Cara Membuat CV ATS

Bagaimana Cara Membuat CV ATS? Saat mengajukan lamaran kerja, pastinya anda membutuhkan dokumen yang perlu disiapkan seperti CV. Curriculum Vitae biasanya perlu dikirimkan melalau email atau website dari tempat yang anda lamar.

Cara Membuat CV ATS

Setelah mengirimkan CV, anda perlu menunggu panggilan dari pihak penyelenggara. Format membuat CV juga perlu anda perhatikan dengan baik. Berikut cara membuat CV ATS dengan benar

A. Mengenal Istilah ATS

ATS atau Applicant Tracking System merupakan suatu sistem soft wer yang digunakan oleh beberapa perusahaan untuk mengumpulkan CV dan melakukan seleksi berdasarkan kriteria yang dibutuhkan.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada tahun 2018, ditemukan bahwa sebagian besar perusahaan fortune AS menggunakan sistem ini dalam memilih resume pelamar

Penting bagi anda untuk mengetahui informasi ini. Karena pada dasarnya, lamaran anda akan diseleksi menggunakan sistem tracking terlebih dahulu sebelum akhirnya dibaca oleh manager ataupun HRD perusahaan.

Dibaca atau tidaknya sebuah CV yang telah anda buat tergantung pada algoritma dari system software yang digunakan

B. Cara Kerja ATS

Sebagian besar perusahaan menggunakan ATS sebagai alat untuk merekrut karyawan. Selain survei yang diterbitkan oleh Jobscan, survei lain yang dilakukan oleh Kelly OCG menemukan bahwa 66% perusahaan besar dan 35% usaha kecil mengandalkan perangkat lunak ATS untuk proses rekrutmen mereka.

Ada banyak jenis ATS yang saat ini digunakan, seperti Taleo, Brassring, dan SmartRecruiters.

Saat melamar pekerjaan di perusahaan besar secara online, yakinlah bahwa Anda akan menemui sistem ATS terlebih dahulu. ATS bekerja mengumpulkan resume yang diajukan oleh pelamar dan menyimpannya dalam database.

Selain itu, ATS dapat mengurutkan resume terkait, membandingkan satu resume dengan resume lainnya dan memberi peringkat berdasarkan akurasi keterampilan sesuai kebutuhan.

Dengan kata lain, ATS adalah gerbang terpenting yang harus Anda lewati saat melamar pekerjaan secara online. Jika resume yang Anda buat berisi kata kunci yang cocok dengan kategori yang diinginkan dari daftar pekerjaan tertentu, kemungkinan besar anda akan memenuhi syarat. Itulah mengapa sangat penting untuk anda mengetahu cara membuat CV ATS

C. Artificial Intelligence yang membuat ATS Makin Cerdas

Cara Membuat CV ATS

ATS adalah salah satu alasan mengapa anda sering tidak mendapatkan panggilan wawancara setelah mengirimkan resume. Menurut situs Forbes, 75% resume pekerjaan yang diterima di situs web perusahaan ditolak oleh sistem karena tidak terbaca. Oleh karena itu, anda perlu memastikan bahwa resume dapat dibaca oleh Applicant Tracking System.

Kehadiran AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan juga semakin memajukan kecanggihan ATS dalam pelestarian dan seleksi pelamar.

AI ATS akan memastikan bahwa kata kunci yang tercantum dalam pekerjaan berulang kali tercantum di resume. AI dapat membuat penyortiran kandidat lebih mudah tanpa campur tangan manusia.

Selain penyaringan resume, kecerdasan buatan seperti sistem yang disebut AMY, juga digunakan untuk membalas email lamaran dari pelamar dan mengatur wawancara jika pelamar lulus seleksi.

Intinya, ATS dapat bekerja lebih efisien dengan AI dan tidak butuh waktu lama untuk mengesampingkan kandidat yang cocok untuk lowongan yang relevan.

Baca juga: Cara Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

D. Ciri –Ciri CV ATS Friendly

Tujuan dari CV yang ATS friendly adalagh agar rasum dapat dibaca oleh sistem yang digunakan dan memberikan kesempatan lebih besar kepada anda untuk melanjutkan ke tahap rekruitmen berikutnya.

Agar dapat terbaca oleh sistem, maka anda perlu memperhatikan beberapa kriteria yang perlu dicantumkan dan diperhatikan cara membuat CV ATS

Kriteria tersebut meliputi pemilihan bahasa. Bahasa yang digunakan disarankan untuk menggunakan bahasa inggris agar mempermudah sistem dalam membaca pengalan dan juga skill yang anda miliki.

