Mengirim Surat Lamaran Bahasa Inggris Lewat Email

Bagaimana Mengirim Surat Lamaran Bahasa Inggris Lewat Email? Saat ini komunikasi banyak dilakukan secara paperless via online, termasuk pengiriman lamaran kerja.

Mengirim Surat Lamaran Bahasa Inggris Lewat Email

Selain lebih praktis, surat lamaran kerja via email juga lebih mudah didokumentasikan, dan tentunya lebih hemat resource.

Apalagi dengan kondisi saat ini yang membatasi kita untuk keluar rumah hingga masa pandemi ini berlalu, mengirimkan surat lamaran kerja melalui email menjadi salah satu cara yang paling direkomendasikan.

Secara umum format dan isi surat lamaran kerja via email tidak jauh berbeda dengan surat lamaran kerja konvensional (hard copy).

Bedanya, isi surat lamaran kita tulis di badan email, sedangkan semua dokumen pendukung seperti resume/cv, sertifikat pelatihan, KTP, foto, dll dikirim melalui lampiran email.

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja via email, berikut beberapa etika yang harus diperhatikan.

Mengirim Surat Lamaran Bahasa Inggris Lewat Email

1. Etika Pengiriman Surat Lamaran Kerja Via Email

a. Yang harus dilakukan:

  1. Cantumkan posisi atau posisi pekerjaan yang dilamar pada subject email dan pada surat lamaran kerja pada body email.
  2. Dari mana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan yang Anda lamar?
  3. Akhiri dengan kalimat positif dan ajakan (call-to-action) agar manajer perekrutan akan menindaklanjuti surat lamaran yang Anda kirimkan. Contoh sederhananya adalah kalimat seperti “Saya menantikan kabar dari Anda.”
  4. Cantumkan nama lengkap Anda di akhir surat lamaran beserta tanda tangan Anda. Nama lengkap tidak boleh hanya ada di resume atau CV.
  5. Jika memungkinkan, jelaskan berbagai kondisi atau hal yang penting bagi Anda, misalnya jika Anda ingin pindah kota jika diterima, atau Anda dapat diterima dengan pemberitahuan 1 bulan sebelum Anda dapat mengundurkan diri dari pekerjaan Anda saat ini.

b. Apa yang Harus Dihindari:

  1. Sebaiknya hindari membuka surat lamaran Anda dengan menuliskan nama Anda. Sebaliknya, coba tuliskan dan tunjukkan kualifikasi relevan yang terkait erat dengan posisi yang dilamar.
  2. Buatlah surat lamaran kerja Anda sesingkat dan seinformatif mungkin. Pastikan surat lamaran kerja yang Anda tulis di badan email tidak lebih dari satu halaman.
  3. Hindari kesalahan tata bahasa dan penulisan dalam surat lamaran Anda. Kesalahan penulisan kecil dapat membuat peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan terbang.
  4. Jangan salah kirim surat lamaran kerja: salah nama perusahaan, salah nama contact person, atau salah posisi yang kamu lamar. Kesalahan seperti ini hanya menunjukkan Anda tidak profesional dan tidak merinci sesuatu yang penting.
  5. Jangan pernah menuliskan gaji yang diharapkan dalam surat lamaran kerja. Ini adalah hal yang sangat tidak etis. Simpan pertanyaan nomor ini untuk sesi wawancara selanjutnya.

2. Tanda Tangan

Tanda tangan membuat surat lamaran kerja yang Anda kirim kredibel.

Untuk surat lamaran melalui email, tanda tangan dapat diganti dengan tanda tangan email yang dapat diatur terlebih dahulu di bagian pengaturan email.

Atau, Anda dapat menggunakan tanda tangan digital untuk membuat surat lamaran Anda lebih pribadi dan terlihat lebih profesional. Anda dapat menggunakan layanan dari beberapa penyedia tanda tangan digital seperti priviid atau digisign.

3. Format Surat Lamaran Kerja Via Email

Penting untuk membuat surat lamaran kerja melalui email dengan format yang baik. Format surat lamaran Anda mencerminkan bahwa Anda adalah seorang profesional dan memahami prosedur penulisan dengan baik. Ini adalah salah satu penyaringan awal dan nilai tambah bagi pelamar.

Berikut beberapa elemen penting yang bisa diterapkan pada surat lamaran kerja via email.

