Manajemen Adalah: Pengertian Ahli, Ruang Lingkup, Tujuan, Fungsi, dan Jenis
Manajemen Adalah: Pengertian Ahli, Ruang Lingkup, Tujuan, Fungsi, dan Jenis | Pemahaman manajemen adalah suatu keharusan bagi Anda yang mempelajari ilmu ekonomi.
Karena kegiatan manajemen tidak dapat dipisahkan sepenuhnya dari kedua keterampilan tersebut.
Pertanyaannya adalah, apakah Anda tahu apa itu manajemen? Apa Lingkup, Peran, tujuan dan Jenisnya?
Jika Anda tahu, silakan baca ulasan berikut ini! Kami akan mengulasnya sampai akhir. Baca baik-baik!
Table of Contents
A. Pengertian Manajemen
Jika ingin memahami sesuatu, selalu penting untuk memulai dari pengertian atau pemahaman.
Pengetahuan tentang masalah ini membentuk dasar untuk memahami turunan yang berbeda pada suatu topik. Terhitung jika kita ingin belajar tentang manajemen.
Banyak ahli telah mencoba untuk mendefinisikan masalah topik ini. Kami akan mempercayakan beberapa pemahaman tentang manajemen kepada beberapa ahli dari seluruh dunia.
1. Pengertian Manajemen Menurut Henri Fayol
Henri Fayol menjelaskan bahwa manajemen adalah kegiatan memperkirakan, merencanakan, mengorganisir, memerintah, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan seseorang.
2. Pengertian Manajemen Menurut FW Taylor
Sementara itu, FW Taylor memberikan pemahaman yang lebih sederhana.
Menurutnya, manajemen adalah seni mengetahui apa yang perlu dilakukan dan melihat apakah itu dilakukan dengan cara terbaik.
3. Pengertian Manajemen Menurut Terry dan Franklin
Secara lebih rinci, Terry dan Franklin mendefinisikan manajemen adalah proses berbeda yang dibagi menjadi aktivitas perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan pengendalian.
Perannya adalah untuk mengatur dan mencapai arah yang dinyatakan melalui penggunaan sumber daya manusia dan lainnya.
Jadi, Apa yang dimaksud dengan manajemen?
Jika kita mencoba untuk mencampur definisi manajemen yang berbeda menurut para ahli, maka manajemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai suatu tujuan. Dengan melakukan kontrol atas tim atau organisasi yang dipertahankan.
Dengan demikian, pekerjaan manajemen dalam pembangunan organisasi ini adalah domain orang-orang yang mengambil peran pengelolaan. Apakah pengendalian sumber daya manusia atau barang.
Sampai sekarang, apakah Anda mengerti? Jika belum. Jadi Anda perlu melanjutkan artikel ini lagi.
Baca juga: Manajemen SDM Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ruang Lingkup
B. Ruang Lingkup Manajemen
Memahami ruang lingkup manajemen tidak kalah pentingnya. Setelah Anda memahaminya, Anda dapat mengetahui apa yang dilakukan oleh seorang manajer.
Baik dalam suatu organisasi, perusahaan dan lain-lain.
Meskipun cakupannya dapat bervariasi pada tingkat yang lebih pendek, umumnya sama di beberapa sektor. Menurut para ahli, ruang lingkup manajemen meliputi:
1. Planning (Merencanakan)
Yang pertama dalam ruang lingkup Manajemen Adalah Planning atau merencanakan.
Perencanaan kegiatan merupakan tugas manajemen pada awalnya. Di situlah letak arah dan proses, berupa perencanaan, yang keinginannya diwujudkan.
Seorang manajer perlu memikirkan, memvisualisasikan, dan menggambarkan beberapa hal yang penting baginya dan timnya agar semuanya dapat terwujud.
2. Controlling (Pengawasan)
Yang kedua dari ruang lingkup Manajemen Adalah Controling atau pengawasan.
Ketika perencanaan dimulai, tim mengerjakannya, jadi manajemen tidak berarti membiarkannya pergi.
Area tanggung jawabnya mencakup pemantauan proses yang sedang berlangsung. Proses ini pasti membutuhkan berbagai alat seperti KPI, check-in, buku harian, dan banyak lagi.
