Skill untuk Kerja di Luar Negeri

Apa Skill untuk Kerja di Luar Negeri? Dalam dunia kerja, memiliki satu atau lebih keterampilan sangat penting dan dapat menambah nilai terutama bagi yang berencana untuk bekerja di luar negeri.

Skill untuk Kerja di Luar Negeri

Semua orang ingin memiliki karir yang lebih baik dan menjanjikan bagi kehidupan masa depan. Hard dan soft skill sama pentingnya untuk sukses di dunia kerja. Berikut beberapa skill untuk bekerja di Luar Negeri yang bisa kamu kuasai

A. Skill yang bisa dikuasai sebelum bekerja di Luar Negeri

1. Keterampilan Mengatur Jadwal

Mampu menjadwalkan dan menjaga adalah keterampilan tangguh yang sangat berguna baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari.

Dengan perencanaan yang efektif, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dan mengatur waktu yang tersedia. Saat menjadwalkan janji temu, Anda juga harus dapat menulis dalam mode hari atau minggu.

Terlepas dari tugas yang wajib dilakukan dalam perusahaan, dengan memiliki skill satu ini anda akan mudah dalam membagi waktu untuk menyelesaikan tugas apapun.

Baik yang berkaitan dengan perusahaan maupun hal yang harus diselesaikan secara pribadi. Dengan kemampuan merancang dan merencanakan pekerjaan akan membuat anda melakukan berbagai hal secara maksimal

2. Pengalaman Organisasi

Semua perusahaan tentunya menginginkan calon karyawan yang sudah berpengalaman, tidak hanya dari segi pengalaman kerja, tetapi juga dari segi pengalaman organisasi.

Pengalaman organisasi yang dimiliki seseorang memastikan bahwa pekerjaan berjalan lancar dan mudah disesuaikan dengan lingkungan perusahaan untuk hasil terbaik.

Pengalaman ini dapat diperoleh melalui keanggotaan organisasi saat di sekolah atau perguruan tinggi, menjadi sukarelawan di acara-acara, keanggotaan dalam komunitas nasional atau internasional, dan banyak lagi.

Semakin banyak pengalaman organisasi yang diikuti, maka semakin menarik di mata perusahaan.

3. Keterampilan Manajemen Data

Bagi pebisnis, data merupakan aset penting di era berkembangnya teknologi. Hampir setiap perusahaan menangani data dalam jumlah besar.

Semua kegiatan bisnis suatu perusahaan tidak lepas dari pengolahan data. Kemampuan mengelola data secara efisien sangat penting. Anda perlu memastikan data terorganisir dengan baik sehingga dapat dengan mudah menemukannya saat dibutuhkan.

Kedengarannya mudah, tetapi keterampilan yang sulit ini membutuhkan latihan dan kedisiplinan agar dapat menguasai dengan baik.

Keterampilan manajemen data yang diperlukan meliputi pemantauan, analisis, peningkatan, dan pemrosesan data untuk semua informasi. Setiap bisnis harus memproses data dalam jumlah besar.

Untuk itu, anda harus membiasakan diri untuk menghadapi data dalam jumlah yang sangat besar. Selain itu, anda juga perlu menganalisis berbagai informasi yang diperlukan dalam proses pekerjaan.

Skill ini mencakup berbagai hal tentang menganalisis data, memperbaiki data, meninjau informasi dan kemudian melaporkannya kepada divisi supervisor

4. Kemampuan Berpikir Global

Maksud dari memiliki proses berpikir secara global merupakan mampu memiliki ide atau pola berpikir yang terbuka terhadap dunia luar.

Dapat menentukan dampak positif dan negatif dari suatu peristiwa tanpa menghilangkan makna aslinya. Proses berpikir ini bisa didapatkan dengan melakukan perbandingan informasi dan pengembangan wawasan.

Karyawan yang dapat berpikir secara global akan mampu merespons masalah secara lebih kritis dan mengambil keputusan yang cepat, tepat, dan akurat.

Pastikan Anda termasuk dalam kelompok calon tenaga kerja ini agar Anda memiliki peluang besar untuk bekerja di luar negeri. Kemampuan ini bisa dilatih dengan cara menambah wawasan terkait banyak hal

5. Keterampilan Penelitian

Keterampilan yang berkaitan dengan penelitian memang sangat penting dalam bidang kehidupan terutama dalam hal pekerjaan.

