6 Proses Manajemen Risiko dan Penetapannya

Bagaimana Proses Manajemen Risiko dan Penetapannya? Manajemen risiko menjaga perusahaan atau bisnis, termasuk orang-orang dan rekam jejak perusahaan tentang masalah dan kendala di mana peluang mungkin muncul.

6 Proses Manajemen Risiko dan Penetapannya

Apa yang disebut risiko tidak dapat dihindari dan dapat terjadi seiring waktu. Oleh karena itu, beberapa tindakan diperlukan untuk menangani risiko ini

Banyak orang yang belum memahami apa itu manajemen risiko. Manajemen risiko adalah proses melakukan identifikasi dan analisis terhadap suatu risiko yang mungkin timbul.

Saat memulai bisnis, Anda perlu melakukan analisis mengenai kemungkinan kerugian. Ini membantu Anda untuk mengambil tindakan pencegahan lebih awal.

Penerapan manajemen risiko menjadi penting. Manajemen risiko akan membantu mengidentifikasi beberapa kelemahan bisnis Anda dengan lebih cepat.

Artikel ini merupakan kelanjutan dari Manajemen Risiko Adalah: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Prinsip

A. Proses Manajemen Risiko ISO 31000

6 Proses Manajemen Risiko dan Penetapannya

ISO 31000 merupakan standar internasional untuk penerapan manajemen risiko. ISO 31000 memberi Anda dasar untuk menerapkan manajemen risiko yang baik.

Proses manajemen risiko ISO 31000 meliputi konsep, kerangka kerja dan proses manajemen risiko.

Jika, sebagai bagian dari arsitektur manajemen risiko, ini adalah pertanyaan tentang merancang manajemen risiko di seluruh perusahaan secara efisien.

Tujuan ISO adalah untuk membantu banyak pemilik bisnis dalam menerapkan manajemen risiko.

Karena penerapan manajemen risiko yang efisien akan menguntungkan perkembangan perusahaan.

Jika suatu perusahaan dapat melakukan proses manajemen risiko sesuai ISO 31000, maka dapat dikatakan perusahaan tersebut memiliki manajemen risiko yang baik.

Karena ISO 31000 merupakan standar internasional yang dibuat oleh International Organization for Standardization.

B. Proses Manajemen Risiko Perusahaan

6 Proses Manajemen Risiko dan Penetapannya

Ada banyak tingkatan manajemen risiko dalam sebuah organisasi. Tercantum di bawah ini adalah beberapa proses untuk melakukan manajemen risiko dalam suatu organisasi.

1. Analisis Risiko

Pada Proses Manajemen Risiko tahap ini, departemen manajemen risiko perusahaan harus melakukan analisis terhadap kemungkinan risiko yang akan muncul. Risiko dapat berasal dari internal maupun eksternal.

Melakukan analisis risiko sebenarnya tidak mudah. Karena jika tidak, analisis risiko adalah wajib sekarang, karena akan lebih baik jika Anda melakukan analisis risiko untuk masa depan.

2. Mengenali beberapa bentuk risiko

Pada Proses Manajemen Risiko ini, risiko dapat diidentifikasi dengan benar. Pelajari beberapa karakteristik dan pemicu munculnya risiko.

Identifikasi risiko sebagai salah satu level penting, karena ini berarti risiko yang ada menjadi fokus dan harus segera diambil tindakan.

3. Melakukan analisis untuk setiap alternatif

Proses Manajemen Risiko ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar dapat mengidentifikasi dampak yang mungkin timbul dari risiko-risiko yang telah diidentifikasi sebelumnya.

Tujuan dari menganalisis setiap alternatif adalah untuk menemukan cara yang tepat dan efisien.

4. Tentukan alternatif

Setelah menganalisis banyak alternatif, cara selanjutnya adalah memutuskan alternatif.

Hal ini diperlukan untuk membuat keputusan yang baik untuk memilih alternatif yang tepat untuk membagi masalah.

5. Menjalankan alternatif yang dipilih

Pada titik ini, manajer perusahaan telah mengeluarkan surat keputusan dan anggaran biaya yang diperlukan. Anggaran biaya yang dikeluarkan oleh para pemimpin bisnis.

6. Mengontrol alternatif-alternatif yang telah diputuskan

Agar alternatif yang telah disepakati dapat berjalan dengan baik, maka perlu dilakukan tindakan regulasi. Kontrol membantu perusahaan untuk menilai apakah ada cacat.

C. Penetapan konteks manajemen risiko

6 Proses Manajemen Risiko dan Penetapannya

Berdasarkan ISO 31000:2009, proses manajemen risiko merupakan bagian penting dari manajemen risiko karena merupakan implementasi dari konsep dan kerangka kerja manajemen risiko yang telah dibuat.

Proses manajemen risiko terdiri dari tiga proses spesifik, yaitu penetapan kerangka kerja, penilaian risiko dan penanganan risiko.

1. Penetapan Kerangka Kerja

Definisi kerangka manajemen risiko bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengungkapkan tujuan organisasi, lingkungan di mana tujuan akan dicapai, pemangku kepentingan dan keragaman persyaratan risiko.

Beberapa hal ini membantu mendefinisikan dan mempertimbangkan sifat dan komplikasi risiko.

