Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Marketing
Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Marketing? Istilah Koordinator Marketing mungkin tidak asing lagi bagi mereka yang bekerja di bidang ini.
Namun pada dasarnya, keduanya memiliki kesamaan dalam pekerjaan dan tanggung jawab. Namun perbedaannya terletak pada bagian tertentu atau konsentrasi pekerjaannya.
Tugas Koordinator Marketing sebagai jembatan dalam struktur organisasi. Mereka yang memiliki wewenang untuk memberi perintah kepada bawahannya atas instruksi atasannya.
Jadi hubungan antara karyawan dan manajemen memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Alasan untuk ini adalah informasi dan instruksi mencapai karyawan dengan cepat.
Pekerjaan yang diberikan kepada koordinator pemasaran sangat penting. Karena untuk komisi semua pihak yang ada di bawah.
Table of Contents
A. Pengertian Koordinator Marketing
Koordinator Marketing adalah posisi yang ada dalam struktur organisasi perusahaan atau industri. Orang yang menyandang status ini memiliki kekuasaan untuk memberi perintah dan memberi arahan kepada bawahan. Dalam masalah ini seputar dunia pemasaran.
Seperti namanya, posisi ini hadir dengan tugas dan tanggung jawab mengoordinasikan pemasaran. Kehadirannya berperan dalam pengaturan, pengawasan, dan pengarahan. Intinya semua jalan secara konseptual.
Soalnya bisa semrawut kalau tidak ada yang mengkoordinir kegiatan. Oleh karena itu, karakter Koordinator Marketing memainkan peran yang agak penting dalam sebuah proyek, terutama dalam kaitannya dengan pemasaran produk atau layanan apa pun.
Bisa dibilang karir ini lebih unggul dari segi pemasaran, mulai dari telemarketing, social media marketing, sales dan masih banyak lagi.
Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Promotor Sales
B. Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Marketing
Seperti yang sudah dijelaskan, tugas Koordinator Marketing pada umumnya sama dengan di lapangan. Namun, detail perannya berbeda. Untuk membuatnya lebih jelas, berikut adalah sejumlah tanggung jawab dan tugas Koordinator Marketing.
1. Tugas Koordinator Marketing
- Mendukung semua faktor dalam tim pemasaran.
- Mengkoordinasikan pesanan dengan tim pemasaran.
- Meningkatkan dan memelihara semua jalur komunikasi di pihak terkait.
- Meningkatkan program periklanan dan lain-lain.
- Pantau kinerja semua tim di bawahnya.
- Memberikan panduan untuk taktik dan mereview anggota tim pemasaran.
- Penanganan mengikuti informasi yang diberikan di atas di bawah ini.
- Menyediakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh tim pemasaran.
2. Tanggung Jawab Koordinator Marketing
- Mengkoordinasikan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan peran dan arahan manajer.
- Memberikan arahan, bimbingan dan memotivasi seluruh karyawan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
- Menerima laporan pengaduan lisan atau tertulis dari karyawan atau rekan kerja.
- Mengkaji solusi dan pemecahan masalah yang muncul di lapangan.
- Memberikan ide-ide inovatif untuk pengembangan dan kelancaran karyawan.
- Melakukan pekerjaan yang diberikan dan diperintahkan oleh atasan.
- Mengarahkan dan mengelola Manajer Pemasaran.
- Ambil dan pertahankan kuantitas pemasaran sampai memiliki kuantitas yang konstan.
- Bertanggung jawab penuh atas target maksimal reservasi tim BBM.
C. Gaji dan Tunjangan Koordinator Marketing
Jika Anda mengambil standar gaji untuk karir ini secara umum di Indonesia karena sekitar Rp. 3.500.000. Namun nominal tersebut belum termasuk tunjangan, premi lembur dan lain-lain.
Permasalahannya bisa saja setiap karyawan mendapatkan keduanya dengan nilai yang berbeda.
