Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bank BCA

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bank BCA? Kali ini mencoba mereview rekrutmen salah satu bank di Indonesia yaitu Bank BCA. Posisi yang akan kita bahas kali ini adalah posisi frontliner di Bank BCA.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bank BCA

Bank swasta terbesar di Indonesia ini sering melakukan rekrutmen besar-besaran terutama untuk posisi frontliner. Frontliner di BCA akan dibagi menjadi dua bagian yaitu Teller dan Customer Service Officer. Anda kemudian akan diarahkan ke penempatan berikutnya selama pelatihan. Tes yang akan dihadapi adalah:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Bank BCA

1. Seleksi Administratif

Pengumpulan CV di website beserta pengisian formulir yang diberikan. Awalnya anda dapat memutuskan untuk mendaftar di divisi yang memungkinkan anda untuk bekerja pada divisi tersebut.

Pastikan anda mempunyai pengalaman di bidangnya dapat melamar pada divisi yang sesuai dengan passion anda.

Dalam pembuatan CV ada beberapa informasi yang harus tersedia. Untuk BCA sendiri, informasi yang wajib dicantumkan di CV antara lain informasi pribadi, pendidikan, dan pengalaman yang relevan.

Informasi pribadi setidaknya mencakup tempat dan tanggal lahir, alamat, alamat email, nomor telepon, status perkawinan, dan foto terbaru. Pastikan foto-foto itu rapi, profesional, dan foto individual yang terbaru.

Selain itu biasakan untuk rutin melihat email, tidak hanya di inbox Anda tetapi juga spam dan sampah. Hal ini agar pelamar tidak ketinggalan undangan wawancara yang dikirimkan melalui email. Perusahaan yang menggunakan email perusahaan, email berpotensi memasukkan spam.

Kemudian untuk informasi pendidikan biasanya yang dibutuhkan adalah informasi pendidikan dari sekolah menengah dan perguruan tinggi. Saat membuat daftar informasi pendidikan, penting untuk melampirkan jurusan dan IPK.

Dalam informasi yang berkaitan dengan pengalaman, pastikan untuk memasukkan pengalaman yang benar-benar relevan dengan posisi yang dilamar.

Jika pengalaman organisasi, kompetisi, dan kursus tidak diketahui publik, deskripsi singkat harus disertakan.

2. Tes psikotes awal

Pada tahap awal ini, sebaiknya Anda mencoba mencari contoh soal dari psikotes perusahaan lain. Jika Anda sudah sering mengikuti tes di perusahaan lain, maka Anda mungkin bisa menghadapi ujian kali ini.

Setelah lolos penyaringan CV, perusahaan biasanya akan mengirimkan undangan tes online. Pastikan pelamar membaca instruksi di email. Jika ada link untuk latihan, maka pelamar harus melakukan latihan agar terbiasa.

Akan banyak peserta yang akan tersingkir dalam tes ini. Tes psikologi digunakan untuk mengukur aspek-aspek kepribadian kita secara psikologis.

Jenis tes mulai dari tes matematika dasar, seri bilangan, tes visual dan verbal.

Baca juga:

3. Wawancara HRD

Untuk wawancara kali ini akan berjalan santai seperti obrolan tentang kehidupan pribadi Anda. Cobalah untuk tenang dan jawab sesuai dengan kepribadian Anda.

Lakukan banyak latihan wawancara. Latihan bisa dilakukan sendiri atau bersama orang lain. Tujuannya agar lebih santai saat berhadapan dengan pewawancara.

Saat menjawab pertanyaan, jawablah dengan metode STAR yaitu situation, task, action, and result. Pelamar juga perlu menjadi diri mereka sendiri dalam prosesnya karena HR melihat budaya dan potensi pelamar apakah itu sesuai dengan perusahaan dan dapat ditingkatkan.

Selain SDM, pengguna juga akan melakukan wawancara di bidang yang lebih teknis seperti kemampuan pelamar yang dibutuhkan untuk menjadi tim mereka.

Pertanyaan tentang kehidupan kampus Anda, pengalaman organisasi, pengalaman kerja jika ada, pengalaman terbaik dan bagaimana pendapat Anda tentang perusahaan ini dan posisi yang Anda lamar nanti.

  1. Nama dan asal sekolah
  2. Alasan jurusan tersebut
  3. Suka dan tidak suka serta alasannya
  4. Mengetahui dari mana asal lowongan BCA
  5. Jumlah teman dekat yang dia miliki
  6. Kekurangan dalam diri Anda dan apa yang ingin Anda perbaiki
  7. Jika ada teman yang kesulitan belajar, akan kami bantu
  8. Prestasi yang pernah diraih
  9. Pernah mengalami stres atau tidak dan apa akibatnya
  10. Kegiatan organisasi yang diikuti
  11. Lebih dekat dengan ayah atau ibumu
  12. dll

4. Wawancara User

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bank BCA

Jika lolos wawancara HRD, maka langkah selanjutnya adalah wawancara user. Pertanyaan yang akan Anda dapatkan pun bermacam-macam, hampir sama dengan pertanyaan saat wawancara HR ditambah beberapa kasus masalah tertentu.

Tips kami adalah mencoba membaca dan belajar tentang dunia perbankan, mulai dari ekonomi perbankan, teori ekonomi, hingga isu-isu hangat yang sedang berkembang di dunia perbankan.

Lebih baik lagi jika Anda menemukan masalah yang sedang terjadi di bank BCA yang nantinya dapat Anda tanyakan pada wawancara ini.

Buktikan kalau kamu sangat antusias mengikuti tes ini untuk bisa diterima sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes Bina BNI

5. MCU

Pada tahap ini BCA akan menunjuk klinik yang menjadi partner dalam proses rekrutmen. Pemeriksaan kesehatan ini terdiri dari sampel darah dan urine, tes fisik tinggi dan berat badan, tes mata, tes pernapasan dan rontgen, hingga tes tekanan darah.

Pada tahap terakhir ini, Anda akan menempuh 3 jenis tes yaitu tes urine dan tes pengambilan darah, pemeriksaan umum oleh dokter, dan rontgen paru-paru.

Ditanyakan pula riwayat keluarga, minus dan silinder mata (jika berkacamata), maka ada juga tes buta warna (untuk PPA tidak mempengaruhi).

6. Kontrak Kerja

Sebaiknya Anda menyiapkan file-file penting yang akan dibutuhkan pada saat penandatanganan kontrak. File penting antara lain ijazah terakhir, transkrip nilai, KTP, kartu keluarga, jika ada.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bank BCA, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!