Gaji Pilot dan Tunjangan

Berapa Gaji Pilot dan Tunjangan? Oleh karena itu tentunya banyak yang bercita-cita menjadi pilot, karena gaji pilot yang menarik menjadi salah satu alasan untuk memikirkan profesi ini.

Gaji Pilot dan Tunjangan

Tak hanya diprioritaskan untuk pria, wanita juga bisa menjadi pilot hingga menjadi kapten. Gajinya tinggi, memakai seragam yang layak dan penuh gengsi, itulah sebabnya pilot sangat populer di kalangan anak muda.

Namun, pekerjaannya sangat padat dan intens ketika dia jarang pulang. Bahkan, jumlah pilot perempuan semakin sedikit dibandingkan dengan jumlah pilot laki-laki.

Namun, pilot wanita yang tidak boleh dianggap remeh. Perbedaan antara jumlah pilot wanita dan pria sangat berbeda.

Menjadi pilot tentu tidak mudah. Dikarenakan proses seleksi yang panjang, biaya kuliah yang mahal dan ketatnya beberapa pesaing dalam proses seleksi.

Tidak mengherankan jika siswa yang diterima di sekolah penerbangan secara alami adalah benih yang sehat dan populer.

A. Menjadi Pilot di Indonesia

Ada banyak sekolah penerbangan di Indonesia, mulai dari negeri atau swasta. Biaya studi yang harus ditanggung bervariasi tergantung kualitas evaluasi dan prospek karir beberapa alumni.

Jika Anda ingin menjadi pilot, Anda harus mempersiapkan diri dengan matang, baik fisik, mental, maupun finansial.

Contoh sekolah penerbangan di Indonesia adalah STPI Curug, Politeknik Penerbangan Makassar, Politeknik Penerbangan Surabaya, Bali International Flight Academy, Aero Flyer Institute, Alfa Flying School dan masih banyak lagi.

Cetakan siswa penerbangan dari sekolah berikut tidak diragukan lagi tentang keterampilan mereka. Dilihat dari banyaknya SMA penerbangan di Indonesia, waktu studi, biaya dan perjalanan studi berbeda di setiap institusi.

Masa studi dimulai dari satu tahun hingga tiga dan empat tahun dan biaya studi berkisar antara 100 juta rupiah hingga 3 miliar rupiah.

Telah diketahui umum bahwa tugas seorang pilot adalah menerbangkan atau menggunakan transportasi udara atau pesawat terbang atau yang disebut dengan iron bird.

Dalam sebuah penerbangan, seorang kapten pilot tidak bekerja sendiri, ditemani oleh seorang first officer dan seorang pilot muda.

Kapten pilot bekerja untuk menerbangkan dan mengoperasikan pesawat dan bertanggung jawab penuh atas awak kapal selama penerbangan.

Tanggung jawab ini merupakan tanggung jawab yang besar mengingat telah membawa banyak nyawa penumpang dan awak pesawat seperti pramugari.

Menjadi pilot sebagai impian banyak orang karena gajinya yang tinggi tidaklah salah. Gaji/bulan dari karir pilot tidak tanggung-tanggung karena volume pekerjaan dan resiko yang besar. Kisaran gaji pilot sekitar 15 juta tergantung posisi dan pekerjaan.

Ada banyak maskapai penerbangan di Indonesia yang menyediakan layanan transportasi udara mulai dari kelas ekonomi hingga kelas bisnis.

Mulai dari Citilink, Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia dan masih banyak lagi. Mengantarkan penumpang domestik atau internasional.

Setiap maskapai penerbangan menawarkan gaji yang berbeda untuk setiap pilot. Gaji terbesar sebenarnya dipegang oleh Garuda Indonesia dan untuk maskapai lain masih dalam kisaran yang hampir sama.

Khususnya untuk perhitungan gaji pokok, tidak termasuk tunjangan dan komisi lainnya.

B. Persyaratan Menjadi Pilot

Gaji Pilot dan Tunjangan

Perlu Anda ketahui bahwa persyaratan untuk menjadi pilot telah ada sejak Anda terpilih untuk masuk ke sekolah pilot, sehingga sekolah yang berbeda mungkin memiliki persyaratan yang berbeda.

Namun sebagai acuan, ini adalah syarat untuk mengikuti seleksi pilot umumnya:

  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk wanita dan 165 cm untuk pria.
  • Usia minimal 18 tahun, idealnya 23-26 tahun.
  • SMA / setara.
  • Tidak buta warna dan lain-lain.

C. Tahapan seleksi untuk menjadi pilot

Ada banyak tahapan seleksi yang harus kamu selesaikan sebelum menjadi pilot. Tahapan tersebut antara lain:

  • Seleksi arsip.
  • pengukuran BMI.
  • Tes teori penerbangan.
  • Tes TOEIC.
  • Tes psiko tes dan wawancara
  • Pemeriksaan fisik

D. Peringkat Pangkat pilot

Sebelum mengecek dan menyelidiki berapa nominal gaji pilot, mohon cek dulu distribusi pilotnya. Ada Junior First Officer, first officer, dan pilot kapten. Di bawah ini adalah deskripsi dari masing-masing sub-pilot:

1. Junior First Officer

Hampir mirip dengan First Officer, Junior First Officer, pada umumnya sebagai pilot lulusan baru yang memiliki jam terbang lebih sedikit dibandingkan First Officer. Kerja dan kolaborasi juga mengiringi pilot. Pangkatnya hanya memiliki satu garis di bahunya.

