Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Bank Danamon

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Bank Danamon? Danamon Development Program (DDP) Ini merupakan salah satu program percepatan karir di Bank Danamon yang disebut Danamon Development Program atau yang sering disebut DDP.

Setiap perusahaan selalu memiliki program ini untuk berkembang pesat seperti MT atau MDP. Tips kerja kali ini akan membahas tentang pengalaman tes dan tahapan apa saja yang ada di MT Danamon Development Program (DDP) saat ini.

Untuk MT di Danamon, Anda akan langsung sesuai dengan divisi yang akan Anda tempati. Jadi MT di Danamon tidak komprehensif di semua manajemen perusahaan tetapi sesuai dengan divisinya. Berikut tahapan seleksi yang akan Anda jalani:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Bank Danamon

1. Administrasi File

Anda akan diminta untuk mengisi beberapa formulir data dan file di situs resmi Danamon. Karena banyak yang mendaftar dan menjadi saingan anda, lengkapi semua file yang diminta perusahaan agar anda lolos ke tahap selanjutnya.

2. Tes psikologi

Pada tahap ini Anda akan menemukan gambaran umum Bank Danamon, program MT, job description, kontrak layanan dan jenjang karir yang akan Anda dapatkan. Materi yang akan Anda terima meliputi:

  1. Tes matematika dasar
  2. Tes verbal
  3. Tes seri angka
  4. Tes gambar
  5. Dan tes psikologi kepribadian

Cobalah menjawab dengan cepat dan akurat. Karena waktu yang diberikan tidak banyak dengan jumlah soal yang terbilang banyak. Sistem panggung ini adalah sistem gugur.

3. FGD (Focus Group Discussion)

Peserta yang lolos psikotes akan langsung melanjutkan ke tahap FGD. Jumlah peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan Anda akan diberikan masalah yang harus didiskusikan bersama.

Anda akan diberikan lembar tanya jawab yang harus Anda catat terlebih dahulu jawaban pribadi Anda. Setelah itu baru diskusikan dengan kelompokmu.

Kuncinya adalah memberikan jawaban yang berbeda dan out of the box. Berikan kesempatan lain untuk berdebat dan aktif tetapi tidak berlebihan.

Materi kasus berupa pertanyaan prioritas seperti menentukan karyawan mana yang berhak mendapatkan bonus dan karyawan mana yang berhak mendapatkan PHK.

Tips:

  1. Jadilah inisiator dengan membuka forum diskusi.
  2. Segera berikan ide untuk memberi mereka kesempatan berturut-turut sehingga semua peserta memiliki kesempatan untuk berbicara. Setelah itu, mereka yang ingin memberikan pendapat tambahan dapat berbicara lagi. “Saya punya ide, bagaimana jika kita secara bergiliran membahas masalah ini sehingga semua orang dalam kelompok ini memiliki kesempatan yang adil untuk berkontribusi.” blabla Anda hanya mengaturnya
  3. Tanyakan siapa yang ingin mengemukakan ide terlebih dahulu. “Apakah ada yang ingin menjadi yang pertama?”
  4. Jadi moderator, setelah orang pertama memberikan pendapat, “siapa selanjutnya?” atau tunjuk saja orang di kanan untuk memberikan pendapat. Saat giliran Anda selesai, ungkapkan pendapat Anda, lalu rangkum sedikit.
  5. Beri peserta satu kesempatan lagi jika mereka ingin menambahkannya.
  6. Sampaikan kesimpulan akhir saat penilai memberikan pengingat sisa 2 menit.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

4. Wawancara SDM

Dalam wawancara kali ini Anda akan berhadapan dengan beberapa orang dari tim HR dan Operasional Bank Danamon. Soal yang akan diberikan adalah :

  1. Pengenalan diri
  2. Pengalaman organisasi
  3. Pengalaman kerja jika ada.
  4. Kendala dalam pekerjaan sebelumnya
  5. Mengapa Anda ingin bekerja di dunia perbankan?
  6. Berapa gaji yang Anda harapkan. Di sini, coba cari tahu terlebih dahulu mengenai gaji dari MT Bank Danamon.

5. Wawancara Pengguna

Pada tahap wawancara pengguna, Anda akan diwawancarai oleh manajer divisi yang Anda lamar. Saya pikir ada 2-3 panel wawancara dengan level manajer yang akan mewawancarai Anda.

Dalam wawancara ini, bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa. Pertanyaannya hampir sama dengan wawancara HRD sebelumnya.

Yang membedakan adalah pertanyaan teknis terkait dengan divisi yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda memilih untuk menjadi audit internal MT maka pertanyaannya adalah tentang divisi itu.

Seperti pengetahuan Anda tentang audit internal dan sebagainya.

6. MCU (Pemeriksaan Medis) dan Tanda Tangan Kontrak

Tes kesehatan ini hampir sama dengan tes kesehatan di perusahaan lain. Pemeriksaan tersebut meliputi darah, urine, mata, telinga, pemeriksaan tekanan darah, rontgen, dan konsultasi dokter.

Pada tahap penandatanganan kontrak karya akan berada di menara Bank Danamon pusat. Pada tahapan ini anda akan diperkenalkan kembali dengan program MT dari awal beserta tahapan-tahapan yang akan anda lalui saat menjadi MT DDP.

Anda akan mendapatkan pelatihan pendidikan selama 9 bulan sebelum diangkat menjadi karyawan tetap. Jika Anda tidak lulus, Anda dapat dipecat atau Anda dapat mengakhiri kontrak secara sepihak.

Untuk gaji yang sangat menjanjikan untuk ukuran kamu yang masih fresh graduate.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Bank Danamon, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!