Kerjasama Tim Adalah: Pengertian, Manfaat dan Menciptakan

Kerjasama Tim Adalah: Pengertian, Manfaat dan Menciptakan | “Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.” Mungkin peribahasa ini adalah salah satu peribahasa yang tepat untuk memvisualisasikan manfaat bekerja sama dalam sebuah tim.

Kerjasama Tim Adalah: Pengertian, Manfaat dan Menciptakan

Kerjasama tim merupakan bagian dari aspek Pengendalian produksi dalam kegiatan pengendalian mutu.

A. Pengertian Kerjasama Tim

Sebelum sobat Loker Pintar membaca artikel ini lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui apa itu pengertian Kerjasama Tim.

Pengertian kerjasama tim menurut para ahli yaitu:

Dejanaz (2006) mendefinisikan kerjasama tim adalah kemampuan individu untuk melakukan kerjasama dengan baik dalam mencapai maksud dan tujuan tim serta para anggotanya mampu berpartisipasi di dalam tim dan memperoleh kepuasan di dalam tim tersebut, dengan ciri memiliki tujuan, memahami peran dan tugas, saling percaya dan mendukung serta bertanggungjawab dalam menjalankan tugas-tugas untuk mencapai tujuan bersama.

Kerjasama Tim adalah kemampuan untuk bekerja sama menuju misi dan visi bersama.

Dengan kata lain, Kerjasama Tim adalah kemampuan yang kuat untuk membimbing dan menggerakkan banyak individu menuju organisasi dan mencapai tujuan organisasi bersama.

Melalui kerjasama tim yang kuat, kita dapat mencapai prestasi besar yang mungkin tidak pernah terpikirkan pada awalnya.

Untuk itu, menurut beberapa ahli, kerjasama tim adalah hal yang perlu diciptakan dan dibina dengan baik. Jika tidak, tujuan perusahaan akan sulit dicapai bersama.

Kerjasama Tim paling baik diwujudkan ketika sekelompok orang bekerja secara koheren untuk mencapai tujuan bersama, menciptakan lingkungan dan situasi kerja yang positif, dan menggabungkan keterampilan setiap individu untuk meningkatkan kinerja tim yang kuat.

Baca juga: Customer Experience Adalah: Pengertian, Komponen dan Contoh

B. Cara Menciptakan Kerjasama Tim di Perusahaan

Kerjasama Tim Adalah: Pengertian, Manfaat dan Menciptakan

Ada beberapa pedoman yang baik yang dapat kita gunakan untuk memungkinkan Kerjasama Tim dalam organisasi yang kuat, yaitu menyatukan keterampilan masing-masing individu sehingga saling melengkapi dan menciptakan rasa kebersamaan yang dimiliki oleh setiap orang menuju misi dan visi perusahaan.

Bagaimana dengan contoh Kerjasama yang ingin kita dapatkan dalam sebuah tim?

Contoh Kerjasama Tim antara lain menghargai perbedaan pendapat, bertindak dengan semangat dan saling percaya, mengerjakan sesuatu bersama-sama, memecahkan masalah bersama, dan berkomunikasi secara intensif dan efisien.

Poin intinya, Kerjasama Tim dalam organisasi adalah sesuatu yang perlu kita bangun mulai sekarang.

Lalu bagaimana menciptakan kerjasama tim (team building) yang kuat dalam sebuah organisasi atau perusahaan?

Menurut web inc.com, ada 4 hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mendorong kerja tim yang luar biasa.

Apa yang ingin kamu ketahui? Yok, langsung saja kita baca penjelasannya di bawah ini.

Sebelum beralih ke empat langkah yang dapat digunakan perusahaan untuk mendorong kerja tim yang kuat, para pemimpin bisnis perlu menciptakan kondisi yang dibutuhkan karyawan mereka untuk menciptakan ikatan yang kuat di antara mereka.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ikatan tim yang kuat adalah salah satu investasi terbaik untuk masa depan perusahaan.

Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan team building yang diselenggarakan perusahaan dapat membantu meningkatkan produktivitas karyawan secara keseluruhan.

Sayangnya, ikatan antar tim tidak terlalu kuat jika aktivitas membangun tim tidak dilakukan dengan fokus pada perasaan karyawan yang sebenarnya.

Tujuannya, kita harus membangun hubungan yang baik dengan karyawan dan membantu menciptakan hubungan yang harmonis antara satu karyawan dengan karyawan lainnya. Kenapa begitu?

Karena akan ada perbedaan yang signifikan ketika kegiatan team building diikuti oleh tim kerja yang merasa “terpaksa” untuk diikuti kemudian dengan tim kerja yang benar-benar menginginkan kegiatan team building dilakukan.

