lain.

Baca juga: Cara Negosiasi Gaji via Email dan saat Interview Kerja

Kesimpulan

Itu tadi gaji kurir J&T yang bisa kami sampaikan rata-rata Rp 2.500.000 tergantung luas UMR masing-masing. Gaji ini juga belum termasuk tunjangan insentif yang didapat.

Melalui inovasi dan tingkat kelangsungan hidup J&T yang baik, kemungkinan besar ini akan bertahan dalam jangka panjang. Bahkan dengan cara kerja J&T dengan e-commerce besar di Indonesia, dipastikan posisi ini juga akan lebih terbuka untuk menyerap banyak kurir di masa depan.

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang Sistem Gaji Kurir J&T dan Tunjangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua yang sedang mencari pekerjaan idaman. Semoga berhasil.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!