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan jumlah halaman. Pastikan rasume anda tidak lebih dari 2 lembar karena banyaknya halaman dapat mempersulit proses pembacaan sistem

Font yang bisa digunakan dalam penulisan CV diantaranya Arial, Times New Roman, Helvetica, dan font standar lainnya dengan ukuran 11 atau lebih besar.

Dalam CV perlu anda tambahkan data diri, email dan kontak yang dapat dihubungi. Kemudian anda juga perlu memperhatikan warna yang digunakan dalam membuat CV. Umumnya, resume yang diaktifkan ATS hanya menggunakan hitam dan putih.

Kedengarannya membosankan, tapi memang itulah yang seharusnya dilakukan. Penulisan CV memang lebih ditekankan pada bagian isi dibandingkan dengan desain yang digunakan.

Tentu saja hal ini merupakan sebuah keuntungan bagi anda yang tidak pandai dalam membuat desain. Anda perlu memahami cara membuat CV agar dapat terbaca oleh ATS

E. Cara Membuat CV sesuai ATS

1. Menulis Profil dengan Singkat

Membuat Cv sama halnya menguji anda dalam hal keterampilan untuk mempromosikan diri. Dalam hal ini, anda perlu menuliskan hal yang berkaitan dengan kepribadian, keterampilan yang dikuasai, jenjang pendidikan yang telah dilalui, serta bakat dan minat yang disukai. Selain itu, anda juga perlu menyertakan kelebihan dan kekurangan dari diri sendiri

Menyertakan hal diatas tentunya sebagai bahan pertimbangan bagi para perekrut untuk melihat kualitas dari calon pekerjanya.

Selain itu juga untuk menilai tingkat pemahaman individu terhadap dirinya sendiri. Dalam menuliskan CV, anda juga perlu memperhatikan dan mencantumkan kata kunci yang umumnya dicari oleh para perekrut.

Baca juga: Cara Mengirim CV Lewat Email yang Baik dan Benar

2. Rinci dalam Menuliskan Riwata pendidikan

Dalam menuliskan jenjang pendidikan, hanya perlu menjelaskan tentang pendidikan terakhir. Terutama bagi para fresh graduates yang biasanya menuliskan jenjang pendidikan dari TK sampai dengan perguruan tinggi.

Yang perlu dijabarkan adalah pendidikan di jenjang universitad dan juga SMA. Hal tersebut sudah cukup untuk membuat CV anda terlihat menarik

Selain memasukkan jenjang pendidikan, anda juga dapat menambahkan nilai IPK yang diperoleh dan pengalaman berorganisasi yang telah dilakuakn selama masa kuliah.

Jelaskan kegiatan dan jabatan apa saja yang pernah diikuti dalam organisasi. Anda juga perlu menjelaskan secara singkat tentang kontribusi apa saja yang telah dilakukan dalam organisasi

3. Memasukkan Pengalaman yang Relevan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah dalam penulisan pengalaman kerja atau magang. Pastikan anda mencantumkan pengalaman yang memang relevan dengan bidang yang anda lamar dalam perusahaan.

Sesuaikan keahlian yang anda miliki dengan kebutuhan perusahaan. Dengan begitu, pastinya peluang anda untuk dapat bergabung menjadi bagian dari perusahaan akan lebih besar.

Baca juga: Cara Membuat Curriculum Vitae dan Surat Lamaran Kerja

4. Mencantumkan Link Portofolio

Untuk beberapa posisi yang perlu menunjukkan hasil karya, maka anda perlu meniapkan ling portofolio mengenai hasil kerja yang pernah dilakukan.

Jenis pekerjaan yang membutuhkan portofolio meliputi desain grafis, content writer, copywriter, dan sebagainya. Hal ini dapat menunjang kualitas dan menjadi poin plus bagi anda

Cara membuat CV ATS yang baik juga dapat dilakukan dengan menambahkan berbagai penghargaan seperti sertifikat atau bukti lainnya yang berkaitan dengan bidang posisi yang dilamar.

Berikan detail dengan jelas darimana sertifikat tersebut diperoleh dan sertakan nomer dan tahun berlakunya. Pastikan yang tertulis dalam CV tidak out of topic dengan penyampaian yang singkat, padat, dan jelas.

Silahkan praktekkan cara diatas untuk meningkatkan kualitas CV anda. Buatlah CV sebaik mungkin agar dapat terdeteksi dalam sistem ATS yang digunakan oleh perusahaan.

Dengan mengetahui cara dan tips dalam membuat CV diatas, pastinya anda akan memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan pelamar lainnya.

Sekian artikel mengenai Cara Membuat CV ATS, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!