Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT KAI (Kereta Api Indonesia)

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT KAI (Kereta Api Indonesia)? PT KAI adalah perusahaan milik negara terkemuka di Indonesia. Penyedia jasa penumpang dan kargo ini juga kerap melakukan perekrutan untuk menyeleksi karyawan baru baik melalui website resmi PT KAI maupun melalui Job Fair terkemuka di berbagai universitas di Indonesia.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT KAI (Kereta Api Indonesia)

Kali ini akan mengulas tahapan seleksi tes yang diadakan oleh PT KAI sesuai dengan informasi di berbagai forum seperti Kaskus, contoh soal apa dan bagaimana cara lulus untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Yuk mari kita simak artikel mengenai Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT KAI (Kereta Api Indonesia), semoga bermanfaat.

Tahapan Seleksi Karyawan di PT KAI (Kereta Api Indonesia)

1. Seleksi Administratif

PT KAI sering mencari calon karyawan baru melalui Job fair tertentu. Biasanya hanya kandidat yang mengikuti Job Fair yang dapat mengakses website resmi untuk mengikuti seleksi awal. Berikut adalah persyaratan umum yang harus Anda miliki

  1. Copy ijazah SLTA / D3 / S1 / S2 atau asli ijazah SLTA / D3 / S1 / S2 yang dilegalisir
  2. Fotokopi transkrip yang dilegalisir atau transkrip asli
  3. Akreditasi Jurusan (D3 / S1 / S2) pada tanggal kelulusan
  4. Salinan / Kartu Tanda Penduduk Asli (KTP)
  5. Foto copy surat pendaftaran (untuk formasi dokter umum)

2. Seleksi Kesehatan Awal PT KAI

Tempat seleksi kesehatan awal akan dilaksanakan di unit kesehatan pusat milik PT KAI. Tes awal ini mencakup semua tes kesehatan pada umumnya, berikut pemeriksaan yang dilakukan seperti:

  1. Periksa tinggi dan berat badan Anda.
    Kriteria breakout di mana berat badan sebanding dengan tinggi badan. Tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Untuk tes kesehatan dasar, parameter yang diukur adalah tinggi badan, berat badan dan berat badan ideal. Saat ini untuk tinggi laki-laki dan perempuan dibedakan:
    – Pria: Min. 165 cm
    – Wanita: Min 160 cm
  2. Periksa gigi Anda.
    Anda sebaiknya memeriksa kriteria kerusakannya terlebih dahulu atau mencabut akar gigi untuk mengetahui adanya gigi yang berlubang.
  3. Pemeriksaan mata.
    Periksa apakah mata kita minus atau tidak. Dan jika mata kita minus apakah kacamata yang kita pakai adalah kacamata yang tepat atau tidak.
  4. Pemeriksaan fisik.
    Dalam pemeriksaan ini, kita diminta untuk hanya memakai pakaian dalam untuk melihat apakah kita memiliki varises atau tidak, bertato atau berbintik akan menjadi masalah di sini.
  5. Pemeriksaan buta warna

3. Tes Wawancara Awal

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT KAI (Kereta Api Indonesia)

Yang harus Anda bawa dan persiapkan hanyalah ijazah asli, fotocopy KTP dan CV kita. Pertanyaannya masih bersifat pribadi, mengenai pengalaman pribadi Anda selama kuliah.

Mengapa Anda memilih mengambil jurusan yang saat ini Anda kuasai, pengalaman kerja dan pengalaman organisasi yang Anda miliki sebelumnya.

Intinya dalam wawancara awal ini, Anda akan ditanya tentang komponen atau hal-hal lain yang sesuai dengan jurusan Anda selama kuliah.

4. Tes Wawancara User

Sesi wawancara user ini dalam sesi wawancara seperti halnya wawancara kerja lainnya, tunjukkan minat dan motivasi Anda untuk bergabung dengan PT.KAI

5. Tes Psikologi KAI

Seperti tes psikotes lainnya, soal-soal pada tahap tes ini terdiri dari soal kepribadian pribadi, soal matematika dasar, pengenalan pola gambar, gambar pohon dan manusia beserta kegiatan yang mereka lakukan dan terakhir tes koran atau biasa disebut kreplin.

