Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank Mandiri

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank Mandiri? Bank Mandiri juga merupakan perusahaan yang memiliki sistem akselerasi karir seperti MT dan ODP. Bank Mandiri juga memiliki anak perusahaan yaitu Mandiri Taspen dan Mandiri Syariah.

Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank Mandiri

Dan seleksi tesnya juga hampir sama dengan bank independen ODP. Kali ini kita akan membahas tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank Mandiri yang bersumber dari Quora, Kaskus maupun dari forum lain.

Apa itu Tes ODP Mandiri?

Tes ODP (Officer Development Program) di Bank Mandiri adalah sebuah program pengembangan karyawan yang ditujukan bagi calon-calon pegawai muda yang berpotensi untuk menjadi pemimpin masa depan di perusahaan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman calon pegawai dalam rangka mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan manajerial mereka.

Calon pegawai yang lolos seleksi akan mengikuti program ODP selama 12 bulan. Program ini meliputi berbagai pelatihan dan pembelajaran yang terstruktur, termasuk pelatihan dasar perbankan, manajemen risiko, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan sebagainya.

Selain itu, calon pegawai juga akan ditempatkan di berbagai unit bisnis di Bank Mandiri untuk mendapatkan pengalaman kerja yang luas dan mendalam.

Setelah menyelesaikan program ODP, calon pegawai yang telah terpilih akan ditempatkan di posisi manajerial atau kepemimpinan di Bank Mandiri.

Sehingga, tes ODP di Bank Mandiri merupakan kesempatan yang baik bagi calon pegawai muda yang berpotensi untuk mengembangkan karir di bidang perbankan dan menjadi pemimpin masa depan di perusahaan.

Tahapan Seleksi Karyawan di Bank Mandiri

Tes ODP di Bank Mandiri terdiri dari beberapa tahapan seleksi, di antaranya adalah seleksi administrasi, tes psikologi, tes kemampuan, wawancara, dan asesmen center.

Seleksi administrasi meliputi pengecekan dokumen seperti CV, ijazah, dan transkrip nilai. Tes psikologi bertujuan untuk mengukur karakteristik psikologis dan kepribadian calon pegawai.

Tes kemampuan digunakan untuk mengukur kemampuan akademik, numerik, dan logika calon pegawai. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi lebih lanjut tentang kualifikasi, pengalaman, dan motivasi calon pegawai. Asesmen center melibatkan serangkaian tes dan simulasi untuk mengukur kemampuan kepemimpinan, manajerial, dan sosial calon pegawai.

1. Seleksi CV

Info lowongan kerja odp ini bisa kamu dapatkan dari website independen maupun melalui job fair di setiap kampus yang menyelenggarakannya.

Sebelumnya Anda diminta mengisi dulu mengenai bio Anda, penjelasan tentang diri Anda, score TOEFL yang Anda miliki sebelumnya, pengalaman terbesar Anda selama ini dan bagaimana Anda mencapainya.

Intinya adalah penjelasan dan prososi singkat tentang data pribadi kita. Pengisiannya adalah model essay dengan minimal 350 kata dan ada baiknya jika dikirim dalam bahasa Inggris.

Tipsnya adalah mencari sumber lain yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan esai ini. Sebaiknya lakukan riset sebelum Anda mengisi dan memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan oleh bank independen untuk lolos ke tahap selanjutnya.

2. Tes Online

Tes online awal ini tidak akan Anda lakukan di rumah tetapi secara online telah disiapkan melalui lembaga khusus yang ditunjuk oleh bank independen untuk menanganinya.

Pada kategori tes verbal biasanya akan ada paragraf atau pernyataan tertentu. Kemudian Anda harus memilih apakah pernyataan itu benar, salah, atau tidak dapat menentukan.

Pada kategori grafik / angka, kemampuan membaca grafik akan diuji melalui sejumlah pertanyaan seputar grafik pada materi. Biasanya pertanyaan yang diajukan hanyalah pemahaman sederhana tentang data / angka yang terdapat dalam grafik.

Sebaiknya perhatikan waktu yang Anda habiskan untuk tes ini, karena ini adalah tes yang cukup singkat. Persiapkan diri Anda dengan membiasakan diri membaca grafik dan mengerjakan soal tes bakat yang bisa Anda peroleh dari internet.

Ujiannya berupa:

  1. Tes penalaran numerik adalah tes matematika dasar.
  2. Tes penalaran verbal,
  3. Tes psikologi, tes psikologi dan tes kepribadian diri serta tes bakat.

Baca juga:

3. Leaderless Group Discussion (LGD)

Pada tahap ini Anda akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang. Di sini Anda akan diberikan topik diskusi dengan kelompok Anda dan diberikan waktu untuk memberikan kesimpulan akhir untuk dipresentasikan kepada kelompok lain.

4. Tes wawancara dan Review

Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank Mandiri

Dalam wawancara ini, Anda akan menggunakan bahasa Inggris. Pertanyaan dimulai dengan pengenalan diri Anda dan tentang kehidupan di perguruan tinggi. Seperti pengalaman kerja praktek hingga judul skripsi yang kamu kerjakan dulu.

Dan juga pertanyaan tentang apa yang anda isi pada tahapan pengisian biodata pribadi pada tes seleksi CV.

Untuk tes pendahuluan atau tes verifikasi, nantinya Anda akan menemukan soal-soal seperti tes online sebelumnya. Jadi cobalah untuk belajar lagi dan ingat tentang pertanyaan sebelumnya. Tes tersebut berupa tes penalaran verbal dan tes numerik untuk bilangan matematika.

5. Tes Kesehatan

Dalam tes kesehatan ini Anda akan dipanggil ke lab kesehatan di kota Anda. Usahakan tidak begadang, merokok dan berpuasa selama 8 jam tanpa makan dan juga banyak minum air putih.

Tes pengambilan sampel darah dan urin, tes THT, tes pendengaran, tes mata tidak masalah jika Anda pengguna kacamata minus, tes ultrasound, tes rontgen dan paru-paru serta tes kesehatan umum seperti berat badan, tinggi badan dan sebagainya.

Ada juga pemeriksaan kondisi dan daya tahan tubuh menggunakan treadmill sebagai acuan untuk mengetahui tekanan darah kita.

6. Penawaran Kontrak

Pada tahap ini Anda akan mengetahui gaji dan fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan. Gaji dan fasilitas yang akan Anda dapatkan dengan mengikuti seleksi ODP bagi pegawai Bank Mandiri adalah sebesar Rp5 juta beserta fasilitas yang akan Anda dapatkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum benar-benar mendaftar menjadi ODP di Bank Mandiri. Kedengarannya tidak rumit dan pendek, bukan? Benar saja, hal inilah yang ditawarkan Bank Mandiri untuk Anda yang melamar sebagai ODP.

Diantaranya, yang hanya mengikuti empat tahap, tidak seperti posisi lain yang mengharuskan Anda mengikuti tujuh atau delapan tahap.

Nah, agar lebih lengkap dan lebih siap, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan atau catat untuk mengajukan ODP di Bank Mandiri.

Pastikan data di CV Anda selengkap mungkin, tapi hindari juga memasukkan informasi yang tidak diperlukan. Saat wawancara, jangan lupa perkenalkan diri Anda.

Jawab saja pertanyaan yang diajukan, dan jangan terlalu banyak bicara. Ikuti anjuran untuk tidak makan selama dua jam sebelum tes fisik agar hasil tes fisik Anda valid.

Sekian artikel berjudul Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank Mandiri, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!