Manajemen Strategi Adalah: Pengertian, Tujuan, Proses, dan Manfaatnya

Manajemen Strategi Adalah: Pengertian, Tujuan, Proses, dan Manfaatnya | Sistem efisien dan efektif yang dipelihara dalam perusahaan sangat bermanfaat dan membawa manfaat bagi perusahaan Anda.

Manajemen Strategi Adalah: Pengertian, Tujuan, Proses, dan Manfaatnya

Namun, mereka semua tidak mencukupi untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat.

Menurut beberapa ahli, agar keterampilan bisnis Anda meningkat dan keuntungan juga berlipat ganda, seorang pengusaha perlu menguasai dan mempersiapkan manajemen strategis.

Manajemen strategi adalah serangkaian tindakan manajemen yang menentukan kinerja jangka panjang perusahaan.

Manajemen strategi mencakup penilaian lingkungan, perumusan strategi (perencanaan strategi atau rencana jangka panjang), implementasi strategi, dan evaluasi dan regulasi.

Manajemen strategis memprioritaskan penilaian dan evaluasi peluang dan ancaman lingkungan dengan mengamati kemampuan dan kelemahan perusahaan.

Kebijakan bisnis yang disebutkan sebelumnya, manajemen strategis melibatkan rencana dan strategi jangka panjang.

Kebijakan bisnis, di sisi lain, fokus pada manajemen umum dan cenderung melihat dan memprioritaskan kesesuaian integratif yang sama untuk banyak aktivitas fungsional dalam organisasi. Kebijakan bisnis lebih fokus pada penggunaan aset perusahaan secara efisien.

Dengan cara ini, kebijakan bisnis memprioritaskan definisi petunjuk umum yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan dan misi perusahaan dengan lebih baik.

Manajemen strategis sebagai sektor pengetahuan menggabungkan peraturan operasional dengan lingkungan dan fokus strategi.

Oleh karena itu, istilah manajemen strategi umumnya menggantikan istilah kebijakan bisnis sebagai sebutan untuk sektor pengetahuan.

A. Pengertian Manajemen Strategis Menurut Para Ahli

Manajemen Strategi Adalah: Pengertian, Tujuan, Proses, dan Manfaatnya

Beberapa ahli manajemen memiliki pengertian mereka sendiri tentang manajemen strategis.

Dari buku Strategic Management karya Nicholas S. Majluk dan Arnoldo C. Hax, Manajemen strategis dapat diartikan sebagai langkah yang membantu organisasi mencapai beberapa tujuan.

Mulai dari nilai dan tanggung jawab perusahaan, kompetensi manajerial hingga sistem administratif yang terkait dengan pengambilan keputusan strategis dan operasional di berbagai tingkat hierarki.

Pada dasarnya, manajemen strategi adalah seperangkat keputusan dan perlakuan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diterapkan oleh semua anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Manajemen puncak, manajemen tingkat lain dan sisi operasional memiliki peran masing-masing dalam menjalankan manajemen strategi.

Semua komponen dalam organisasi harus berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan dan pengelolaan keputusan yang disetujui. Ini juga mewujudkan tujuan yang sama.

1. Menurut Fred R. David

Menurut Fred R. David, pengertian manajemen strategi adalah seni dan ilmu untuk memformulasi, menginplementasi, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuan.

2. Menurut Michael A. Hitt & R. Duane Ireland & Robert E.Hoslisson (1997)

Sedangkan menurut Michael A. Hitt & R. Duane Ireland & Robert E.Hoslisson (1997) pengertian manajemen strategi adalah proses untuk membantu organisasi dalam mengidentifikasi apa yang ingin mereka capai, dan bagaimana seharusnya mereka mencapai hasil yang bernilai.

Besarnya peranan manajemen strategis semakin banyak diakui pada masa-masa ini dibanding masa- masa sebelumnya.

Dalam perekonomian global yang memungkinkan pergerakan barang dan jasa secara bebas diantara berbagai negara, perusahaan- perusahaan terus ditantang untuk semakin kompetitif.

Banyak dari perusahaan yang telah meningkatkan tingkat kompetisinya ini menawarkan produk kepada konsumen dengan nilai yang lebih tinggi, dan hal ini sering menghasilkan laba diatas rata- rata.

3. Menurut Michael Polter

Menurut Michael Polter, Pengertian manajemen strategi adalah sesuatu yang membuat perusahaan secara keseluruhan berjumlah lebih dari bagian-bagian dengan demikian ada unsur sinergi di dalamnya,

4. Menurut H. Igor Ansoff

Menurut H. Igor Ansoff, pengertian manajemen strategi adalah analisis yang logis tentang bagaimana perusahaan dapat beradaptasi terhadap lingkungan baik yang berupa ancaman maupun kesempatan dalam berbagai aktivitasnya.


Berdasarkan beberapa pengertian di atas, Manajemen Strategi adalah sebagai suatu seni dan ilmu memformulasikan, mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan-keputusan antar fungsi (crassfunctional) yang membuat organisasi dapat mencapai tujuan- tujuannya.

Manajemen strategi berfokus pada pengintegrasian manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, riset dan pengembangan, sistem informasi komputer untuk mencapai kesuksesan organisasi.