Oleh karena itu, 4 langkah berikut harus diterapkan oleh perusahaan sebelum melakukan kegiatan team building untuk memperkuat kerjasama tim.

1. Buat pertemuan karyawan dengan menyediakan makanan lezat.

Siapa yang tidak suka makanan? Dapat ditegaskan bahwa hampir setiap orang selalu tergoda dengan aroma makanan yang lezat.

Tidak ada karyawan yang ingin menolak makanan lezat, apalagi jika makanan tersebut gratis dan sengaja disiapkan untuk mereka oleh grup perusahaan.

Singkatnya, salah satu hal yang bisa menyatukan kita adalah makanan.

Survei menunjukkan bahwa 88% karyawan senang ketika mereka berpartisipasi dalam kegiatan di mana mereka dapat makan bersama.

Misalnya, makan siang bersama, makan untuk ulang tahun perusahaan, makan bersama untuk bersantai atau makan untuk merayakan momen besar.

Acara kumpul-kumpul dan makan bersama karyawan ini menjadi lebih baik ketika perusahaan menggabungkan acara tersebut dengan liburan atau pertukaran hadiah.

Survei serupa menunjukkan bahwa 78% karyawan menikmati makan di luar dikombinasikan dengan liburan, dan 58% karyawan menyukai menghadiri makan yang dikombinasikan dengan acara pertukaran hadiah.

Selain itu, 62% karyawan menganggap kegiatan potlucks adalah acara yang paling efisien dan paling membahagiakan.

2. Ciptakan Kegiatan yang Mendukung Passion Karyawan

Kerjasama Tim Adalah: Pengertian, Manfaat dan Menciptakan

Langkah kedua yang dapat dilakukan perusahaan adalah melakukan kegiatan yang dapat memberikan dukungan passion karyawan.

Ya! Kami tahu bahwa setiap orang memiliki passionnya masing-masing, dan karyawan yang mampu menghargai semangatnya akan semakin terlibat atau terikat dalam perusahaan dan timnya.

Salah satu ahli konsultan manajemen bernama John Hagel menjelaskan: “Salah satu rahasia Kerjasama Tim yang sukses di perusahaan mungkin bukan hanya menghitung keterlibatan karyawan, tetapi rahasia sukses adalah menemukan kesempatan yang tepat untuk merevitalisasi semangat karyawan”.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan yang meningkatkan semangat kerja karyawan tidak hanya membantu membangun hubungan yang lebih baik di antara rekan kerja, tetapi juga memberi semua anggota tim kesempatan untuk terlibat dalam bidang yang benar-benar mereka nikmati.

Misalnya, salah satu karyawan memiliki semangat di bidang fotografi dan video editing.

Saat kita melakukan aktivitas hiburan, seperti bernyanyi atau menari bersama di akhir jamuan makan malam kantor, oleh karena itu karyawan baru dapat diberi kesempatan untuk meliput acara dan mengedit video makan malam yang sedang berlangsung.

Di satu sisi, kita juga dapat meminta bantuan tim produksi untuk membantu karyawan tersebut mengedit video. Setelah itu maka akan muncul Kerjasama Tim baru mereka.

Karyawan tidak hanya bekerja sama dengan departemen mereka, tetapi juga dengan departemen lain.

Selain itu, karyawan memiliki kesempatan untuk menghidupkan kembali semangat mereka di dalam perusahaan.

3. Mengadakan Kegiatan Team Building yang Opsional

Membangun kerjasama tim, team building bisa menjadi cara menciptakan kerjasama tim di perusahaan.

Sebuah survei menunjukkan bahwa sekitar 3,6 kali lebih banyak karyawan tetap lebih memilih untuk menghadiri beberapa acara team building yang opsional.

Itu berarti tidak ada “tekanan” atau kewajiban yang mengikat pada beberapa karyawan untuk mengikutinya.

Seperti yang kami catat di awal artikel ini, ketika ada perbedaan yang signifikan antara karyawan yang “dipaksa” untuk berpartisipasi dalam kegiatan team building dan karyawan yang bersedia atau benar-benar ingin berpartisipasi dalam kegiatan team building yang sedang berlangsung.

Jika tidak ada tekanan untuk berpartisipasi dalam kegiatan team building, tetapi beberapa orang HR membuat acara ini sangat menarik dalam mempromosikan kegiatan ini, dapat ditekankan bahwa beberapa karyawan lebih penasaran untuk berpartisipasi.

Jadi apa trik untuk membuat beberapa karyawan penasaran dengan aktivitas team building ini? Coba baca poin terakhir.

