Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana

Bagaimana Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana? Saat ini, banyak perusahaan mungkin harus rehat akibat mewabahnya virus corona. Bisnis jatuh, ekonomi merosot, dan banyak perusahaan harus memberhentikan karyawannya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana

Tapi bukan berarti kita harus putus asa. Setelah epidemi ini berlalu, pasti banyak perusahaan akan bangkit dan itu berarti, mereka akan membutuhkan karyawan baru.

Dengan kata lain, akan ada banyak lowongan pekerjaan baru. Hanya orang yang paling siap yang akan beruntung karena kondisi perlahan pulih.

Untuk itu, tidak ada salahnya menyiapkan surat lamaran kerja yang bisa laris dari sekarang. Surat lamaran ini tidak harus berbelit-belit atau ribet. Sekedar surat lamaran kerja sederhana, tapi ampuh dan bisa laris.

Artinya, surat lamaran bahkan bisa dibuat hanya dengan ponsel. Pada artikel ini, Anda dapat melihat contoh surat lamaran sederhana, menarik, dan laris yang saya maksud.

A. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Sederhana

1. Pastikan Surat Lamaran ada 4 Bagian

Secara struktural, surat lamaran kerja sederhana dapat ditulis dengan 4 bagian sebagai berikut:

  1. Kepada siapa surat itu ditujukan?
  2. Kalimat pembuka yang kuat
  3. Posisi yang Anda lamar dan alasan kuat mengapa Anda harus mempekerjakan kami
  4. Kalimat penutup dan salam

Pastikan setiap bagian surat lamaran ditulis seperti poin nomor dua di bawah ini:

2. Langsung dan Tidak Bertele-tele

Kami akan membedah struktur bagian surat lamaran satu per satu.

a. Untuk Siapa Surat Lamaran

Bagian ini hanya dua baris tulisan yang berisi nama dan posisi contact person yang dituju.

Contohnya seperti ini:

Kepada Yth. Bapak Budi Santoso

HRD Manager PT Orangtua Grup

Hapus posting yang tidak perlu seperti:

  1. Tanggal surat: HRD tidak akan terlalu peduli dengan tanggal berapa surat itu ditulis
  2. Subjek / subjek: Biasanya bagian ini ditulis dengan kata “Lamaran”. HRD jelas tahu surat ini adalah lamaran kerja, kok. Dapat ditulis pada amplop jika surat dikirim langsung atau pada subjek email jika dikirim melalui email.
  3. Alamat perusahaan: bagian ini juga dapat ditulis pada amplop atau tentu saja akan tiba di alamat email yang benar

b. Kalimat Pembuka

Ini adalah bagian yang sangat penting. Seperti yang kita jual, inilah bagian yang harus bisa menarik perhatian manajer HRD.

Ada beberapa cara dan teknik untuk membuat kalimat pembuka yang kuat dan menarik:

1) Kalimat Pembuka Menggunakan Pertanyaan

Kalimat tanya efektif karena akan langsung memicu otak pembaca untuk aktif.

Contohnya seperti ini:

  1. Butuh Staff Admin Berpengalaman?
  2. Mencari Penjaga Toko yang Jujur dan Terpercaya?
  3. Ingin Menaikkan Target Penjualan Bulan Depan?
  4. Mencari Layanan Pelanggan yang Melayani dari Hati?

Selain mampu menarik perhatian, contoh kalimat pembuka di atas secara tidak langsung menyampaikan dua poin penting: posisi yang Anda lamar dan salah satu alasan kuat mengapa Anda layak direkrut.

Perhatikan kata-kata berpengalaman, jujur ​​dan amanah, tingkatkan penjualan dan layani dari hati. Kata-kata tersebut merupakan contoh selling point dalam kalimat.

Anda dapat menyesuaikan kalimat sesuai dengan posisi yang Anda lamar dan kelebihan yang Anda miliki.

2) Kalimat Pembuka yang Menjual Keterampilan atau Pengalaman

Jenis kalimat pembuka ini menekankan keahlian dan pengalaman untuk memberikan kesan positif.

Contohnya seperti ini:

  1. Staff Admin Detail dan Teliti Siap Membantu Anda
  2. Siap melayani dan menarik pelanggan dengan senyum ramah
  3. Capai Target Penjualan dengan Tenaga Penjualan Berpengalaman
  4. Bukan Sekedar Melayani, Tapi Menjawab dan Memberikan Solusi
3) Kata Pembuka Menguraikan Kontribusi atau Solusi

Pendekatan ini digunakan jika Anda yakin dapat berkontribusi dan atau menjadi solusi bagi perusahaan atau tempat kerja yang Anda lamar.

Dibutuhkan pengalaman dan keahlian untuk membuat pernyataan seperti ini.

Contoh kalimat seperti ini:

  1. Untuk Perekaman dan Administrasi yang Rapi
  2. Memenangkan hati konsumen dengan pelayanan dari hati
  3. Pastikan Sistem dan Data Aman dengan IT Berpengalaman

Contoh diatas bisa digunakan untuk anda yang melamar untuk posisi admin, customer service dan staff IT. Dengan satu kalimat pembuka, Anda bisa langsung melihat kontribusi atau solusi yang bisa ditawarkan.

Satu hal yang perlu diingat. Kalimat pembuka ini adalah “Pancingan” agar HRD akan membacakan isi surat lamaran kerja Anda. Bagian selanjutnya adalah isi surat yang tidak kalah pentingnya.

