Cara Menghilangkan Stres Kerja

Bagaimana Cara Menghilangkan Stres Kerja? Stres karena pekerjaan bisa dialami oleh para pekerja, baik karyawan hingga pengusaha. Dalam dunia kerja juga ada yang namanya tekanan, tekanan bisa datang dari deadline, tugas berat hingga konflik dengan rekan kerja.

Cara Menghilangkan Stres Kerja

Hanya saja, stres yang mengganggu secara fisik maupun mental harus diperhatikan. Kamu harus tahu beberapa cara mengatasi stres kerja berikut.

A. Mengenal Apa Itu Stres Kerja?

Stress kerja sangat sering menjadi topik atau banyak dirasakan, tetapi belum tentu mengetahui pengertiannya dengan jelas.

Stres kerja sendiri merupakan suatu perasaan yang menekan atau merasa tertekan yang dialami karena menghadapi pekerjaan. Jika menurut Ahli Charles D, Spielberger yang ada dalam buku karya Handoyo tahun 2001.

Menyebutkan jika stres merupakan tuntutan tuntutan eksternal yang dialami seseorang. Stres juga bisa diartikan sebagai tekanan ataupun gangguan tidak menyenangkan yang didapatkan dari luar diri seseorang.

Apalagi penyebab dari stres juga sangat beragam, begitu juga dengan faktor yang membuat seseorang bisa mengalami stres pada pekerjaan.

Kamu tentunya tahu, jika dalam bekerja kamu akan melakukan rutinitas yang sama secara terus menerus. Belum lagi di dalam bekerja, bisa saja muncul berbagai masalah yang membuat seseorang tertekan.

Seperti halnya tugas yang terlalu berat, kemudian adanya konflik antar karyawan hingga lingkungan yang tidak mendukung.

Selain itu, seseorang juga bisa menanggapi stres tersebut secara berbeda. Ada seseorang yang meluapkan stresnya dengan marah, dan tipe inilah yang cenderung lebih mudah stres.

Stres yang dialaminya nanti juga akan mengganggu kesehatannya. Maka dari itu, harus mengetahui cara menghilangkan stres kerja dengan tepat.

B. Tanda Yang Muncul Saat Tubuh Stres

Ada beberapa individu yang sadar jika dirinya sedang mengalami stres, namun ada juga yang tidak sadar jika tubuh stres. kamu bisa mengenalinya dari ciri ciri yang muncul pada tubuh kamu.

Seperti hadirnya rasa cemas yang berlebihan, rasa cemas ini bisa muncul kapan saja. Selain itu kamu juga menjadi tidak bersemangat dalam melakukan pekerjaan kamu.

Tidak ketinggalan, sekalipun tubuh lelah kamu akan kesulitan tidur. Ataupun jika kamu tertidur kamu tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Akibatnya tubuh akan terus mengalami lelah yang berujung pada jatuh sakit. Ciri stres akan pekerjaan juga bisa dirasakan saat kamu mulai sulit untuk berkonsentrasi.

Ketika bekerja seharian, umumnya beberapa otot juga akan tegang. Terutama untuk kamu yang pekerjaannya selalu di depan komputer.

Secara fisik, kamu juga bisa merasakan pusing ataupun gangguan pada lambung. Jika sudah mengganggu aktivitas fisik, maka kamu harus segera melakukan sesuatu. Tidak hanya membiarkan dalam jangka waktu panjang.

Orang orang yang mengalami stres juga lebih senang sendiri atau menarik diri dari pergaulan. Untuk kamu yang sudah menikah, stres juga bisa ditandai dengan tidak adanya gairah untuk berhubungan badan.

Beberapa orang juga akan mencari pelarian seperti minum alkohol, lebih banyak makan hingga merokok.

C. Cara Atasi Stres Kerja yang Harus Diketahui

1. Datang atau Memulai Aktivitas Lebih Pagi

Cara Menghilangkan Stres Kerja

Sebagai langkah pertama untuk atasi stres karena pekerjaan, kamu bisa datang ataupun memulai pekerjaan lebih awal. Ketika kamu bangun lebih pagi atau memulai semua kegiatan lebih pagi kamu tidak akan terburu buru.

Kamu bisa melakukan beberapa hal menyenangkan untuk membuat mood naik.

