Bocoran Lolos Seleksi Tes di Hutama Karya

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di Hutama Karya? Mengingat saat ini PT Hutama Karya (Persero) sering membuka kembali rekrutmen Management Trainee dan cukup banyak pihak yang menanyakan tahapan proses rekrutmen ini, maka masuk akal jika saya paparkan di artikel ini.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Hutama Karya

Merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan properti, PT Hutama Karya merupakan salah satu perusahaan yang banyak diminati oleh para pencari kerja di Indonesia.

Kali ini akan mencoba mengulas pengalaman dan tahapan seleksi Management Trainee atau yang biasa disebut dengan MT di perusahaan Hutama Karya.

Anda dapat membaca dan mencari seleksi dan lowongan kerja dari perusahaan ini melalui lowongan kerja seperti website resmi atau dari job fair di universitas-universitas di Indonesia.

Kali ini, kami akan mengulas Bocoran Lolos Seleksi Tes di Hutama Karya dengan berbagai posisi dan jenjang karir. Berikut adalah langkah-langkah yang akan Anda lalui:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Hutama Karya

1. Seleksi Administratif

Seperti halnya perusahaan lain, proses rekrutmen harus dimulai dengan seleksi administrasi dimana pada tahap ini Anda perlu mengisi informasi dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Informasi yang kurang lebih perlu dilengkapi antara lain data pribadi, keluarga, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, lokasi ujian dan lain sebagainya. Pun dengan lampiran yang perlu diunggah, seperti KTP, akta kelahiran, ijazah, transkrip nilai, sertifikat TOEFL, dan sertifikat prestasi lainnya.

Saya tidak tahu persis apa yang akan dinilai pada saat seleksi, tapi ketika saya pelajari lebih lanjut, yang perlu kita khawatirkan saat pendaftaran adalah apa yang diinginkan Hutama Karya itu sendiri.

Misalnya, ketika diminta TOEFL, isilah TOEFL-nya. Karena pengalaman, teman saya bersikeras untuk mendaftar tetapi tidak memiliki TOEFL pada akhirnya, dia gagal.

2. Tes Online

Dalam tes online ini, setiap peserta akan dibagi menjadi beberapa grup jadwal tes. Materi yang diujikan pada tahap ini masih bersifat umum yaitu TPA yang terbagi menjadi beberapa subtes dengan alokasi waktu yang berbeda, seperti verbal, aritmatika, logika, analogi, pola gambar dan pola urutan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengikuti tes online adalah sebagai berikut:

  1. Penting untuk diingat pada tahap ini untuk selalu membaca instruksi tes dengan seksama dan tidak ketinggalan informasi penting apapun, baik itu tentang teknik kerja maupun waktu yang diberikan. Kedengarannya sepele tapi sering menjadi masalah saat tes selesai.
  2. Pastikan koneksi internet stabil. Cari tempat yang nyaman dan siapkan semua perlengkapan yang dirasa perlu, seperti kertas, pulpen, dll.
  3. Jangan terlalu fokus pada satu pertanyaan. Buat strategi Anda sendiri untuk mengalokasikan waktu Anda.

Setiap orang mungkin memiliki trik dan persiapan yang berbeda. Beberapa orang berlatih beberapa hari sebelumnya dengan banyak mengerjakan soal TPA.

Namun, saya pribadi belum pernah berlatih sehari sebelumnya. Karena pada dasarnya tujuan ujian adalah untuk melihat profil kemampuan berpikir individu yang kemudian disesuaikan dengan budaya Perusahaan.

Namun, saya sendiri memiliki kebiasaan bermain Sudoku, satu-satunya permainan yang saya miliki, di waktu luang saya yang menurut saya cukup membantu untuk kemampuan logika saya.

Baca juga:

3. Tes tertulis

Beruntung bagi Anda yang bisa menyisihkan peserta lain saat proses seleksi berkas, karena tentunya sudah ratusan bahkan ribuan yang sudah mendaftar di perusahaan ini. Tes ini lebih seperti psikotes di perusahaan pada umumnya. Tes tertulis ini akan dibagi menjadi beberapa sesi, yaitu:

a. Psikotes

Siapkan alat tulis dari pensil dan pulpen untuk menjawabnya. Bagi Anda yang terbiasa makan psikotes, ini akan menjadi hal yang mudah untuk Anda lakukan.