3. Posisi yang Berlaku dan Alasan Pendukung Kuat

Bagian kedua dari surat lamaran ini bisa dibilang inti dari penawaran kami kepada perusahaan.

Di sini kita harus bisa menjawab pernyataan di kalimat pembuka sekaligus menjelaskan keahlian dan pengalaman kita dengan jelas, singkat, dan informatif.

Cobalah untuk menulisnya hanya dalam satu paragraf. Ya, Anda tidak salah membacanya. Hanya satu paragraf. Agar lebih jelas, saya akan menuliskan contoh beberapa kalimat pembuka di atas:

Mencari Penjaga Toko yang Jujur dan Terpercaya?

Kejujuran dan kepercayaan adalah modal saya untuk bekerja sebagai penjaga toko. Dengan pengalaman 2 tahun menjaga toko di ITC Kuningan, alhamdulillah saya bisa melayani konsumen dengan baik dan sekaligus dipercaya untuk menangani keuangan toko sehari-hari. Jika Anda membutuhkan penjaga toko untuk membuat pembeli datang dan kembali, saya yakin saya orang yang tepat.

Contoh lain:

Pastikan Data Aman dengan IT Berpengalaman

Bisa dibilang, data merupakan salah satu “denyut nadi” perusahaan. Menjaganya agar tetap aman dan sehat hanya dapat dilakukan dengan baik oleh IT yang berpengalaman.

Tiga tahun sebagai staf IT di berbagai perusahaan mengajari saya cara merawat dan memelihara server agar dapat menyimpan data dengan baik. Jika Anda membutuhkan staf IT berpengalaman untuk mengamankan sistem dan data di perusahaan Anda, Anda telah bertemu dengan kandidat yang tepat.

Perhatikan kesinambungan antara kalimat pembuka dan penjelasan pada alinea isi surat pengantar.

Penjelasan dalam satu paragraf harus dapat merangkum pengalaman, keahlian, dan kontribusi apa yang dapat kita berikan kepada pemberi kerja atau perusahaan yang dilamar.

Baca juga: Kesalahan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

4. Kalimat Penutup dan Salam

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Sederhana

Bagian terakhir dari surat lamaran ini juga harus dibuat menarik dan terkesan percaya diri. Hindari kata-kata yang terdengar seperti berharap atau berharap.

Sebaliknya, gantilah dengan kata-kata yang memberi kesan bahwa kita siap untuk merayakannya.

Contohnya seperti ini:

Saya dapat dihubungi via telepon 0812 6543 9876 atau email: [email protected]

Saya siap bertemu untuk wawancara dalam waktu dekat agar bisa menjelaskan lebih detil tentang kualifikasi yang saya miliki.

Hormat Saya,
Indah Suharti

Sekarang mari kita lihat contoh 4 unsur utama surat lamaran kerja sederhana bila diimplementasikan menjadi surat lengkap.

B. Contoh Surat Lamaran Sederhana

1. Contoh Surat Lamaran Customer Service

Kepada Yth.
Sigit Kurniawan
HRD Manager PT Axis Telekom Indonesia

Cari Customer Service yang Melayani dari Hati?Kepuasan adalah kunci memenangkan hati pelanggan. Tiga tahun menjadi customer service mengajarkan saya bahwa pelayanan tulus dari hati akan meningkatkan loyalitas dan kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa sebuah perusahaan.

Jika Anda mencari customer service yang mampu melayani dari hati untuk memenangkan hati pelanggan, saya adalah calon yang tepat.

Saya sangat berterima kasih apabila dapat bertemu untuk wawancara sekaligus menjelaskan bagaimana pengalaman saya melayani pelanggan dapat berkontribusi terhadap perusahaan yang Bapak pimpin.

Saya dapat dihubungi melalui telepon 0812 3456 7890 atau via email: [email protected]

Hormat Saya,
Hani Wulandari

2. Contoh Surat Lamaran Sales & Marketing

Kepada Yth.
Heru Pramono
HRD Manager PT Asuransi AdMedika

Dari Dongkrak Penjualan Hingga Raih Target Pemasaran, banyak yang bisa jualan tapi sedikit yang bisa meraih target yang ditetapkan. Inilah yang menyebabkan tenaga sales dan marketing handal menjadi semakin sulit dicari.

Dengan pengalaman 4 tahun di bidang sales di industri bank, otomotif dan asuransi, saya percaya dapat bekerja menjadi ujung tombak penjualan di perusahaan Anda.

Saya dapat dihubungi via telepon 0819 2345 6789 atau email: [email protected] Saya siap bertemu untuk wawancara dalam waktu dekat agar bisa menjelaskan lebih detil tentang kualifikasi dan kontribusi yang dapat saya berikan bagi perusahaan.

Hormat Saya,
William Tanuwiyata

Baca juga: Cara Membuat Curriculum Vitae dan Surat Lamaran Kerja

Kesimpulan

Setelah membedah struktur dan elemen untuk membuat surat lamaran kerja sederhana, kini kita sampai pada sebuah kesimpulan.

Dan rasa percaya diri ini akan terlihat dari cara kita menulis surat lamaran kerja. Untuk itu, amati dan gali kembali potensi dan keahlian yang dimiliki serta dapat dijadikan nilai jual di mata calon pemberi kerja atau perusahaan yang akan dilamar.

Dengan begitu, mendapatkan pekerjaan impian Anda akan lebih mudah terwujud.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!