12 Keterampilan Kerja untuk Melamar agar Dilirik Perusahaan

Apa Keterampilan Kerja untuk Melamar agar Dilirik Perusahaan? Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia kerja merupakan dunia yang penuh persaingan dimana setiap orang harus berusaha untuk meningkatkan keterampilan kerja guna menunjang karirnya.

12 Keterampilan Kerja untuk Melamar agar Dilirik Perusahaan

Dunia kerja yang kompetitif diciptakan oleh tuntutan tugas yang berubah setiap hari.

Keterampilan dalam bekerja dikatakan sangat penting selama ini karena dapat menunjukkan jati diri karyawan yang sebenarnya.

Misalnya langkah karyawan dalam mengambil keputusan, mengatur emosi, berbicara dan lain-lain.

A. Apa itu keterampilan Kerja?

Keterampilan kerja adalah keterampilan yang membantu karyawan untuk melakukan tugas sehari-hari secara lebih optimal.

Misalnya, keterampilan komunikasi untuk menyelesaikan perselisihan antar karyawan di kantor.

Keterampilan kerja membantu membuat situasi kerja di kantor lebih positif, efektif dan efisien.

Peluang keberhasilan suatu perusahaan akan lebih tinggi karena terdapat karyawan yang memiliki keterampilan kerja.

B. Apakah penting untuk memiliki keterampilan Kerja?

12 Keterampilan Kerja untuk Melamar agar Dilirik Perusahaan

Keterampilan kerja pegawai sebagai salah satu faktor dalam upaya mencapai arah organisasi.

Memiliki keterampilan akan memudahkan karyawan dalam menyelesaikan tugas dengan lebih efisien dan efektif.

Memiliki keterampilan teknis saja tidak cukup untuk berkarir karena karyawan perlu menggabungkan soft skill dan hard skill.

Misalnya, seorang insinyur kimia tidak hanya melakukan eksperimen, tetapi juga memimpin pertemuan tim, membimbing mitra junior, bernegosiasi dengan pemasok, dan berpartisipasi dalam sesi brainstorming.

Soft skills dapat berupa imajinasi, keterampilan komunikasi, berpikir krisis, kreativitas, kerjasama tim, negosiasi, manajemen dan lain-lain.

Keterampilan menunjukkan bahwa karyawan dapat memahami kualitas yang berbeda yang membantu mereka untuk menjadi sukses dalam sebuah organisasi dan statusnya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa keterampilan kerja penting.

1. Karyawan dengan keterampilan lebih disukai oleh perekrut

Karyawan potensial dengan keterampilan kerja sangat diminati di kalangan perekrut.

Meskipun pengalaman kerja merupakan hal yang mendasar, jika ditambah dengan keterampilan, perekrut akan memiliki nilai lebih di mata perekrut.

Penelitian LinkedIn menunjukkan bahwa soft skill yang paling dicari perekrut adalah komunikasi, organisasi, kerja tim, pemikiran krisis, keterampilan sosial, kreativitas, komunikasi, dan kemampuan beradaptasi.

2. Pengembangan Karir dan Promosi

12 Keterampilan Kerja untuk Melamar agar Dilirik Perusahaan

Karyawan dengan keterampilan memiliki peluang lebih besar untuk dipromosikan ke posisi manajerial daripada mereka yang berpengalaman, akan tetapi keterampilan kerja kurang menonjol.

Baca juga: Customer Experience Adalah: Pengertian, Komponen dan Contoh

3. Lingkungan kerja modern

Karyawan dengan keterampilan kerja aktif, seperti kemampuan untuk berkolaborasi dan komunikasi, meningkatkan peluang lingkungan kompetitif yang produktif, kolaboratif, dan sehat.

4. Memberikan kepuasan pelanggan  dan klien

Karyawan dengan keterampilan seperti komunikasi membantu pelanggan dan client mencapai kepuasan mereka dengan lebih mudah.

Keterampilan negosiasi, misalnya, membantu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

5. Tidak mudah digantikan

Karyawan dengan keterampilan tidak akan begitu saja digantikan oleh seseorang atau bahkan robot, karena kemungkinan banyak tugas akan digantikan oleh mesin dan robot di masa depan.

Oleh karena itu, penting bagi karyawan untuk meningkatkan keterampilannya agar tidak mudah digantikan.

