Prospek Kerja Jurusan Desain Interior

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Desain Interior? Berbicara mengenai interior design mungkin sudah banyak yang mengetahui jurusan dibidang studi yang satu ini.

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior

Karena semakin banyaknya peminat yang ingin menekuni bidang ini, maka semakin banyak juga universitas-universitas yang memiliki jurusan dibidang tersebut.

Lalu bagaimanakah prospek kerja kedepannya? Simak informasi prospek kerja jurusan desain interior berikut ini!

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior

1. Bekerja Dibidang Bisnis Properti

Prospek karir setelah menempuh jurusan tersebut yakni bisa melanjutkan bekerja dibidang bisnis properti. Di jaman yang semakin canggih ini, banyak sekali perusahaan yang berkembang dibisnis properti dan profesi di bidang ini juga sangat menguntungkan.

Karena keahlian dibidang interior kini semakain banyak dibutuhkan oleh tim kostruksi pembangunan.Terlebih jika perusahaan tersebut berkembang di pusat kota-kota besar.

2. Desainer dan Produsen Furniture

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior

Karena sudah bergerak dibidang desain, maka prospek kerja yang satu ini bisa dijadikan sebagai alternatif menekuni desain dibidang furniture.

Anda bisa memanfaatkan sisi kreativitas dari bahan baku dan juga desain untuk mebel dan furniture lainnya, atau yang sedang laku dikalangan masyarakat.

Selain merancang desainnya juga bisa langsung memproduksi sendiri, jadi keuntungan yang didapatkan akan semakin banyak.

3. Berwirausaha di Bidang Interior dan Furniture

Prospek karir dibidang interior lainnya yaitu bisa berwirausaha dibidang desain interior dan juga furniture. Menerima jasa konstruksi dan juga pembuatan desain furniture.

Pekerjaan yang satu ini bisa memudahkan Anda karena tidak terikat dengan sebuah perusahaan hanya saja terikat perjanjian dengan klien tentang target yang dicapai dan juga waktu.

Selain itu tidak ada salahnya juga dengan terjun dibidang wirausaha dengan menjual beberapa material mebel atau  produk furniture lainnya.

Memiliki toko material mebel maupun furniture lainnya juga menjadi salah satu cara berwirausaha dibidang interior desain yang bisa Anda coba.

Selain menjual materialnya, Anda juga bisa memberikan saran dan solusi untuk membantu pembeli dalam menentukan jenis material yang cocok untuk digunakan.

4. Kontraktor

Kontraktor merupakan pekerjaan dibidang jasa konstruksi bangunan. Biasanya jasa yang ditawarkan yaitu berupa konsultasi kontruksi bangunan, bisa bangunan rumah, hotel, apartemen, jembatan, tol dan yang lainnya.

Namun untuk bekerja dibidang ini perlu adanya sertifikasi keahlian kontraktor. Sertifikasi tersebut bertujuan untuk meyakinkan klien bahwa Anda  bener-benar menguasai bidang tersebut.

5. Ahli Konsultan Properti

Menjadi ahli konsultan properti juga bisa menjadi prospek karir kerja Anda dibidang Interior design. Cara kerja profesi ini mengharuskan Anda memberi masukan atau nasihat terkait kondisi tren properti yang sedang populer dan berkembang saat ini, juga bertugas memberikan saran serta solusi bagi klien terhadap studi pembangunan maupun analisa peluang investasi.

Tugas lainnya menjadi konsultan properti yaitu dapat melakukan komunikasi, meyakinkan dan juga bernegoiasai dengan klien agar menggunakan jasa konstrusksi sesuai dengan Agency atau perusahaan tempat Anda berkerja.

Keuntungan lainnya menjadi seorang konsultan yaitu bisa travelling kemana-mana. Seperti ke luar Kota bahkan keluar negeri untuk melakukan survey, meeting, atau sekedar training.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hukum

6. Menjadi PNS

Pasti sebagian dari Anda masih berfikir apakah bisa dengan lulusan desain interior menjadi pegawai negeri sipil (PNS)? Tentu banyak sekali peluang kerja yang dibutuhkan dibidang interior.

Karena banyak juga Instansi-instansi milik pemerintah terkait dengan prospek bidang Interior. Seperti PT Wijaya Karya Persero, Waskita, Adhi Karya, dan masih banyak yang lainnya.

