Gaji Staff Bandara dan Tunjangan

Berapa Gaji Staff Bandara dan Tunjangan? Jika Anda baru saja menyelesaikan studi pendidikan, hal pertama yang Anda pikirkan adalah mencari pekerjaan. Bekerja di bandara bisa menjadi impian Anda karena pekerja bandara dibayar dengan gaji yang tinggi.

Gaji Staff Bandara dan Tunjangan

Sekarang mencari pekerjaan itu mudah tapi sulit. Mengapa mudah, karena banyak lowongan yang terbuka untuk lulusan baru.

Namun, tidak bisa diabaikan jika hal ini mengakibatkan banyaknya lowongan pekerjaan yang diincar dari beberapa pencari kerja di luar sana, hal ini juga menjadi titik sulitnya dalam mencari pekerjaan.

Bahkan jika lowongan memiliki kualifikasi khusus yang tidak kita miliki di latar belakang kita. Dan juga mereka yang berjalan melalui jalur belakang atau memanipulasi dalam tahap seleksi.

Mulai dari kantor di bidang keuangan, teknologi informasi, manufaktur, penyedia jasa dan lain-lain yang mungkin telah dicoba dengan mengirimkan surat lamaran dan pengajuan via lainnya.

Tak jarang juga banyak lulusan baru yang terjun ke dunia bisnis atau memulai sebuah perusahaan.

A. Menjadi Staff Bandara

Tidak banyak orang yang bekerja disana karena perusahaan selalu membutuhkan banyak tenaga dan seringkali kekosongan. Tidak lain adalah tugas staf bandara. Upah yang tinggi, tunjangan dan pekerjaan yang layak jelas dijunjung tinggi oleh staf bandara.

Bagi Anda yang ingin menjadi staff bandara tidak memerlukan kualifikasi khusus dan tersedia juga beberapa posisi untuk lulusan SMA.

Harus diingat bahwa kemampuan berbahasa Inggris menjadi nilai plus saat memilih staf bandara. Ingat calon penumpang bukan hanya orang Indonesia.

Ini adalah sejumlah kecil lowongan untuk staf bandara. Secara umum, lisensi khusus biasanya diperlukan untuk memenuhi persyaratan dan kualifikasi seseorang untuk menjadi bagian dari staf bandara.

Banyak dicari oleh sebagian warga karena gajinya yang cukup diperhitungkan.

Namun, mekanisme seleksi pegawai staff bandara itu ketat hanya karena mereka mencari bibit yang sangat baik, baik dari segi kekuatan pikiran, kelengkapan berkas administrasi dan hasil tes, baik tes kesehatan atau tes wawancara dan lain-lain.

Tentu saja jika berbicara tentang tingkat gaji pegawai bandara, nominal gaji setiap bulannya berbeda-beda, sesuai dengan tinggi jabatan dan tanggung jawabnya.

Meski demikian, gaji pegawai bandara dengan nilai nominal terendah juga cukup tinggi. Status karir yang baik dan jaminan gaji dan tunjangan menjadi nilai plus, itulah sebabnya banyak yang ingin bekerja sebagai pegawai bandara.

Berapa gaji staff bandara sehingga membuat proses seleksinya begitu ketat. Silakan lihat nominal gaji untuk staf bandara di bawah ini.

NoPosisiGaji /Bulan
1Aviation security15 juta rupiah per bulan
2Bisnis analisis12 juta rupiah per bulan
3Flight operation officer20 juta rupiah per bulan
4Kepala departemen54 juta rupiah per bulan
5Layanan kebersihan5 juta rupiah per bulan
6Manajer32 juta rupiah per bulan
7Marketing penerbangan10 juta rupiah per bulan
8Staf administrasi9 juta rupiah per bulan
9Staff penerbangan19 juta rupiah per bulan
10teknisi7 juta rupiah per bulan

Nominal gaji yang tercantum di atas adalah gaji nominal rata-rata di setiap bandara dan hanya gaji pokok bulanan yang ditampilkan.

Terlepas dari tunjangan lainnya, karena setiap bandara dan setiap pangkat dan jabatan tentunya memiliki tunjangan yang berbeda-beda bagi karyawannya.

Pasasi bandara atau ground staff adalah tugas di bandara yang melayani pengunjung mulai dari pembelian tiket hingga keberangkatan.

Gaji avsec untuk bandara yang tercantum di atas adalah poin tertinggi dalam hal aviation security, tidak dapat disangkal bahwa itu ada di bagian aviation security dan hanya bergaji sekitar 5 juta rupiah / bulan.

Gaji satpam bandara danatau aviation security pada umumnya berbeda karena ada pegawai yang berstatus PNS dan ada juga yang bukan.

Di area avsec terdapat sekolah khusus untuk mendapatkan lisensi, yang digunakan untuk mengajukan proses seleksi avsec.

Sekolah yang dimaksud disini biasanya sama dengan pramugari atau sekolah penerbangan, tetapi di jalur atau program studi yang berbeda.\

Mendapatkan lisensi tidak mudah, memerlukan keterampilan khusus dan lulus tes seleksi lisensi. Setelah itu, izin tersebut dapat digunakan untuk mendaftar sebagai pegawai bagian aviation security bandara.

