Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Business Development

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Business Development? Business Development adalah salah satu jenis pekerjaan yang bergengsi di jaman sekarang. Apabila kamu tertarik untuk menggeluti bidang satu ini, tak ada salahnya untuk mengetahui lebih jauh tentang seluk beluk dari pekerjaan ini.

Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Business Development

Oleh karena itu, dalam ulasan kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas business development.

A. Apa Itu Business Development?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang jenis pekerjaan satu ini. Business development merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki fokus untuk menciptakan strategi dalam sebuah perusahaan.

Bahkan bisa dikatakan pekerjaan ini akan menjadi nilai jangka panjang terhadap sebuah perusahaan.

Bagi kamu yang bekerja dengan jobdesk satu ini, nantinya ia akan memiliki pemikiran untuk memberikan masukan dan juga menjaga eksistensi agar nantinya perusahaan tersebut dapat terus tumbuh dan berkembang di masa yang mendatang. Dengan begitu, pekerjaan satu ini tentunya berbeda dengan sales.

Sebab, sales akan berpikir tentang bagaimana menjual produk dan meraih keuntungan dalam  jangka waktu yang pendek.

Sedangkan untuk business development, akan memikirkan tentang bagaimana perusahaan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan juga strategi apa yang digunakan agar produk yang dijual perusahaan menjadi tetap laku.

B. Fungsi Dari Business Development

1. Mampu Mengembangkan Relasi

Adapun beberapa fungsi penting yang harus dimiliki oleh seorang Business Development adalah mampu mengembangkan relasi.

Hal ini bertujuan agar nantinya perusahaan tersebut akan tetap eksis dan dikenal oleh kalangan pebisnis yang lain. Sehingga dengan adanya pekerjaan satu ini, perusahaan pun bisa menjalin relasi dengan berbagai macam pihak yang menguntungkan.

Sebut saja seperti klien klien yang besar, pelanggan atau konsumen, vendor bahkan hingga pemerintah dan juga lain sebagainya.

Hal ini dikarenakan dalam beberapa kasus yang kerap kali terjadi, perusahaan akan mengalami keuntungan dan bergantung pada relasi yang ia miliki.

Oleh karena itu, apabila suatu perusahaan memiliki relasi yang bagus, maka tentu saja sebanding dengan keuntungan dan pendapatan yang dihasilkan.

Salah satunya adalah ketika kamu bekerja di perusahaan penerbit buku. Disini, kamu bisa bekerja sama dengan sekolah untuk memproduksi buku yang digunakan oleh siswa siswanya. Dengan adanya hubungan yang baik tersebut tentunya akan menghasilkan keuntungan.

2. Untuk Mengembangkan Pasar

Tidak hanya berfungsi untuk mengembangkan relasi, adanya business development dalam suatu perusahaan ini juga bisa untuk mengembangkan market.

Tentunya, untuk memasarkan produk, sebuah perusahaan harus tahu siapa target market yang ingin ditembak. Dengan begitu, sasaran pasar pun akan menjadi jelas.

Salah satu fungsi dari business development adalah mampu menentukan dan mengembangkan market.

Tak perlu menyasar semua kalangan, disini ana bisa berfokus pada satu target pasar saja yang memang jelas dan terstruktur. Sehingga, dibutuhkan strategi strategi jitu untuk mengatasi hal tersebut.

Untuk itu, sebagai business development, memang dibutuhkan kemampuan untuk memikirkan dan memberikan solusi bagaimana agar nantinya target pasar atau target market pada perusahaan menjadi lebih berkembang.

Untuk itu, diperlukan pemikiran pemikiran out of the box untuk mengatasi hal tersebut.

3. Membantu Mengembangkan Konsumen

Fungsi yang ketiga dari seorang business development adalah mampu mengembangkan pelanggan. Agar eksistensi dalam sebuah perusahaan tetap bisa berjalan, diperlukan job desk atau seseorang yang berpikir bagaimana cara dan langkah langkah agar konsumen semakin berkembang.

