Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Admin Online

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Admin Online? Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa di era digital informasi saat ini, sudah banyak sekali bidang profesi baru yang bermunculan, salah satunya yaitu admin online.

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Admin Online

Hal ini dikarenakan sekarang sudah banyak platform media sosial yang dimanfaatkan untuk media promosi. Apakah kamu tertarik menjadi admin online? Jika iya, yuk ismak ulasan tentang pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas admin online berikut ini.

A. Pengertian Singkat Tentang Admin Online

Secara umum, admin online baik itu untuk media sosial ataupun marketplace, merupakan seseorang yang diberi kepercayaan penuh dalam hal mengelola serta mengoperasikan segala hal yang berhubungan dengan platform online.

Tujuannya pun untuk memenuhi segala kepentingan promosi ataupun informasi dari perusahaan atau lembaga kepada pengguna internet.

Di samping itu, seorang admin online juga dituntut untuk selalu up to date terhadap tren kekinian yang saat ini sedang merajalela di jagat dunia maya.

Tentunya hal ini dilakukan dengan tujuan supaya bisa menyesuaikan konten media sosial yang dikelola dengan target pasar.

B. Tanggung Jawab Seorang Admin Online

1. Menjaga Rahasia Password Dan Keamanan Akun

Seperti yang kamu ketahui, bahwa menjaga kerahasiaan password dan juga keamanan akun media sosial ataupun marketplace adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Hal ini dikarenakan pada waktu sekarang sudah banyak sekali kejahatan didunia internet yang merajalela, apalagi untuk beberapa akun penting dan memiliki tingkat engagement yang tinggi.

Maka dari itu, selain tugas admin online  menjaga agar password akun tidak diketahui orang yang tidak berkepentingan, mereka juga harus memastikan jika akun yang sedang dikelola sudah dilengkapi sistem keamanan yang terus diperbaharui. Tujuannya, yakni untuk meminimalisir resiko terjadinya hal hal yang tidak diinginkan.

Misalnya saja seperti pembajakan oleh orang yang tidak dikenal, hingga menyebabkan citra positif dari akun tersebut menjadi negatif.

Tentu kamu pernah mendengar kasus dimana akun milik instansi maupun tokoh terkenal yang tiba tiba berkata kasar. Selain itu, ada pula kasus akun penting yang menyukai video yang tidak pantas dan hal negatif lainnya.

2. Membuat Konsep Menarik Untuk Penayangan Konten

Menjadi admin online, kamu juga harus dituntut untuk merancang setiap konsep yang nantinya akan diunggah ke media sosial yang dikelola.

Yang mana hal ini dimulai dari melakukan riset tentang konten, persiapkan gambar atau video, hingga melakukan proses editing dan juga membuat caption agar menarik minat target pasar.

Tidak dilakukan sembarangan, melainkan pembuatan konten juga harus dipersiapkan jauh jauh hari sebelum waktunya tayang.

Mungkin selama ini kamu menanggap konten yang dibuat hanya seputar informasi promosi saja, padahal sebenarnya admin online juga harus merancang konten khusus seperti giveaway ataupun beberapa peringatan hari besar nasional.

Maka jangan heran, jika ada lowongan pekerjaan untuk posisi admin online yang memiliki kualifikasi dimana perusahaan mengharuskan pelamar memiliki kemampuan dasar sebagai penunjang.

Seperti mahir menggunakan kamera, dan juga memiliki kemampuan editing software seperti Photoshop, Corel, dan beberapa perangkat lainnya.

3. Perhatikan Jadwal Waktu Tayang

Setelah admin online selesai membuat konten, tanggung jawab dan tugas berikutnya yang harus dipenuhi yaitu menjadwalkan kapan konten tersebut bisa tayang di media sosial.

Pada poin ini, admin online juga diharuskan untuk melakukan riset pada jam berapa akun media sosial yang dikelola mampu menghasilkan engagement yang bagus dan menaikkan penjualan.

Bahkan tidak jarang juga, banyak admin online yang rela begadang ataupun bangun dini hari demi mengunggah konten di jam yang tepat.

