Persiapan Tes Kesehatan

Bagaimana Persiapan Tes Kesehatan? Medical check up (MCU) atau yang biasa disebut dengan cek kesehatan menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh para calon pegawai maupun karyawan yang hendak bekerja.

Persiapan Tes Kesehatan

Namun terkadang masih banyak calon pekerja yang gagal dan tidak memenuhi syarat kualifikasi dalam tes tersebut. Berikut simak cara lulus tes kesehatan dari mulai jenis, persiapan, hingga hal apa saja yang dilakukan pada saat tes tersebut.

A. Jenis –jenis dalam Medical Check Up (MCU)

1. Pre-Employment Medical Check Up

Jenis pertama dalam pemeriksaan kesehatan ini dilakukan seseorang untuk memenuhi persyaratan sebelum bekerja. Karena beberapa tempat atau perusahaan akan meminta surat keterangan sehat seseorang sebagai syarat dalam bekerja.

Kegiatan check up yang satu ini meliputi pemeriksaan fisik lengkap, kesehatan paru-paru dan juga sampel laboratorium.

2. Medical Check Up (MCU) Regular Berkala

Jenis medical check up yang satu ini adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara berkala atau dengan waktu tertentu yang menyesuaikan potensi bahaya dan juga resiko lingkungan tempat bekerja.

Kegiatan pemeriksaan tersebut dilakukan dalam kurun waktu sekurang-kurangnya 1 tahun sekali. Kegiatan MCU meliputi pemeriksaan lengkap dan juga pemeriksaan terhadap adanya keluhan lain.

3. Medical Check Up (MCU) Khusus

Jenis pemeriksaan kesehatan khusus ini bertujuan untuk memantau kesehatan pekerja dengan golongan tertentu dan juga kondisi tertentu yang dihadapi oleh pekerja.

Seperti, pekerja yang mengalami kecelakaan kerja atau sedang menderita sakit yang membutuhkan perawatan khusus lebih dari 2 minggu. Serta pekerja yang diduga memiliki gangguan kesehatan tertentu.

B. Persiapan Medical Check Up

1. Perbaiki Kualitas Tidur

Persiapan Tes Kesehatan

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menjalani cek kesehatan tersebut yaitu, perbaiki kualitas tidur Anda minimal 6 jam sebelum melakukan kegiatan tes  tersebut.

Dengan kondisi Anda yang kurang tidur maka menyebabkan hasil pemeriksaan terhadap tekanan darah, denyut jantung, dan juga suhu tubuh menjadi kurang baik.

Jadi perbaiki kualitas dan kuantitas tidur dan hindari melakukan aktivitas pada malam hari sebelum menjalani tes.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Mengkonsumsi air putih yang cukup atau 8 liter dalam sehari memang merupakan salah satu kebiasaan baik untuk memenuhi asupan cairan pada tubuh.

Asupan air putih yang cukup bagi tubuh bisa membantu memperlancar sistem aliran darah dan mampu memperbaiki kesehatan ginjal dan organ tubuh lainnya.

Maka dari itu, konsumsi air putih atau air mineral yang cukup sebelum melakukan tes kesehatan.

3. Hindari Makanan Cepat Saji, Berminyak, dan Asin

Makanan yang mengandung banyak garam dan lemak dapat mempengaruhi tingkat kolesterol dalam tubuh dan mempengaruhi tekanan darah Anda.

Hal tersebut juga terdapat pada jenis makanan cepat saji yang mengandung kadar lemak lebih banyak. Oleh karena itu, hindari jenis makanan tersebut selama 24 jam atau sampai 3 hari sebelum melakukan medical check up.

Jika Anda terbiasa dengan makanan-makanan tesebut, sebaiknya Anda bisa mengganti pola makan dan jenis makanan sehat yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

Tidak hanya rutin dilakukan sebelum cek kesehatan saja, pastikan juga Anda mulai menerapkan pola makan makanan yang sehat dan gaya hidup sehat setelah melakukan medical check up.

4. Hindari Olahraga Terlalu Berat

Olahraga memang menjadi salah satu kegiatan yang baik untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan. Namun olahraga dengan beban yang berat dan membutuhkan banyak energi dan akan berpengaruh terhadap tekanan darah.