Baca juga: Copywriter Adalah: Pengertian, Skill dan Prospek

C. Keterampilan Kerja untuk Melamar Kerja

12 Keterampilan Kerja untuk Melamar agar Dilirik Perusahaan

Seorang pegawai yang cerdas tentu berusaha untuk meningkatkan keterampilan kerja dasar (soft skill), yang tidak kalah pentingnya dengan keterampilan akademik.

Memiliki keterampilan kerja yang baik memungkinkan karyawan untuk dengan mudah beradaptasi untuk mendukung karir mereka.

Sementara keterampilan kerja dasar sangat penting, beberapa karyawan sering mengabaikannya.

Masalahnya adalah mereka melihat kekuatan teknis sebagai hal yang tidak penting. Berikut ini adalah keterampilan dalam bekerja dan aspek-aspek yang perlu diasah.

1. Keterampilan Berkomunikasi

Keterampilan Kerja untuk Melamar yang pertama adalah keterampilan berkomunikasi.

Kekuatan komunikasi dalam dunia kerja sebagai kemampuan fundamental yang harus diasah oleh setiap karyawan.

Masalahnya adalah bahwa karyawan diharuskan menggunakan gaya bahasa yang baik dan profesional untuk menyampaikan maksud mereka.

Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik juga dibutuhkan karyawan karena harus bertemu dengan banyak orang, baik itu dengan karyawan lain, pelanggan atau atasan.

Pertimbangkan besarnya dampak komunikasi terhadap dunia kerja, karena tidak mengherankan bahwa setiap karyawan harus dapat mengasah kekuatan komunikasi yang jelas, teratur, dan polos, baik lisan maupun tulisan.

Berikut cara-cara mengasah kekuatan komunikasi yang baik:

  1. Terbuka untuk semua orang
  2. Cobalah untuk sering mengungkapkan pendapat
  3. Pelajari teknik berbicara dan praktikkan

2. Norma dan Sikap

12 Keterampilan Kerja untuk Melamar agar Dilirik Perusahaan

Norma dan sikap adalah salah satu Keterampilan Kerja untuk Melamar yang harus dimiliki.

Dalam setiap bidang kehidupan, norma dan sikap adalah hal terpenting yang harus dimiliki setiap orang.

Masalahnya adalah norma menentukan layak atau tidaknya seseorang mendapatkan pekerjaan.

Norma atau sikap sebagai etika sosial yang bergantung pada beberapa aturan yang ada dalam lingkungan tertentu.

Misalnya, karyawan dituntut memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam bekerja.

Ketika seorang karyawan tidak memiliki norma dan sikap yang baik, mereka cenderung memiliki nilai-nilai yang bertentangan dengan nilai-nilai yang diyakini seseorang.

Karena itu, seorang karyawan tidak dapat mendukung karirnya untuk waktu yang lama.

Idealnya, mengasah norma dan sikap harus datang dari dalam diri kita sendiri.

Persoalannya adalah norma dan sikap sebagai warisan atau sifat turunan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika seseorang dilatih untuk berbohong, sangat sulit bagi mereka untuk menjadi orang yang paling dapat dipercaya di tempat kerja.

Meskipun kemampuan kerja ini sangat terkait dengan karakter bawaan, bukan berarti seseorang tidak dapat mengubah dan mengasah norma dan sikap menjadi lebih baik.

Berikut cara-cara untuk mempertajam norma dan sikap.

  1. Bersosialisasi dan berteman dengan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai positif
  2. Temukan lingkungan yang lebih baik
  3. Refleksi diri
  4. Memperbanyak membaca

Baca juga: Design Thinking Adalah: Pengertian, Proses dan Contoh

3. Keterampilan organisasi dan tata kelola

Keterampilan Kerja untuk Melamar yang harus dimiliki selanjutnya yaitu keterampilan organisasi dan tata kelola.

Di tempat kerja, kemampuan organisasi dan tata kelola merupakan poin penting untuk mendukung karir seorang karyawan.

Masalahnya, tanpa keterampilan kerja ini, seorang karyawan tidak dapat berkolaborasi dengan karyawan lain dan tidak dapat menyelesaikan beberapa tugas.

Dengan kemampuan organisasi, seorang karyawan dapat beradaptasi dan bertanggung jawab untuk peran dan jenjang karir mereka.