Anda akan mendapatkan nilai plus jika menguasai keterampilan ini terutama keterampilan mengumpulkan informasi data dan menciptakan dan juga mengembangkan produk yang inovatif dan terbaru.

Anda bisa mempelajari hal ini dalam pendidikan anak formal yang ada di Indonesia. Keterampilan dalam bidang ini perlu dilakukan pembiasaan dan pelatihan.

Pengalaman sangat dibutuhkan dalam pengerjaan atau penguasaan keterampilan penelitian. Penelitian ini biasanya membutuhkan ketelitian dan juga proses pengerjaan yang cukup lama

6. Keterampilan Berbahasa

Skill untuk Kerja di Luar Negeri

Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing adalah fondasi terpenting untuk bekerja di luar negeri. Pastikan Anda fasih berbahasa asing, terutama bahasa negara tempat Anda bekerja.

Hal ini penting untuk memastikan kelancaran komunikasi dengan rekan kerja di perusahaan dan orang-orang yang ditemukan di sana. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa penting yang harus dipelajari.

Untuk mempermudah mempelajari bahasa asing ini, Anda bisa mempelajarinya sendiri atau online. Saat ini, ada banyak situs kursus online yang dapat ditemukan secara bersamaan dalam berbagai bahasa.

Selain itu, Anda dapat memilih tingkat bahasa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, dan beberapa kursus online ini dapat digunakan secara gratis.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Arsitek

7. Kemampuan Berpikir Kritis

Kemampuan lainnya yang diperlukan adalah berpikir kritis. Dengan kemampuan ini, anda bisa melakukan analisis dan membandingkan fakta dan kemudian mengembangkannya dalam bentuk ide atau solusi baru dari suatu permasalahan yang ada. Berpikir kritis ini dapat didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh.

8. Penguasaan Ilmu Komputer

Ilmu komputer atau kemampuan menggunakan komputer, sangat penting di zaman modern ini. Kehadiran komputer dapat membantu untuk menyederhanakan pekerjaan sehingga segala hal bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Keterampilan dasar yang biasanya perlu dikuasai adalah mempelajari berbagai microsoft office seperti word, excel, maupun yang lainnya

Setelah menguasai dasar-dasarnya, langkah selanjutnya adalah membuat keterampilan komputer Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Ini termasuk pemrograman komputer, desain situs web, dan mempelajari cara kerja perangkat lunak dan perangkat keras. Keterampilan komputer yang baik adalah suatu keharusan. Semakin baik menguasai komputer, semakin baik Anda akan bekerja.

9. Spesialis keamanan Jaringan

Pekerjaan ini bukan lah suatu tanggungjawab yang mudah. Tidak semua orang memiliki kemampuan dalam bidang keamanan jaring.

Untuk itu, akan sangat menguntungkan jika anda memiliki keterampilan dalam bidang satu ini. Pemahaman yang diperlukan yaitu mampu merancang, memelihara dan membangun sistem keamanan yang digunakan

Jumlah data yang disimpan oleh sebuah perusahaan pastinya terus mengalami peningkatan secara signifikan. Jika data ini bocor atau sampai dicuri oleh pihak tertentu, pastinya perusahaan perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk pembenahan sistem.

Oleh karena itu, perusahaan sangat membutuhkan orang yang memiliki pengetahuan tentang sistem keamanan jaringan

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Biologi

10. Keterampilan Pemasaran

Skill berikutnya yaitu memiliki kemampuan untuk memasarkan sebuah produk dan juga memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan perusahaan.

Beberapa jenis pemasaran yang diminati oleh perusahaan yaitu berkaitan dengan SEO  (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), dan juga manajemen kampanye pemasaran.

Demi menguasai skill untuk bekerja di luar negeri ini, anda perlu memperdalam pemahaman tentang google analytics dan wordpress.

Umumnya, sistem pemasaran dan juga branding dilakukan dengan berfokus pada periklanan atau penjualan produk. Sistem ini berlaku untuk media sosial, dan juga berbagai situs web yang terhubung ke internet

Dengan menguasai beberapa skill diatas, anda akan memiliki nilai plus dimata perusahaan tempat anda bekerja. Kemampuan ini juga pastinya akan memberikan banyak keuntungan bagi diri sendiri juga perusahaan.

Penguasaan skill memang membutuhkan waktu yang lama, namun anda perlu bersabar dan tekun dalam menguasai bidang tersebut

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!