Pemantauan ini berlanjut hingga proyek atau arahan tim benar-benar dilaksanakan. Karena itu, kami mungkin dapat mengatakan bahwa cakupan ini umumnya bertahan paling lama.
3. Closing (Penutup)
Yang ketiga dari ruang lingkup Manajemen Adalah closing atau penutup.
Lingkup terakhir yaitu closing. Dalam proses ini, manajemen melakukan berbagai penilaian atas apa yang dia dan timnya lakukan.
Manajemen memiliki arti mengaudit berbagai hal yang berkaitan dengan proyek, mengkomunikasikan hasil dan membuat penilaian terhadap tim yang dipimpinnya.
Wawasan yang beliau sampaikan tentang proses monitoring sangat membantu proses closing.
Berbagai peringkat ini juga dapat digunakan oleh manajemen sebagai dasar untuk ide tim di masa depan.
Tiga bidang khusus manajemen yang disebutkan di atas didasarkan pada deskripsi Project Management Institute. Lembaga bidang manajemen.
Baca juga: Manajemen Operasional Adalah: Pengertian, Tujuan, Ciri dan Fungsi
C. Tujuan Manajemen
Management study guide menjelaskan jika setidaknya ada empat tujuan manajemen.
Oleh karena itu, ketika proses manajemen berjalan dengan baik, maka 4 tujuan manajemen menurut pakar ini terwujud.
Di sisi lain, jika prosesnya buruk, maka tentu niat tidak bisa tercapai.
Berikut adalah tujuan utama dari aktivitas manajemen yang harus Anda ketahui:
1. Mendapatkan hasil maksimal dengan usaha minimal
Tujuan pertama Manajemen Adalah mendapatkan hasil maksimal dengan usaha minimal.
Saat proses manajemen berjalan, berbagai hal yang dikeluarkan tim bisa lebih efektif. Namun jika sama, hasil yang dicapai tim tetap maksimal.
Baik itu hubungan mengenai pertimbangan dan penggunaan sumber daya manusia, keuangan, materi dan lainnya.
Hal ini juga mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam kerangka perusahaan. Pasti sangat bagus untuk meningkatkan keuntungan perusahaan bukan?
2. Peningkatan efektivitas pada faktor produksi
Tujuan kedua Manajemen Adalah meningkatkan efektivitas pada faktor produksi.
Beberapa alat perusahaan, terutama di pabrik, tentu memiliki masa manfaat. Meski harganya mahal, konten tertentu bisa mengecilkan perannya atau bahkan menghancurkannya.
Itu membuat perusahaan rugi, bukan? Tentu.
Nah, dengan proses manajemen yang baik, dampak ini bisa segera diminimalisir.
Pengoperasian beberapa fasilitas produksi ini dapat bersifat lebih lama dan tidak boros dan tentunya tidak mengharuskan perusahaan untuk sering memperbarui atau mengganti mesin.
3. Kesejahteraan tim dapat dioptimalkan
Tujuan ketiga dari Manajemen Adalah kesejahteraan tim dapat dioptimalkan.
Jika kedua arah tercapai di awal, maka perusahaan tentu saja sehat. Keuntungan yang dapat dioptimalkan perusahaan.
Nah, hal ini tentunya akan mendorong terwujudnya manfaat yang optimal bagi anggota tim yang dalam hal ini adalah karyawan.
Gaji dapat dengan mudah sesuai dengan jumlah yang disepakati, dibayarkan tepat waktu, bonus sama dengan yang dijanjikan, dan karyawan dapat bekerja dalam waktu yang lama.
4. Perbaikan manusia dan keadilan sosial
Tujuan terakhir dari Manajemen Adalah perbaikan manusia dan keadilan sosial.
Dalam skala yang lebih luas, perusahaan yang menerapkan manajemen yang baik akan berdampak pada masyarakat luas.
Perusahaan atau instansi yang produktif pasti akan terus menciptakan lapangan kerja, berdampak pada aliran uang di masyarakat sekitar, dan banyak lagi.
