Gaji Marshaller dan Tunjangan

Berapa Gaji Marshaller dan Tunjangan? Peran Marshaller masih sedikit diketahui masyarakat. Namun siapa sangka gaji tukang parkir ini tidak kalah dengan pekerjaan keren lainnya.

Gaji Marshaller dan Tunjangan

Menurut ZipRecruiter.com, gaji tahunan seorang tukang parkir pesawat di Amerika Serikat berkisar antara $19.000 (nilai terendah) hingga $82.500. Nilai ini setara dengan Rp 273 juta hingga Rp 1,155 miliar (kurs US$ 1 = Rp 14.000).

Rata-rata, tukang parkir pesawat di AS memperoleh 43.861 dollar AS atau Rp 614.000.000. Selama setahun.

Hal ini kontras dengan gaji tukang parkir pesawat Inggris (UK) yang setidaknya bisa mencapai £16.378. Angka ini setara dengan Rp322 juta/tahun dengan kurs £1 = Rp19.750.

Marshaler bayaran tertinggi di Inggris adalah £62.955 dengan rata-rata £32.239 setahun. Jumlah ini setara dengan 1,24 miliar rupiah atau 636 juta per bulan.

Angka tersebut berdasarkan data gaji dari 33.207 informan yang disampaikan di situs Glassdoor.co.uk.

A. Berapa Gaji Marshaller di Indonesia?

Mengingat gaji para marshal yang berbeda di Amerika Serikat dan Inggris, akan menjadi jelas apakah upahnya bisa berbeda. Juga sulit untuk menyamakan gaji di luar negeri dengan gaji di Indonesia.

Tetapi bahkan jika itu belum mencapai rata-rata 600 rupiah per tahun di AS, gaji untuk tukang parkir pesawat di Indonesia masih menjanjikan.

SalaryExplorer.com melaporkan bahwa gaji ramp agent yang membantu pesawat di Indonesia berkisar antara Rp 3.120.000 hingga Rp 8.940.000. Gaji rata-rata Rp 5.880.000 yang sudah termasuk gaji pokok dan penunjang lainnya.

Direktur Operasional Gapura Angkasa A Eko Novianto mengatakan gaji bulanan tukang parkir pesawat di Indonesia akan disesuaikan dengan upah minimum masing-masing wilayah.

Selain itu, tunjangan baru ditambahkan sesuai dengan keterampilan, jam kerja (kenaikan berkala) dan lain-lain.

Artinya, seorang tukang parkir pesawat pemula dapat memperoleh penghasilan antara 4 hingga 6 juta rupiah /bulan.

Namun, marshaler biasanya digunakan untuk bekerja dengan maskapai atau bandara. Biasanya, jika Anda ditempatkan di pekerjaan bandara, gajinya disesuaikan di lokasi dengan UMR.

Sedangkan untuk bekerja di maskapai, umumnya upahnya cukup tinggi, sekitar Rp 5-6 juta. Namun, bekerja di bandara seperti bekerja pada pemerintah (BUMN) relatif lebih aman dari pemutusan hubungan kerja.

Di sisi lain, bekerja di maskapai berarti bekerja di perusahaan swasta yang memiliki risiko pemecatan yang tinggi, apalagi jika maskapai sedang mengalami kesulitan keuangan.

Jumlah ini pasti bisa bertambah dengan bertambahnya jam terbang dan pengalaman sebagai marshaler. Laporan dari SalaryExplorer.com menunjukkan bahwa kenaikan reguler untuk ramp agent dapat mencapai 6-42% setiap 3-5 tahun.

Jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada informasi awal. Satu hal yang jelas, bagaimanapun: semakin lama Anda bekerja, semakin banyak pramugari akan mendapatkan kenaikan gaji reguler.

B. Gaji pramugari wanita

Karier Marshaller wanita cukup langka, tetapi itu tidak berarti mereka tidak ada. Ini karena tidak ada perbandingan berdasarkan jenis kelamin, etnis, atau apa pun dalam karier ini.

Apakah ada perbedaan antara gaji marsekal perempuan dan laki-laki?

Kabar baiknya adalah tidak ada ketimpangan upah atau pekerjaan antara Marshall perempuan dan laki-laki di bagian ini. Ini berarti bahwa orang yang merujuk perempuan mendapatkan gaji yang sama dengan orang yang merujuk laki-laki pada tingkat yang sama.

tukang parkir pesawat wanita menerima gaji sekitar Rp 4-6 juta/bulan dan dapat ditingkatkan tergantung pengalaman dan keahliannya.

Waktu kerja yang ditentukan secara resmi adalah 40 jam / minggu. Dengan demikian, pendapatan setiap petugas parkir pesawat per jam adalah sekitar Rp 25.000-50.000. Jika dalam seminggu ada 5-6 hari kerja, maka gaji tukang parkir pesawat sekitar 150-200 ribu rupiah setiap harinya.

Menurut beberapa sumber, setiap marshaler biasanya mendapat pekerjaan membantu sekitar 5 pesawat sehari. Jika beban kerja tidak terlalu tinggi, karir ini cukup menjanjikan.

Baca juga: Gaji PT Bentoel Internasional Investama dan Tunjangan

C. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gaji tukang parkir pesawat

Gaji Marshaller dan Tunjangan

Berdasarkan uraian awal, ada 3 faktor yang mempengaruhi gaji seorang marshaller atau pramugari taman pesawat dimanapun, yaitu:

  • Tempat tugas
    Gaji tukang parkir pesawat dapat bervariasi dari satu negara ke negara lain. Di negara maju atau ekonomi besar, tingkat upah pasti lebih tinggi daripada di negara berkembang dengan ekonomi kecil. Hal ini berlaku antar wilayah atau provinsi di tanah air.
  • Merek Maskapai
    Maskapai besar dengan beberapa penerbangan internasional pasti akan menawarkan gaji lebih tinggi daripada maskapai kecil dengan sebagian besar penerbangan lokal.
  • Pengalaman kerja
    Marshaller dengan jam terbang yang lebih tinggi biasanya mendapatkan unit pendapatan yang lebih besar. Ini mengacu pada keterampilan yang diperoleh melalui pengalaman itu.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang marshaler, Anda bisa berharap untuk bekerja di sebuah maskapai besar dengan gaji yang tinggi. Namun, perusahaan transportasi besar biasanya cenderung memilih pekerja terampil.

Oleh karena itu, sebagai junior marshaler, yang terbaik adalah tidak terlalu mempedulikan di mana dan dengan siapa Anda bekerja. Saat Anda mendapatkan pengalaman dan meningkatkan keterampilan Anda, Anda akan memiliki daya tawar yang lebih besar untuk bekerja di mana saja.

Baca juga: Gaji Bank BNI dan Tunjangan

D. Tunjangan Marshaler

Selain mendapatkan gaji, marshaler juga mendapatkan tunjangan, bonus dan fasilitas lainnya. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bergabung dengan perusahaan ini. Diantara yang lain:

  1. Tunjangan Kesehatan dan Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)
  2. THR
  3. Hak Cuti Karyawan
  4. Lembur
  5. Tunjangan Operasional
  6. Dll

Tunjangan setiap marshaler bisa berbeda karena mengikuti maskapai atau pihak bandara.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, dan Tugas Marshaller

Kesimpulan

Demikian informasi Gaji Marshaller dan Tunjangan beserta faktor yang mempengaruhi gaji seorang marshaler. Tertarik? Siapkan saja syaratnya dan ikuti prosedurnya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!