B. Persyaratan Bekerja Menjadi Staff Bandara

Sebelum masuk tahap tes, Anda harus memenuhi kualifikasi tertentu sesuai peraturan perusahaan. Persyaratan tes sebagai staf bandara secara umum meliputi:

  • Wanita/pria dengan usia minimal 18 tahun.
  • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat.
  • Tidak buta warna dan hepatitis.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Belum menikah.
  • kepribadian yang baik
  • Kepribadian yang menarik.
  • Tinggi badan minimal 158 cm untuk wanita dan minimal 165 cm untuk pria.
  • Tidak pernah terlibat dalam hal ilegal/melanggar hukum.
  • Dapat berbicara dengan baik.
  • Menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris.
  • Memiliki berat badan yang seimbang.

Baca juga: Gaji PT Stanli Trijaya Mandiri dan Tunjangan

C. Tahapan Seleksi Menjadi Staff Bandara

Gaji Staff Bandara dan Tunjangan

Berikut adalah beberapa rangkaian yang perlu Anda lalui untuk menjadi pegawai bandara, antara lain:

1. Tes Performance

Tes pertama yang harus Anda lewati adalah Tes Performance, yang melibatkan penghitungan tinggi dan berat badan Anda. Tinggi badan minimum untuk wanita adalah 158 cm, untuk pria 165 cm.

Tes ini juga mengevaluasi kebersihan ujung rambut hingga ujung kaki. Anda juga akan diuji saat berjalan, berpakaian dan duduk.

2. Tes kekuatan akademik dan bahasa Inggris

Di level selanjutnya kamu akan diuji kekuatan mental dan bahasa inggrisnya. Anda dapat mempelajari tes kekuatan akademik mulai dari silogisme, persamaan kata, tes gambar, tes angka, dan lain-lain.

Dan untuk tes bahasa Inggris, Anda bisa mempelajari beberapa soal TOEFL. Mengapa kita membutuhkan tes bahasa Inggris?

Karena jika Anda memiliki sedikit penguasaan bahasa Inggris, itu pasti merupakan nilai tambah bagi perusahaan. Bahasa Inggris juga sangat penting sekarang, terutama jika Anda ingin bekerja di bandara internasional.

3. Tes wawancara

Tes ini bertujuan untuk mengetahui karakter dan pengetahuan Anda tentang maskapai yang Anda lamar. Tes ini mungkin menjadi ajang yang tepat bagi Anda untuk secara langsung menyampaikan kelebihan Anda.

4. Tes kesehatan

Tes ini dirancang untuk menunjukkan bahwa pada tahap ini Anda akan diuji jika Anda memiliki kesehatan fisik yang baik dan dapat menahan tekanan tugas, termasuk:

  • Lihat Mata
  • Tes darah.
  • Tes narkoba dan alkohol.
  • Tes Pendengaran

D. Tugas-Tugas Staff Bandara

Sekarang mari kita bahas sisi lain dari staf bandara. Apa yang Anda ketahui tentang pekerjaan staf bandara? Apakah Anda mengerti semuanya atau bahkan tidak tahu satu pun?

Jadi mari kita telusuri beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerja bandara berikut ini bersama-sama:

1. Checking Counter

Tugasnya adalah mencetak boarding pass untuk setiap penumpang yang ingin naik penerbangan dan telah membeli tiket dan menentukan tempat duduk dan, jika perlu, bagasi.

2. Lost and Found

Bagi penumpang yang membawa barang banyak dan ada di bagasi, bisa bertemu langsung dengan kantor barang hilang. Petugas ini mengecek keberadaan barang di tempat tujuan untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal oleh penumpang.

3. Boarding Gate

Bekerja untuk memverifikasi boarding pass setiap penumpang dengan ID mereka dan mengawasi beberapa penumpang yang ingin mengoperasikan penerbangan sehingga tidak ada yang tertinggal.

4. Layanan

Halaman ini merupakan halaman yang tidak semua orang mendapatkan layanan karena tugas utamanya adalah menemani penumpang berkebutuhan khusus, bayi atau orang sakit saat memulai penerbangan, mulai dari memasuki bandara hingga menaiki pesawat. Pendampingan ini menjadi tanggung jawab penuh dari staf pelayanan.

5. Penjualan tiket

Dari nama jabatannya terlihat jelas bahwa tugasnya juga sama, yaitu melakukan proses ticketing bagi para penumpang, mulai dari membeli tiket di tempat atau melalui telepon atau program pihak ketiga dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pembelian tiket.

6. Transfer Desk

Halaman ini membantu dan mendampingi penumpang yang berpindah dari tempat pemberangkatan ke tempat tujuan. Bagi yang belum tahu, transit ini merupakan proses transfer pesawat yang dilakukan di bandara, mungkin karena tidak ada maskapai yang langsung menuju ke tempat tujuan.

Baca juga: Gaji PT Vale Indonesia dan Tunjangan

E. Tunjangan Staff Bandara

Gaji Staff Bandara dan Tunjangan

Selain mendapatkan gaji, Staff Bandara juga mendapatkan tunjangan, bonus dan fasilitas lainnya. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bergabung dengan perusahaan ini. Diantara yang lain:

  1. Tunjangan Kesehatan dan Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)
  2. THR
  3. Hak Cuti Karyawan
  4. Lembur
  5. Dll

Tunjangan setiap staff bandara bisa berbeda karena mengikuti jabatan atau pihak bandara.

Baca juga: Gaji PT Mayora Indah Tbk dan Tunjangan

Kesimpulan

Gaji pegawai bandara memang sangat menggiurkan, sehingga banyak orang yang ingin bekerja di Maskapal Indonesia. Penggajian di atas mungkin tidak cocok karena setiap wilayah memiliki UMR yang berbeda.

Namun gaji di atas bisa dijadikan acuan, karena tidak berbeda jauh dengan gaji aslinya tentunya.

Sekian artikel berjudul Gaji Staff Bandara dan Tunjangan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!