Di samping untuk menghasilkan interaksi yang maksimal, melakukan publikasi konten di waktu yang tepat juga diklaim mampu menambahkan pengikut akun secara organik.

4. Menjaga Interaksi Baik Dengan Pengikut Atau Followers Akun

Bukan hanya sekedar pembuatan konten yang menarik dipandang mata saja, tapi seorang admin online juga harus mahir menjaga interaksi atau hubungan baik dengan followers yang mengikuti akun tersebut.

Baik dari menjawab pertanyaan calon pelanggan yang ada di kolom komentar dan pesan privasi, hingga menanggapi dengan sopan segala komentar negatif.

Disini peran admin online akan sangat berpengaruh pada kelangsungan perusahaan tersebut. Dimana mereka harus bisa menangani berbagai situasi yang terjadi dalam melakukan interaksi di media sosial ataupun marketplace.

Sebaliknya, admin tidak boleh berperilaku semena mena bahkan tidak sopan kepada para followers.

Pernahkah kamu membaca lowongan posisi admin online yang mengharuskan pelamarnya merupakan sarjana lulusan ilmu komunikasi?

Jika pernah, kamu perlu tahu bahwa alasan tersebut karena admin yang berhubungan langsung dengan pelanggan harus memahami tata cara berkomunikasi yang baik dan benar demi menjaga citra perusahaan.

5. Membuat Laporan

Tanggung jawab terakhir yang umumnya juga dibebankan oleh para admin online, yaitu membuat laporan jika memang diperlukan.

Dalam hal ini, biasanya admin online diminta membuat laporan seputar demografi followers, terkait peningkatan pengikut dan juga engagement, serta unggahan mana yang memiliki tingkat interaksi paling tinggi.

Masih banyak orang yang menganggap laporan ini tidak begitu penting, padahal laporan tersebut justru membuat perusahaan mampu meningkatkan kembali strategi yang sebelumnya sudah dijalankan.

Selain itu, laporan juga dijadikan sebagai acuan paling efektif untuk meningkatkan brand awareness.

C. Kualifikasi Untuk Menjadi Admin Online

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Admin Online

Kualifikasi pertama yang harus dimiliki admin online yaitu paham komputer dan internet. Poin ini dijadikan sebagai syarat wajib karena nantinya kamu akan mengoperasikan beberapa tools komputer.

Contohnya seperti aplikasi office, browser, hingga mengirim email pada perusahaan lain atau stakeholder. Namun untuk teknis seputar menangani orderan, biasanya akan diberi training terlebih dahulu.

Tidak hanya berfokus pada teknik saja, tapi admin online juga harus memiliki sifat yang cekatan. Hal ini perlu diperhatikan, karena nanti kamu akan mendapatkan banyak orderan dan tentu akan menuntut kamu harus bisa melakukannya secara detail agar tidak membuat para calon konsumen kecewa dengan perusahaan.

Apakah kamu memiliki sifat penyabar? Jika iya, berarti kamu memenuhi salah satu persyaratan ini. Karena menjadi admin online, mengharuskan kamu selalu sabar mengurusi semua chat konsumen yang masuk.

Dalam kasus ini, tidak jarang juga ada konsumen yang membuat kesal dan terus bertanya produk, padahal informasi di website sudah jelas. Maka dari itu, kamu harus hadapi dengan penuh kesabaran.

Kemampuan terakhir yang tidak boleh terlupakan yakni memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Mengapa? Karena jika kamu tidak mengedepankan ketelitian, bisa saja salah mengirim barang ataupun salah memproses orderan yang berujung pada munculnya permasalahan.

Maka dari itu, tidak heran jika pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas admin online akan sesuai dengan tanggungjawab yang dibebankan kepadanya.

Dari informasi lengkap yang berkaitan dengan admin online tersebut, diharapkan bisa menambah wawasan kamu yang berkeinginan untuk menjadi admin online di salah satu perusahaan terkemuka.

Dengan begitu tentu kamu bisa mempersiapkan diri lebih matang sebelum menghadapi dunia kerja menjadi admin online yang handal.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!