Bocoran Lolos Seleksi Tes di MRT Jakarta

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di MRT Jakarta? PT Mass Rapid Transit Jakarta merupakan perusahaan di bawah PT KAI yang bergerak di bidang jasa angkutan umum yaitu perkeretaapian.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di MRT Jakarta

Saat ini MRT Jakarta banyak menyediakan lowongan kerja untuk berbagai posisi dan bidang pendidikan. Kali ini akan mencoba mereview tahapan dan kebocoran tes MRT Jakarta yang bersumber dari forum komunitas Kaskus dan pengalaman tes lainnya.

Anda dapat menemukan lowongan kerja di situs resmi MRT Jakarta Career dan melamar melalui situs itu dan dari bursa kerja lainnya. Berikut gambaran tahapan tes mulai dari psikotes hingga tahap akhir menjadi calon karyawan dan bekerja di MRT Jakarta.

HR menegaskan, PT MRT tidak akan membuang talenta. Saya ingat persis pernyataan HR “mereka yang masih kurang akan terus dibina dengan baik.

Ini berbeda dengan BUMN saya yang sekarang, suka menyia-nyiakan bakat orang internal. Manajemen yang peduli pada karyawan. Bahkan selama pandemi, dewan direksi berkomitmen untuk tidak memotong gaji dan bonus karyawan.

A. Tahapan Seleksi Karyawan di MRT Jakarta

1. Pengumpulan file

Pada tahap ini Anda diminta untuk mengumpulkan beberapa file penting sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Seperti yang kita bahas sebelumnya, coba lengkapi semua file yang diminta.

Hanya kandidat yang dapat menyelesaikan file yang akan dipanggil untuk tes tahap berikutnya. Tipnya adalah coba gunakan bahasa Inggris untuk mengisi formulir yang ada. Karena dibutuhkan kemampuan bahasa inggris untuk mengikuti tes ini.

Untuk file yang dibutuhkan adalah: KTP, NPWP, Jamsostek, Sertifikat Toefl, Sertifikat Pelatihan atau Kursus, Penghargaan berskala nasional / internasional, Scan KTP, NPWP, Jamsostek, Sertifikat Toefl, Ijazah, CV, Transkrip Nilai, Sertifikat Penghargaan, Sertifikat Pelatihan / Kursus .

Seminggu setelah masa registrasi, biasanya saya akan diinformasikan jika saya lolos ke tahap selanjutnya.

2. Tes Psikologis

Setelah melalui seleksi dan pengumpulan berkas, tes pertama yang akan Anda hadapi adalah psikotes. Usahakan untuk menjaga tubuh tetap fit dan sarapanlah terlebih dahulu sebelum mengikuti tes ini.

Karena ada banyak rangkaian tes dari psikotes ini dan dilanjutkan dengan tahapan FGD setelahnya.

Untuk materi dan soal yang akan diujikan mengenai:

  1. Tes matematika dasar dan deret bilangan
  2. Tes dan gambar Warteg
  3. Tes Kepribadian
  4. Tes verbal dan menggambar bentuk

Baca juga:

3. Tes FGD (Focus Group Discussion)

Tahapan selanjutnya dari seleksi ini adalah tahapan FGD atau tes kelompok untuk membahas suatu topik masalah. Pada tahun sebelumnya, ada beberapa angkatan yang menggunakan sistem FGD.

Beberapa diantaranya langsung melanjutkan ke tahap berikutnya tanpa mengikuti FGD ini. Untuk berjaga-jaga jika Anda harus mempersiapkan diri untuk siap menghadapi tes FGD.

Materi yang akan Anda dapatkan adalah tentang topik prioritas dalam situasi yang membuat Anda harus memilih mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

Semua peserta akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dan Anda akan diberikan pertanyaan dan diisi sesuai dengan pengetahuan Anda masing-masing yang nantinya akan Anda diskusikan dengan kelompok lain.

4. Wawancara Psikologis

Wawancara kali ini, tim psikolog akan mencoba mengeksplorasi kepribadian Anda melalui serangkaian tes yang telah Anda selesaikan sebelumnya.

Maka usahakan pada saat psikotes anda bisa memberikan jawaban sesuai dengan kepribadian yang anda miliki. Pertanyaan tentang perkenalan diri dan bagaimana Anda akan berkomitmen untuk bekerja di perusahaan ini nanti.

5. Online assessment

Selama tes online ini, Anda akan diminta untuk membawa laptop sendiri, yang akan digunakan untuk mengerjakan soal tes kepribadian tambahan.

Soal-soal yang akan kamu dapatkan hampir sama dengan soal psikotes sebelumnya yang berguna untuk menunjukkan sisi lain dari kepribadianmu.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT KAI (Kereta Api Indonesia)

6. Wawancara User dan Wawancara Direktur

Bocoran Lolos Seleksi Tes di MRT Jakarta

Pada hari tersebut tahapan akan dilanjutkan dengan wawancara pengguna dan wawancara sutradara. Dalam wawancara pengguna MRT Jakarta, Anda akan berhadapan dengan 2 manajer dari bidang yang Anda lamar.

Pertanyaan tentang pengalaman masa lalu di perguruan tinggi, pengalaman organisasi, pengalaman kerja jika Anda memilikinya. Pertanyaan lain terkait dengan bagian dan posisi yang akan Anda lamar nanti secara teknis.

Untuk wawancara dengan direktur, jika melewati hari itu akan langsung bertemu dengan pimpinan perusahaan MRT ini. Pertanyaannya hampir sama dengan wawancara pengguna sebelumnya dan penting juga untuk diingat tentang tugas akhir yang Anda buat selama studi sebelumnya.

Selebihnya adalah pertanyaan tentang kepribadian pribadi Anda dan kehidupan sehari-hari Anda. Secara umum, wawancara sutradara lebih santai dan lebih jitu.

7. Pemeriksaan Medis

Tahap terakhir adalah tes kesehatan. Tes kesehatan ini sebaiknya Anda berpuasa selama 12 jam terlebih dahulu dan banyak minum air putih.

Bagi Anda yang merokok, sebaiknya Anda juga mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Yang terpenting jangan sampai menyepelekan tahap terakhir ini karena ada juga yang tidak lulus meski sudah mengikuti tes kesehatan ini. Tes yang akan diperiksa meliputi:

  1. Tes fisik, tinggi dan berat badan, mata dan pendengaran
  2. Sampel darah dan urin
  3. Sinar X

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di MRT Jakarta, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!