Baca juga: Latihan Psikotes Online dan Jawaban Gratis

6. Tes Kesehatan Akhir

Sebaiknya puasa 8 jam sebelum melakukan tes ini dan hanya diperbolehkan minum banyak air, jangan lupa jangan sampai begadang sebelum hari tes agar kondisi tubuh Anda tetap fit saat tes kesehatan terakhir.

Yang dilakukan adalah memeriksa darah dan tekanan darah. Ambil contoh urine, rontgen dada dan periksa jantungnya. Mohon hentikan minum alkohol seminggu sebelum tes dan kurangi merokok bagi anda yang masih merokok.

Tes dilanjutkan dengan tes fisik dimana kita hanya memakai pakaian yang disediakan oleh otoritas kesehatan dan melepas semua pakaian yang kita kenakan.

Namun perlu diperhatikan bahwa tes kesehatan awal akan diulang kembali, dan hasil yang digunakan adalah tes terakhir, sehingga jika hasilnya tidak memenuhi standar yang ditentukan maka akan dibatalkan. sekian jaga kebugaran tubuh, selamat mengikuti seleksi.

Tes Kesehatan Awal PT KAI Apa Saja?

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT KAI (Kereta Api Indonesia)

Ini adalah beberapa tes kesehatan awal yang biasa dilakukan oleh PT KAI (Kereta Api Indonesia) sebelum menerima calon pegawai baru.

Setiap perusahaan atau instansi pemerintah mungkin memiliki persyaratan tes kesehatan yang berbeda-beda, tetapi tes-tes tersebut di atas merupakan tes kesehatan yang umumnya diwajibkan.

1. Tinggi Badan dan Berat Badan (TB/BB)

Wah, PT KAI emang serius banget ngecek kondisi kesehatan calon pegawainya. Salah satu tes yang dilakukan adalah ngecek tinggi dan berat badan seseorang. Mereka pengen tahu apakah ukuran tubuh kamu sesuai sama standar yang ditentuin.

Standar ini biasanya ditetapin berdasarkan rasio tinggi dan berat badan ideal yang disebut Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT dihitung dengan rumus berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m) kuadrat.

2. Tes Kesehatan Mata

Nah, kalau kamu mau tahu tes kesehatan apa aja yang dilakukan sama PT KAI (Kereta Api Indonesia) buat ngecek kondisi kesehatan calon pegawainya, nih salah satunya adalah tes kesehatan mata.

Mereka pengen tahu apakah kamu bisa ngeliat dengan jelas dan cukup bagus buat jadi pegawai di sana.

Tes kesehatan mata ini biasanya terdiri dari beberapa tes, kayak tes buta warna, tes visual acuity, dan tes refraksi.

Tes buta warna dilakukan buat tahu apakah kamu bisa bedain warna-warna tertentu. Tes ini berguna banget buat pekerjaan yang harus bedain warna-warna tertentu, kayak petugas kebersihan, petugas keamanan, atau masinis kereta api.

Tes visual acuity dilakukan buat tahu seberapa jauh kamu bisa ngeliat dengan jelas. Tes ini berguna buat tahu apakah kamu bisa ngeliat dengan jelas dari jarak yang cukup jauh, kayak jadi petugas keamanan atau masinis kereta api.

Tes refraksi dilakukan buat tahu apakah kamu butuh kacamata atau lensa kontak buat ngeliat dengan jelas.

Tes ini dilakukan dengan alat yang disebut refraktometer atau autorefractor. Hasil tes ini bakal bantu dokter mata tahu apakah kamu butuh kacamata atau lensa kontak buat ngeliat dengan jelas.

3. Pemeriksaan Gigi

Tes Kesehatan Awal PT KAI Apa Saja? Salah satunya adalah pemeriksaan gigi. Mereka pengen tahu apakah gigi dan mulutmu sehat atau gak.

Pemeriksaan gigi ini biasanya terdiri dari dua tes, yaitu pemeriksaan visual dan pemeriksaan radiografik. Pemeriksaan visual itu dilakukan dengan cara ngecek gigi dan mulutmu langsung.

Dokter gigi bakal ngecek apakah gigimu terlihat sehat, apakah ada yang cacat, apakah ada yang gak tumbuh dengan sempurna, dan apakah ada masalah dengan mulutmu, kayak bau mulut atau radang gusi.

