Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Wijaya Karya Tbk

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Wijaya Karya Tbk? Review uji coba perusahaan kali ini adalah mengenai sebuah perusahaan besar milik negara yaitu PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau sering disebut PT Wika.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Wijaya Karya Tbk

Salah satu perusahaan sipil yang sering mengadakan open recruitment karena pesatnya perkembangan perusahaan BUMN ini. Kali ini kita akan membahas pengalaman tes dan wawancara rekrutmen PT Wika.

Anda bisa mendapatkan lowongan kerja melalui website resmi karir PT Wijaya Karya atau melalui job fair di kampus-kampus ternama di Indonesia.

Berikut ini adalah tahapan tes yang akan Anda lalui jika Anda melamar di perusahaan ini:

Tahapan Seleksi Karyawan di PT Wijaya Karya Tbk

1. Administrasi / Pemilihan File

Hal terpenting dalam rekrutmen perusahaan adalah IPK, dalam seleksi administrasi kebanyakan perusahaan memilih file berdasarkan ukuran IPK, karena ini adalah cara termudah untuk menggugurkan banyak peserta, sehingga hanya peserta dengan IPK terbaik yang mengikuti tes, tetapi ada juga perusahaan yang melakukannya.

Seluruh peserta yang IPKnya di atas standar yang ditetapkan perusahaan. Untuk pemilihan file di WIKA, IPK harus melebihi 2,75 atau 2,80.

Dalam pengalaman saya, usahakan untuk mendapatkan IPK lebih dari 3,00, tetapi tidak jarang perusahaan menyertakan peserta dengan IPK di atas 3,25, jadi saya dapat menyimpulkan bahwa untuk lulus setiap seleksi file perusahaan, usahakan memiliki IPK di atas 3,25.

Persyaratan IPK ini biasanya dibuktikan dengan koleksi transkrip nilai, SKL atau ijazah.

Persyaratan selanjutnya yang biasanya diperhatikan oleh perusahaan adalah skor TOEFL, skor TOEFL minimum untuk rekrutmen perusahaan biasanya 450, tetapi berdasarkan pengalaman saya nilai 500 adalah patokan, jadi usahakan untuk mendapatkan skor TOEFL di atas 500.

Biasanya perusahaan meminta kami untuk mengambil fotokopi sertifikat TOEFL atau mengunggahnya hasil scan sertifikat TOEFL jika pendaftaran dilakukan secara online.

Persyaratan selanjutnya adalah SKCK, surat keterangan bebas narkoba atau surat keterangan sehat, namun berkas ini biasanya tidak terlalu penting dalam pertimbangan pemilihan berkas dan pengambilannya dapat mengikuti, bahkan sampai saya dinyatakan sebagai pegawai tetap WIKA saya tidak pernah menyerahkan SKCK.

2. Psikotes

Langkah pertama yang akan Anda lakukan adalah tes psikologi. Pada tahap ini, HRD juga akan mempresentasikan secara singkat company profile PT Wika.

Manfaat dan lowongan apa saja yang akan ditawarkan akan dijelaskan di sini juga. Anda juga dapat menanyakan hal lain dalam proses tanya jawab ini.

Tahapan ini biasanya selalu diadakan di setiap rekrutmen perusahaan, begitu juga rekrutmen WIKA.

TPA sendiri terdiri dari 9 sub-tes yang terdiri dari keterampilan verbal seperti menemukan persamaan atau lawan, keterampilan numerik seperti menghitung rangkaian angka dan pertanyaan cerita, memori, dll.

Sedangkan psikotes terdiri dari tes wartegg, gambar orang dan pohon, Pauli dan EPPS. Keempat subtes tersebut umum atau biasa Anda temui di berbagai rekrutmen perusahaan.

Kuncinya disini siapkan fisik dan konsentrasi, karena gambar-gambarnya tidak ada trik dan mencerminkan kepribadian kita, hasil psikotes ini juga akan menjadi referensi psikolog pada tahap tes selanjutnya yaitu wawancara psikolog.

Untuk rekrutmen WIKA, pengumuman seleksi tahap kedua cukup cepat, karena langsung diumumkan di hari yang sama dan langsung keluar jadwal tes selanjutnya.

Soal tes psikologi hampir sama dengan tes psikologi di perusahaan lain seperti:

  • Tes penalaran bentuk ruang
  • Tes Matematika Dasar
  • Tes Verbal (kata yang sama)
  • Tes seri angka
  • Tes menggambar pohon dan manusia
  • Tes Warteg (lengkapi formulir sehingga menjadi makna)
  • Tes surat kabar Pauli/Kreaplin.
  • Tes EPPS (tes kepribadian diri)

Anda akan mendapatkan pengumuman lulus atau tidak setelah menjalani psikotes PT Wika. Dan tahap selanjutnya yang akan Anda hadapi untuk hari berikutnya. Tes selanjutnya yaitu FGD dan wawancara psikolog dilaksanakan keesokan harinya

Baca juga:

3. Focus Group Discussion

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Wijaya Karya Tbk

Pada sesi kedua ini, Anda akan berada pada tahap FGD (Focus Group Discussion) dan dilanjutkan dengan tahap wawancara psikologis.

Semua peserta rekrutmen akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan diberikan masalah untuk didiskusikan bersama.

Setelah dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, akan dibagikan pertanyaan atau kasus serta lembar jawaban dari hasil diskusi.

Setiap kelompok juga diberikan satu orang supervisor yang akan mengawasi, menilai dan memberikan arahan jika ada pertanyaan lebih lanjut.

