Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Promotor Sales

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Promotor Sales? Hampir setiap toko di Indonesia mempekerjakan promotor sales atau yang lebih dikenal dengan sebutan SPG dan SPB.

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Promotor Sales

Tidak heran jika kemudian kebutuhan pegawai untuk mengisi posisi ini cukup banyak. Kamu yang sedang mencari kerja bisa mencoba lowongan tersebut. Lantas tahukah kamu informasi tentang pekerjaan, tugas, dan gaji seorang promotor sales? Berikut penjelasannya!

A. Apa Itu Promotor Sales?

Promotor sales merupakan sebuah pekerjaan yang menjadi ujung tombak suksesnya penjualan sebuah barang dan jasa. Orang yang bekerja dibidang ini bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan dan promosi produk sehingga dapat meningkatkan penjualan barang sesuai dengan target yang telah diberikan oleh leader.

Promotor juga merupakan orang yang harus bisa menawarkan solusi untuk kebutuhan konsumen. Misalkan dalam sebuah produk terdapat banyak varian, nah promotor ini harus bisa membantu calon pembeli agar mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginannya.

Hal ini sangat penting untuk memberikan kesan baik sehingga nama produk terangkat.

Kegiatan semacam ini memerlukan skill yang memadai. Seorang promotor sales harus bisa bersikap ramah dengan pelanggan.

Mereka juga harus memiliki insting yang kuat sehingga dapat memberikan rekomendasi dan menebak selera konsumen dengan baik. Agar memiliki kemampuan itu, biasanya karyawan baru yang mengisi posisi ini akan ditraining terlebih dahulu.

B. Apa Saja Fungsi dan Tanggung Jawab Promotor Sales?

1. Meningkatkan Penjualan Sesuai Dengan Target

Pekerjaan seorang promotor sales ditentukan oleh target yang telah ditetapkan oleh leader. Mereka harus berusaha memenuhinya sehingga penjualan produk dapat meningkat.

Target ini biasanya terbagi menjadi beberapa termin, misalnya target harian, mingguan, dan bulanan tergantung dengan ketentuannya masing masing perusahaan.

Peningkatan penjualan itu dapat terjadi karena saat bekerja promotor sales secara tidak langsung akan mempromosikan produk perusahaan kepada konsumen.

Pada akhirnya, informasi  inilah yang akan membangun kepercayaan calon pembeli akan kualitas produk, ketepatan fungsi, dan keunggulannya dibandingkan dengan merek lain.

Promotor juga wajib menawarkan produk berdasarkan kebutuhan konsumen. Misalnya kamu adalah SPG atau SPB dari sebuah counter HP, maka kamu harus menyambut pembeli dan menanyakan tipe ponsel seperti apa yang diinginkannya. Setelah itu, kamu harus memberikan beberapa rekomendasi produk yang sesuai dengan apa yang telah diminta.

Dalam melakukan hal ini, kamu harus bisa bersikap hangat dan ramah. Raut wajah juga harus dijaga. Meskipun mungkin kondisinya kamu sedang kesulitan, usahakan hal tersebut tidak sampai diketahui oleh pelanggan.

Tahap inilah yang paling sulit karena kamu harus bisa mengesampingkan masalah pribadi dan tetap bersikap profesional.

2. Menjaga Penampilan Agar Terlihat Rapi dan Grooming

Promotor sales adalah ujung tombak perusahaan karena merekalah yang langsung bersinggungan dengan konsumen. Sikap dan penampilan mereka akan mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

Tidak heran jika kemudian faktor penampilan menjadi hal yang penting jika kamu bekerja sebagai promotor sales.

Biasanya orang yang bekerja mengisi posisi ini memiliki seragam tertentu. Mereka harus menggunakannya agar lebih mudah dikenali oleh calon pembeli.

Hal tersebut juga membuat kondisi store atau toko menjadi lebih rapi dan teratur. Dengan begitu, calon pelanggan dapat berbelanja dengan lebih nyaman.

Selain mendapat seragam dan atribut, karyawan baru juga biasanya akan melalui masa training. Di waktu inilah kamu bisa bertanya tentang bagaimana pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas promotor sales.

