4 Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya
Apa Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya? Sebuah pasar dikatakan sebagai pasar persaingan sempurna ketika ada banyak penjual dan konsumen, produk yang dipasarkan sejenis, konsumen dan penjual sama-sama mengetahui harga, dll.
Ini juga menjadi ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan bentuk terbaik dari sebuah pasar.
Konsumen atau penjual tidak dapat menetapkan harga. Karena harga tercipta melalui seluruh proses negosiasi di pasar.
Apa deskripsi dari beberapa ciri-ciri pasar persaingan sempurna?
Table of Contents
A. Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna
1. Banyak penjual dan konsumen di pasar
Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna yang pertama yaitu banyak penjual dan konsumen di pasar.
Banyaknya penjual dan konsumen menunjukkan bahwa masing-masing penjual dan konsumen hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan pasar.
Ketika suatu barang dibeli oleh konsumen, hal tersebut tidak berdampak nyata terhadap harga barang tersebut.
Sebaliknya, jika penjual menawarkan produknya, itu tidak mempengaruhi harga pasar.
Hal ini dikarenakan jumlah barang yang dipasarkan atau yang akan dibeli dari seorang konsumen sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah barang yang ada di pasaran.
2. Produk yang ada di pasaran adalah barang sejenis
Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna kedua adalah produk yang ada di pasaran adalah barang sejenis.
Setiap konsumen melihat bahwa setiap penjual memiliki produk yang serupa.
Karena produk yang dipasarkan adalah homogen, itu adalah sama untuk setiap penjual. Hingga sebagian konsumen akan memiliki sikap acuh tak acuh.
Sikap ini merupakan sikap konsumen yang tidak membeda-bedakan beberapa penjual.
Dimanapun konsumen menerima barang dari penjual, hasilnya sama seperti saat membeli dari penjual lain.
3. Konsumen dan penjual sama-sama mengetahui situasi pasar
Konsumen dan penjual sama-sama mengetahui situasi pasar adalah Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna.
Tidak ada yang dirugikan dalam pasar persaingan sempurna.
Penjual tidak bisa bermain-main dengan harga karena konsumen sudah mengetahui berapa harga produk dan tahu kapan harga produk akan berubah.
4. Konsumen dan penjual bebas dalam transaksi bisnis jual beli
Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna terakhir yaitu konsumen dan penjualan bebas dalam transaksi bisnis jual beli.
Tujuannya, sebagian konsumen bebas memasuki pasar dan berbisnis. Demikian pula, pedagang bebas membuka atau menutup kiosnya kapan pun mereka mau.
Tentu saja, pasar persaingan sempurna dengan beberapa karakteristik di atas memiliki kelebihan dan kekurangan . Nah, berikut adalah banyak kelebihan dan kekurangan.
Baca juga: FMCG Adalah: Pengertian, Produk, Skill yang Dibutuhkan
B. Keuntungan dari Pasar Persaingan Sempurna
Banyak keuntungan dari pasar ini adalah sebagai berikut:
- Banyaknya barang memberikan kebebasan kepada konsumen untuk memilih produk yang diharapkan.
- Setiap produsen memiliki mobilisasi besar di pasar. Hingga beberapa produsen tersebut dapat menambah rasio produksi dan memperluas kapasitas produksi di beberapa lokasi baru.
- Efisiensi yang sangat tinggi dicapai dalam proses produksi, distribusi dan jalur konsumsi. Hingga hall ini, efektivitasnya dioptimalkan.
- Ada banyak cara bagi beberapa pelanggan untuk menentukan barang dan jasa apa yang ada di pasar. Kebebasan ini memungkinkan konsumen untuk dengan mudah memilih produk yang mereka inginkan.
C. Kekurangan dari Pasar Persaingan Sempurna
Beberapa kekurangan tersebut dapat dilihat dalam kaitannya dengan inovasi produk, rasa kepuasan pelanggan, dan pendapatan yang tidak merata.
Nah, berikut ini adalah gambaran kekurangan pasar persaingan sempurna.
- Tidak ada inovasi pasar. Ini karena setiap produk dipasarkan sebagai produk serupa oleh banyak penjual. Penjual atau produsen hanya memanfaatkan efektivitas produksi untuk membuat perbedaan penjualan yang lebih besar.
- Tidak membuat pelanggan lebih bahagia. Hal ini karena produk yang dipasarkan sebagai produk sejenis oleh semua penjual di pasar. Hingga pelanggan tidak dapat menentukan pilihan produk lain.
- Pendapatan yang tidak merata dari masing-masing penjual atau produsen. Hal ini disebabkan tidak semua produsen mampu mewujudkan efektifitas dalam proses produksinya. Sehingga terjadi ketimpangan pendapatan dari selisih harga produksi dan nilai jual penjual yang satu sama dengan penjual yang lain.
Baca juga: Strategi STP Adalah: Pengertian, Manfaat dan Langkah
Ciri-ciri pasar persaingat sempurna lebih jelas ada di video ini
D. Contoh Pasar Persaingan Sempurna
Tidak ada pasar yang 100% memenuhi persyaratan pasar persaingan sempurna.
Namun dari ciri-ciri yang disebutkan, ada banyak pasar yang bisa masuk ke kelompok pasar ini, Contoh Pasar Persaingan Sempurna yaitu pasar beras, pasar bawang, pasar kerajinan mebel, pasar parfum, dan lain-lain.
Ada banyak pasar di masyarakat. Siapapun yang memasuki pasar persaingan sempurna tidak dapat mempengaruhi harga barang. Semua ditentukan dari total harga di pasaran.
Ini adalah beberapa ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna dan semua penjelasannya.
Banyak contoh di masyarakat. Beberapa dari pasar ini adalah pasar yang bagus dan akan bertahan selamanya.
Sekian artikel berjudul 4 Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya, semoga bermanfaat.