Prospek Kerja Jurusan Desain Grafis

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Desain Grafis? Karena ada banyak jurusan di perkuliahan, tak jarang banyak yang bingung untuk menentukan pilihan.

Prospek Kerja Jurusan Desain Grafis

Mengingat memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat bisa dijadikan cara memilih dengan mudah. Seperti halnya Jurusan Desain Grafis yang banyak dipilih mereka yang jago atau suka menggambar.

Dan kamu juga bisa mengintip prospek kerjanya berikut.

A. Apa itu Jurusan Desain Grafis?

Jurusan satu ini banyak dipilih oleh mereka yang suka dengan art terutama menggambar. Walaupun sebenarnya, dalam proses keilmuannya akan menggabungkan berbagai bidang ilmu.

Jurusan desain grafis juga akan mempelajari komunikasi secara visual, materia cetak juga materi online, poster, brosur juga proyek sebuah website.

Sehingga bisa dikatakan jika jurusan ini lebih fokus pada representasi visual dari konsep yang telah sesuai dengan media komunikasi visual.

Dalam prakteknya seorang desainer grafis akan memanfaatkan software agar lebih mudah mendesain. Yang jelas jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai estetika juga seni.

Jika kamu mengambil jurusan ini, maka kreativitasmu akan diasah. Akan diajarkan bagaimana kamu bisa menuangkan kreativitas melalui bentuk visual yang atraktif.

Tidak hanya dalam bentuk gambar, bisa juga dalam bentuk video. Desain grafis sendiri juga termasuk bidang yang keberadaannya begitu dibutuhkan dalam masyarakat.

Sehingga bisa dikatakan prospek pekerjaan kedepannya masih sangat luas. Apalagi jika dibarengi dengan industri kreatif yang makin berkembang pesat.

Dengan adanya para desainer grafis, konten konten digital menjadi lebih mudah dinikmati. Kamu juga bisa mempertimbangkan jurusan ini jika ingin bekerja menjadi freelancer.

B. Keahlian untuk Jurusan Desain Grafis

Sebelum kamu mengetahui prospek kerja jurusan desain grafis, kamu harus tahu dulu kira kira bagaimana dunia perkuliahan jurusan ini.

Seorang yang cocok untuk masuk jurusan ini tidak hanya jago menggambar. Tetapi juga memiliki tingkat ketelitian, tekun dan detail yang mumpuni. Kemampuan imajinasi atau berpikir out of the box juga dibutuhkan.

Nantinya kamu juga harus bisa bekerja dengan tim, karena pekerjaan ini memiliki komponen luas yang membutuhkan kerjasama baik.

Jika kamu memang memenuhi keahlian tersebut tidak ada salahnya menjadikan jurusan ini pilihan. Selain itu juga ada banyak yang akan kamu pelajari nantinya. Mengingat ilmu satu ini begitu luas dan terus berkembang.

Dalam dunia perkuliahan, kamu akan mempelajari mulai dari dasar desain grafis juga prinsip desain. Sehingga kamu tak perlu khawatir tak bisa mengikuti karena dipelajari dari dasar.

Dalam kuliah nanti kamu juga bisa belajar tentang fotografi, tipografi, creative drawing dan lainnya. Di Indonesia sendiri ada banyak universitas yang memiliki jurusan desain grafis.

C. Prospek Kerja Jurusan Desain Grafis

1. Desainer Grafis

Prospek Kerja Jurusan Desain Grafis

Prospek pekerjaan yang pertama dan akan sesuai dengan jurusan adalah menjadi seorang desainer grafis. Tugasnya nanti akan mendesain juga membuat grafis dengan tujuan yang sesuai dengan permintaan.

Paling banyak grafis ini akan digunakan untuk mempromosikan sebuah produk ataupun ILM. Kamu juga akan membuat desain logo, display sampai kemasan.

Karena saat ini desain grafis semakin berkembang, beberapa juga digunakan untuk konten di media sosial atau website. Sudah ada banyak software yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan kamu.

Selain bergabung dalam sebuah perusahaan, bidang pekerjaan ini juga bisa dikerjakan secara freelance sesuai dengan proyek tertentu.