Pemeriksaan radiografik itu dilakukan dengan cara ngambil gambar gigimu pake sinar-X. Gambar ini bakal bantu dokter gigi tahu apakah ada masalah dengan gigi yang gak keliatan di pemeriksaan visual, kayak gigi yang belum tumbuh dengan sempurna, gigi yang tersumbat, atau masalah dengan akar gigi.

4. Ukur Tensi

Mau tahu tes kesehatan apa aja yang dilakukan sama PT KAI (Kereta Api Indonesia) buat ngecek kondisi kesehatan calon pegawainya? Salah satunya adalah ukur tensi. Mereka pengen tahu apakah kondisi tensimu normal atau gak.

Tensi itu kekuatan darah yang ngalir melalui pembuluh darah, yang terdiri dari tensi sistolik (tensi saat jantung berdetak) dan tensi diastolik (tensi saat jantung beristirahat).

Tes ini dilakukan dengan cara ngukur tensimu pake alat yang disebut sphygmomanometer atau tensimeter.

5. Pemeriksaan THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan)

Tes Kesehatan Awal PT KAI Apa Saja? Salah satunya adalah pemeriksaan THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Mereka pengen tahu apakah sistem pernapasanmu sehat atau gak.

Pemeriksaan THT ini biasanya terdiri dari dua tes, yaitu pemeriksaan terhadap telinga, hidung, dan tenggorokan, serta pemeriksaan fungsi pernapasan.

Pemeriksaan terhadap telinga, hidung, dan tenggorokan dilakukan dengan cara ngecek secara visual dan pake alat-alat yang sesuai.

Dokter atau perawat bakal ngecek apakah ada masalah dengan telingamu, hidungmu, atau tenggorokanmu, kayak telinga yang tersumbat, hidung yang tersumbat, atau tenggorokan yang meradang.

Pemeriksaan fungsi pernapasan dilakukan dengan cara ngukur kapasitas paru-parumu pake alat yang disebut spirometer. Alat ini terdiri dari tabung yang dihubungin sama mouthpiece atau masker.

Kamu bakal ngehembus udara ke dalam tabung pake mouthpiece atau masker, dan alat bakal ngukur berapa banyak udara yang bisa dihembus dan diisap sama kamu.

6. Pemeriksaan Fisik Seluruh Badan (Luar)

Pada saat tes kesehatan seluruh badan, kamu bakal dipanggil bareng sama beberapa orang lain buat masuk ke ruangan. Disana, kamu bakal diminta buat lepas baju dan cuma pake celana dalam aja.

Tes yang biasanya dilakukan termasuk cek kondisi kesehatan tulang dan ligamen di lutut, cek kulit kayak panu, kurap, dan tato, serta cek organ intim. Selain itu, tes juga bisa ngecek masalah kayak varises. Tes ini sama aja buat kepemerintahan maupun TNI.

Kesimpulan

Setelah mengetahui tahapan seleksi dan tes kesehatan PT KAI, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal yang memudahkan Anda dalam menghadapi seleksi atau tes PT KAI sebagai berikut.

Lakukan beberapa persiapan kecil sebelum tes wawancara kerja. Persiapkan untuk tes wawancara. Siapkan jawaban atas pertanyaan yang dapat diprediksi seperti alasan Anda menginginkan pekerjaan itu.

Sebelum Anda menuju tempat wawancara, sebaiknya Anda memperhatikan pakaian yang sesuai dengan perusahaan.

Baca juga: Contoh Jawaban Kelemahan Diri Dalam Wawancara dan Tipsnya

Periksa dan periksa kelengkapan dokumen pada malam sebelum ujian. Anda mungkin telah membuat daftar untuk mempersiapkan wawancara.

Pastikan Anda sudah mempersiapkan semuanya pada malam sebelum H. Jika Anda diharuskan untuk memfotokopi peralatan, maka lakukan pada malam sebelumnya.

Selain itu, melakukan apapun yang membuat Anda rileks, Anda juga harus berpikir positif bahwa ini bukan satu-satunya kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Berpikir positif bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi selama wawancara, jadi Anda akan lebih rileks. Demikian beberapa tahapan seleksi dan tes kesehatan PT KAI, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!