Cara Mengetahui Standar Gaji Perusahaan

Bagaimana Cara Mengetahui Standar Gaji Perusahaan? Mendapatkan gaji sebagai upah setelah sebulan bekerja adalah hal setiap karyawan.

Cara Mengetahui Standar Gaji Perusahaan

Masing masing perusahaan pasti memiliki standar gaji yang berbeda beda, tergantung dengan kemampuan usaha dan posisi yang kamu miliki.

Biasanya, perusahaan yang bergerak di sektor migas memiliki gaji yang tinggi. Daripada bingung, yuk simak cara cari tahu standar gaji di sini!

A. Cara Mengetahui Standar Gaji Sebuah Perusahaan

1. Bertanya Kepada Orang Yang Bekerja Di Sana

Cara pertama yang paling standard dan umum dilakukan oleh calon pencari kerja adalah mengulik info tentang sebuah perusahaan pada orang yang sedang bekerja di sana.

Namun tentunya, hal yang satu ini hanya bisa dilakukan jika kamu memiliki hubungan yang dekat dengan orang tersebut, misalnya teman atau kerabat.

Jika memang kamu tidak memiliki kenalan, cobalah untuk datang secara langsung perusahaan tersebut dan mulai mencari informasi lebih dalam.

Namun saat melakukan hal ini, kamu perlu berbasa basi terlebih dahulu. Kurang nyaman rasanya jika kamu langsung bertanya masalah gaji kepada orang yang tidak kamu kenal sebelumnya.

Biasanya hanya ada segelintir orang yang mau langsung menjawab pertanyaan seputar gaji. Jika bersedia menjawab, tidak ada salah nya bagi kamu untuk langsung bertanya berapa gaji untuk posisi yang kamu incar.

Bahkan jika beruntung, kamu bisa langsung mendapat informasi seputar rekrutmen yang sedang dijalankan oleh perusahaan.

2. Cari Tahu Di Internet

Googling adalah sebuah kegiatan yang sudah lumrah dilakukan saat ini. Informasi terkait dengan gaji sebuah persis di suatu perusahaan pun dapat ditemukan dengan mudah.

Selama kamu telaten untuk membuka setiap website, maka semakin banyak pula informasi yang dapat kamu gali. Jangan lewatkan kolom komentar, karena di kolom itulah orang orang saling ngobrol dan bertukar pikiran.

Sejatinya banyak orang yang menganggap jika mencari informasi gaji di internet kurang valid, karena banyak faktor lain yang terkadang tidak terurai di dalamnya.

Namun semakin banyak informasi yang dikumpulkan, maka kamu akan mendapatkan angka atau kisaran nominal yang mendekati aslinya. Dengan begitu, kamu bisa semakin mantap untuk menjajal posisi tersebut.

3. Mencari Tahu Di Website Info Gaji

Saat ini, berbagai situs yang ada di internet dapat dikamulkan untuk membantu setiap penggunanya. Bahkan sudah ada banyak sekali website, yang menjadi sumber informasi terkait dengan gaji.

Kamu hanya perlu memasukkan informasi seperti sektor perusahaan, area, dan jabatan atau posisi yang diinginkan. Meskipun tidak selalu benar, namun kisarannya kurang lebih sudah tepat.

Website tersebut juga sangat membantu bagi kamu yang sebentar lagi masuk ke tahap interview. Ada kalanya, pihak HRD menanyakan berapa kisaran gaji yang kamu inginkan.

Kondisi itulah yang mengharuskan pelamar menggali informasi lebih tentang gaji. Tidak baik jika kamu meminta gaji dengan nominal yang jauh dari standar atau kemampuan perusahaan.

Jawaban yang asal juga akan membuat HRD merasa jika kamu adalah kandidat yang kurang serius dan terkesan tidak mempersiapkan segalanya dengan baik.

Hal tersebut akan menurunkan perolehan nilai atau score interview yang sedang dijalankan. Tentu hal tersebut sangat disayangkan, dan malah akan menutup peluang dari kesempatan yang kamu lalui saat ini.

4. Bertanya Pada Netizen

Media sosial bisa menjadi sebuah aplikasi yang cocok bagi kamu untuk mencari berbagai informasi. Cara mengetahui standar gaji perusahaan ini sangat ampuh, mengingat  jejaring medsos sangat luas.

Kamu dapat memanfaatkan fitur story seperti yang ada di instagram. Cukup masukkan pertanyaan yang kamu ingin gali, dan biarlah para followers menjawabnya.

