Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin PLN

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin PLN? PLN (Perusahaan Listrik Negara) sebagai salah satu BUMN Indonesia yang mengurusi segala hal yang berkaitan dengan kelistrikan.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin PLN

Sebagai BUMN yang berperan memberikan manfaat, PLN tentu memiliki sistem administrasi.

Tugas admin PLN tidak jauh berbeda dengan pekerjaan administrasi umum.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PLN (Perusahaan Listrik Negara) tentu membutuhkan tenaga kerja yang mau membantu segala urusan administrasi.

Tugas admin PLN memegang peranan penting dalam sebuah kantor PLN. Peran seorang administrator PLN adalah untuk menangani semua kebutuhan administrasi dasar kehidupan kantor sehari-hari.

A. Tentang Admin PLN

Pekerjaan administrasi umum terdiri dari mengumpulkan, mencatat, mengelola, mengirim dan menyimpan.

Apa yang dikumpulkan, dicatat, dikelola, dikirim, dan disimpan? Jawabannya pasti file yang berhubungan dengan administrasi.

Dengan demikian, admin PLN mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan informasi dan keterangan yang masuk atau keluar.

Informasi dan keterangan yang dievaluasi dapat berupa surat, faktur, panggilan telepon, pesanan dan laporan berbagai kegiatan.

Agar lebih jelas mengenai tugas admin PLN, Anda bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Team Leader

B. Tugas dan Tanggung Jawab Admin PLN

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin PLN

Admin PLN memiliki pekerjaan yang tidak jauh berbeda dengan pekerjaan administrasi keuangan atau administrasi pemasaran.

Jika Anda berniat untuk bergabung dengan admin di PLN, Anda harus mengetahui kewajiban dan tanggung jawab mereka di bawah ini.

1. Tugas Admin PLN

a. Menciptakan rencana program dan anggaran administrasi

Tugas admin PLN adalah membuat rencana program kerjanya dan anggaran pembelian yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan kantor.

Staf administrasi harus menulis dan memelihara inventaris yang mereka miliki, dan pekerjaan itu akan berhubungan dengan rencana anggaran yang akan disusun nanti.

b. Menjadwalkan surat keluar

Tidak jauh berbeda dengan beberapa tugas administrasi perkantoran, pegawai administrasi PLN bertugas menjadwalkan beberapa surat keluar.

Admin PLN harus membuat surat keluar sesuai dengan kepentingan kantor PLN.

Tahukah Anda bahwa surat yang dikeluarkan oleh sebuah kantor ternyata bisa menjadi parameter bagi perkembangan perusahaan?

Oleh karena itu, jika Anda membuat surat keluar yang mendukung PLN, staf administrasi PLN harus mencatatnya.

c. Mencatat surat masuk di buku agenda

Pegawai admin PLN wajib menulis semua jenis surat yang sampai di kantor PLN. Baik surat masuk dari badan usaha atau perorangan, jenis surat harus dicatat oleh staf administrasi PLN.

Tujuan untuk mencatat beberapa surat masuk sebagai bukti jika ada sesuatu yang penting pada suatu saat atau bisa juga sebagai pengingat, misalnya surat berisi undangan rapat.

d. Mengarsipkan surat masuk dan surat keluar

Selain membuat surat keluar dan mencatat surat masuk ke kantor PLN, tugas admin PLN juga harus mengarsipkan semua surat.

Pengarsipan dapat dibedakan berdasarkan tanggal keluar atau masuk, kepentingan atau tujuan, kode surat dan lain-lain.

Baru setelah itu beberapa surat diurutkan dan diarsipkan dalam folder atau binder.

Pengarsipan adalah proses menyimpan informasi tidak aktif dengan aman dalam beberapa cara untuk jangka waktu yang lama.

Informasi itu dapat digunakan kembali di masa mendatang, tetapi harus disimpan dengan aman.

