Gambar Tes Wartegg dan Penjelasannya

Gambar Tes Wartegg dan Penjelasannya? Tes Wartegg adalah jenis psikotes yang digunakan untuk menemukan kandidat yang cocok untuk sebuah perusahaan.

Gambar Tes Wartegg dan Penjelasannya

Tes ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian seseorang melalui tes foto. Untuk menghindari kebingungan saat menggunakan tes ini, Kamu perlu tahu lebih banyak tentang gambar tes Wartegg dan penjelasannya

A. Mengenal Tes Wartegg

Tes Wartegg adalah tes kepribadian proyeksi. Proyeksi di sini berarti teknik yang diberikan oleh stimulus yang ambigu dan tidak terstruktur.

Tes ini dikembangkan oleh seorang psikolog Australia dan Jerman bernama Ehrig Wartegg pada tahun 1920-an dan 1930-an. Tes ini sering disebut sebagai tes kepribadian Wartegg atau tes penyelesaian menggambar Wartegg.

Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui kepribadian individu tidak hanya dari tingkat dinamis, tetapi juga dari perspektif organisasi dan struktural.

Bahkan hingga saat ini tes wartegg masih digunakan oleh beberapa perusahaan dalam proses recruitment calon karyawan dengan tujuan untuk mengetahui karakter dan kepribadian dari calon pegawai

B. Cara Pengerjaan

Kamu akan menerima selembar kerta untuk tes Wartegg ini. Di Dalam kertas, kamu akan menemukan delapan kotak berwarna hitam dengan sisi kurang lebih 4 x 4 cm.

Pada masing-masing kotak memiliki tanda yang dicetak dalam bentuk yang berbeda. Terdapat kotak yang berisi titik, garis, kurva, dan kotak kecil. Tugas kamu mudah sekali, kamu hanya perlu melanjutkan kamu yang sudah ada.

Tkamu tersebut harus kamu gambar menjadi sesuatu yang dapat diinterpretasikan. Sebelum menggambar, pastikan kamu tahu terlebih dahulu apa yang akan digambar mengikuti tanda yang sudah ada.

Sebagai peserta, kamu tidak boleh menghapus ataupun menggambar ulang dalam tes ini. Alat tulis yang digunakan yaitu pensil dengan kode HB yang tidak terlalu lancip atau tumpul

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kamu perlu mengingat tanda pada kotak mana yang pertama kali diselesaikan sampai dengan yang terakhir.

Atau kamu juga dapat memberikan kode nomor pada masing-masing kotak sesuai urutan pengerjaan. Selain itu, kamu akan diminta menuliskan gambar mana yang paling mudah dan paling sulit untuk diselesaikan

Kamu juga perlu menunjukkan gambar mana yang paling disukai dan yang paling tidak disukai. Dalam pengerjaan tes ini, kamu tidak perlu mengkhawatirkan perihal benar atau salah.

Karena pada dasarnya dalam tes ini tidak ada ketentuan benar atau salah. Pengerjaan tes ini juga tidak berbatas waktu, namun kamu perlu mengerjakannya dengan sesegera mungkin

Pastikan kamu memiliki konsep gambar yang jelas sebelum akhirnya memutuskan untuk menggambar. Dengan begitu, kamu akan dapat menggambar secara maksimal.

Kamu juga dapat berlatih menggambar dirumah sebelum mengikuti tes ini untuk memutuskan gambar apa yang akan dibuat dan berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menggambar objek yang diinginkan

C. Teknis Tes Wartegg

Gambar Tes Wartegg dan Penjelasannya

1. Analisis 8 Kotak Beserta Pengertiannya

Uji Wartegg menunjukkan bahwa ada delapan bidang persegi dengan informasi dari bidang A (sudut kiri atas) hingga H (sudut kanan bawah) yang masing-masing berisi titik atau garis dengan arti yang berbeda.

Bidang A adalah dasar untuk Analisis diri, asal, identitas, citra diri, dan konsentrasi.

Sedangkan B mengukur keaktifan, fleksibilitas, gerakan sosial (sosial), pembebasan emosional.

Bidang C menjelaskan tentan kepribadian seseorang yang ambisi, antusiasme, orientasi tujuan, ketekunan, dan kinerja sistematis.