Untungnya bukan hanya untuk aktor manajemen. Tapi meluas ke mana-mana. Di sisi lain, jika perusahaan memiliki manajemen yang buruk, maka akan bangkrut, tutup dan menghambat pembangunan masyarakat.
Baca juga: Manajemen Pemasaran Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Tugas
D. Fungsi Manajemen
Apa itu Fungsi manajemen? Menurut Koontz dan O’Donnel, ada 5 fungsi manajemen yaitu fungsi perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian, pengarahan dan pengontrolan.
Kami ingin mencoba memberinya untuk Anda:
1. Fungsi Perencanaan
Fungsi pertama dari Manajemen Adalah fungsi perencanaan.
Program manajemen perusahaan dapat membantu organisasi menentukan perawatan di masa depan.
Dengan cara ini, berbagai kegiatan dapat ditentukan yang paling cocok untuk mencapai suatu tujuan.
Manajemen membantu organisasi menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Apa yang perlu dilakukan?
- Kapan semua ini akan berjalan?
- Bagaimana cara untuk melakukannya?
Menjawab pertanyaan di atas pasti akan membantu memastikan keselarasan organisasi mengarah pada kesuksesan.
Anda setidaknya dapat menyelesaikan hal berikut:
- Ambiguitas kerja
- Ketidaktahuan di antara anggota tim tentang pekerjaan mereka
- Resiko
- Pemborosan
Itulah pembahasan mengapa perencanaan masuk ke dalam fungsi manajemen.
2. Fungsi Pengorganisasian
Fungsi kedua dari Manajemen Adalah fungsi pengorganisasian.
Fungsi Manajemen ini untuk mendukung proses organisasi (koordinasi). Apa itu koordinasi?
Tujuannya adalah untuk menggabungkan berbagai sumber daya yang tersedia untuk menghasilkan sesuatu yang produktif. Mengandung:
- Sumber daya manusia
- Sumber daya fisik
- Keuangan
Produktivitas yang sama-sama terkait dengan ketiga hal tersebut di atas dapat terwujud apabila organisasi atau perusahaan menjalankan proses manajemen dengan baik pada faktor koordinasi.
Detail proses yang ingin kami sertakan meliputi:
- Analisis aktivitas
- Kategorisasi atau pengelompokan kegiatan
- Klasifikasi dan integrasi yang baik ke dalam tim
- Mendelegasikan wewenang dan menciptakan tanggung jawab
- Koordinasi yang baik antar anggota tim
Dari penjelasan diatas jelas bahwa pengorganisasian masuk ke dalam fungsi manajemen.
3. Fungsi Kepegawaian
Fungsi ketiga dari Manajemen Adalah fungsi kepegawaian.
Ketika organisasi telah berjalan, manajemen harus memastikan bahwa yang dijalankan adalah Istiqamah atau bertahan lama.
Proses kerja dapat bertahan bahkan berkembang untuk lebih memajukan organisasi.
Agar Fungsi Manajemen ini berjalan, manajer lini perlu melakukan berbagai proses di perusahaan seperti proses berikut ini:
- Merencanakan tenaga kerja yang baik, termasuk mengantisipasi kebutuhan pemilihan orang dan posisi mereka yang tepat dalam bisnis organisasi.
- Melakukan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan
- Melakukan penilaian kinerja
- Menciptakan mekanisme promosi dan mutasi karyawan yang sehat
Fungsi manajemen mengenai kepegawaian tentu bermanfaat bagi perusahaan.
4. Fungsi pengarahan
Fungsi keempat Manajemen Adalah fungsi pengarahan.
Manajemen implementasi berperan dalam menggerakkan organisasi untuk memungkinkan semua tim bergerak untuk mencapai suatu tujuan.
Bagaimana dengan anggota tim di perusahaan atau organisasi sebagai orang yang memiliki akal dan emosi.
Manusia bukanlah robot atau mesin yang dapat bergerak secara otomatis dengan menggunakan tombol on/off.
Jadi pihak manajemen harus melakukan hal-hal yang berbeda:
- Monitoring atau pengawasan, tugas setiap pegawai harus diawasi. Polanya adalah atasan mengawasi bawahan.