Tujuan pengarsipan ini untuk pengelolaan informasi, agar memudahkan kantor PLN dalam mencari data atau informasi yang dibutuhkan dengan lebih mudah setiap saat.

e. Distribusi berbagai surat masuk PLN

Jika ada surat yang dikirim ke PLN, tugas admin PLN tidak hanya menuliskannya di buku agenda dan mengarsipkannya, tetapi juga harus mengirimkannya ke penerima.

Pendistribusian surat masuk ke kelompok penerima terlebih dahulu harus melalui administrasi PLN, sehingga mempermudah proses pendataan.

f. tugas admin PLN lainnya

  • Input data semua surat PLN (surat masuk dan surat keluar) ke dalam komputer
  • Tulis dan catat semua informasi surat masuk di buku agenda surat masuk
  • Tulis dan catat semua informasi surat keluar di buku agenda surat keluar

2. Tanggung Jawab Admin PLN

  • Memberikan data, informasi atau keterangan yang dibutuhkan perusahaan
  • Berurusan dengan surat menyurat (menerima surat, menulis surat, menyortir surat, mendistribusikan surat)
  • Menyimpan arsip

Dari keterangan di atas terlihat bahwa kewajiban dan tugas admin PLN lebih pada penanganan surat menyurat.

Kontrolnya juga dari awal, mulai dari penomoran surat, penentuan, pengetikan, legitimasi hingga penyimpanan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas General Affair

C. Gaji dan Tunjangan Admin PLN

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin PLN

Berdasarkan informasi di atas tentang kewajiban dan tugas admin PLN, apakah Anda merasa mampu dan tergoda untuk mendaftar?

Jika ya, maka itu keputusan yang cukup masuk akal, karena gaji pegawai PLN memang tinggi.

Berapa gajinya? Jawabannya tidak diketahui secara pasti, yang tentu saja tergantung pada posisi dan pendidikan terakhir.

Menurut beberapa sumber, gaji pegawai PLN berkisar antara PLN 4 hingga 25 juta.

Anda bisa memperkirakan sendiri berapa jumlah pegawai administrasi yang ada. Jumlah ini juga belum termasuk tunjangan lainnya.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Front Office

D. Persyaratan dan Kualifikasi Admin PLN

Bagi anda yang ingin bergabung sebagai staff admin PLN sebaiknya mempersiapkan segala persyaratan yang diperlukan. Persyaratan umum misalnya usia minimal 19 tahun dan kesiapan beraksi di seluruh wilayah kerja PT. PLN. Mau tahu apa saja persyaratan lengkapnya, simak informasinya di bawah ini.

1. Pendidikan dan Pengalaman

  • Lulusan SMK, D1, D2, D3, D4, S1 dengan jurusan yang sesuai.
  • Memiliki pengalaman melakukan tugas administrasi umum, tugas administrasi sumber daya manusia atau tugas administrasi lainnya.

2. Skill dan Kemampuan

  • Memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi
  • Memiliki rasa tanggung jawab yang besar dalam pekerjaan yang diberikan
  • Bisa bekerja kelompok

Dari beberapa persyaratan di atas dapat disimpulkan siapa saja yang dapat menjadi tenaga administrasi PLN dengan syarat berusia minimal 19 tahun dan merupakan lulusan jurusan administrasi.

Bagi yang ingin mengetahui contoh tata cara surat menyurat di PLN bisa melihat file PDF lengkapnya disini Dokumen Manajemen Surat PLN

Dalam file ini Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang SOP operasionalisasi program pengelolaan surat di PLN Pusat.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Finance Staff

Kesimpulan

Anda dapat menggunakan pembahasan tugas admin PLN di atas sebagai sumber referensi jika Anda ingin berpartisipasi sebagai bekerja sebagai admin PLN.

Namun perlu diingat bahwa pekerjaan yang dijelaskan di atas hanyalah gambaran umum, tidak sedetail dalam SOP Manajemen PLN.

Sekian informasi tentang tugas admin PLN, kewajiban, upah dan tunjangan serta persyaratan untuk menjadi staf administrasi PLN.

Semoga dapat membantu anda yang membutuhkan informasi ini.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!