Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual? Menjadi program studi salah satu cabang ilmu seni rupa, jurusan yang satu ini juga dituntut mahir dalam menggambar untuk menghasilkan karya seni.

Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan yang satu ini juga memiliki banyak peminat karena melihat peluang kerja kedepannya karena keahliannya yang sangat dibutuhkan dimana-mana.

Lalu apa saja prospek kerja jurusan desain komunikasi visual? Simak informasi berikut ini!

A. Apa Itu Jurusan DKV?

Jurusan yang satu ini merupakan salah satu cabang seni yang berkembang dibidang desain. Cabang ilmu seni yang satu ini juga mempelajari konsep komunikasi yang diterapkan pada suatu gambar yang estetik dan kreatif, serta mempelajari teknik dan media yang digunakan dengan berdasarkan elemen-elemen seni rupa dalam menyampaikan tujuan ataupun suatu informasi dengan tujuan persuasi atau ajakan.

Program studi yang satu ini juga sudah banyak diberbagai universitas-universitas yang ada di Indonesia dengan tingkat peminatnya yang mencapai 50% setiap tahunnya.

Di dalam program studi DKV juga mempelajari banyak mengenai pembuatan poster, logo, ilustrasi, desain web, fotografi, video, animasi dan juga mempelajari beberapa teknik dan juga media yang bisa digunakan dalam pembuatan desain tersebut.

Dengan meningkatnya jumlah peminat dalam jurusan ini dikarenakan prospek karir dibidang desain saat ini mulai banyak dilirik oleh beberapa perusahaan komersil maupun perusahaan dibidang industri yang berada di Indonesia maupun di luar negeri.

Selain memiliki prospek karir yang menjanjikan, upah yang didapat dari pekerjaan desain juga tidak main-main karena memiliki pertanggung jawaban yang besar dalam pembuatan desain maupun branding produk.

B. Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

1. Advertising (Periklanan)

Pekerjaan yang satu ini merupakan pekerjaan yang sangat sesuai dengan bidang keilmuan studi desain yang satu ini. Pasalnya, jurusan DKV mempelajari bidang graphic designer untuk pembuatan desain maupun branding product.

Bidang pelajaran lainnya seperti ilustrasi desain, ilustrasi konten, videografi, animator juga sangat dibutuhkan dalam dunia periklanan. Jadi, prospek kerja yang satu ini sangat cocok untuk jurusan DKV.

2. Bekerja di Media Cetak (Publishing)

Bagi Anda yang merupakan lulusan DKV juga tidak ada salahnya bila bekerja di media percetakan atau penerbitan buku, majalah, cerpen, komik dan lain sebagainya.

Tugas dan posisi Anda sebagai lulusan DKV akan ditempatkan sebagai desainer grafis yang bertugas dalam pembuatan layout maupun menjadi bagian illustrator. Bahkan Anda juga bisa memanfaatkan menjadi seorang komikus.

3. Animator Design

Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Peluang kerja yang satu ini merupakan pekerjaan yang dibutuhkan passion lebih dalam menggambar dan merancang beberapa ide ke dalam sebuah gambar atau serial animasi.

Selain menjadi animator design dalam pembuatan serial animasi, Anda juga bisa berkesempatan dalam pembuatan animasi dalam game. Selain membuat gambar model, Anda juga akan dituntut mahir dalam bidang editing dan juga motion graphic.

4. Web Designer

Prospek kerja dibidang desain grafis selanjutnya yaitu menjadi web designer di beberapa perusahaan periklanan maupun di beberapa instansi milik pemerintah.

Tugas dari web designer yakni merancang dan mengelola laman website. Dengan sistem pengelolaan dan desain menarik dalam website juga bisa menarik para pembaca untuk mengunjungi laman web tersebut.

5. Creative Director

Jenis pekerjaan yang satu ini juga sering dibutuhkan dalam Industri Film, Musik, Video, Game, Fashion, Media, Periklanan, dan juga Dunia Hiburan.

Seorang lulusan desainer grafis sangat dibutuhkan dalam profesi tersebut untuk mengorganisasi  dan mengembangkan kreativitas dalam penciptaan gambar maupun backsound suara dengan memanfaatkan perangkat lunak.