Informasi ini sangat penting sehingga kamu bisa lebih memahami jobdesk sebagai seorang sales promotor dengan baik.

3. Melayani Konsumen Hingga Tuntas

Salah satu yang membuat konsumen merasa nyaman ketika berbelanja adalah pelayanan yang penuh totalitas dan tidak setengah setengah.

Jangan sampai karena target kantor yang harus dipenuhi, kamu malah tidak melayani konsumen hingga tuntas. Kebiasaan ini adalah kesalahan besar karena kamu tidak meninggalkan kesan yang baik kepada pelanggan.

Lantas bagaimana cara melayani konsumen hingga tuntas? Kamu bisa memulainya dengan sapaan, kemudian tanyakan apa kebutuhan mereka dengan ramah.

Setelah itu kamu perlu menjelaskan produknya dengan baik kepada konsumen. Agar tidak banyak membuang waktu, cukup jelaskan produk yang sesuai dengan apa yang mereka minta.

Selain lebih cepat, tips ini juga akan membuat konsumen tidak merasa bosan. Kamu tidak perlu menjelaskan semua produknya karena yang terpenting, pelanggan membeli salah satu barang yang kamu tawarkan.

Jika terlalu berbelit belit, calon pembeli malah akan merasa bingung dan pada akhirnya tidak jadi membeli produk yang kamu pasarkan.

Selain membuang buang waktu, tentu hal ini juga membuang buang tenaga. Mestinya di momen itu, kamu bisa memperoleh lebih banyak pelanggan dan bisa lebih cepat memenuhi target.

Ngomong ngomong soal pemenuhan target, kamu juga bisa meminta nomor telepon dan email pelanggan agar lebih mudah mengirim broadcast jika ada produk atau promo terbaru.

4. Menjaga Toko dan Area Sales Tetap Bersih

Meskipun bukan termasuk tenaga kebersihan, promotor sales harus bisa menjaga tempat kerjanya agar tetap bersih dan nyaman.

Dengan lingkungan yang bersih dan wangi, pelanggan akan betah berlama lama di dalam toko. Hal tersebut membuka peluang besar bagi kamu untuk berjualan. Kamu bisa menggunakan trik berbincang ringan sembari menyelipkan info produk.

Tentu hal itu tidaklah mudah, diperlukan pengalaman agar kamu tidak terkesan aneh. Kamu harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mendekati calon pembeli.

Jika tidak, hal tersebut malah akan mengganggu dan membuat suasana hati pelanggan menjadi buruk. Kondisi ini tentu perlu untuk dihindari karena dapat mempengaruhi minat mereka terhadap produk yang kamu jual.

5. Report Penjualan

Tugas dan tanggung jawab promotor sales yang selanjutnya adalah melakukan pelaporan penjualan kepada leader. Promotor harus bisa membuat report yang detail dan tepat waktu.

Perlu diingat, bahwa report ini harus diisi dengan jujur, meskipun penjulanamu hari itu nol. Jangan sampai memanipulasinya karena leader perlu tahu bagaimana kondisi penjualan yang sebenarnya.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing

C. Berapa Kisaran Gaji yang Didapat Promotor Sales?

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Promotor Sales

Informasi final yang juga perlu kamu tahu adalah terkait dengan gaji yang didapatkan oleh seorang promotor sales per bulannya.

Perlu diketahui, jika masalah gaji ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Apabila dicari di internet, rata rata pendapatan yang diperoleh oleh SPG dan SPB adalah mulai 500 ribu hingga kisaran UMR wilayah setempat.

Namun untuk SPG pada event event tertentu, mereka akan dibayar harian, yaitu sekitar 500 ribu rupiah tergantung dengan kesepakatan yang telah dibuatnya dengan perusahaan.

Agar lebih jelas, kamu bisa menanyakannya di awal kontrak. Informasi dasar seperti bagaimana pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas promotor sales perlu dipahami dengan baik.

Demikianlah penjelasan tentang pekerjaan sebagai seorang promotor sales. Lowongan pekerjaan ini cocok untuk kamu yang mudah bersosialisasi dengan orang baru dan memiliki semangat besar untuk mencapai target.

Diperlukan mental dan semangat yang kuat agar kamu bisa memikat lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang kamu jual.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!