Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bentoel Group

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bentoel Group? Bentoel Group yang merupakan perusahaan rokok ternama di Indonesia dengan merek utama yaitu Dunhill dan Lucky Strike. Kali ini kami akan mencoba mengulas bocoran terkait rekrutmen dan pengalaman tes di Bentoel Group.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bentoel Group

Bentoel dan anak perusahaannya (“Grup Bentoel”), kini menjadi anggota British American Tobacco Group, grup perusahaan tembakau terbesar kedua di dunia berdasarkan pangsa pasar global dengan merek yang diperdagangkan di lebih dari 180 pasar.

Saat ini, Bentoel Group merupakan produsen rokok terbesar keempat di Indonesia dengan pangsa pasar diperkirakan 8%.

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Bentoel Group

1. Seleksi Administratif

Seperti halnya perusahaan lain, proses rekrutmen harus dimulai dengan seleksi administrasi dimana pada tahap ini Anda perlu mengisi informasi dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Informasi yang kurang lebih perlu dilengkapi antara lain data pribadi, keluarga, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, lokasi ujian dan lain sebagainya.

Pun dengan lampiran yang perlu diunggah, seperti KTP, akta kelahiran, ijazah, transkrip nilai, sertifikat TOEFL, dan sertifikat prestasi lainnya.

2. Psikotes

Sebelum melakukan psikotes, tim HR dari Bentoel Group akan menjelaskan tentang company profile dan bagaimana rasanya bekerja di perusahaan ini.

Ada beberapa sesi untuk tes psikologi ini dan setiap sesi akan diadakan dengan sistem gugur. Jika Anda lulus sesi pertama, Anda akan langsung mengikuti sesi berikutnya sampai tahap psikotes selesai.

Berikut daftar pertanyaan dari psikotes Bentoel Group.

  1. Tes matematika dasar dan seri angka matematika
  2. Tes kemampuan verbal (antonim sinonim, tes menjodohkan gambar, dll)
  3. Tes surat kabar Pauli atau Kreaplin (menjumlahkan serangkaian angka sederhana)
  4. Tes Wartegg (menggambar lebih lanjut untuk membuat makna)
  5. Tes menggambar manusia (bersama dengan aktivitas, kekuatan dan kelemahan karakter yang Anda gambar), menggambar pohon.
  6. Tes psikologi kepribadian diri (tidak ada jawaban yang benar atau salah, semua sesuai dengan kepribadian Anda sendiri)

Baca juga:

3. Wawancara SDM

Pada tahap ini, Anda akan melalui wawancara langsung. Wawancara ini dilakukan dalam bahasa Inggris. Mungkin sedikit berbeda dengan tahapan tes di perusahaan lain yang biasanya menggunakan tahapan psikotes di awal tahapan.

Bagi Anda yang berdomisili jauh, HRD akan langsung menelpon dan wawancara langsung melalui telepon. Wawancara akan dilakukan dalam bahasa Inggris, untuk pertanyaan seperti pengenalan diri dan tentang kehidupan pribadi Anda.

Mulai dari keluarga, mengapa memilih jurusan saat ini, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman kerja jika ada. Usahakan untuk tidak tegang dalam menjawab pertanyaan ini dan usahakan mencari tempat yang tenang terlebih dahulu sebelum Anda melakukan sesi wawancara telepon ini.

4. Wawancara Manajer

Anda akan diwawancarai oleh 2-3 orang dengan posisi sebagai manager. Dan masih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Wawancara ini lebih seperti wawancara panel studi kasus. Pertanyaannya masih sama dengan pertanyaan saat wawancara HRD, seperti, latar belakang pendidikan Anda, mengapa Anda memilih jurusan itu, pengalaman apa yang Anda miliki, kelemahan dan kelebihan Anda sendiri. Durasi wawancara kurang lebih 30-40 menit untuk setiap kandidat.

5. FGD (Focus Group Discussion)

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bentoel Group

Anda sebelumnya akan diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri dan harus mengetahui nama-nama rekan satu tim Anda.

Anda akan diberikan sebuah kasus yang harus diselesaikan bersama untuk mendapatkan solusi. Cobalah untuk dapat memberikan saran yang membangun dalam kelompok.

Pertanyaannya adalah tentang contoh kasus di perusahaan Bentoel ini. Kasusnya lebih mengarah pada pertanyaan prioritas mana yang harus didahulukan.

Anda akan diberikan waktu 15 menit untuk berdiskusi dan 15 menit untuk mempresentasikan di depan kelompok lain.

6. Presentasi Individu

Anda akan diminta untuk memilih kasus mana yang akan Anda pahami dan presentasikan di depan pengguna dan HR. Tahap ini merupakan presentasi individu dan Anda akan diberikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan presentasi yang baik.

Anda akan diberikan waktu 15 menit untuk membuat presentasi singkat dan 15 menit untuk Anda mempresentasikannya di depan panelis.

Buatlah materi secara detail dan mudah dipahami. Usahakan agar Anda berhasil menguasai materi di luar kepala Anda. Tahap ini adalah kunci Anda apakah Anda memenuhi syarat atau tidak untuk menjadi karyawan di PT Bentoel Group. Semoga beruntung kawan

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bentoel Group, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!