4. Melakukan kegiatan team building dengan tema dan ide yang menarik dan menyenangkan

Langkah keempat yang harus diperhatikan perusahaan adalah pelaksanaan kegiatan team building, yang bertujuan tidak hanya untuk melakukan kerjasama tim yang baik, tetapi juga untuk mendapatkan pengalaman dan kesan terindah dalam hidup mereka.

Ya! Kami tahu bahwa tidak mudah menemukan topik dan ide yang menarik dan menginspirasi sebagian besar karyawan. Namun, yakinlah bahwa hasilnya akan luar biasa.

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan membangun tim yang paling bahagia, anggota tim atau rekan kerja merasa lebih bahagia dan cenderung membangun jaringan yang kuat di antara anggota tim lainnya.

Nantinya, jaringan yang kuat ini bisa menjadi aset utama untuk membangun kerjasama tim yang kuat.

Baca juga: Copywriter Adalah: Pengertian, Skill dan Prospek

C. Manfaat Kerjasama Tim

Kerjasama Tim Adalah: Pengertian, Manfaat dan Menciptakan

Kerjasama tim memainkan peran penting bagi organisasi dan setiap orang di dalamnya.

Penelitian menunjukkan bahwa bekerja sama dapat meningkatkan semangat kerja, produktivitas, hubungan sosial, komunikasi, dan efektivitas dalam bekerja.

Kerjasama tim telah terbukti bermanfaat bagi kesuksesan bisnis. Selain manfaat organisasi, kerjasama memainkan peran penting bagi organisasi.

Ketika kita mampu kerjasama sebagai sebuah tim, kita bisa menjadi orang yang lebih inovatif dan sukses.

Pada poin ini, kita akan membahas 10 manfaat kerjasama tim yang penting dan layak untuk diterapkan.

1. Kerjasama Tim menghasilkan beberapa ide hebat

Manfaat pertama dari Kerjasama Tim Adalah menghasilkan ide yang hebat.

Sekalipun kita jenius, kita tidak bisa menghasilkan ide-ide hebat sendiri, Albert Einstein misalnya.

Einstein mengembangkan teori relativitasnya sendiri, tetapi penemuan itu dibuat melalui dialog yang dia lakukan dengan rekan kerja dan kolaboratornya.

Kenapa begitu? Saat berkolaborasi dengan anggota tim lain, kami berbagi pengetahuan dan keterampilan dengan teman.

Ini adalah satu-satunya cara kita dapat membuat keputusan yang tepat.

2. Kerjasama Tim menciptakan perbedaan dalam visi yang mendorong inovasi

Manfaat selanjutnya dari Kerjasama Tim Adalah adanya dorongan inovasi karena perbedaan visi.

Kerjasama tim dapat menghasilkan beberapa ide inovatif. Tim sebagai tempat di mana semua orang dapat berbagi ide.

Hal ini memungkinkan setiap orang di dalamnya untuk berpikir di luar kotak.

Kesuksesan dan inovasi muncul dari proses Ketidaknyamanan. Ketidaknyamanan mendorong kita untuk tumbuh.

Lagi pula, ketika kita bekerja sama dengan orang lain, kita tidak selalu memiliki keinginan atau pendapat yang sama, bukan?

Karena itu, kami merasa tidak nyaman dan mencari peluang baru untuk berkembang.

Kesempatan untuk pengembangan lebih lanjut adalah kesempatan untuk memperoleh pengetahuan baru.

Selain itu, kerjasama tim adalah peluang yang menjadikan kita ahli dalam menghadapi kendala yang ada.

Ketika menghadapi suatu masalah, kita dilatih untuk mencari solusi terbaik. Semakin sering, kita semakin terlatih dan unggul dalam membagi masalah.

Hasilnya? Inovasi adalah sisi yang tetap kuat bersama kami.

3. Kerjasama tim membuat kita lebih bahagia

Manfaat yang paling dirasakan dari Kerjasama Tim Adalah membuat kita lebih bahagia.

Sebuah studi yang dilakukan pada 1000 anggota tim menunjukkan bahwa kerjasama tim membuat orang bahagia.

Umpan balik, rasa hormat, dan transparansi dari semua orang di tim adalah faktor yang membuat mereka bahagia saat bekerja sebagai tim.

Karyawan yang bahagia secara alami akan membawa tingkat produktivitas yang tinggi, yang akan menguntungkan keberhasilan organisasi.

4. Kerjasama tim sebagai kesempatan untuk pengembangan individu

Manfaat keempat dari Kerjasama Tim Adalah kesempatan untuk pengembangan individu.

Kami jarang menemukan “saya” dalam tim. Namun, kerjasama tim dapat membuat kita tumbuh secara individual.

Kerjasama tim memungkinkan kita untuk berbagi informasi, melatih, dan mendorong satu sama lain sehingga kita dapat memperoleh pengalaman dan ide-ide baru.

