Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Atasan/Bos

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Atasan/Bos | Ulang tahun merupakan momen penting bagi seseorang, dimana banyak doa dipanjatkan untuk keberkahan usia. Itulah mengapa, orang terkadang merayakannya baik pesta sebagai ungkapan syukur.

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Atasan Bos

Tapi yang terpenting ialah ucapan selamat dari orang terdekat, termasuk ketika atasanmu ulang tahun. Berikut beberapa contoh ucapan selamat ulang tahun untuk atasan/bos.

A. Tips Mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke Bos

1. Catat Tanggal Ultah Para Atasan

Di dalam budaya kantor mengucapkan ulang tahun kepada atasan cukup penting. Hal ini berkaitan dengan bagaimana kamu menghargai rekan kerja di kantor.

Begitu pula menghargai atasanmu sebagai salah satu pemimpin perusahaan, serta mentormu selama bekerja. Oleh karenanya, kamu perlu mencatat tanggal ulang tahunnya di dalam kalender.

Boleh kalender di smartphone atau kalender duduk di atas mejamu. Tidak perlu semua jajaran petinggi kantor, minimal orang penting di divisi atau departemen.

Sehingga kamu ingat kapan perlu mengucapkan ke atasan di hari kelahirannya. Meskipun hal ini sepele, namun kamu akan mendapat nilai plus di mata para pemimpin perusahaan.

2. Gunakan Bahasa Santun

Ketika kamu ingin memberi ucapan selamat ulang tahun kepada atasan, harap hati-hati dalam penggunaan bahasa. Apalagi jika kamu mengucapkannya lewat sosial media seperti WA atau email.

Tentu kamu harus menggunakan bahasa yang sopan dibaca dan tidak berbelit. Perhatikan pula tanda baca yang kamu pakai, baik titik koma atau titik untuk setiap kalimat.

Meskipun sikap atasan ketika di kantor santai dan seperti anak muda, untuk urusan chatting tetap pedulikan etika berbahasa. Selain itu, kamu perlu tahu kepada siapa ucapan akan dikirim.

Kalau beliau masih usia muda dan posisi paling dekat dengan karyawan, maka boleh pakai bahasa santai tapi tetap santun. Contoh “Selamat ulang tahun Pak! Semoga diberkati Tuhan di hari bahagia ini…”.

3. Jangan Kirim Ucapan Tengah Malam

Hampir sebagian besar orang pilih mengucapkan selamat ulang tahun saat tengah malam. Tepatnya pukul 12 malam ketika pergantian hari.

Tujuannya ingin menjadi salah satu orang spesial yang mengucapkan pertama kali. Namun hal itu tidak berlaku saat kamu ingin memberi ucapan kepada atasan. Apalagi menelfon tengah malam demi ucapan ulang tahun.

Jelas saja tindakan tersebut melanggar peraturan tak tertulis di perusahaan. Bagaimanpun mengirim ucapan tengah malam via WA kurang sopan dan mengganggu privasi.

Karena kamu mengirim pesan di luar jam kerja, apalagi tidak berhubungan dengan masalah urgent pekerjaan. Jadi ada baiknya kirim ucapan pagi-pagi saja, misalnya menjelang jam masuk kantor.

4. Pilih Kata yang Mengandung Doa

Bagi orang yang berulang tahun, satu ucapan bermakna sebuah doa untuknya. Jika ada puluhan ucapan tandanya ada puluhan orang yang mendoakannya.

Oleh sebab itu, kamu harus memilah mana kata yang mengandung doa atau hanya sekedar ucapan. Kamu bisa menggunakan kalimat doa seperti semoga panjang umur atau semoga diberi kelancara rezeki dan kesehatan.

5. Kenali Dulu Karakter Atasan

Sebelum mengucapkan selamat ulang tahun ke atasan, sebaiknya kamu tahu dulu bagaimana karakter atasanmu. Apabila dalam keseharian tipe orangnya kaku, maka kamu perlu menggunakan bahasa formal.

Kamu bisa mencari referensi contoh ucapan selamat ulang tahun untuk atasan/bos. Sehingga tata bahasa lebih teratur dan sopan dibaca.

6. Buat Ucapan Dulu di Note

Untuk menghindari kekeliruan dalam tata bahasa, sebaiknya kamu menyusun per kalimat di note smartphone. Tujuannya agar tidak ada typo, kesalahan nama, atau keliru ucapan doa.

