Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT HM Sampoerna Tbk

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT HM Sampoerna Tbk? PT HM Sampoerna yang merupakan salah satu produsen rokok terkemuka di Indonesia juga kerap menjaring calon karyawan baru. Salah satu yang sering dan banyak diminati adalah eksekutif penjualan.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT HM Sampoerna Tbk

Sebenarnya tehapan seleksi dari PT HM Sampoerna Tbk berbeda-beda tergantung dengan posisi yang anda lamar, tapi Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT HM Sampoerna Tbk ini adalah yang umum sering diceritakan berbagai sumber.

A. Tahapan Seleksi Karyawan di PT HM Sampoerna Tbk

1. Seleksi Administratif

Pengumpulan CV di website beserta pengisian formulir yang diberikan. Awalnya anda dapat memutuskan untuk mendaftar di divisi yang memungkinkan anda untuk bekerja pada divisi tersebut.

Pastikan anda mempunyai pengalaman di bidangnya dapat melamar pada divisi yang sesuai dengan passion anda.

2. Tes Tertulis dan Tes Psikologi Online

Sebelum tes dimulai, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan gambaran besar bagaimana Anda nantinya jika menjadi karyawan di Sampoerna.

Selain tes tertulis, agenda hari ini adalah Presentasi Perusahaan. Presentasi ini sangat panjang, berlangsung sekitar dua jam. Isinya menjelaskan apa itu Sampoerna, sejarahnya, sejauh mana perkembangannya, dan memetakan segala sesuatu tentang GT-Operation, ditambah tanya jawab.

Dari sini anda akan tahu, bagaimana peredaran rokok di Indonesia, penguasaan pasar, teknologi pabrikan, dan lain-lain. Setelah presentasi yang sangat panjang, kami langsung mengikuti tes tertulis.

Sebagian dari tim penjualan Sampoerna adalah pengendara mobil dan sebagian juga mengendarai mobil. Ini mengharuskan kamu untuk memiliki sim A sebagai salah satu persyaratan kualifikasinya.

Meski ada juga tenaga penjual yang mendapatkan driver sendiri sebagai asisten penjualan.

Tes tertulis di Sampoerna disebut Tes Penalaran dan terdiri dari dua bagian: verbal dan numerik. Untuk tes verbal kalau tidak salah ada 40 soal yang akan diambil dalam 25 menit.

Di setiap soal kita akan diberikan dua atau tiga kalimat (yang berfungsi sebagai data / fakta), kemudian akan ada satu pernyataan.

Tugas kita adalah menentukan apakah pernyataan itu sesuai (YA), tidak pantas (TIDAK), atau TIDAK DAPAT MENENTUKAN. Tantangannya di sini adalah, kita HANYA dapat menyimpulkan berdasarkan informasi yang diberikan dan TIDAK HARUS menggunakan wawasan yang (misalnya) sudah ada dalam pikiran kita.

Sedangkan untuk tes numerik, lebih sulit lagi. Ada 30 pertanyaan yang harus diselesaikan dalam 25 menit dan semua bentuk matematika statistik

Materi tes dan tes tertulis ada beberapa bagian, yaitu:

  1. Tes kepribadian diri
  2. Tes matematika dasar dan deret bilangan
  3. Uji statistik
  4. Tes verbal dan ruang gedung
  5. Tes Bahasa Inggris

Baca juga:

3. FGD (Focus Group Discussion)

Hanya kandidat yang memenuhi persyaratan yang lolos ke tahap ini. Tak heran banyak yang akan tersingkir sebelum memasuki tahap fgd ini.

Sebelum mengikuti tes ini, ada baiknya Anda mempelajari tentang penjualan dan pemasaran dalam memasarkan suatu produk. Jangan lupa untuk mempelajari produk apa saja yang dimiliki dan ditawarkan oleh sampoerna.

Semua calon akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan akan diberikan kasus masalah yang harus Anda diskusikan bersama.

Kasus dan topik berkisar pada bagaimana membuat pemasaran dan penjualan suatu produk menjadi lebih baik. Gunakan produk dari sampoerna untuk membantu Anda menemukan solusi yang ada.

Cobalah untuk saling membantu dan berdiskusi bukan membantah. Hormati perbedaan pendapat dan tawarkan saran yang dapat membantu pendapat orang lain.

4. Wawancara Pengguna

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT HM Sampoerna Tbk

Jika lolos tahap FGD maka tahap selanjutnya adalah wawancara pengguna. Lebih baik persiapkan bahasa Inggris Anda, karena nanti hampir 80% pertanyaan dan jawaban akan berbahasa Inggris. Berusahalah yang terbaik dan tetap tenang.

Anda akan bertemu dengan tim SDM bersama dengan manajer penjualan dan supervisor penjualan. Pertanyaan yang akan Anda terima adalah tentang perkenalan diri, kehidupan kampus Anda, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja.

Nanti Anda juga akan diberikan kasus khusus terkait penjualan dan pemasaran. Coba juga ingat untuk mengikuti tes FGD sebelumnya. Ada juga materi dan topik pembahasan yang bersumber dari materi FGD sebelumnya.

5. Business Case Presentation

Tahap terakhir yang harus ditempuh dalam presentasi bisnis. Jika tahap ini anda lewati, anda akan segera melakukan tes kesehatan dan offering.

6. Pemeriksaan kesehatan

Pada tahap ini yang akan diuji adalah tes urine dan sampel darah, tes fisik tinggi dan berat badan, tes mata dan rontgen. Untuk MCU kali ini lebih baik kalian jangan begadang sehari sebelumnya, dan jangan lupa banyak minum air putih.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT HM Sampoerna Tbk, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!