Anda akan diberikan beberapa lembar soal cerita, yang intinya adalah masalah di perusahaan yang akan bangkrut. Di sini Anda akan diminta untuk memilih poin mana yang harus dihilangkan atau dianggap sebagai beban oleh perusahaan.

Anda akan diminta untuk memprioritaskan mana yang harus dipertahankan dan mana yang harus disingkirkan dari perusahaan, baik dari karyawan, peralatan kantor dan lain-lain.

Anda akan diberikan waktu 15 menit untuk memahami pertanyaan dan membuat jawaban berdasarkan keputusan dan penilaian Anda sendiri.

Sedikit tip adalah mencoba menguraikan masalah dan menentukan poin prioritas mana yang harus dihilangkan berdasarkan garis besar masalah.

Tuliskan semua jawaban dan solusi Anda pada kertas yang telah disediakan dengan lengkap dan mudah dipahami. Karena nantinya makalah juga akan dimasukkan dalam penilaian dan dikumpulkan.

Jika pertanyaan sudah dipahami, maka langkah selanjutnya adalah diminta untuk berdiskusi bersama kelompok untuk mendapatkan hasil akhir yang disepakati.

Cobalah untuk aktif tetapi tidak menjatuhkan saran dan solusi dari peserta lain. Buatlah kesepakatan tentang siapa yang akan menjadi mediator dan siapa yang akan menjadi notulen kelompok Anda.

Coba tambahkan solusi dari peserta lain dengan solusi Anda sendiri. Perkuat argumen dari peserta yang setuju dan sepihak dengan Anda.

Jika seseorang tidak setuju dengan pendapat Anda maka Anda dapat bernegosiasi dengan mengambil jalan tengah terbaik. Cobalah untuk tidak memilih dalam diskusi ini.

FGD yang dinilai adalah seberapa baik Anda dalam berkomunikasi dan menyampaikan pendapat. Selebihnya adalah masalah bagaimana Anda bisa memahami semua masalah dalam kasus tersebut dan bagaimana Anda bisa mengambil solusinya.

Nilai tambah jika Anda dapat mempengaruhi pendapat orang lain untuk menerima keputusan Anda berdasarkan data.

Ingatlah untuk tidak terlalu aktif, otoriter, mengontrol diskusi dan tidak menyudutkan lawan peserta lain.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

4. Wawancara Psikologi

Setelah tahapan ini, seluruh peserta akan mengikuti psikotes yang dilakukan oleh vendor psikolog terpilih. Untuk soal-soal, tes psikologi standar di perusahaan lain seperti:

  • Katakan pada dirimu sendiri
  • Ceritakan pengalaman Anda (organisasi dan pekerjaan)
  • Kekuatan dan kelemahan
  • Hasil dari tes psikologi sebelumnya. (jadi kamu harus ingat untuk mengingat jawaban kamu saat tes psikologi sebelumnya)
  • Seperti apa periode perencanaan ke depan?
  • Prestasi dan cara mencapainya serta kegagalan dan solusi terbesar.
  • Setelah tes berakhir, Anda akan mendapatkan pengumuman 1-3 hari kemudian untuk mengikuti wawancara user dan tes HRD.

5. Wawancara user

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Wijaya Karya Tbk

Dalam wawancara user ini, Anda wajib mempelajari kembali hal-hal yang sesuai dengan jurusan Anda sebelumnya dan sesuai dengan posisi apa yang Anda lamar.

Karena nantinya setiap peserta akan dipisahkan berdasarkan jurusan dan posisi yang dilamar. Jika Anda mengambil jurusan sipil dan melamar bagian sipil maka Anda akan mendapatkan pertanyaan tentang dunia sipil. Jadi ada baiknya belajar dulu.

Setiap peserta akan mendapatkan soal sesuai dengan jurusan yang dia pegang. Anda harus menjawabnya dan harus mempertanggungjawabkannya nanti di depan para user.

Anda harus bisa menjelaskan bagaimana Anda menjawab pertanyaan di depan user.

Untuk HR interview hal ini hampir sama dengan pertanyaan pada saat psikotes interview, hanya saja fokusnya pada masalah apa yang akan terjadi jika anda bekerja di perusahaan ini. Apa motivasi kerja Anda dan pertanyaan lainnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah Anda harus memiliki 1 atau 2 pertanyaan yang harus Anda berikan kepada user dan hrd yang sepadan.

Baca juga: Cara Lolos Wawancara User

6. Tes Kesehatan dan Kontrak kerja

Pada tahap ini tes yang dilakukan adalah tes urine, rontgen darah dan tes fisik. Jadi ada baiknya Anda banyak minum air putih, jangan begadang dan jaga pola makan sehat terlebih dahulu.

Jika lolos, langkah selanjutnya adalah menandatangani kontrak.

Baca juga: Apa Itu Tes Medical Check Up dan Tips Lolos Medical Check Up

7. On the job training (OJT)

Jika anda telah lulus semua tahapan tes maka anda akan menjadi pegawai kontrak dimana akan ada evaluasi lebih lanjut apakah anda berhak menjadi pegawai tetap atau tidak berdasarkan kinerja anda selama masa OJT.

Setelah ini Anda akan mendapatkan kelas indoor, outbond dari PT Wika dan on the job training (OJT) dan diakhiri dengan pembuatan makalah dan presentasi serta evaluasi lulus atau tidak. Terima kasih semoga sukses untuk Anda semua.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Wijaya Karya Tbk, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!