Soal-soal tersebut terdiri dari, tes pauli atau tes koran, tes matematika dasar, tes kepribadian diri, tes verbal, tes antonim sinonim.

b. Tes pengetahuan dasar

Dalam tes ini, setiap peserta akan mendapatkan pertanyaan yang berbeda tergantung jurusan dan posisi yang Anda lamar.

Bahkan lebih baik untuk mempelajari teori dasar dari posisi yang Anda lamar dan kembali ke buku catatan perguruan tinggi Anda terlebih dahulu. Masalahnya adalah tentang materi dasar dan teori dasar studi Anda terlebih dahulu.

c. Tes Bahasa Inggris

Hampir sama dengan tes TOEFL pada umumnya, seperti tentang grammar, reading, writing dan structure. Untuk belajar, cobalah tes TOEFL terlebih dahulu.

4. Wawancara HRD

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Hutama Karya

Wawancara ini juga dibagi menjadi 2 sesi dan Anda akan menjalani semua sesi secara bergantian dan di hari yang sama.

Sesi pertama akan di wawancara dengan psikolog dari HK dan sesi selanjutnya akan di wawancara langsung dengan tim HRD HK.

Pertanyaan tentang pengalaman pribadi seperti pengalaman kuliah, pengalaman organisasi, dan pengalaman kerja sebelumnya jika ada. Pertanyaan lain terkait komitmen kerja jika Anda bekerja di perusahaan ini.

Ingat jawaban Anda saat mengikuti tes psikologi sebelumnya, karena nanti akan ada pertanyaan tentang jawaban Anda saat tes paling sulit.

Untuk wawancara ini menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar, Anda juga dapat menggunakan bahasa Inggris sebagai referensi tergantung pada posisi Anda diwawancarai.

Jika lolos pada tes pensil & kertas sebelumnya, maka langkah selanjutnya adalah wawancara HC & Pengguna. Tidak banyak yang bisa saya bagikan tentang tahap ini karena satu orang akan berbeda dari yang lain dalam hal pertanyaan yang diajukan.

Wawancara HC pada umumnya mungkin sama dengan wawancara HC di perusahaan lain, yaitu melihat seberapa baik Anda mengenal perusahaan tersebut, alasan mengapa Anda memilih untuk mendaftarkan perusahaan tersebut daripada perusahaan lain, kesediaan Anda untuk ditempatkan di luar daerah, dll.

5. Wawancara User

Sedangkan untuk user interview, jika Anda adalah fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya, pertanyaan yang diajukan umumnya lebih banyak tentang hal-hal yang berkaitan dengan skripsi yang sedang Anda kerjakan, dan hal-hal teknis / akademis lainnya yang sesuai dengan jurusan.

Namun, jika Anda pernah bekerja sebelumnya, tentunya pertanyaannya lebih banyak tentang pengalaman kerja Anda sebelumnya dan hal-hal teknis / akademis sesuai dengan jurusan Anda.

Sekali lagi, pertanyaannya tidak terbatas pada hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Setiap pengguna akan memiliki pertanyaannya sendiri. Persiapkan semuanya dengan sangat baik sebelumnya dan jangan gugup.

6. Pemeriksaan medis

Dua hari setelah wawancara, seluruh peserta yang mengikuti HC & user interview melakukan medical check up di klinik yang telah ditentukan sebelumnya.

Menurut saya, MCU ini tidak seketat PLN. Beberapa tes yang dilakukan antara lain pengambilan darah, tes EKG, tes buta warna dan minus, tes keseimbangan, rontgen dada, tekanan darah, dan tes wasir.

Merupakan tes yang mencakup tes kesehatan yang ketat pada umumnya perusahaan lain. Jangan berasumsi bahwa jika Anda sudah pada tahap ini, Anda telah lulus menjadi karyawan di perusahaan ini.

Tak sedikit pula yang gagal pada tahap ini akibat pola makan yang tidak sehat.

Yang akan diperiksa antara lain: pemeriksaan sampel darah, sampel urine, pemeriksaan mata minus atau buta warna, pemeriksaan badan, rontgen dan pemeriksaan paru-paru.

Anda juga akan diminta berpuasa selama 9 jam terlebih dahulu. Usahakan juga banyak minum air putih dan jaga pola makan teratur serta perbanyak serat nabati.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di Hutama Karya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!