Penetapan kerangka kerja manajemen risiko erat kaitannya dengan penentuan tujuan, strategi, ruang lingkup dan parameter lain yang terkait dengan proses pengendalian risiko suatu organisasi.

Proses ini menunjukkan hubungan atau kaitan antara isu yang akan dikelola dan lingkungan organisasi (eksternal dan internal), proses manajemen risiko dan ukuran atau persyaratan risiko yang akan dijadikan standar.

2. Penilaian Risiko

Proses kedua adalah penilaian risiko, yang mencakup tingkat analisis risiko yang bertujuan untuk mengidentifikasi risiko yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi.

Berdasarkan risiko yang teridentifikasi, dapat dibuat daftar risiko untuk melakukan pengukuran risiko lebih lanjut untuk melihat tingkat risiko.

Proses pengukuran risiko berbentuk analisis risiko, yang bertujuan untuk menganalisis peluang dan efek dari risiko yang teridentifikasi.

Hasil pengukuran berupa status risiko, yang menunjukkan besarnya tingkat risiko, dan peta risiko, yang disebut deskripsi penyebaran risiko pada peta.

Tingkat penilaian risiko lainnya adalah penilaian risiko, yang bertujuan untuk membandingkan hasil analisis risiko dengan persyaratan risiko yang ditentukan, untuk digunakan sebagai dasar penerapan manajemen risiko.

3. Penanganan risiko

Proses ketiga dalam proses manajemen risiko adalah manajemen risiko berupa rencana mitigasi risiko untuk mendapatkan alternatif solusi agar manajemen risiko dapat diterapkan secara efisien dan efektif.

Beberapa alternatif tindakan manajemen risiko meliputi tujuan untuk menghindari risiko, memitigasi risiko untuk mengurangi peluang atau dampak, mentransfer risiko kepada pihak ketiga (risk sharing), dan menerima risiko (risk acceptance).

4. Komunikasi dan Diskusi (Proses Pendukung)

6 Proses Manajemen Risiko dan Penetapannya

Pada akhirnya, 3 proses tersebut disertai dengan 2 proses pendukung lainnya, yaitu komunikasi dan diskusi, untuk memastikan bahwa setiap aktivitas manajemen risiko didukung secara optimal dan setiap aktivitas mencapai tujuannya dengan benar.

5. Monitoring dan Review (Proses Pendukung)

Proses lainnya adalah monitoring dan review, yang bertujuan untuk memastikan bahwa dampak manajemen risiko berjalan sesuai rencana dan berfungsi sebagai dasar untuk memperbarui proses manajemen risiko secara berkala.

Proses monitoring dan review berlangsung melalui evaluasi dan review proses bisnis yang sedang berjalan dan melalui audit manajemen risiko.

Dalam hal ini, tinjauan manajemen risiko dapat dilakukan baik melalui audit internal maupun eksternal untuk mengidentifikasi kekurangan dalam peraturan manajemen risiko yang ada atau yang diatur sehingga manajemen dapat melakukan perbaikan terhadap peraturan manajemen risiko di masa mendatang.

Usulan tersebut bertujuan untuk memperkuat fungsi manajemen risiko berupa penyempurnaan daftar risiko yang teridentifikasi, tingkat peluang dan dampak risiko tersebut serta perlakuan mekanisme regulasi dan pemantauan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam mencapai tujuan perusahaan.

6. Berkomunikasi dengan Manajemen perusahaan dan unit kerja (Proses Pendukung)

Proses pendukung lainnya dalam penerapan manajemen risiko adalah berkomunikasi dengan manajemen perusahaan dan unit kerja agar setiap insan perusahaan memahami risk awareness, risk culture dan risk maturity.

Proses komunikasi ini dilakukan untuk menghitung kesiapan organisasi dalam menghadapi risiko dan menilai penerapan manajemen risiko.

Dengan adanya fungsi manajemen risiko yang dikelola dengan baik oleh masing-masing unit kerja, diharapkan dapat mendukung penerapan tata kelola perusahaan yang baik di perusahaan secara keseluruhan.

Padahal, fungsi manajemen risiko memiliki tujuan untuk menggerakkan dan mendukung peningkatan dan pengelolaan risiko usaha perusahaan, menerapkan konsep kehati-hatian, tanggung jawab dan akuntabilitas, sejalan dengan beberapa prinsip tata kelola perusahaan.

Untuk penjelasan mengenai Proses Manajemen Risiko lebih lengkap bisa melihat video dibawah ini

Penutup

Salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan adalah orang-orang yang mengerjakan manajemen risiko.

Seseorang yang memiliki kemampuan untuk menjaga manajemen risiko tentu dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik.

Oleh karena itu, sertifikasi manajemen risiko diperlukan untuk membantu calon karir atau karir di bidang manajemen risiko menguji kekuatan dan efisiensi mereka seperti yang dilakukan secara online.

Oleh karena itu, penting untuk mengadakan pelatihan manajemen risiko bagi beberapa karyawan atau calon karyawan.

Karena ketika Anda mengurus sebuah risiko, jangan hanya melakukannya. Karena nantinya karyawan harus mampu mengoperasikan manajemen risiko yang tepat dan efisien.

Sekian artikel berjudul 6 Proses Manajemen Risiko dan Penetapannya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!