Untuk gaji yang akan diberikan dalam pekerjaan ini bisa mulai dari Rp 4,2 juta sampai Rp 6,4 juta setiap bulannya di perusahaan.

Namun jika kamu bekerja secara freelance gaji yang bisa kamu dapatkan bisa lebih rendah juga lebih tinggi. Desain yang kamu buat juga bisa kamu jual secara online untuk menambah tambahan cuan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hukum

2. Animator

Tidak hanya bisa membuat gambar yang diam, mereka yang memiliki dasar desain grafis juga bisa menjadi seorang animator.

Profesi satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan gambar bergerak. Untuk pekerjaan ini dibutuhkan ketelitian, kreativitas juga imajinasi yang tinggi. Terutama jika kamu bergabung dalam sebuah projek besar.

Memang saat ini mudah untuk menjadi seorang animator, karena sudah banyak teknologi yang bisa digunakan. Hanya saja tetap dibutuhkan ketekunan hingga menghasilkan gambar bergerak yang halus.

Proses pembuatan animasi, terutama yang panjang tentu lama. gaji yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 4,7 juta sampai dengan Rp 6,2 juta tiap bulan.

3. Komikus

Selain bisa menjadi seorang animator, prospek kerja jurusan ini juga bisa menjadi seorang Komikus. Nantinya kamu akan membuat karakter atau tokoh utama dalam komik.

Umumnya seorang komikus juga suka membuat cerita agar lebih menarik. Sehingga tidak hanya gambar yang menarik, tetapi juga latar belakang cerita yang digemari pembaca.

Komikus juga bisa dikategorikan sebagai Ilustrator, karena kamu membuat gambar berdasarkan ilustrasi. Gaji yang bisa kamu dapatkan jika bergabung dengan perusahaan mulai dari Rp 4 jutaan.

Tapi jika kamu bekerja sendiri dengan bergabung dalam website komik online bisa mendapatkan lebih dari gaji tersebut.

4. Creative Director

Jika kamu termasuk aktif, dinamis juga kreatif kamu bisa bekerja di advertising agency dan menjadi creative director. Dimana nantinya kamu akan bertugas memimpin proses perancangan konten yang menarik sesuai kebutuhan klien.

Bisa dikatakan jika pekerjaan ini memiliki karir yang cemerlang dan memang membutuhkan jam terbang tinggi.

Tidak mudah juga untuk menjadi seorang creative director. Kamu harus memiliki jiwa pemimpin yang tinggi karena harus mengawasi proses pengerjaan proyek.

Dan gaji yang bisa kamu dapatkan untuk pekerjaan ini memang menggiurkan. Dalam satu bulan kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 9 juta hingga Rp 12 juta sebulan.

5. Concept Artist

Pekerjaan satu ini berkaitan dengan artistik bukan artif film. Nantinya tugas kamu adalah menampilkan visual dengan cara menggambarkan dengan sketsa.

Butuh skill juga imajinasi tinggi agar bisa dapatkan pekerjaan ini. Prospek kerja jurusan Desain Grafis ini banyak dibutuhkan dan dalam sebulan gajinya mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 7 juta ke atas.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

6. Product Developer

Prospek Kerja Jurusan Desain Grafis

Profesi yang juga bisa kamu geluti setelah lulus adalah Product Developer. Kamu yang memiliki banyak ide cemerlang bisa menjadikan posisi ini pilihan.

Tugasnya terbilang banyak dan juga memiliki tanggung jawab besar. Kamu akan meneliti, membuat ilustrasi juga membantu untuk menggembangkan produk milik sebuah perusahaan.

Sebenarnya selain menggembangkan produk kamu juga bisa membuat produk baru untuk perusahaan. Pekerjaan satu ini terbilang banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Karena memang dibutuhkan skill mumpuni untuk bisa mengambil posisi ini. Bayaran yang bisa kamu dapatkan sekitar Rp 6 juta hingga Rp juta tiap bulannya.

Kamu bisa menjadikan jurusan satu ini sebagai pilihan jika kamu memang merasa cocok. Lagipula prospek pekerjaannya juga terbilang menjanjikan dan banyak dibutuhkan.

Namun pastikan kamu tahu jika pekerjaan ini membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi. Kamu juga harus mempelajari banyak software untuk menciptakan desain.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!