Mungkin hasil yang kamu dapatkan tidaklah angka yang pasti. Namun setidaknya, kamu mendapat data tambahan yang selanjutnya dapat digabungkan dengan informasi dari berbagai sumber.

Saat memasukkan pertanyaan, jangan terlalu frontal dengan menyebutkan nama perusahaannya secara langsung. Hal ini dilakukan, agar tidak ada orang yang merasa terganggu atau tersinggung.

Yang terpenting dari cara ini, terapkan penggunaan medsos dengan bijak. Pastikan pula followers kamu bukan dari kalangan bos atau pimpinan dari perusahaan yang sedang kamu gali informasinya.

Hal tersebut takutnya malah membuat kondisi menjadi canggung, dan membuat kamu tidak enak hati saat melamar pekerjaan di sana.

B. Situs Mencari Tahu Gaji

1. Gajimu.com

Cara Mengetahui Standar Gaji Perusahaan

Tadi sudah sempat disinggung, bahwa mencari tahu gaji dapat dilakukan dengan memanfaatkan website khusus. Website pertama yang masuk dalam rekomendasi adalah gajimu.com.

Situs tersebut bisa dibilang lengkap, karena banyak sekali kategori gaji yang dapat digali. Bahkan pendapatan dari selebritas, bahkan pejabat negara dapat kamu temukan.

Tampilan luar atau interface dari website pun tidak membingungkan kamu hanya perlu membuka kolom gaji dan cek gaji. Jika sudah, masukkan jenis pekerjaan yang hendak kamu survei.

Kemudian, kamu akan diminta mengisi informasi tambahan seperti jenis kelamin, pengalaman, dan tingkat pendidikan. Hal tersebut dibutuhkan, mengingat gaji sangat ditentukan olehnya.

Tidak perlu waktu lama, kamu akan langsung tau berapa kisaran gaji yang dapat kamu terima, setelah bekerja selama satu bulan di posisi tersebut.

Kamu pun dapat menggunakan website tersebut untuk memprediksi alur kenaikan gaji dalam durasi tertentu. Bahkan kamu dapat menggali lebih dalam terkait dengan biaya asuransi, pajak, hingga hukum ketenagakerjaan yang berlaku.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

2. jobplanet

Situs kedua yang dapat kamu kunjungi adalah jobplanet. Situs ini sudah ada sejak tahun 2015, dan sudah banyak digunakan oleh para pencari kerja.

Untuk melihat gaji, kamu tinggal klik kolom review. Di sana, ada banyak sekali kategori industri yang dapat kamu telisik lebih dalam. Pihak jobplanet telah mengkategorikannya agar para pengunjung bisa lebih mudah.

Klik kategori yang sesuai dengan incaran, kemudian ketikkan jenis pekerjaan dan perusahaan yang hendak kamu cari tahu gajinya.

Situs ini pun membuka peluang registrasi akun, sehingga kamu dapat memperoleh informasi yang lebih detail terkait dengan sebuah perusahaan dan gajinya.

Bahkan masih di situs yang sama, kamu dapat memperoleh informasi terkait dengan kesempatan interview perusahaan.

Baca juga: Cara Mengatur Gaji Bulanan

3. Payscale

Payscale sudah menjadi sebuah website yang menjadi langganan para pencari kerja. situs ini dapat memberikan informasi terkait dengan gaji melalui data seperti nama perusahaan, posisi, tingkat pendidikan, sertifikasi, almamater, dan skill yang kamu miliki.

Cara menggunakannya pun tidak terlalu silit, sebagaimana website lain yang telah disebutkan sebelumnya.

Pertama tama, bukalah kolom bertuliskan “for you” yang bar paling atas dari situs Payscale. Setelah itu, masuk ke bagian “Salary research” dengan klik sebanyak satu kali.

Di dalam sana ada banyak sekali informasi terkait dengan kategori gaji sebuah perusahaan. Meskipun cara mengetahui standar gaji perusahaan ini sangat lengkap, namun situs ini hanya terpaku untuk perusahan internasional.

Itulah beberapa informasi terkait dengan cara mencari infor seputar gaji dari sebuah perusahaan. Kamu dapat mencoba salah satunya, yang menurut kamu paling nyaman dan mudah untuk dilakukan.

Sebenarnya kegiatan yang satu ini cukup lumrah, dan menjadi bagian dari mengenal perusahaan sebelum kamu benar benar apply untuk sebuah posisi.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!