Jadi, sebaiknya jangan melakukan olahraga yang terlalu menguras banyak tenaga dan energi sebelum menjalani tes kesehatan dan ganti dengan jenis olahraga yang ringan-ringan saja.

5. Hindari Minuman Beralkohol, Berkafein dan Rokok

Tips cara lulus tes kesehatan selanjutnya ialah dengan menghindari minum-minuman beralkohol, kafein dan juga merokok. Minuman beralkohol akan terdeteksi lewat urine selama 2-3 hari.

Selain itu, merokok dan mengkonsumsi minuman berkafein juga dapat menyebabkan tekanan darah menurun, sehingga mengganggu proses pengambilan tes darah yang diperlukan saat medical check up. Sebaiknya hentikan 3 kegiatan tersebut agar bisa lulus tes tersebut.

6. Berpuasa Sebelum Melakukan Medical Check Up (MCU)

Kegiatan yang satu ini juga dibutuhkan jika Anda akan melalui tes kesehatan dalam aspek glukoma atau tes gula darah. Puasa selama 8-12 jam sebelum pemeriksaan sangat dianjurkan untuk mengetahui kadar gula yang ada dalam tubuh.

Tapi hal ini juga tergantung dengan jenis pemeriksaan kesehatan yang Anda jalani, jika tidak dibutuhkan maka Anda tidak perlu menjalani hal tersebut.

C. Hal yang Dilakukan pada Saat Medical Check Up

1. Lakukan Medical Check Up di Pagi Hari

Persiapan Tes Kesehatan

Kegiatan tes tersebut ada baiknya jika dilakukan saat pagi hari sebelum Anda melakukan aktivitas lainnya. Hal ini juga memberikan peluang waktu bagi Anda dalam berpuasa di malam hari.

Kondisi tubuh pada pagi hari juga dinilai lebih efektif dalam menentukan kondisi fisik yang rileks, sehat, dan prima daripada menjalani tes kesehatan pada siang hari.

2. Persiapkan Semua Berkas

Ada beberapa berkas yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu dalam menjalani tes tersebut. Seperti surat pengantar dari perusahaan, berkas pelaksanaan pemeriksaan dan berkas kesehatan lainnya seperti dokumen riwayat penyakit lainnya yang sudah Anda miliki.

Dengan begitu juga akan membantu memudahkan dokter dalam melakukan pemeriksaan tersebut.

3. Istirahatkan Sebentar

Kegiatan yang satu ini dimaksudkan agar Anda lebih rileks dan tidak tegang dalam memasuki ruangan pemeriksaan. Beristirahatlah sebentar di ruangan tunggu dan jangan memikirkan berbagai hal buruk yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan Anda sebelum menjalani tes tersebut.

Pastikan jangan terlalu gugup agar tidak mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh.

Baca juga: Apa Itu Tes Medical Check Up dan Tips Lolos Medical Check Up

4. Beritahu Kondisi Sejujurnya pada Dokter

Tidak Ada salahnya jika Anda memberitahukan kondisi yang sebenarnya pada dokter. Jika Anda merasa sedang lelah, cemas, depresi, atau sedang mengonsumsi obat-obatan atau suplemen.

Beritahu dokter juga jika kamu sedang mengalami perubahan pola makan atau gaya hidup. Anda juga bisa menceritakan kondisi saat ini seperti sedang mengalami benjolan atau sedang dalam masa pemulihan pasca operasi dan sebagainya.

5. Gunakan Baju Lengan Pendek

Hal yang satu ini juga sangat penting sekali dilakukan jika Anda akan menjalani proses pemeriksaan kesehatan. Menggunakan baju berlengan pendek akan lebih membantu petugas atau dokter dalam melakukan kegiatan pemeriksaan dan juga mempermudah dalam proses pengambilan sample darah.

Jika tidak ingin menggunakan baju berlengan pendek, Anda juga bisa mensiasati dengan menggunakan baju dengan bagian lengan yang longgar.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan dan beberapa tips yang perlu dipersiapkan sebelum dan saat menjalani medical check up. Untuk mengetahui kondisi kesehatan, Anda juga perlu memeriksakan dengan rutin agar bisa menangani lebih dini jika terdapat penyakit tertentu.

Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan pengetahuan Anda dalam mengetahui hal-hal yang dibutuhkan saat melaksanakan tes tersebut.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!