Selain itu, ketika kamu berangkat ke kantor lebih pagi kamu tidak akan terjebak macet. Kemacetan akan membuat pikiran semrawut sehingga bisa menimbulkan stres.

Jika kamu bangun lebih awal juga pergi lebih awal, ada waktu untuk sarapan dan kegiatan lainnya. Hal ini akan membuatmu lebih ringan menjalani kegiatan yang akan datang.

2. Mengawali Dengan Senyuman

Dan pagi harimu akan semakin lengkap jika kamu juga memulai harimu dengan senyuman. Ketika kamu bangun sudah malas, membayangkan betapa sibuknya pekerjaan di kantor, hingga jalanan yang macet, maka semuanya akan melenyapkan senyuman kamu. Daripada membayangkan, ada baiknya untuk ucap syukur lebih dahulu dan tersenyum.

3. Perhatikan Pola Makan Juga Pola Tidur

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres kerja adalah mengatur pola tidur juga pola makan. Mereka yang mengalami stres biasanya akan mengalami gangguan tidur juga pola makan yang tidak teratur.

Kamu bisa mulai memperbaikinya, dengan mengkonsumsi makanan yang membuat moodmu naik tapi tidak berlebihan.

Untuk menjaga pola tidur, memang tidak bisa secara instan. Kamu bisa mulai perlahan, seperti selalu membuat kamar selalu rapi agar tidur nyenyak.

Kemudian mengatur jadwal tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. perlahan tubuhmu akan bisa mengikuti pola yang sudah kamu atur.

4. Fokus Pada Solusi Bukan Masalah

Jangan memikirkan masalah yang mengganggu pekerjaanmu sebagai cara menghilangkan stres kerja. Akan lebih baik jika kamu fokus untuk mencari solusi dari masalah yang kamu hadapi.

Dengan begitu masalah yang kamu hadapi bisa segera kamu atasi. Dan kamu akan bisa bekerja dengan lebih tenang.

5. Liburan

Mengambil cuti kemudian liburan juga menjadi obat ampuh melepas penat. Tidak harus jauh, kamu bisa mengunjungi tempat yang kamu sukai.

Menghabiskan me time juga bisa menjadi kegiatan liburan yang menyenangkan. Coba untuk menikmati liburan jauh dari gadget dan melupakan sejenak tentang pekerjaan. Sehingga kamu bisa mengumpulkan energi yang baru.

6. Jangan Jadi Pribadi Perfeksionis

Perfeksionis atau selalu ingin menjadi sempurna memang tidak selalu negatif. Karena umumnya orang orang perfeksionis akan memiliki pekerjaan yang baik.

Namun dengan selalu mengandalkan perfeksionis kamu akan merasa kewalahan. Rasa tidak puas yang kemudian menyalahkan diri sendiri akhirnya menyebabkan stres.

Baca juga: Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Via Email

D. Dampak Dari Stres Karena Pekerjaan

Cara Menghilangkan Stres Kerja

Dengan melakukan beberapa hal yang bisa mengurangi stres akibat pekerjaan, kamu juga harus tahu jika stres tak bisa dibiarkan terus terusan.

Karena nyatanya stres akan memberikan dampak pada fisik juga mental kamu. Lama kelamaan juga akan mempengaruhi produktivitas kamu.

Mengutip Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang dilansir di halodoc, lebih dari 300 juta orang di dunia mengalami depresi dan 260 juta mengalami gangguan cemas lantaran stres akibat bekerja.

Selain pada mental, dampaknya juga bisa dirasakan pada fisik. Masalah fisik ini mulai dari yang ringan, seperti jerawat, sakit perut, penipisan rambut ataupun sariawan.

Sementara jika diabaikan, maka bisa menimbulkan penyakit serius seperti diabetes, penyakit kardiovaskular ataupun darah tinggi.

Karena tubuh yang tidak sehat juga mental yang mulai mengalami lelah, stres pekerjaan juga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan kerja. Segala tekanan akan semakin terasa, baik dari diri sendiri, pekerjaan juga keluarga.

Stres memang wajar dan bisa dialami oleh siapapun. Namun harus cerdas dalam mengatasinya juga tidak mengabaikan begitu saja.

Karena jika diabaikan akan menimbulkan berbagai dampak yang tidak baik bagi tubuh juga mental. Apabila stres yang kamu alami tak juga mereda, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan  ahlinya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!