Tes Kepribadian Online Gratis

Tes Kepribadian Online Gratis | Bagi anda yang sedang mencari dan ingin melakukan personality tes atau yang sering kita sebut tes kepribadian, tes ini kami sediakan secara gratis.

Jika Anda mencari kepribadian tentang diri Anda yang sebenarnya, tersedia banyak kuesioner kepribadian. Ada yang seperti kuis yang memberi tahu semua orang. Kuisioner lain, yang dikembangkan dan dijual sebagai alat untuk membantu orang merekrut kandidat yang tepat atau menemukan dan menganggap diri mereka lebih serius.

Tes Kepribadian Online Gratis

1. Apa itu Tes Kepribadian?

Tes kepribadian adalah alat yang digunakan untuk menilai kepribadian manusia. Pengujian dan penilaian kepribadian mengacu pada teknik yang dirancang untuk mengukur pola ciri khas yang ditunjukkan orang di berbagai situasi. Tes kepribadian dapat digunakan untuk membantu memperjelas diagnosis klinis, memandu intervensi terapeutik, dan membantu memprediksi bagaimana orang dapat merespons dalam situasi yang berbeda.

Kepribadian adalah sesuatu yang kita nilai dan gambarkan secara informal setiap hari. Ketika kita berbicara tentang diri kita sendiri dan orang lain, kita sering merujuk pada karakteristik kepribadian seseorang yang berbeda. Psikolog melakukan banyak hal yang sama ketika mereka menilai kepribadian tetapi pada tingkat yang lebih sistematis dan ilmiah.

2. Jenis Tes Kepribadian

Ada dua tipe dasar tes kepribadian: self-report inventories dan projective tests.

  1. Self-report inventories, dimana peserta tes membaca pertanyaan dan kemudian menilai seberapa baik pertanyaan atau pernyataan itu berlaku untuk mereka. Salah satu self-report inventories yang paling umum adalah Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI).
  2. Projective tests, melibatkan menghadirkan peserta tes dengan adegan, objek, atau skenario yang tidak jelas dan kemudian meminta mereka untuk memberikan interpretasi mereka terhadap item tes. Salah satu contoh yang terkenal dari projective tests adalah Rorschach Inkblot Test.

Manfaat terbesar dari Self-report inventories adalah bahwa mereka dapat distandarisasi dan menggunakan norma yang telah ditetapkan. Inventaris mandiri juga relatif mudah untuk dikelola dan memiliki keandalan dan validitas yang jauh lebih tinggi daripada tes proyektif. Projective tests, di sisi lain, paling sering digunakan dalam pengaturan psikoterapi dan memungkinkan terapis dengan cepat mengumpulkan banyak informasi tentang klien.

Sebagai contoh, seorang terapis dapat melihat tidak hanya pada respons seseorang terhadap item tes tertentu, tetapi mereka juga dapat mempertimbangkan informasi kualitatif lainnya seperti nada suara dan bahasa tubuh. Semua ini dapat dieksplorasi secara lebih mendalam ketika orang berkembang melalui sesi terapi.

3. Penggunaan Tes Kepribadian

Tes kepribadian dilakukan untuk sejumlah tujuan berbeda, termasuk:

  1. Menilai teori
  2. Mengevaluasi efektivitas terapi
  3. Mendiagnosis masalah psikologis
  4. Melihat perubahan kepribadian
  5. Menyaring kandidat pekerjaan

Tes kepribadian juga kadang-kadang digunakan dalam pengaturan forensik untuk melakukan penilaian risiko, membangun kompetensi, dan dalam sengketa hak asuh anak. Pengaturan lain di mana pengujian kepribadian dapat digunakan adalah dalam psikologi sekolah, konseling karir dan pekerjaan, konseling hubungan, psikologi klinis, dan pengujian ketenagakerjaan.

4. Manfaat Tes Kepribadian

Tes kepribadian dapat bermanfaat karena sejumlah alasan. Tes-tes ini dapat membantu Anda belajar lebih banyak tentang diri Anda dan lebih memahami kekuatan dan kelemahan Anda. Dan meskipun semua tes kepribadian berbeda, belajar bahwa Anda mungkin tinggi pada sifat tertentu dapat membantu Anda mendapatkan wawasan yang lebih besar ke dalam pola perilaku Anda sendiri.

Misalnya, hasil Anda pada tes kepribadian mungkin menunjukkan bahwa Anda menilai tinggi pada sifat kepribadian introversi. Hasil ini menunjukkan bahwa Anda harus mengeluarkan energi dalam situasi sosial, jadi Anda perlu mencari waktu sendiri untuk mengisi ulang energi Anda. Mengetahui bahwa Anda memiliki kecenderungan ini dapat membantu Anda mengenali ketika Anda mulai kehabisan bersosialisasi dan menyisihkan saat-saat tenang untuk mendapatkan kembali keseimbangan Anda.

5. Persiapan untuk Mengikuti Tes Kepribadian

Tidak ada cara untuk mempersiapkan tes kepribadian, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa hasil Anda adalah refleksi terbaik dari kepribadian Anda:

  1. Jujur, Jangan mencoba menampilkan versi “ideal” diri Anda. Sebagai gantinya, cobalah untuk hanya menjawab dengan cara yang mencerminkan siapa Anda dan bagaimana perasaan Anda.
  2. Baca instruksinya, Hasil Anda mungkin bukan refleksi akurat dari Anda jika Anda tidak memahami pedoman atau pertanyaan.
  3. Jangan mencoba untuk “mengalahkan ujian.” Hindari mencoba menebak apa yang menurut Anda mungkin dilihat sebagai jawaban “ideal”. Jawab saja dengan jujur.