Hal inilah yang dilakukan oleh seorang business development. Hal ini dikarenakan pekerjaan satu ini akan menuntut untuk berpikir bagaimana agar konsumen tertarik untuk membeli dan menggunakan produk yang dimiliki oleh perusahaan.

Selain itu, seorang business development juga akan memikirkan strategi dalam jangka panjangnya.

C. Tugas Seorang Business Development

Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Business Development

Setelah mengetahui fungsi dari seorang business development pada perusahaan, tentunya jika kamu tertarik untuk terjun ke dunia satu ini perlu untuk mengetahui pekerjaan atau tugas yang biasanya dilakukan oleh orang yang bekerja di bidang satu ini.

Adapun tugas dari seorang business development adalah mampu memahami produk produk perusahaan yang dipasarkan ke kalangan konsumen.

Selain itu, ia juga bisa memahami bagaimana kondisi perusahaan dan bisnis yang dijalankan dengan menggunakan konsep SWOT yakni strengths, weakness, opportunities dan juga threats.

Pekerjaan satu ini juga membutuhkan riset pelanggan yang berfungsi untuk mendapatkan pengetahuan sekaligus masukan.

Dengan begitu, akan membuat pelanggan menjadi setia bahkan bisa memiliki pelanggan yang baru. Tak hanya riset pelanggan, tugas dari seorang business development adalah riset pasar.

Dengan melakukan riset satu ini akan bertujuan untuk mengetahui berbagai macam perkembangan dan hal yang terjadi dalam market.

Sebagai seorang business development, kamu juga perlu untuk memperhatikan posisi dari perusahaan. Dimana ia akan membandingkan dengan para kompetitor lain maupun memiliki peta bisnis.

Disini, seorang business development juga perlu untuk menjaga hubungan yang baik dengan seluruh mitra bisnis.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya perusahaan tetap eksis apabila tetap berhubungan baik dengan mitra bisnis yang lain.

Selain itu, tugas dari pekerjaan satu ini adalah merancang berbagai perencanaan untuk bisnis yang nantinya akan diterapkan, melakukan presentasi atas perencanaan yang telah dibuat dan juga melakukan kerja sama dengan bagian lain untuk pengembangan bisnis perusahaan.

Oleh karena itu, sebagai seorang business development kamu pun perlu untuk mencari peluang peluang yang baru. Dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis yang ada di perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk itu, tugas seorang business development dalam perusahaan sangatlah penting.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing

D. Gaji Seorang Business Development

Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Business Development

Setelah membahas apa itu pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas business development, maka saatnya kamu beralih untuk membahas besaran gaji dari pekerjaan satu ini.

Menurut data yang dihimpun dari Neuvoo.com, jika kamu bekerja di bidang ini maka per bulan akan menerima gaji dengan rata rata yakni 6 juta rupiah.

Tentu saja gaji tersebut adalah upah awal ketika kamu terjun di dunia satu ini. apabila kamu memiliki pengalaman yang bertambah, maka kamu pun akan bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi yakni hingga 10 juta rupiah setiap bulannya. Namun hal tersebut akan terus mengalami peningkatan.

Terutama apabila kamu telah menduduki jabatan yang tinggi. Untuk sekelas manajer, pekerjaan satu ini akan menghasilkan sekitar 40 hingga 80 juta setiap bulannya.

Tentu saja angka tersebut cukup fantastis. Untuk itu, apabila kamu ingin menekuni pekerjaan satu ini tak ada salahnya untuk mulai giat bekerja hingga sampai ke posisi yang tertinggi.

Menjadi seorang business development merupakan salah satu jenis pekerjaan yang tidak bisa dianggap remeh atau sebelah mata.

Sebab,  job desk dari pekerjaan satu ini memiliki peranan yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Tidak hanya itu saja, gaji yang bisa kamu dapatkan ketika bekerja di tempat satu ini pun cukup tinggi dan tentunya sangat menggiurkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!