6. Menjadi Videographer atau Kameramen

Pekerjaan dibidang ini bisa menjadi peluang karir bagi lulusan jurusan DKV. Pengambilan media gambar atau proses shooting menggunakan kamera juga membutuhkan teknik-teknik tertentu untuk menghasilkan kualitas video yang bagus.

Seperti dengan memperhatikan pengambilan angle gambar dan teknik pergerakan kamera yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dengan sisi estetika yang tinggi.

Ilmu yang dibutuhkan dalam bidang pekerjaan ini juga sudah dipelajari dalam jurusan desain komunikasi visual.

Karena selain memiliki kemampuan dibidang desain grafis, jurusan yang satu ini juga mempelajari teknik pengambilan gambar atau shooting dalam memproduksi animasi 3 Dimensi.

Maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggeluti profesi yang satu ini.

Baca juga: Prospek kerja Jurusan Administrasi Bisnis

7. Konsultan Branding

Prospek karir dibidang ilmu desain bisa juga bisa bekerja menjadi Konsultan Branding atau merek di suatu perusahaan.

Pekerjaan yang satu ini memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membantu menganalisa suatu kemasan produk. Selain itu juga memberikan solusi dalam menentukan dan memberi penjelasan mengenai suatu branding kemasan produk.

8. Freelance Designer

Menekuni bidang desain, tidak ada salahnya jika mencoba berkarir dibidang freelance designer. Dengan menjadi freelance designer juga tidak perlu terikat dengan perusahaan dan  juga sistem waktu atau jam kerja.

Hanya saja sistem deadline yang menjadi acuan pekerjaan tersebut. Upah yang dihasilkan menjadi freelance designer juga tidak main-main jika klien Anda merasa puas dengan hasil kerja Anda.

9. Desainer Produk Komersil dan Industri

Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Menjadi desainer di suatu perusahaan komersil maupun industri merupakan prospek kerja jurusan desain komunikasi visual yang paling dicari diberbagai perusahaan dalam memasarkan produknya melalui kemasan produk maupun iklan yang ditayangkan.

Lulusan di bidang ilmu desain komunikasi visual ini sangat dibutuhkan. Karena cabang ilmu seni yang satu ini juga mempelajari studi grafis mulai teknik visualisasi gambar hingga videografi.

10. Visual Merchandiser

Memiliki tugas untuk merancang floor plan dan perancangan tiga dimensi untuk meningkatkan penjualan produk di toko retail maupun department store.

Dengan bekerja menjadi Visual Merchandiser, Anda juga perlu mengetahui  dan riset mengenai display, layout, elemen produk, pecahayaan dan suasana yang cocok dalam menarik minat pembeli agar tertarik dengan produk yang sedang Anda display.

11. Seniman dan Kurator Seni

Menjadi Kurator seni maupun seniman dibidang desain grafis juga merupakan profesi dengan peluang karir yang bagus bagi lulusan DKV.

Kurator Seni dibidang desain grafis memiliki tugas dan peran penting dalam menyeleksi suatu karya untuk dipamerkan di galeri. Selain itu juga dituntut untuk paham mengenai struktur display dalam suatu pameran.

Berbeda dengan seniman yang fokus dalam melakukan  pengembangan dan penciptaan  produk-produk maupun karya visual seperti karya 2 dimensi maupun karya 3 dimensi dibidang ilmu Desain Komunikasi Visual.

Menjadi seniman khususnya dibidang desain juga perlu yang namanya mematenkan suatu karya agar menghindari adanya plagiasi desain yang dibuat.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

12. Menjadi Tenaga Pendidik

Profesi yang satu ini juga bisa menjadi opsi prospek karir bagi lulusan DKV. Menjadi tenaga pendidik atau sebagai pengajar dibidang ilmu desain merupakan suatu kebanggaan bagi sebagian orang.

Apalagi jika Anda berhasil diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas menjadi seorang Guru maupun Dosen yang mengajar dibidang desain grafis.

Demikianlah beberapa prospek karir untuk lulusan jurusan desain grafis. Semoga beberapa informasi di atas bisa menjadi pilihan dalam berkarir dibidang desain khususnya desainer grafis.

Dengan adanya penjelasan mengenai bidang studi dan prospek karir dibidang tersebut juga bisa menambah wawasan dan juga dapat menambah rasa minat Anda dalam memilih jurusan DKV.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!