Baca juga: Manajemen SDM Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ruang Lingkup

B. Tujuan Manajemen Strategis

Manajemen Strategi Adalah: Pengertian, Tujuan, Proses, dan Manfaatnya

Setidaknya ada tujuh tujuan manajemen strategik, sebagai berikut.

  1. Memberikan tujuan pencapaian jangka panjang perusahaan.
  2. Membantu perusahaan beradaptasi dengan perusahaan apa pun.
  3. Membuat kinerja bisnis lebih efisien.
  4. Menerapkan dan mengevaluasi strategi yang disepakati secara efisien dan efektif.
  5. Menciptakan strategi baru untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan eksternal.
  6. Mengevaluasi kembali kelebihan dan kelemahan serta memperhatikan peluang dan ancaman bisnis perusahaan.
  7. Bereksperimen dengan produk dan layanan agar pelanggan selalu menyukainya.

Baca juga: Manajemen Pemasaran Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Tugas

C. Proses Manajemen Strategis

Manajemen Strategi Adalah: Pengertian, Tujuan, Proses, dan Manfaatnya

Idealnya, proses manajemen yang penting didasarkan pada pengetahuan yang mendalam dan lengkap tentang pasar, lingkungan eksternal, dan persaingan.

Tercantum di bawah ini adalah tiga proses implementasi manajemen strategis dalam organisasi.

1. Tahap Formulasi

Membangun visi, menentukan kemampuan dan kelemahan internal, mengidentifikasi peluang dan hambatan eksternal, dan memutuskan strategi pilihan termasuk aktivitas yang dilakukan dalam tahap formula.

Termasuk pembahasan perusahaan baru yang akan diakuisisi atau perusahaan yang telah dihentikan.

2. Tahap Implementasi

Dalam tahap ini Anda perlu menetapkan tujaun, mengelola peraturan dan semua sumber daya, serta memotivasi karyawan.

Tahap implikasi juga termasuk menciptakan budaya yang memberikan dukungan strategis dan menciptakan struktur organisasi yang efisien.

3. Tahap Evaluasi

Ada tiga kegiatan utama dalam tahap evaluasi, yaitu analisis semua faktor internal dan eksternal, perhitungan kinerja dan penentuan tindakan perbaikan.

Tahap evaluasi diperlukan untuk mendengar keberhasilan atau kegagalan strategi yang digunakan.

Evaluasi sangat diperlukan agar strategi perusahaan Anda dapat beradaptasi dengan baik terhadap setiap perubahan internal dan eksternal.

Baca juga: Manajemen Risiko Adalah: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Prinsip

D. Manfaat Manajemen Strategi dalam Bisnis

Manajemen Strategi Adalah: Pengertian, Tujuan, Proses, dan Manfaatnya

Menerapkan manajemen strategi memiliki banyak manfaat, seperti: Tercapainya keuntungan yang optimal bagi perusahaan. Jangan membatasi keuntungan yang Anda peroleh dari usaha Anda.

Jika sekarang perusahaan Anda menghasilkan keuntungan 100% dibandingkan tahun lalu.

Selalu ingat jika masih ada pengembalian 100% yang belum dieksplorasi. apa triknya? Untuk mencapai itu, Anda harus datang dengan strategi yang tepat.

Manfaat lainnya termasuk mengurangi risiko, meningkatkan keunggulan kompetitif, memiliki fokus yang jelas pada tujuan dan mengoptimalkan semua sumber daya.

Manfaat Manajemen Strategi adalah dengan menggunakan Manajemen Strategik sebagai suatu kerangka (frame work) untuk menyelesaikan setiap masalah strategis di dalam perusahaan, terutama yang berkaitan dengan persaingan, maka para manajer diajak untuk berfikir lebih kreatif atau berfikir secara Strategik.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh organisasi jika mereka menerapkan Manajemen Strategi, yaitu:

  1. Memberikan arah jangka panjang yang akan dituju
  2. Membantu organisasi beradaptasi pada perubahan- perubahan yang terjadi
  3. Membuat suatu organisasi menjadi lebih efektif
  4. Mengidentifikasikan keunggulan komparatif suatu organisasi dalam lingkungan yang semakin berisiko
  5. Aktivitas. pembuatan strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan untuk mencegah munculnya masalah dimasa datang
  6. Keterlibatan karyawan dalam pembuatan strategi akan lebih memotivasi mereka pada tahap pelaksanaannya
  7. Aktivitas yang tumpang tindih akan dikurangi
  8. Keengganan untuk berubah dari karyawan lama dapat dikurangi

Untuk memahami pengertian manajemen strategi lebih jauh bisa melihat di video

Kesimpulan

Anda memahami pentingnya manajemen strategi dan manfaatnya dalam bisnis, bukan? Semoga meskipun persaingan bisnis semakin ketat, bisnis Anda tetap bertahan dan berkembang setelah membaca ulasan di atas.

Jangan lupa untuk menyimpan akun untuk bisnis Anda. Dengan proses akuntansi yang dirancang dengan baik, Anda dapat dengan mudah dan faktual memantau data keuangan bisnis Anda.

Sekian artikel berjudul Manajemen Strategi Adalah: Pengertian, Tujuan, Proses, dan Manfaatnya, semoga bermanfaat.

Referensi: Buku Manajemen Strategi

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.