- Motivasi, tujuannya agar bawahan bergerak, selalu bersemangat dan bekerja untuk mencapai suatu tujuan.
- Kepemimpinan, seorang atasan harus mengembangkan keterampilan untuk dapat mempengaruhi bawahannya.
- Komunikasi, yaitu proses penyampaian informasi, pendapat, pengalaman antar organ dalam tim.
5. Fungsi Pengontrolan
Fungsi kelima Manajemen Adalah fungsi pengontrolan.
Sekali lagi, manajemen berperan dalam mengelola semua tugas tim.
Dengan menghitung kinerja semua anggota organisasi dalam hal kesesuaian mereka dengan standar yang diharapkan oleh organisasi.
Pada akhirnya, semuanya bisa berjalan sesuai standar.
Dengan pengaturan ini, penyimpangan juga dapat dicegah dan dapat segera ditangani. Ini menghindari efek yang berpotensi menghancurkan organisasi.
Peran pengontrolan dalam manajemen ini dapat berjalan ketika perusahaan atau organisasi melakukan beberapa hal seperti berikut ini:
- Menetapkan standar kinerja
- Menghitung kinerja sebenarnya
- Buat perbedaan antara kinerja aktual dan standar kinerja untuk mengidentifikasi penyimpangan.
- Melakukan perbaikan atas penyimpangan yang terjadi.
Baca juga: Manajemen Keuangan Adalah: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Prinsip
E. Jenis jenis manajemen berdasarkan gayanya
Saat pelaksanaanya, orang dengan status manajerial dapat menggunakan gaya yang berbeda.
Masing-masing jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Secara umum, ada 3 jenis gaya khusus. Itu adalah:
- Otokratis
- Demokratis
- Laissez faire
Dalam masing-masing tipe ini ada contoh berbeda dari tipe turunannya.
Jika Anda memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin, Anda dapat menggunakan salah satu dari jenis jenis manajemen berikut:
1. Jenis Manajemen otokratis
Gaya kepemimpinan ini merupakan gaya dengan pendekatan top down atau atas bawah. Skema komunikasi organisasi bersifat satu arah dari atasan kepada karyawan.
Semua keputusan ada di tangan atasan. Beberapa orang yang menjadi karyawan tidak bisa mengeluarkan pendapatnya.
Baik itu dalam bentuk pertanyaan, pengungkapan ide atau berbagai pertimbangan lainnya.
Gaya ini memiliki subtipe kembali, yang ada 3, dan mari kita coba memecahnya satu per satu.
a. Gaya manajemen otoritatif
Untuk tipe ini, beberapa ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
- Atasan mendikte apa yang mereka harapkan dari bawahan mereka.
- Jika bawahan tidak patuh, manajer akan segera menjatuhkan hukuman.
- Karyawan harus mengikuti perintah tanpa menanyakan otoritas atasannya. Karyawan hanya menjalankan perintah.
- Manajer memiliki pengawasan tingkat rendah dengan asumsi bahwa jika karyawan tidak dikendalikan, mereka pasti tidak akan dapat menjalankan instruksi organisasi.
Keuntungan dari gaya ini:
- Membuat keputusan menjadi lebih cepat
- Lebih mudah untuk membuat peran dan harapan manajer menjadi jelas.
- Bahkan jika karyawannya tidak terlalu berkualitas, mereka masih bisa bekerja.
- Produktivitas bawahan tinggi (ketika manajer memegang kendali penuh)
Kerugian dari jenis manajemen ini:
- Tim atau karyawan yang rentan tidak senang
- Kekuatan mengubah tim atau karyawan tinggi
- Memiliki potensi untuk menciptakan jarak antara bawahan dan atasan
- Perkembangannya agak lamban
Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, gaya ini hanya cocok untuk situasi yang membutuhkan keputusan cepat.
Ada baiknya jika ada situasi kritis dalam organisasi, gaya kepemimpinan ini akan berhasil dalam mencapai tujuannya.
b. Gaya manajemen persuasif
Mengenai ciri-ciri manajemen jenis ini, ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
- Membuat keputusan memiliki jalan satu arah top down
- Manajer tidak hanya memberi perintah, mereka menggunakan persuasif untuk menginspirasi kepercayaan bahwa keputusan sepihak adalah untuk kepentingan bersama
- Manajemen menyampaikan proses dan argumen di balik peraturan sepihaknya.