Pada bidang D akan diketahui masalah atau kesulitan, stres dan cara mengatasinya. Bidang E memberikan pemahaman terkait ketegangan, agresi, oposisi, pencapaian, pencapaian, propulsi seseorang dalam melakukan pekerjaan

Selanjutnya pada bidang F membahas tentang integrasi, penyesuaian, dan juga keberpihakan. Bidang G kamu bisa mengetahui tingkat kelembutan, kepekaan, kehalusan, keramahan, dan proses mengkomunikasikan ekspresi. Sedangkan yang terakhir yaitu bidang H menunjukkan di mana dan bagaimana subjek merasa terlindungi atau dapat membela diri

2. Kombinasi Bidang

Analisa teknikal tes Wartegg selanjutnya adalah melakukan kombinasi dari bidang kotak di atas. Beberapa kombinasi bidang yang dievaluasi meliputi:

Bidang A dan H yang dapat menggambarkan citra diri seseorang. Dalam hal ini, kotak tes Wartegg A dan H menunjukkan cerminan kepribadian atau citra diri seseorang, termasuk harga diri dan emosi.

Selain itu juga menggambarkan keamanan hubungan dengan kerentanan dan perasaan harga diri yang dihadapi. Berikutnya terdapat kombinasi bidang B dan G menunjukkan bagaimana seseorang dapat menangani emosi dan keterampilan sosial.

Selain itu, analisis kombinasi ini juga melihat kerentanan dan respons terhadap orang lain dan lawan jenis terkait hubungan.

Kemudian, kombinasi dari Bidang C dan E dan digunakan untuk menganalisis ambisi dan agresi produktivitas tenaga kerja sendiri.

Rating umumnya mengacu pada tingkat atau kecenderungan kinerja seseorang pada umumnya. Dan yang terakhir yaitu bidang D dan F yang menganalisis terkait dengan sikap seseorang dalam menghadapi masalah dan kesulitan hidup.

3. Konten Isian

Selain bidang-bidang di kotak uji Wartegg, analisis utama juga dilakukan pada input peserta yang berisi coretan. Secara umum, coretan atau garis peserta mencerminkan tentang berbagai rasa kepekaan terhadap ketertarikan dan ketidakpedulian terhadap tugas yang ada. Hal ini umumnya berlaku untuk menjabarkan masalah sosialisasi.

Kemudian, Berat atau lembutnya tekanan dan keunggulan sudut atau lekukan dalam isi tes Wartegg menentukan bagaimana caranya peserta menyelesaikan masalah interpersonal dan kontrol emosional.

Selanjutnya adalah Abstraksi yang dapat mencerminkan kecenderungan untuk menghindari tugas, masalah komunikasi dan memahami perspektif orang lain.

Berikutnya terdapat gambar yang dapat identifikasi kecerdasan seseorang, hubungan interpersonal, minat pada kepraktisan dan realisme, atau rasa humor yang diperbarui.

Dan yang terakhir terdapat Simbol yang dianggap sebagai replika nilai dan gagasan seseorang serta dapat menunjukkan keyakinan dan tujuan hidup seseorang.

Baca juga: Contoh Psikotes Matematika Dasar untuk Melamar Pekerjaan

D. Tips Lulus Kerjakan Wartegg

Gambar Tes Wartegg dan Penjelasannya

1. Berlatih

Berlatih tes Wartegg mungkin bukan pilihan terbaik, tetapi Kamu tetap bisa melakukannya sehingga Kamu tidak terkejut dengan apa yang harus Kamu selesaikan dengan tes Wartegg.

Tes Wartegg cenderung berbeda dengan tes potensi akademik yang mempelajari masalah bahasa, numerik, dan kognitif, tetapi tes Wartegg dapat dipelajari secara perlahan agar siap mengisi bidang kotak secara realistis

2. Kerjakan Dari yang Termudah

Dalam mengerjakan tes ini, kamu harus mulai dengan sesuatu yang paling sederhana terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk dapat menghemat waktu dan agar tidak secara cepat terserang stres saat sedang mengisi atau mengerjakan tes wartegg.

Kemampuan dalam manajemen waktu sangat diperlukan saat mengerjakan psikotes jenis ini.

Baca juga: Cara Lulus Mengerjakan Tes Wartegg dengan Baik dan Benar

3. Konsentrasi dan yakin

Perlu diketahui bahwa pengawas sedang menganalisis cara kamu menggambar garis dan memegang pensil selama tes berlangsung.

Inilah sebabnya mengapa Kamu harus percaya diri dalam tes Wartegg dan mempertahankan konsentrasi setinggi mungkin. Dengan mengetahui gambar tes wartegg dan penjelasannya kamu akan dapat menggambar garis atau bekerja tanpa gugup.

tes Wartegg memungkinkan pemeriksa untuk melihat profil kepribadian seseorang. Namun, tes ini tidak memiliki struktur penilaian dan interpretasi yang terlihat subjektif.

Oleh karena itu, perekrut juga harus mengkombinasikan tes ini dengan jenis tes lainnya  seperti Kraeplin, Papi kostick, dan DISC untuk hasil tes yang lebih akurat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!