8 Cara Melamar Kerja lewat Email di HP
Bagaimana Cara Melamar Kerja lewat Email di HP? Langkah-langkah melamar pekerjaan melalui email harus dipahami oleh mereka yang memiliki kemampuan untuk mengajukan lamaran pekerjaan secara online.
Bahkan jika Anda awalnya terbiasanya untuk melamar secara tertulis. Soalnya melamar kerja lewat email dan juga melamar kerja offline tapi mempunyai karakter sendiri-sendiri.
Untuk menjawab Langkah langkah mengirim lamaran kerja lewat email hp? mari kita simak artikel dibawah ini.
Table of Contents
Cara Melamar Kerja lewat Email di HP
Kami akan membuatkan tutorial agar anda tidak bosan mencari pekerjaan lagi, baca artikel ini sampai habis.
Semoga Anda bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan impian setelah membacanya.
Silahkan pahami karena Loker Pintar akan membahas triknya satu persatu.
1. Pelajari Instruksi Pemberi Kerja
Cara Melamar Kerja lewat Email di HP yang pertama adalah pelajari instruksi pemberi kerja.
Kesalahan umum yang sering terjadi adalah pelamar kerja tidak mengajukan lamaran sesuai dengan ketentuan yang diminta oleh pemberi kerja.
Pada akhirnya, segala sesuatu yang telah dipersiapkan dengan sebaik mungkin akan tidak ada harganya di mata perusahaan.
Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, maka penting bagi Anda untuk mempelajari dengan serius dan detail apa yang diminta dan harus Anda lakukan.
Dokumen apa saja yang perlu disiapkan? Formulir apa saja yang harus diisi? Apa jenis foto yang perlu dikirim?
Jika Anda tidak memperhatikan ini, jangan salahkan siapa pun jika lamaran kerja Anda ditolak.
2. Siapkan Semua Dokumen yang Diperlukan
Cara Melamar Kerja lewat Email di HP selanjutnya yaitu menyiapkan semua dokumen yang diperlukan. Jika sudah jelas apa yang perlu Anda persiapkan, coba data dan buat daftar periksa.
Setelah itu, pastikan semua dokumen yang diminta ada. Pastikan semuanya ada dan tidak ada yang terlewat.
Jika ada sesuatu yang tampaknya hilang, jangan bersikeras untuk melewatinya. Lebih baik mengurus dan membuat terlebih dahulu. Apalagi jika waktunya masih ada.
Setelah semua dokumen terkumpul, siapkan dengan menggunakan format yang diminta. Saya tidak tahu apakah itu format dokumen, PDF, JPG atau yang lainnya.
Pada umumnya beberapa dokumen fisik seperti KTP, KK atau Ijazah akan diminta dalam bentuk scan. Oleh karena itu, Anda perlu mencari informasi tentang cara scan lamaran lewat HP.
Ada banyak aplikasi pemindai dokumen yang bisa Anda gunakan di Play Store.
Secara umum, tutorial tentang cara menggunakannya sudah disertakan. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi seperti CamScanner atau Simple Scan.
Surat lamaran dan CV biasanya harus diketik langsung ke dalam program seperti MS.Word.
Jika Anda tidak bisa mengetiknya, ada banyak panduan untuk dijelajahi melalui Youtube atau Google.
Meskipun demikian, ini memungkinkan setiap perusahaan untuk memberikan persyaratan dokumen yang berbeda. Anda hanya perlu menyesuaikan.
Misalnya, jika file surat lamaran dan CV perlu dibuat dalam format PDF, Anda dapat mengubah dokumen ke format PDF terlebih dahulu.
Cara Melamar Kerja lewat Email di HP dengan format PDF yaitu menyiapkan file dengan format dokumen (.docx) kemudian membuka aplikasi konversi file atau website konversi.
Anda hanya perlu mengetuk di Google “convert doc to pdf“, tentu saja akan ada situs webnya. Anda hanya perlu mengikuti panduan dan akan segera mendapatkan file format PDF.