- Karyawan semakin merasa mendapat perhatian
Keuntungan dari gaya ini:
- Dapat menciptakan lebih banyak kepercayaan di antara manajemen dan karyawan.
- Karyawan atau tim dapat menerima keputusan dengan lebih mudah.
- Umpan balik positif lebih mudah didapat dari tim dengan argumen yang masuk akal daripada dengan hukuman
- Karyawan atau tim tidak merasa diawasi seperti halnya dengan gaya otoriter.
Namun, gaya ini juga memiliki beberapa kelemahan:
- Kekuatan amarah dan detasemen masih ada karena tidak ada ruang untuk mengungkapkan pendapat.
- Perkembangannya sulit.
- Karyawan masih berpeluang untuk marah, karena nyatanya batasan ketat masih berlaku dengan gaya ini.
Gaya ini dapat digunakan oleh seorang manajer dan memberikan hasil yang maksimal ketika kursi manajer tersebut memiliki pengalaman yang lebih dari tim yang berada di bawah kendalinya.
c. gaya kepemimpinan paternalistik
Beberapa karakteristik yang terkait dengan gaya ini adalah:
- Memprioritaskan kebutuhan bawahan
Memanggil keluarga tim dan mendorong mereka untuk menunjukkan loyalitas dan kepercayaan kepada manajemen.
Keputusan tersebut masih bersifat sepihak, namun pengelola menjelaskan apakah keputusan tersebut merupakan hasil musyawarah atau ahli memiliki legalitas (bukan milik sendiri).
Proses pembuatan aturan sudah dijelaskan, tapi belum ada timbal balik untuk tim dulu.
Beberapa keuntungan dari gaya ini adalah:
- Manajer fokus pada kebutuhan dan kesejahteraan tim atau karyawan.
- Setiap keputusan didasarkan pada apa yang terbaik untuk tim.
- Menghargai keterampilan dan kemajuan tim, sehingga meningkatkan kepuasan mereka.
- Dengan penghargaan, tim atau karyawan juga bisa memiliki potensi yang lebih produktif.
Kelemahan paternalisme antara lain:
- Kurang berkembang karena keputusan masih sepihak.
- Potensi kebencian tim dalam manajemen dapat muncul dari anggota tim yang kurang percaya dan melihat pendekatan manajer berlebihan.
Gaya seperti ini mungkin cocok untuk organisasi ketika budaya lokal sangat kekerabatan (bahkan jika itu bukan keluarga kandung).
Dalam masyarakat yang individualistis, kemungkinan itu kurang tepat.
2. Jenis Manajemen Demokratis
Berbeda dengan gaya otokratis, tipe kepemimpinan demokratis tidak memutuskan setiap aturan secara sepihak.
Sebaliknya, bahkan menggerakkan tim atau karyawan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.
Skema komunikasi yang dipertahankan memiliki karakter dua arah. dari atasan ke bawahan dan bawahan ke atasan.
Secara umum, gaya ini akan meningkatkan solidaritas antar anggota tim kerja.
Pada tingkat yang lebih teknis, ada banyak tipe jenis yang berasal dari gaya ini. Kami akan bahas satu per satu.
a. Gaya manajemen konsultatif
Banyak ciri yang ada untuk tipe ini. Diantara mereka:
- Manajer mencari pandangan, pendapat, atau pertimbangan dari anggota tim yang bekerja dengan mereka sebelum membuat keputusan tertentu.
- Keputusan akhir ada di tangan manajer, tetapi semua saran memiliki ruang untuk pertimbangan.
- Secara umum, jenis manajemen ini menempatkan para profesional di pihak organisasi.
Keuntungan dari gaya ini:
- Dapat menciptakan ikatan yang kuat antara manajemen dan tim.
- Tim dapat tumbuh bersama para pemimpin karena setiap orang termotivasi untuk belajar dan berbagi ide.
- Pembangunan memungkinkan pertumbuhan yang cepat.