Selain itu, gaji bukan harga tetap untuk posisi Koordinator Marketing. Karena ada berbagai jenis yang dapat menggantikan dan mempengaruhi nilainya.
Seperti aturan perusahaan saat menetapkan gaji karyawan berdasarkan beberapa kelompok.
Salah satunya adalah status karyawan dibandingkan dengan pendapatan gaji. Sebagai aturan, karyawan junior menerima gaji lebih rendah daripada senior. Namun, ini tergantung pada peraturan perusahaan tempat Anda bekerja.
Tunjangan dan gaji berbeda-beda sesuai dengan Tugas Koordinator Marketing yang diberikan perusahaan.
Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing
D. Persyaratan dan Kualifikasi Koordinator Marketing
Intinya, karir ini dapat digambarkan sebagai tugas yang dilakukan oleh spesialis. Hal ini membuat kategorisasi menjadi lebih rinci, baik dari segi pendidikan , pengalaman dan keterampilan dan skill.
Berikut beberapa persyaratan dan kualifikasinya.
1. Pendidikan dan Pengalaman
Tentunya pekerjaan yang sering dicari banyak perusahaan untuk mengisi posisi ini adalah lulusan S1 pemasaran. Namun bukan berarti peluang tersebut tertutup bagi Anda yang tidak berada di jalur tersebut.
Dan jika Anda memiliki pengalaman pemasaran di industri yang sama.
- Pendidikan minimal D-3/S-1 di bidang manajemen pemasaran.
- Menguasai dan memahami MS Office, terutama Excel dan Outlook.
- Anda memiliki kemampuan negosiasi dan komunikasi yang baik.
- Setidaknya 3 tahun pengalaman penjualan.
- Anda memiliki kemampuan untuk bekerja secara individu atau dalam tim.
2. Skill Dan Kemampuan
Oleh karena itu, sebagai panutan yang mengoordinasikan banyak tim atau bawahan, keterampilan dasarnya adalah pengetahuan komunikasi.
Selain keterampilan pemasaran, kemampuan berbicara dengan baik jelas penting. Perlu diingat jika pekerjaan menangani banyak tim.
- Mampu menjadi manager dan mengkoordinir staff dibawahnya.
- Dapat menjadi orang pertama yang menerima keluhan dan masukan.
- Memiliki komunikasi yang baik.
- Fleksibilitas dan kelincahan untuk melaksanakan semua tugas yang diberikan.
- Memiliki kemampuan negosiasi yang baik.
- Pengawasan secara menyeluruh terhadap semua pekerjaan yang dilakukan oleh bawahannya.
- Menguasai teknologi terkait dan mendukung kinerja lapangan.
Tentu saja skill dan kemampuan diatas sangat berguna agar Tugas Koordinator Marketing dapat diselesaikan dengan sesuai.
Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing
E. Tips Lolos Wawancara Sebagai Koordinator Marketing
Panduan ini pasti penting untuk Anda ketahui sebelum Anda menghadapi tes wawancara. Soalnya ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab saat menghitung proses wawancara di area koordinator pemasaran.
Berikut cara-cara untuk menghadapinya.
- Faktor pemasaran yang paling disukai.
- Beberapa tips penting untuk pemasaran yang lebih efektif.
- Memahami seluk beluk bekerja sebagai koordinator pemasaran.
- Kumpulkan informasi profil perusahaan.
- Menceritakan tentang proyek pemasaran yang dikuasai.
Itu tadi hanya review dari banyak hal yang berhubungan dengan tugas sebagai Tips Lolos Wawancara Sebagai Koordinator Marketing.
Dimulai dengan pemahaman dan diakhiri dengan pekerjaan dan gaji. Kami berharap informasi kali ini akan membantu Anda memahami pekerjaan atau memenuhi syarat sebagai koordinator pemasaran.
Sekian artikel mengenai Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Marketing, semoga bermanfaat.