3. Siapkan Email untuk Lamaran Kerja
Menyiapkan email untuk lamaran kerja adalah salah satu Cara Melamar Kerja lewat Email di HP.
Apakah Anda sudah menyiapkan semua dokumen? Langkah selanjutnya adalah menyiapkan email yang ingin digunakan. Kamu sudah menyiapkan bukan?
Jika tidak, anda hanya perlu melakukannya saja. Gunakan aplikasi email yang umum dan sederhana seperti Aplikasi Gmail, Anda dapat menggunakan Gmail.
Namun, Anda harus menggunakan email yang berisi profil asli. Jangan gunakan email palsu atau nama palsu. Di mata perusahaan, ini mungkin penilaian yang buruk.
contoh email dengan nama palsu adalah
Jangan menggunakan email seperti itu.
Jadi, jika Anda memiliki banyak email dengan nama profil aneh yang berbeda, Anda dapat mengubahnya terlebih dahulu.
Gunakan nama asli Anda dan pastikan sesuai dengan KTP Anda agar terlihat lebih kompeten.
Begitu juga dengan alamatnya. Itu harus menggambarkan nama asli Anda. Contoh email yang benar adalah
Baca juga: Mengirim Surat Lamaran Bahasa Inggris Lewat Email
4. Tulis Subjek dan Body Email Lamaran Kerja
Cara Melamar Kerja lewat Email di HP selanjutnya yaitu menulis subject dan body email lamaran kerja.
Setelah email siap, Anda dapat mulai menulis lamaran kerja di aplikasi Email.
Anda dapat login ke akun email Anda dan memilih menu Compose. Selanjutnya, akan muncul jendela baru untuk Anda isi.
Sebagai langkah selanjutnya dari Cara Melamar Kerja lewat Email di HP, Anda dapat menulis subjek lamaran kerja. Bidang subjek ini seperti judul email yang akan dikirim.
Beberapa perusahaan memberikan ketentuan khusus mengenai langkah-langkah penulisan subjek.
Namun, jika tidak ada ketentuan, bukan berarti Anda bisa mengosongkannya. Kolom ini wajib diisi.
Misalnya dengan kalimat ‘Staff Administrasi PT. Cepat Kaya – Nama‘
Bila sudah terisi, bisa mengisi bagian body email. Terkadang beberapa perusahaan sudah menyiapkan format pengisian bagian ini juga.
Namun jika tidak, Anda bisa mengisinya dengan susunan surat yang biasa. Di dalam memiliki susuran sebagai berikut:
- Menulis salam dan kalimat pembuka.
- Alasan ketertarikan Anda pada perusahaan melalui email.
- Jelaskan mengapa Anda yakin pada posisi yang dilamar.
- Jelaskan kekuatan dan kelemahan Anda untuk posisi ini.
- Tambahkan kontak dan akun media sosial yang dapat dihubungi.
- Menulis kalimat penutup dan salam.
Ada juga perusahaan yang membedakan isi email dengan surat lamaran. Mereka meminta pelamar untuk membuat surat lamaran terpisah yang dibuat dalam dokumen yang terpisah.
Sebagai pencari kerja, kamu patuhi saja dulu, ya!
Baca juga: 14 Cara Mengirim CV Lewat Email yang Benar
5. Lampirkan Dokumen yang Diperlukan
Cara Melamar Kerja lewat Email di HP selanjutnya, Anda dapat melakukan upload lampiran dengan mengunggah semua dokumen yang sudah disiapkan.
Bagaimana caranya? Jika Anda menggunakan Gmail, Anda dapat mengeklik atau mengetuk ikon paper clip yang bertuliskan Lampiran.
Selanjutnya Anda akan diminta untuk mencari dan memilih file yang akan diunggah.
Oleh karena itu, demi kemudahan, Anda harus terlebih dahulu menyimpan beberapa dokumen dalam folder khusus.