- Kekuatan untuk memiliki pemecahan masalah yang baik dari hari ke hari.
Kerugiannya meliputi:
- Konsultasi membutuhkan banyak waktu dan usaha.
- Ketika manajer tidak mampu memimpin dengan baik, bisa ada kekuatan tim untuk melihat manajer pilih kasih dengan anggota tim tertentu (yang idenya selalu didengarkan dan dipatuhi).
- Mungkin ada orang yang tim tidak percaya manajer karena mereka melihat manajer, mengapa sering bertanya? Ini terkesan tidak terlalu pintar.
Gaya konsultasi ini sangat cocok untuk pihak manajemen ketika tim yang dipimpinnya dibagi menjadi beberapa ahli dengan spesialis kompetensinya masing-masing.
Pada saat yang sama, pengalaman manajer terbatas.
b. Gaya manajemen partisipatif
Ciri-ciri manajemen partisipatif antara lain:
- Dalam jenis gaya ini, manajer dan tim atau karyawan adalah pihak yang sama yang terlibat dalam pengambilan keputusan.
- Karyawan atau tim karyawan memiliki akses ke lebih banyak informasi tentang perusahaan dan didorong untuk berinovasi dengan solusi.
- Manajer bekerja dengan karyawan mereka untuk membuat keputusan sebelum tahap tindak lanjut.
Gaya ini memiliki banyak keuntungan:
- Karyawan merasa dihargai oleh manajemen dan perusahaan.
- Penghargaan seperti ini dapat meningkatkan produktivitas karyawan atau tim.
- Perkembangannya semakin meningkat karena tingginya tingkat jaringan.
Namun, gaya ini bukan tanpa kekurangan. Kerugiannya meliputi:
- Proses pengambilan keputusan menjadi lebih lambat.
- Rawan pertengkaran antar tim.
- Ada risiko bahwa tim atau karyawan mungkin mengetahui sebagian besar informasi internal perusahaan, apalagi beberapa informasi sensitif.
Gaya ini sangat cocok digunakan pada organisasi atau perusahaan yang membutuhkan banyak pengembangan, misalnya perusahaan IT. Bisnis dapat menuai banyak manfaat dari gaya jenis ini.
c. Gaya manajemen kolaboratif
Ciri-ciri yang melekat pada gaya kolaboratif ini meliputi:
- Manajemen akan membuat komunitas terbuka untuk berbagai ide tinjauan sebelum mengambil keputusan.
- Ada penggunaan tim untuk membuat mereka merasa terlibat.
- Mengambil keputusan dengan suara terbanyak.
Salah satu kelebihan gaya ini adalah:
- Tim merasa didengar dan dilihat oleh manajemen mereka.
- Komunikasi dalam organisasi menjadi lebih terbuka, sehingga lebih mudah untuk mencegah perselisihan.
- Tim atau karyawan tergerak untuk bekerja secara optimal.
Sedangkan kekurangannya antara lain:
- Proses pengambilan keputusan memakan waktu lebih lama.
- Faktanya, sebagian besar kesepakatan belum tentu merupakan keputusan yang tepat bagi organisasi.
- Jika manajemen harus mengintervensi sebagian besar keputusan yang salah, ada risiko bahwa mereka itu akan dibenci.
Sama seperti gaya manajemen demokratis lainnya, tipe kepemimpinan ini cocok untuk perusahaan yang ingin banyak inovasi.
d. Gaya manajemen transformasional
Karakteristik yang terkait dengan jenis manajemen gaya ini adalah:
- Fokus kepemimpinannya adalah pada pengembangan tim.
- Manajer terus-menerus menggerakkan timnya untuk mencapai berbagai pencapaian agar dapat menembus zona nyamannya secara teratur.
- Hari demi hari, manajer terus meningkatkan standar penghasilan timnya.
Ketika organisasi mengadopsi gaya ini, manfaat berikut dapat dicapai:
- Inovasinya meningkat
- Karyawan dapat lebih mudah beradaptasi dengan transisi.
- Mendorong munculnya kegiatan berpikir inovatif, perbaikan produk dan meningkatkan fleksibilitas tim.