Dan dengan kepemimpinan yang baik, seorang karyawan dapat dipercaya dalam melakukan pekerjaannya karena memiliki kemampuan kontrol yang baik, seperti: mengatur skala fokus dan lain-lain.

Kemampuan organisasi dan tata kelola ini biasanya berasal dari rutinitas yang telah diasah selama bertahun-tahun.

Umumnya seseorang mulai mengasah keterampilan kerja tersebut dengan bergabung di beberapa organisasi perguruan tinggi untuk mendapatkan gambaran tata kelola yang baik.

Jika pengalaman organisasi dan kepemimpinan Anda masih belum maksimal, perlu diasah dengan beberapa cara, seperti sebagai berikut:

  1. Terlibat dalam berbagai proyek/organisasi
  2. Coba ambil tanggung jawab lain
  3. Bekerja sama sebagai sebuah tim

4. Kreatif dan inovatif

Kreatif dan inovatif adalah salah satu Keterampilan Kerja untuk Melamar.

Dalam dunia kerja yang terus berubah dan berubah, setiap faktor yang berperan serta harus berinovasi dan berinovasi, termasuk karyawan.

Masalahnya adalah bahwa setiap bisnis membutuhkan ide-ide yang mencetuskan untuk meningkatkan kualitas bisnis.

Keterampilan kerja ini adalah contoh yang baik ketika kecerdasan akademis saja tidak membantu seorang karyawan mendukung karir mereka.

Setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang berani dan mampu mengungkapkan ide-ide mereka.

Selain keberanian, karyawan juga harus mampu mengungkapkan pendapat yang rasional dan segar.

Berikut beberapa hal mendasar yang bisa dilakukan untuk memicu kreativitas dalam bekerja:

  1. Berpartisipasi dalam berbagai komunitas dialog
  2. Latih diri Anda untuk berpikir tentang krisis / keluar dari zona nyaman Anda

5. Keterampilan berpikir krisis dan memecahkan masalah

12 Keterampilan Kerja untuk Melamar agar Dilirik Perusahaan

Keterampilan Kerja untuk Melamar selanjutnya yaitu keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah.

Serupa dengan kemampuan kreatif dan kemampuan berinovasi, kemampuan berpikir krisis dan memacahkan masalah merupakan faktor penting dalam dunia kerja.

Sebuah studi tahun 2013 yang dilakukan oleh A National Survey of Business and Nonprofit Leaders menemukan bahwa 93% penerimaan karyawan memprioritaskan kemampuan berfikir krisis dan memecahkan masalah di atas kemampuan akademis yang sama, tergantung pada jurusan mereka.

Keutamaan menjadi karyawan yang berpikir krisis membantu karyawan menganalisis masalah dan menemukan solusi terbaik untuk masalah tersebut.

Sebagai seorang karyawan yang mewakili sebuah perusahaan, kemampuan berfikir krisis dan memecahan masalah membantu menemukan akar masalah, menganalisisnya, dan menyelesaikannya secara objektif, tanpa pengaruh pihak lain.

Jika keterampilan kerja tidak diasah dengan baik, seorang karyawan mudah dipengaruhi dari luar, sehingga cara berpikir dan pemecahan masalah tidak lagi objektif.

Sekarang setelah Anda memahami akar dari kemampuan berfikir krisis dan pemecahan masalah, mari kita lihat beberapa cara untuk mengasah kekuatan itu:

  1. Berpartisipasi dalam komunitas diskusi
  2. Pelajari langkah berpikir logis
  3. Melatih kemampuan melalui kegiatan diskusi, bertukar pikiran, dan sebagainya

Baca juga: Business Development Adalah: Pengertian dan Skill

6. Keterampilan Peka Teknologi

Keterampilan Kerja untuk Melamar yang perlu selanjutnya yaitu keterampilan peka teknologi.

Teknologi sebagai faktor yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak dapat dipungkiri bahwa segala sesuatu yang terjadi melibatkan teknologi, informasi dan komunikasi.

Begitu juga dengan dunia kerja. Karena tuntutan perubahan teknologi yang semakin maju, sebuah perusahaan menuntut dari setiap karyawan kepekaan terhadap teknologi, seperti: Kemampuan untuk menggunakan komputer, Microsoft Office, Microsoft Excel dan keterampilan penting lainnya.