Mengambil status PNS dengan memilih profesi menjadi seorang guru SMK maupun menjadi dosen dibidang interior juga bisa menjadi prospek kerja yang menarik dibidang interior design.

Namun Anda juga akan melalui proses seleksi yang cukup panjang dengan banyakya pesaing dibidangnya untuk mendapatkan posisi pekerjaan tersebut.

7. Menjadi Drafter dan Visualizer 3D

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior

Salah satu prospek kerja jurusan desain interior yang bisa dicoba berikutnya adalah menjadi seorang drafter dan visualizer 3D.

Tugasnya adalah memberikan gambaran ruangan yang mudah dimengerti oleh banyak orang. Tidak hanya dituntut memiliki kreativitas, seorang drafter dan visualizer juga harus pandai dalam menggambar perencanaan ruangan secara manual.

Selain bisa menggamabr manual, seorang drafter dan visualizer juga dituntut untuk mampu mengoperasikan beberapa aplikasi desain ruangan agar bisa memproyeksikan dalam bentuk 3 dimensi.

Selain itu juga bisa menambah relasi dengan klien sehingga bisa memperluas dan membuat karir kerja Anda dibidang interior menjadi semakin lebih dikenal banyak orang.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

8. Menjadi Distributor Produk Interior

Memiliki skill di bidang interior design mesti sudah mengenal berbagai jenis furniture, lukisan, lampu hias, karpet, dan berbagai estetika pendukung ruangan lainnya.

Dengan skill yang dimiliki, Anda juga bisa menjadi distributor produk interior dengan menekuni pekerjaan yang satu ini. Dibutuhkan skill dalam mengetahui baik buruknya kualitas produk yang akan digunakan sebagai hiasan ruangan.

Pekerjaan yang satu ini juga membutuhkan skill dibidangnya dan juga memperluas ilmu riset pasar. Hal itu bertujuan untuk mengetahui produsen yang dapat menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan siapa saja yang cocok dijadikan target dalam pemasaran produkmu.

Anda juga bisa menentukan target menjadi supplier produk dari berbagai  perusahaan dibidang furniture.

9. Sebagai Desainer Setting Film dan Properti

Prospek kerja dibidang interior selanjutnya yaitu bisa menjadi designer atau perancang setting tempat syuting film, acara televisi, drama dan lain sebagainya.

Sebagai designer latar tempat dalam syuting film juga dibutuhkan skill dibidang desain interior. Karena pekerjaan tersebut juga sangat dibutuhkan dalam menentukan dan mengatur posisi atau latar tempat yang pas dan sesuai untuk setting tempat produksi atau syuting.

Penempatan properti saat kegiatan produksi film atau syuting juga penting dalam menciptakan suasana atau latar tempat demi mendukung naskah ceritanya.

Selain mengatur beberpa properti sebagai penunjang syuting, Anda juga akan berkolaborasi dengan pihak lainnya seperti pihak lighting, kostum, sound effect, produser dan juga sutradara untuk menghasilkan komposisi dan keharmonisan yang sesuai.

10. Jadi Desainer Grafis

Memiliki basic ilmu dibidang desain memang banyak sekali peluang kerja yang akan didapatkan. Karena saat ini pekerjaan dibidang desain mulai berkembang pesat seperti desainer grafis.

Bagi Anda yang lulusan desainer interior juga bisa mencoba profesi pekerjaan dibidang desain grafis dengan menciptakan berbagai ilustrasi desain dan juga menciptakan desain di media promosi produk.

11. Menjadi Kurator Museum dan Pemilik Galeri

Profesi yang terakhir ini bisa menjadi alternatif prospek karir kedepan bagi Anda yang terjun dibidang interior dan desain.

Dengan menjadi kurator museum atau pemilik galeri, Anda dibutuhkan kejelian dalam melihat jenis benda-benda atau produk yang dapat dipamerkan, penataan instalasi seni dan juga sistem penataan ruangan pamer dalam galeri atau museum tersebut.

Nah itu tadi beberapa prospek karir kerja yang bisa digeluti oleh jurusan tersebut. Jadi tidak ada salahnya jika Anda berminat untuk terjun dan mulai menekuni dengan memilih jurusan tersebut sebagai sarana pendidikan formal.

Semoga informasi di atas bisa menambah wawaan dan pengetahuan Anda dalam mengetahui prospek karir dan dunia kerja kedepannya dalam bidang interior.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!