Kekurangan dari gaya transformasional ini, sementara itu meliputi:
- Tim dapat dengan mudah lelah dan tertekan jika mereka merasa tidak dapat melakukannya selama proses pengembangan dan mungkin akan menyerah.
Gaya kepemimpinan ini sangat cocok untuk perusahaan di industri yang bergerak cepat dan beradaptasi tinggi. Misalnya industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG).
e. Gaya manajemen pembinaan
Beberapa ciri yang melekat pada gaya ini adalah:
- Manajer memposisikan diri mereka sebagai mentor dan melihat karyawan mereka sebagai anggota tim yang berharga.
- Manajer ditugaskan untuk meningkatkan dan memimpin tim mereka.
- Manajemen memberikan penilaian, peningkatan keterampilan dan pengembangan tempat kerja.
Oleh karena itu beberapa keuntungan dari gaya ini:
- Tim akan merasa lebih dihormati
- Ikatan antara manajer dan karyawan tumbuh lebih kuat.
- Tim secara alami tergerak untuk mencapai hasil terbaik seperti yang diarahkan oleh manajer.
Meski memiliki banyak kelebihan, gaya ini sebenarnya memiliki kekurangan, yaitu:
- Gaya ini sebenarnya lebih mengutamakan pembangunan jangka panjang. Terlalu banyak fokus pada hal ini dapat mengakibatkan organisasi kurang memperhatikan tujuan jangka pendek.
Gaya seperti ini sangat tepat ketika perusahaan yang mengadopsinya membutuhkan sumber daya yang berkualitas. Organisasi menjadi lebih efisien dan efektif dalam manajemen tim.
3. Jenis manajemen laissez faire
Umumnya gaya ini mengambil bentuk proses manajemen yang cenderung menjauh dari proses pemantauan.
Dengan demikian, tim, karyawan atau karyawan yang memimpin mereka memiliki kontrol dan otoritas yang lebih besar atas berbagai tugas mereka.
Tugas manajer hanya menugaskan dan mendelegasikan. Mereka hanya berkontribusi pada masalah tim mereka ketika tim mereka meminta masukan mereka.
Ada dua gaya turunan dalam jenis manajemen ini.
a. Gaya manajemen delegatif
Ciri-ciri gaya delegasi ini antara lain:
- Manajer hanya bekerja untuk memutuskan dan menetapkan pekerjaan.
- Tim yang mendapatkan pekerjaan dapat bekerja dan menjadi sukarelawan sesuai keinginan.
- Ketika pekerjaan selesai, manajer mengevaluasi hasil ini untuk menyarankan tugas di masa depan.
Gaya ini sebenarnya bagus juga. Beberapa keunggulannya adalah:
- Mempromosikan pengembangan lebih lanjut dan kreativitas dalam tim.
- Dengan otoritas dan otonomi tingkat tinggi, tim cenderung merasa lebih bahagia.
- Kerja tim akan kompak karena anggota lebih banyak berbicara satu sama lain untuk memecahkan masalah.
Namun, gaya ini memiliki banyak kelemahan:
- Jika tim bukan kontributor yang terampil, mereka cenderung kurang fokus dan bingung tentang arah pekerjaan.
- Kurangnya kontak dengan manajemen juga dapat menyebabkan perselisihan kewajiban antar tim.
- Tim mungkin melihat manajemen sebagai tidak kompeten karena mereka tampaknya tidak memiliki pekerjaan.
Gaya seperti ini tepat ketika anggota tim dikelola dengan orang-orang yang memenuhi syarat.
Dalam arti, mereka memiliki pengalaman yang cukup dalam melakukan tugas yang berbeda sebagai pekerjaan mereka.
b. Gaya manajemen visioner
Meski mirip dengan mendelegasikan, gaya visioner memiliki ciri-ciri tertentu:
- Tugas manajer adalah memimpin lebih banyak untuk menginspirasi tim.
- Manajer Bisnis menjelaskan arah dan alasan untuk setiap keputusan dan mencoba memberikan keyakinan kepada tim bahwa mereka ingin mencapai arah itu.