Selain membuat tugas lebih mudah dan terorganisir, kepekaan teknologi menunjukkan bahwa seorang karyawan dapat beradaptasi dengan lingkungan dan waktu.

Berikut cara-cara mengasah kekuatan teknologi:

  1. Terbiasa dan Terlibat dalam teknologi (membaca, menulis, membuat dokumen, dll.)
  2. Percaya pada kekuatanmu sendiri

7. Keterampilan negosiasi

Keterampilan negosiasi adalah salah satu Keterampilan Kerja untuk Melamar.

Keterampilan negosiasi sangat berguna di hampir semua situasi profesional.

Anda dapat menggunakan keterampilan negosiasi Anda, misalnya untuk mendapatkan pelanggan baru atau mencapai kesepakatan dengan mitra potensial yang menguntungkan untuk mengurangi poin retensi yang bisa saja terjadi dan mengurangi total biaya operasional.

8. Kerjasama dan Delegasi

12 Keterampilan Kerja untuk Melamar agar Dilirik Perusahaan

Keterampilan Kerja untuk Melamar selanjutnya adalah kerjasama dan delegasi.

Oleh karena itu, karyawan yang mampu bekerja dalam tim sangat penting untuk karir Anda.

Banyak karyawan yang bekerja sendiri sangat baik, tetapi merasa kesulitan ketika harus bekerja dalam tim.

Hal ini tentunya menimbulkan kesulitan bagi seorang karyawan dan menghambat kerja sama tim.

Selain kerjasama yang baik dengan orang lain, seorang pegawai juga harus mampu mendelegasikan suatu tugas.

Karena mendelegasikan tugas adalah salah satu keterampilan yang bisa membuat Anda sukses.

Oleh karena itu, Anda perlu mengasah keterampilan ini jika ingin sukses di masa depan.

9. Optimis

Optimis adalah salah satu Keterampilan Kerja untuk Melamar.

Optimisme mungkin tampak seperti karakter, tetapi dapat diperoleh, diasah, dan dikembangkan sebagai keterampilan.

Untuk memperkuat kepercayaan diri Anda, Anda dapat memulai pelatihan di berbagai bidang pilihan Anda.

Semakin sering Anda melakukan sesuatu di bidang ini, semakin optimis Anda melakukannya.

10. Kepemimpinan

Keterampilan Kerja untuk Melamar selanjutnya yaitu kepemimpinan.

Keterampilan memimpin, menginspirasi, memotivasi dan memberdayakan sangat dibutuhkan dalam sebuah tim.

Keterampilan kepemimpinan ini akan membantu karyawan memiliki kesempatan untuk dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi.

11. Menulis

Menulis adalah salah satu Keterampilan Kerja untuk Melamar yang harus dimiliki.

Keterampilan menulis diperlukan untuk mempertajam kemampuan penelitian, membaca dan analisis.

Keterampilan ini diperlukan untuk merencanakan proyek dan menulis laporan. Anda dapat meningkatkan kekuatan ini dengan membaca dan menulis.

12. Perencanaan

Keterampilan Kerja untuk Melamar yang terakhir yaitu perencanaan.

Keterampilan merencanakan sesuatu sangat dibutuhkan dalam bekerja.

Karyawan yang memiliki rencana dalam pekerjaannya tentunya memiliki arah yang ingin dicapai, sehingga mereka akan bekerja lebih keras untuk mencapai arah tersebut.

Merencanakan sesuatu tidak harus besar atau jangka panjang.

Anda dapat merencanakan beberapa hal berikutnya yang ingin Anda lakukan. Merencanakan sesuatu dapat membantu Anda bekerja lebih fokus.

Berikut adalah salah satu webinar yang bisa anda lihat untuk lebih jelas mengetahui Keterampilan Kerja untuk Melamar.

Penutup

Keterampilan kerja sebagai hal mendasar yang harus dimiliki setiap karyawan.

Sebagai seorang karyawan, Anda harus mengoreksi diri dan meningkatkan keterampilan yang Anda peroleh agar bisa sukses di masa depan.

Masalahnya adalah bahwa kualifikasi menjamin kelangsungan karir seorang karyawan. Oleh karena itu, peningkatan keterampilan kerja merupakan poin terpenting untuk menunjang karir.

Sekian artikel berjudul 12 Keterampilan Kerja untuk Melamar agar Dilirik Perusahaan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!