Kerjasama tim adalah kesempatan untuk belajar dari kesalahan anggota lain.

Hal ini menjadikan kami sebagai orang yang paling waspada dalam mengambil langkah untuk terbebas dari kesalahan serupa di kemudian hari.

Juga, kerjasama tim membuat kita menjadi pendengar yang lebih baik.

Dalam tim, kita belajar untuk mendengarkan seseorang dan memahami apa yang mereka maksud.

Tentu saja, kita dapat meningkatkan hubungan sosial kita jika kita menjadi pendengar yang baik di semua lapisan masyarakat.

Baca juga: Design Thinking Adalah: Pengertian, Proses dan Contoh

5. Kerjasama tim bisa menghilangkan kebosanan

Kerjasama Tim Adalah: Pengertian, Manfaat dan Menciptakan

Tentu kita mengalami kebosanan dalam bekerja.

Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan berbagi pekerjaan dengan anggota tim lainnya.

Ketika kami bekerja bersama sebagai sebuah tim, kami saling menawarkan dukungan emosional.

Ini memberdayakan setiap anggota tim untuk kembali bersemangat dan melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

6. Kerjasama tim meningkatkan kesuksesan perusahaan

Di era teknologi yang semakin maju ini, kita perlu memiliki keterampilan tertentu.

Tentu saja, tidak ada individu yang dapat menguasai semua keterampilan yang diperlukan. Karena itu dibutuhkan tim.

Dengan bekerja sama sebagai sebuah tim, setiap orang dapat mengisi perannya masing-masing dengan keahliannya masing-masing, sehingga satu anggota tim dapat melengkapi anggota tim lainnya.

Kemampuan uniknya dapat membuat siapa pun bersinar dan mencapai penampilan yang luar biasa.

Dengan cara ini, tim akan dengan mudah mencapai arah yang sama.

7. Kerjasama tim meningkatkan produktivitas

Salah satu faktor yang memungkinkan kami untuk melakukan pekerjaan yang hebat adalah rasa hormat dan rasa dihargai yang kami terima dari rekan tim kami.

Kerja tim adalah sesuatu yang membuat kita dihormati dan dipandang sebagai motivasi dan sangat produktif.

8. Kerjasama tim memberdayakan kita untuk mengambil risiko

Jika kita bekerja sendiri, kita akan takut untuk mengambil langkah.

Jika kita bekerja sama sebagai sebuah tim, kita akan memiliki keberanian untuk melakukan sesuatu, termasuk beberapa hal yang berisiko.

Kita tahu bahwa jika selalu ada orang yang kemudian memberikan dukungan, sekalipun nantinya mereka akan gagal.

Oleh karena itu, kerja tim memungkinkan kita mengambil risiko.

9. Kerjasama tim mengurangi depresi

Depresi membuat kita membuat lebih banyak kesalahan. Tidak mengherankan bahwa ketika kita depresi, kita cenderung membuat kesalahan dalam tugas.

Di sisi lain, jika Anda memiliki energi yang baik, Anda dapat mendorong dan menginspirasi seseorang untuk memiliki energi yang sama.

Karena itu, kerjasama tim dapat mengurangi tingkat depresi dan tentu saja Anda akan membuat lebih sedikit kesalahan saat Anda merasa bersemangat dan termotivasi.

Kita tidak akan mengalami depresi yang membuat kita bosan dan malas.

10. Kerjasama tim meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Kerjasama Tim Adalah: Pengertian, Manfaat dan Menciptakan

Kerjasama tim dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Ketika kita menskalakan ide bersama, kita harus menemukan beberapa hal baru.

Inilah yang memungkinkan kita untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Kami belajar untuk berbicara dengan satu rekan kerja dan lainnya. Tentu saja hal ini dapat terwujud jika kita mampu bekerja sama secara kooperatif.

Untuk cara membangun kerjasama tim bisa melihat video dibawah ini

Penutup

Ya, itulah pemahaman tentang kerjasama tim dan langkah baik yang dapat digunakan perusahaan untuk mendorong kerja tim di antara anggota atau karyawan perusahaan.

Jadi, rekan pembaca lebih antusias menggunakan cara di atas yang mana? Saat anda sudah lebih percaya diri.

Inilah 10 keuntungan bekerja dalam tim. Ada banyak manfaat yang didapat dari bekerja dalam tim.

Jadi pastikan kita bisa sering menjadi anggota tim yang luar biasa untuk bisa menjalankan peran dengan kemampuan kita. Dengan cara ini kita dapat mengembangkan dan mencapai tujuan individu dan bersama.

Sekian artikel berjudul Kerjasama Tim Adalah: Pengertian, Manfaat dan Menciptakan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!