2. First Officer

Jika Flight Engineer memiliki pangkat tiga berlapis emas, second officer memiliki tiga garis di pangkatnya, dibandingkan dengan ini Flight Engineer telah menambahkan garis samar ungu (opsional tergantung pada maskapai), pekerjaannya mencakup mendampingi dan membantu pekerjaan pilot dan duduk tepat di sebelah kapten pilot.

3. Kapten Pilot

Jabatan tertinggi dalam pangkat pilot adalah kapten pilot. Tugasnya bukan untuk bermain-main karena harus bertanggung jawab atas keberhasilan penerbangan dari awal ke tujuan.

Karena ia memiliki pangkat dan tanggung jawab tertinggi atas pekerjaannya, maka wajar saja jika posisi kapten harus memiliki gaji/bulan tertinggi jika dibandingkan dengan posisi lainnya. Ada empat garis emas di bahu seragamnya.

4. Flight Engineer

Satu peringkat di bawah kapten pilot, Flight Engineer memiliki garis emas di seragamnya di bahu tiga dan tugasnya adalah mengoperasikan mekanik pesawat di belakang kapten pilot dan rombongannya.

Itu tidak benar-benar memiliki kendali penuh atas penerbangan. Namun, kendali penuh atas mekanisme pesawat terbang ada di tangan Flight Engineer.

5. Second Officer

Biasanya disebut sebagai co-pilot, seorang pilot yang dipromosikan menjadi Second Officer harus memiliki lebih dari, atau setidaknya 150 jam waktu terbang setelah ditunjuk sebagai pilot.

6. Cadet Officer

Tanda pangkat emas di pundaknya hanya satu garis. Kelas satu biasanya seorang pilot yang baru saja lulus dari sekolah penerbangan dan belum memiliki banyak jam terbang.

Hampir mirip dengan Junior First Officer dalam hal jumlah baris, pangkat, dan pekerjaan yang menemani kapten pilot.

Baca juga: Gaji PT Reska Multi Usaha dan Tunjangan

E. Gaji pilot di berbagai maskapai Indonesia

Setelah tinjauan lengkap tentang tata letak posisi dan pekerjaan pilot. Pada titik ini, jelaskan seberapa tinggi gaji seorang pilot menurut pangkatnya dengan beberapa maskapai yang berbeda secara signifikan.

1. Gaji Pilot Garuda

NoPangkatGaji
1First Officer20 juta rupiah per bulan
2Pilot Junior60 juta rupiah per bulan
3Pilot Kapten120 juta rupiah per bulan

2. Gaji Pilot Lion Air

NoPangkatGaji
1Co-pilot35 juta rupiah per bulan
2Pilot Kapten45 juta rupiah per bulan

3. Gaji Pilot Citilink

NoPangkatGaji
1Co-pilot48 juta rupiah per bulan
2Pilot Kapten60 juta rupiah per bulan

4. Gaji Pilot Susi Air

NoPangkatGaji
1Co-pilot24 juta rupiah per bulan
2Pilot Kapten35 juta rupiah per bulan

Memperhatikan bahwa nominal dalam tabel adalah kisaran gaji rata-rata/bulan untuk setiap posisi pilot dengan beberapa maskapai penerbangan. Nilai nominal hanyalah perhitungan gaji pokok yang tidak ditambahkan dukungan lain.

Baca juga: Gaji PT Pos Indonesia dan Tunjangan

F. Tunjangan Pilot

Selain mendapatkan gaji, Pilot juga mendapatkan tunjangan, bonus dan fasilitas lainnya. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bergabung dengan perusahaan ini. Diantara yang lain:

  1. Tunjangan Kesehatan dan Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)
  2. THR
  3. Hak Cuti Karyawan
  4. Lost of flying licence
  5. Asuransi personal
  6. Iuran pensiun
  7. Penghargaan masa kerja
  8. Dll

Tunjangan setiap pilot bisa berbeda karena mengikuti maskapai atau pihak bandara.

Baca juga: Gaji PT Feng Tay dan Tunjangan

Kesimpulan

Sebaiknya jangan hanya memperhatikan besar kecilnya gaji jika ingin menjadi pilot maskapai penerbangan. Sebelum mendaftar di sekolah penerbangan, telusuri segala hal yang perlu diketahui tentang dunia pilot dan penerbangan, berapa dana yang dibutuhkan, risiko tersembunyi, persiapan otak, fisik dan mental, dan masih banyak lagi.

Sekian artikel mengenai Gaji Pilot dan Tunjangan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!