Proses ini akan memakan waktu lama jika file PDF atau Word Anda berukuran sangat besar. Apalagi jika koneksi internet di tempat Anda tinggal lambat. Disini memang diperlukan kesabaran khusus.
6. Melakukan Pengecekan Email Lamaran Kerja
Melakukan pengecekan email lamaran kerja juga salah satu Cara Melamar Kerja lewat Email di HP.
Sebelum benar-benar dikirim, Anda perlu memverifikasinya terlebih dahulu.
Menurut pribahasa, manusia itu tempatnya salah, jadi kadang ada yang dilupakan. Jika ada yang terlupa, Anda bisa langsung menambahkannya.
Untuk membuatnya lebih baik, Anda dapat meminta seseorang untuk meninjaunya. Seseorang sering lebih berhati-hati untuk bagian pengecekan ini.
Anda dapat meminta bantuan dari istri, suami, saudara perempuan, saudara laki-laki atau, jika ada, sahabat-sahabat anda.
Ini penting. Jika Anda lupa satu hal saja dalam tahap administrasi, Anda mungkin terlihat sebagai orang yang kurang berhati-hati dan kurang mampu.
Bahkan jika pada saat yang sama Anda bersaing dengan beberapa ratus atau beberapa ribu orang yang memperebutkan posisi beberapa lowongan.
Jadi pastikan semua persyaratan administrasi anda tidak ada yang terlewat.
Baca juga: Cara Membalas Email Panggilan Interview
7. Tentukan Waktu untuk Mengirim Email Lamaran Kerja
Cara Melamar Kerja lewat Email di HP selanjutnya yaitu memastikan waktu untuk mengirim email lamaran kerja dan menyetel kapan harus mengirim email lamaran kerja.
Disarankan untuk mengirim email selama jam kerja. Misalnya dari pukul 07.00-17.00 WIB.
Pada waktu ini, HRD pada prinsipnya akan memeriksa dan memonitor setiap email yang masuk dari pencari kerja.
Jika Anda mengirim email pada saat-saat tersebut, ada kemungkinan lebih besar bahwa lamaran Anda akan dibaca oleh pihak HRD.
8. Mengirimkan Email Lamaran Kerja
Cara Melamar Kerja lewat Email di HP terakhir adalah mengirimkan email. Anda bisa mulai dengan memasukkan alamat email perusahaan tujuan.
Pastikan alamatnya benar. Jika satu atau dua huruf salah, itu akan memastikan bahwa email yang Anda kirim tidak sampai ke meja HRD perusahaan.
Cara Melamar Kerja lewat Email di HP atau di PC sebenarnya sama. Anda perlu mengklik tombol “Kirim” yang terletak di bawah bagian body email.
Untuk video tutorial Cara Melamar Kerja lewat Email di HP bisa dilihat dibawah ini
Kesimpulan
Tentunya jangan lupa berdoa sebelum mengirim dan mohon doa dari orang-orang terdekat agar email tersebut mendapat respon yang menyenangkan.
Umumnya, Anda akan dihubungi langsung oleh perusahaan jika apa yang Anda kirim memenuhi persyaratan mereka. Tapi jangan berkecil hati jika email Anda diabaikan.
Coba baca lagi Cara Melamar Kerja lewat Email di HP di atas dan perhatikan apa yang masih belum cukup.
Untuk contoh lamaran kerja via email pdf di hp bisa dilihat di artikel ini Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana
Artikel yang kami bagikan tentang Cara Melamar Kerja lewat Email di HP ini memungkinkan Anda untuk melengkapinya kembali dengan pengetahuan tambahan untuk memperbaikinya.
Bagi yang bertanya bagaimana cara mengirim lamaran lewat email di hp iphone? untuk teknisnya sama hanya tampilan aplikasinya saja yang mungkin berbeda.
Anda dapat membaca lebih banyak artikel tentang pekerjaan untuk meningkatkan potensi penghasilan Anda di zaman sekarang ini.