Ketika Anda mulai melihat semua penilaian kepribadian yang berbeda, Anda mungkin akan melihat satu hal dengan sangat cepat: Ada banyak tes “informal” di luar sana. Hanya dengan pencarian online sederhana akan muncul sejumlah besar kuis dan tes yang dirancang untuk memberi tahu Anda sesuatu tentang kepribadian Anda.

Sebagian besar kuis yang akan Anda temui online hanya untuk bersenang-senang. Mereka dapat menghibur dan bahkan mungkin memberi Anda sedikit wawasan tentang kepribadian Anda, tetapi mereka sama sekali tidak formal, penilaian kepribadian secara ilmiah.

6. Potensi Jebakan

Walaupun tes kepribadian kadang-kadang bermanfaat, ini tidak berarti bahwa tes tersebut bukan tanpa kelemahan dan kemungkinan jebakan.

a. Mungkin Penipuan

Salah satu kelemahan terbesar dari self-report inventories adalah bahwa adalah mungkin bagi orang untuk terlibat dalam penipuan ketika menjawab pertanyaan. Meskipun teknik dapat digunakan untuk mendeteksi penipuan, orang masih dapat berhasil memberikan jawaban yang salah sering dalam upaya untuk “barang palsu” atau tampak lebih dapat diterima dan diinginkan secara sosial.

b. Diperlukan Introspeksi

Masalah potensial lainnya adalah bahwa orang tidak selalu pandai menggambarkan perilaku mereka sendiri secara akurat. Orang cenderung melebih-lebihkan kecenderungan tertentu (terutama yang dipandang diinginkan secara sosial) sambil meremehkan karakteristik lain. Ini bisa berdampak serius pada keakuratan tes kepribadian.

c. Waktu Tes Bisa Lama

Tes kepribadian laporan diri juga bisa sangat lama, dalam beberapa kasus perlu beberapa jam untuk diselesaikan. Tidak mengherankan, responden dapat dengan cepat menjadi bosan dan frustrasi. Ketika ini terjadi, peserta tes akan sering menjawab pertanyaan secepat mungkin, bahkan tanpa membaca item tes.

d. Skor Dapat Menjadi Subyektif

Tes proyektif juga memiliki sejumlah kelemahan dan keterbatasan. Masalah pertama terletak pada interpretasi tanggapan. Penilaian item tes sangat subjektif dan penilai yang berbeda mungkin memberikan sudut pandang yang sama sekali berbeda dari tanggapan.

e. Hasil Mungkin Tidak Konsisten

Tidak semua tes kepribadian dapat diandalkan atau valid. Reliabilitas mengacu pada konsistensi tes sementara validitas melibatkan apakah tes benar-benar mengukur apa yang diklaim untuk diukur.

7. Sejarah Tes Kepribadian

Salah satu bentuk tes kepribadian paling awal, yang dikenal sebagai phrenology, muncul pada akhir abad ke-18 dan dipopulerkan selama abad ke-19. Pendekatan ini melibatkan pengukuran benjolan pada tengkorak manusia, yang kemudian dikaitkan dengan karakteristik kepribadian tertentu.

Kemudian, para psikolog mulai mencoba menentukan berapa banyak ciri kepribadian yang berbeda. Gordon Allport, misalnya, mengusulkan bahwa ada lebih dari 4.000. Psikolog Raymond Cattell menggunakan teknik statistik yang dikenal sebagai analisis faktor untuk mengurangi daftar ini menjadi 16 faktor kepribadian yang berbeda, sementara Hans Eysenck mempersempit daftar menjadi hanya tiga.

Salah satu pendekatan kepribadian yang paling populer saat ini dikenal sebagai teori kepribadian Lima Besar. Teori ini menunjukkan bahwa kepribadian terdiri dari lima dimensi luas: ekstroversi, kesesuaian, kesadaran, neurotisme, dan keterbukaan.

Saat ini, berbagai macam tes kepribadian telah menjadi populer dan sering didasarkan pada teori spesifik sistem kepribadian. Tes kepribadian yang umum digunakan termasuk Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), dan Kuesioner Faktor Faktor Kepribadian Enam Belas.

8. Daftar Tes Kepribadian Online

1. Tes Kecerendungan Sukses, klik untuk memulai Tes Kecenderungan Sukses
2. Tes Adaptasi, klik untuk memulai TES ADAPTASI
3. Tes Penghargaan Kepada Pihak Lain, klik untuk memulai TES PENGHARGAAN KEPADA PIHAK LAIN
4. Tes Efisiensi Bekerja, klik untuk memulai TES EFISIENSI BEKERJA
5. Tes Toleransi dan Kepedulian Lingkungan, klik untuk memulai TES TOLERANSI & KEPEDULIAN LINGKUNGAN
6. Tes Ketegasan dan Kediplisinan, klik untuk memulai TES KETEGASAN & KEDISIPLINAN
7. Tes Pengendalian Diri, klik untuk memulai TES PENGENDALIAN DIRI
8. Tes Semangat Berprestasi, klik untuk memulai TES SEMANGAT BERPRESTASI
9. Tes Inisiatif & Kreatifitas, klik untuk memulai TES INISIATIF & KREATIFITAS
10. Tes Motivasi, klik untuk memulai TES MOTIVASI
Kami akan terus melakukan update bermagai macam tes, jadi silahkan kunjungi terus Loker Pintar untuk mencoba Tes Kepribadian Online Gratis
Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!