Lewat note kamu juga bisa mengecek terlebih dulu apakah bahasa sudah enak dibaca atau belum. Jika dirasa susunan kata sudah sempurna, maka kamu tinggal copy paste ke roomchat kamu dengan si bos.

B. Manfaat Mengirim Ucapan Selamat Ulang Tahun ke Atasan

1. Dianggap Menghargai Atasan

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Atasan Bos

Bukan untuk cari perhatian atau sekedar pura-pura simpati kepada atasan saja, tapi ucapanmu adalah cara kamu menghargai posisi yang lebih tinggi darimu.

Beliau jelas lebih lama bekerja dibandingkan kamu yang baru saja masuk perusahaan. Mungkin juga usia mereka lebih tua daripada usiamu, dan yang terpenting pengalaman yang dimiliki jauh mumpuni.

Maka tidak ada salahnya mengucapkan selamat ulang tahun kepada si bos. Tidak perlu kado apabila secaara finansial belum memadai, ucapan selamat saja sudah membuat atasan bahagia.

Apalagi menggunakan bahasa yang santun saat dibaca dan kata yang dirangkai penuh doa. Otomatis para atasa menganggap bahwa kamu peduli dengan kondisi sekitar.

2. Dikenali Para Atasan

Bagi kamu yang ingin dikenali para pemimpin kantor dengan hal baik, lewat cara mengucapkan atas hari kelahirannya boleh kamu coba.

Bisa jadi karena atasanmu merasa hal tersebut istimewa, atau berarti kamu memerhatikan rekan kerjamu. Sehingga tanpa kamu sadari hal itu menambah poin plus di mata para petinggi perusahaan.

3. Agar Kerjasama Terjalin Baik

Tidak dipungkiri dalam kantor kamu dituntut kuat dalam team work. Jadi penting untuk menjalin hubungan baik antar rekan kerja demi keberlangsungan pekerjaan.

Salah satu caranya melalui ucapan selamat ulang tahun kepada atasan. Walaupun terkesan sepele, ternyata hal seperti ini bisa memperkuat kerja sama antara bos, karyawan, dan semua pihak yang terkait.

C. Komponen yang Perlu Ada dalam Ucapan Lewat WA

1. Salam dan Perkenalan

Pertama ucapkan salam terlebih dahulu, sebelum mengucapkan selamat kepada atasan. Jika mengirim pagi hari berarti sapa dengan selamat pagi.

Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan, mulai dari nama kamu dan asal divisimu. Tapi perkenalan tidak berlaku ketika kamu sudah kenal dekat. Karena pastinya si bos sudah menyimpan kontak namamu jadi tak perlu perkenalan.

2. Rangkai Kata Penuh Doa

Setelah itu langsung ucapkan selamat ulang tahun dan kalimat-kalimat penuh doa. Harap berhati-hati ketika merangkai kata doa, hal ini sebenarnya cukup krusial.

Jangan berikan doa Islami kepada atasan beragama lain, begitupun sebaliknya. Mengingat kalimat ucapanmu adalah sebuah doa terbaik yang berguna untuk kesejahteraan dan kesehatannya.

D. Contoh Ucapan Ulang Tahun Formal

Kamu bisa menggunakan ucapan formal kepada atasan, yang dirasa tipenya tidak bisa diajak bercanda. Contohnya antara lain:

“Selamat ulang tahun bapak ***. Terima kasih telah menjadi mentor dan panutan terbaik selama di kantor. Semoga Allah selalu memberikan kesehatan, rezeki yang lapang, dan kesehatan untuk keluarga bapak”

E. Contoh Ucapan Ulang Tahun Non Formal

Kalau kamu merasa dekat dengan atasan kamu, atau karena pembawaannya yang humble dan santai, kamu bisa pakai ucapan lucu. Berikut contohnya:

“Selamat bertambah usia bos. Semoga lancar rezekinya, panjang umur, sehat selalu, trus sering-sering traktir kami jug abos hahaha. Terima kasih pak, semoga sukses selalu”

Begitulah cara menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada atasan. Kamu perlu memerhatikan beberapa hal sebelum mengucapkannya.

Penggunaan bahasa haruslah santun dan enak dibaca. Selain itu, pemilihan kata doa yang digunakan harus sesuai dengan keyakinan yang dianut masing-masing atasan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!