- Anggota tim diberi kebebasan besar untuk melakukan pekerjaan mereka, keterlibatan manajer cukup minimal.
- Masih ada proses monitoring atau verifikasi dalam rasio waktu tertentu untuk memastikan tim bekerja sesuai jalur.
Kelebihan gaya ini antara lain:
- Mendorong keterlibatan yang tinggi dalam setiap anggota tim.
- Merangsang kepuasan kerja yang lebih besar.
- Mempromosikan peningkatan pengembangan dan kekuatan pemecahan masalah.
Sementara itu, kontranya adalah:
- Beberapa manajer benar-benar memiliki kekuatan untuk menginspirasi. Agar gaya ini berjalan, dibutuhkan sosok manajerial yang benar-benar menginspirasi (tidak berpura-pura menjadi inspirasional)
Gaya ini cocok untuk industri yang membutuhkan pengembangan tinggi dalam prosesnya.
Juga, ini bagus untuk perusahaan rintisan kecil yang memiliki visi untuk “mengganggu” dominasi pemain mapan atau besar di industri mereka.
F. Unsur Manajemen
Setelah mengetahui pengertian manajemen menurut para ahli, Anda juga perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang termasuk dalam manajemen.
Berikut adalah beberapa unsur manajemen dasar yang perlu Anda ketahui. Jika ada unsur yang tidak lengkap, maka proses pencarian tujuan kemungkinan akan terganggu.
Berikut adalah Unsur Manajemen yang paling umum
1. Manusia
Unsur pertama manajemen adalah Manusia merupakan unsur terpenting dalam manajemen. Perusahaan tidak memiliki kekuatan tanpa manusia sebagai karyawan.
Tanpa manusia tidak ada rencana, proses dan pada akhirnya tidak ada yang dihasilkan tanpa komponen manusia di dalamnya.
2. Uang
Oleh karena itu, untuk mencapai suatu arah, suatu organisasi atau perusahaan memerlukan sarana dan prasarana, beberapa bahan dan sumber daya.
Sehingga semuanya bisa terpenuhi karena butuh uang untuk mendapatkannya. Dengan kata lain, uang adalah alat yang dapat digunakan organisasi untuk mencapai tujuan.
Oleh karena itu unsur selanjutnya dari manajemen adalah uang.
3. Bahan Baku
Proses produksi tidak dapat berlangsung tanpa bahan baku. Bahan baku dapat berupa bahan jadi atau 1/2 dari yang diolah menjadi produk akhir.
Penting bagi Anda untuk melihat bahwa manusia dan bahan mentah merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Setiap unsur sama-sama membutuhkan keduanya.
4. Mesin
Unsur manajemen selanjutnya adalah mesin. Karena ada mesin yang bagus, prosesnya bisa efektif, tepat, mulai dari penggunaan sumber daya, baik manusia maupun bahan baku secara efektif.
Kehadiran mesin yang baik juga menentukan kualitas produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan.
5. Metode kerja
Agar tugas dapat berjalan dengan lancar, diperlukan sistem yang jelas dan dapat dipahami oleh karyawan.
Prioritas di sini adalah menjaga sumber daya manusia yang baik agar penggunaan sumber daya, mesin dan modal dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.
Jika karyawan tidak memahami sistem yang digunakan, proses mencapai tujuan dapat terhambat.
6. Pasar
Apa tujuan akhir dari sebuah produksi? Tidak lain adalah memasarkan produk dari proses dan layanan operasional.
Mengetahui target pasar sangat penting untuk mewujudkan arah akhir yang diinginkan perusahaan.
Berikut video mengenai pengertian manajemen, agar lebih jelas.
Penutup
Semoga materi di atas dapat menambah wawasan tentang manajemen pada perusahaan.
Ternyata, pengetahuan manajemen bukan satu-satunya hal yang menarik untuk dipelajari lebih dalam tentang manajemen.
Faktor lain yang tak kalah menarik. Tetap up to date tentang berbagai topik yang berkaitan dengan dunia kerja.
Sekian artikel berjudul Manajemen Adalah: Pengertian Ahli, Ruang Lingkup, Tujuan, Fungsi, dan Jenis, semoga bermanfaat.