  1. Tulis posisi yang dilamar di subject email
  2. Pastikan untuk menuliskan nama contact person yang dituju beserta salam atau salam profesional.
  3. Tulis kalimat pembuka yang kuat dan mampu menjelaskan kontribusi apa yang dapat Anda tawarkan jika Anda diterima bekerja di perusahaan tersebut.
  4. Tulis secara ringkas dan jelas kemampuan, keterampilan, dan pengalaman kerja terkait dengan posisi yang dilamar
  5. Gunakan font yang mudah dibaca
  6. Selalu periksa aplikasi pekerjaan. Jika Anda tidak teliti, mintalah bantuan orang lain.
  7. Sertakan tanda tangan dan informasi kontak Anda.
  8. Jika memungkinkan selalu kirim dokumen dalam format pdf bukan format word doc atau format lainnya.

Baca juga: Cara Negosiasi Gaji via Email dan saat Interview Kerja

4. Contoh Surat Lamaran Berbahasa Inggris Via Email

Mengirim Surat Lamaran Bahasa Inggris Lewat Email

Berikut beberapa contoh surat lamaran kerja berbahasa Inggris yang dapat anda gunakan sebagai referensi:

a. Contoh surat lamaran kerja via email untuk posisi Receptionist

Subject: Administrative Assistant/Receptionist Job – Sarah Deviana

Dear Ms. Cole,

I was excited to see your listing for the position of administrative assistant/receptionist at PT ABC President. I believe that my five years’ experience in office administration and my passion for your products make me an ideal candidate for this role.

You specify that you’re looking for an administrative assistant with experience scheduling appointments, maintaining records, ordering supplies, and greeting customers. I’m currently employed as an administrative assistant at Prudential company, where I have spent the past five years honing these skills.

I’m adept at using all the usual administrative and collaboration software packages, from Microsoft Office and SharePoint to Google Docs and Drive. I’m a fast learner, and flexible, while always maintaining the good cheer that you’d want from the first person visitors see when they interact with the company.

I have attached my resume and will call within the next week to see if we might arrange a time to speak.

Thank you so much for your time and consideration.

Best Regards,

Sarah Deviana
Jl. Mampang Prapatan XI No. 21
Pela Mampang, Jakarta Selatan 12720
Email: [email protected]
Phone: 0812 3456 7890

Enclose: Resume and supporting documents

b. Contoh surat lamaran kerja via email untuk Marketing Manager

Subject: Marketing Manager Position – Sandy Saputra

Dear Ms. Lee,

I am writing in regard to the position of marketing manager at XYZ Enterprises advertised on Monster.com. Susan Smith recommended that I write directly to you, as we worked together at ABC Inc. for several years, and she thought that this position would be a good fit for me.

With ABC, I was a direct report to Susan, and I was able to increase my department’s sales by 15% over the three years we worked together. This exceeded the industry standard by 10% during a nearly stagnant period of time. Given XYZ’s position in the market, and my experience with increasing market share, I feel that I can help to bring even more success to your company.

I have attached my resume and list of references for your consideration. I will follow up next week to provide any additional information you may be interested in. Thank you very much for taking the time to review my resume.

Best Regards,

Sandy Saputra
Jl. Wijaya XI No. 70
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
email: [email protected]
Phone: 0812 9876 2345

c. Contoh surat lamaran kerja melalui kalimat pembuka yang kuat

Contoh ketiga ini mungkin sedikit berbeda. Kami dapat menggunakan subjek email untuk menulis kalimat pembuka yang menggoda atau membuat manajer HRD yang menerima email tertarik untuk membaca surat lamaran kerja yang Anda kirimkan lebih lanjut.

Subject Line: Do you need a conscientious paralegal at your firm?

Dear Mr. Ade Dwi Dharmawan

Do you need a hardworking, creative and conscientious paralegal to meet your firm’s needs? If so, I can help you. The following is a summary of my qualifications:
· More than ten years of progressively responsible legal experience;
· Bachelor’s Degree with Honors in Business Administration;
· Exceptional verbal, written and analytical skills;
· Advanced computer skills;
· Outgoing personality and “can-do” attitude.
I would like to meet with you to discuss how I might assist your firm in fulfilling its present needs. My resume is enclosed for your review. If you need someone who is highly motivated, eager to learn, and willing to work hard to succeed, please contact me at 0819 9383 4545 or via e-mail: [email protected].

Sincerely,

Budhi Prasetya Mulya
Jl. Matraman Raya No. 201 Bali Mester
Jatinegara, Jakarta Timur
Linkedin: Buhdi: linkedin.com/budhiprasetya

Baca juga: Cara Mengirim CV Lewat Email yang Baik dan Benar

Kesimpulan

Itulah beberapa poin dan unsur yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris. Pastikan surat lamaran kerja yang Anda tulis terlihat profesional. Sertakan juga resume atau curriculum vitae yang menarik dan menjual.

Sekarang saatnya untuk melamar pekerjaan impian Anda dan memperluas cakrawala karir Anda dengan surat lamaran email yang kuat.

Sekian artikel mengenai Mengirim Surat Lamaran Bahasa Inggris Lewat Email, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!