9 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa
Apa Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa? Penawaran dalam ilmu ekonomi, berarti jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran ditentukan oleh kondisi tertentu, baik yang berkaitan dengan produsen, pelanggan atau keadaan lainnya.
Dalam hukum penawaran, jumlah yang ditawarkan meningkat seiring dengan kenaikan harga.
Di sisi lain, jika harga barang atau jasa turun, jumlah yang ditawarkan secara alami akan berkurang.
Asumsinya adalah bahwa ketika harga naik, beberapa produsen pasti akan meningkatkan kuantitas yang ditawarkan untuk meraup keuntungan yang lebih besar.
Table of Contents
Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran barang dan jasa, yaitu sebagai berikut:
1. Ukuran jumlah penawaran
Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa yang pertama adalah ukuran jumlah penawaran
Hal yang sama berlaku untuk hukum penawaran yang telah disebutkan.
Wajar bila harga suatu barang tinggi, produsen memiliki tekad yang besar untuk menjual lebih banyak barang. Dan jika harga turun, penjual tentu saja menahan barangnya.
2. Biaya produksi rendah
Biaya produksi rendah adalah salah satu Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa
Tentu saja, jika harga produksi turun, penjual memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari selisih antara nilai penjualan dan biaya produksi.
Poin ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran, selain harga.
Dan ketika biaya produksi sangat tinggi, penjual tidak mau mengambil risiko dengan memproduksi banyak barang.
Sampai penjual mencari taktik lain, seperti Misalnya produksi produk limited edition yang semakin hari semakin mahal.
Baca juga: Strategi STP Adalah: Pengertian, Manfaat dan Langkah
3. Teknologi dalam Produksi Barang
Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa selanjutnya adalah teknologi produksi barang.
Teknologi dapat diartikan di sini sebagai alat produksi. Tentu saja, semakin kuat suatu teknologi, semakin efektif untuk memproduksi suatu produk.
Efektivitas ini tentunya akan semakin mengurangi beban biaya produksi sehingga lebih kecil.
Hal ini dapat dikatakan mirip dengan faktor ke-2 jika biaya produksi yang rendah meningkatkan jumlah yang ditawarkan.
4. Target Keuntungan yang Ditetapkan oleh Penjual atau Produsen
Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa keempat adalah target keuntungan yang ditetapkan oleh penjual atau produsen.
Setiap produsen tentu memiliki tujuan dalam melakukan usahanya. Oleh karena itu, jika suatu perusahaan ingin memperoleh keuntungan yang besar.
Maka akan meningkatkan jumlah produksi, sehingga hal ini akan mempengaruhi jumlah penawarannya.
Ada juga perusahaan yang tidak terlalu memikirkan profit, tetapi hanya fokus pada kapasitas produksi.
Perusahaan-perusahaan ini biasanya perusahaan yang diatur pemerintah dan melayani kesejahteraan warga.
5. Ada persaingan antara beberapa produsen
Adanya persaingan antara beberapa produsen adalah Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa.
Persaingan antar produsen akan mengakibatkan beberapa produsen berlomba-lomba menjual barang sebanyak-banyaknya. Kapasitas produksi meningkat dan penawaran juga meningkat.
Namun, persaingan ini membuat harga menjadi lebih rendah. Pihak produsen yang bersaing biasanya akan menawarkan harga yang lebih rendah.
Hingga harus menekan biaya produksi seminimal mungkin diseimbangkan dengan efektivitas produksi.
Situasi sebaliknya dapat muncul ketika tidak ada persaingan antar produsen.
Penawaran yang dilakukan tidak ada ketika ada persaingan usaha. Selain itu, produsen tidak terlalu memikirkan inovasi, baik dari segi efektivitas produksi maupun inovasi produk.
Baca juga: FMCG Adalah: Pengertian, Produk, Skill yang Dibutuhkan
6. Prakiraan pasar masa depan
Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa selanjutnya prakiraan pasar masa depan.
Efek penawaran juga dapat disebabkan oleh peramalan kondisi pasar di masa depan.
Tentunya setiap pebisnis selalu memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Sehingga Anda dapat mempersiapkannya lebih cepat dan bertindak lebih cepat.
Memprediksi kondisi pasar yang menunjukkan tren kenaikan harga akan membuat produsen siap meningkatkan output. Hingga jumlah barang yang terjual semakin meningkat.
Di sisi lain, jika harga barang atau jasa turun, produsen menurunkan biaya produksi dan mengurangi jumlah yang ditawarkan.
7. Dampak bencana alam
Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa ketujuh adalah dampak bencana alam.
Bencana alam akan menimbulkan masalah produksi, dan dapat dikatakan jumlah barang akan berkurang.
Tentu saja hal ini berdampak pada sedikitnya penawaran yang dilakukan oleh produsen.
8. Jumlah pajak atas suatu barang
Jumlah pajak atas suatu barang juga termasuk dalam Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa.
Jika pajak dibebankan pada barang besar, ini akan mempengaruhi harga barang itu.
Hal ini terkait dengan hukum penawaran, yang menyatakan bahwa ketika harga meningkat, jumlah yang ditawarkan berkurang.
9. Peraturan Pemerintah dan Keadaan Politik
Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa yang terakhir adalah peraturan pemerintah dan keadaan politik.
Regulasi pemerintah terhadap perekonomian secara umum berdampak pada penawaran.
Contoh faktor yang mempengaruhi penawaran melalui peraturan pemerintah adalah impor beras.
Impor ini akan mengurangi pasokan beras dalam negeri. Karena dampak beras impor pasti akan menurunkan harga beras di pasaran.
Krisis politik berdampak pada harga berbagai bahan baku. Secara umum, situasi politik ini akan meningkatkan harga produk dan menyebabkan beberapa produsen meningkatkan jumlah penawaran.
Berbagai jenis faktor tersebut dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Dimana faktor internal berasal dari hubungan antara produsen dengan pelanggan dan faktor eksternal berasal dari luar.
Sekian artikel berjudul Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang atau Jasa, semoga bermanfaat.