5+ Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja

Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja | Selain membahas Format CV lamaran kerja kami juga akan memberikan file download format cv kosong word saat ini sudah banyak tersebar di Internet.

Apa perbedaan antara resume dan CV? Perbedaan utama antara resume dan curriculum vitae (CV) adalah panjang isinya, apa saja yang termasuk, dan untuk apa masing-masing digunakan. Meskipun keduanya digunakan dalam aplikasi pekerjaan, resume dan CV tidak selalu dapat dipertukarkan.

5+ Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja

Sebagian besar resume berbasis kompetensi, mereka adalah dokumen pemasaran pribadi yang dimaksudkan untuk menunjukkan keterampilan kandidat, prestasi yang menonjol, dan pengalaman kerja yang sesuai dengan lowongan yang dilamar. CV diajukan untuk pekerjaan di bidang akademis, penelitian ilmiah, dan bidang medis, berbasis pada kredensial, memberikan daftar tentang pendidikan, sertifikasi, pengalaman penelitian, serta afiliasi dan keanggotaan profesional.

Apa itu Curriculum Vitae?

Curriculum vitae (CV) memberikan ringkasan pengalaman dan keterampilan Anda. Biasanya, CV untuk kandidat entry-level karena lebih panjang dari resume, setidaknya bisa sampai dua atau tiga halaman. CV untuk kandidat tingkat menengah yang telah mengumpulkan banyak publikasi dan sertifikasi cenderung lebih banyak.

Curriculum vitae (CV) mencakup informasi lengkap tentang latar belakang akademis Anda, termasuk pengalaman bekerja, gelar, penelitian, penghargaan, publikasi, sertifikasi, dan prestasi lainnya. CV karena itu lebih panjang dari resume, dan termasuk lebih banyak informasi, terutama detail yang berkaitan dengan latar belakang akademik dan keahlian seseorang.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Gratis 20+ Template!

Apa isi Curriculum Vitae?

Curriculum vitae (CV) Anda harus mencakup nama Anda, informasi kontak, pendidikan, keterampilan, dan pengalaman.

Selain dasar-dasar, CV meliputi pengalaman penelitian dan mengajar, publikasi, hibah dan beasiswa, keterampilan profesional dan sertifikasi, penghargaan, dan informasi lain yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Mulailah dengan membuat daftar semua informasi latar belakang Anda, dan kemudian mengaturnya ke dalam kategori.

Meskipun struktur CV fleksibel, bergantung pada keahlian dan pengalaman unik Anda, ada bagian-bagian tertentu yang diharapkan pengusaha untuk lihat di CV Anda.

Apa saja yang ada di CV melamar pekerjaan? Berikut adalah bagian yang harus Anda sertakan dalam CV Anda:

1. Nama, jabatan profesional, dan detail kontak

Bagian pertama CV Anda, yang diposisikan di bagian atas halaman, harus berisi nama, jabatan profesional, dan detail kontak Anda. Dalam situasi apa pun Anda tidak boleh memberi judul CV Anda dengan ‘curriculum vitae’ atau ‘CV’ karena hanya membuang-buang ruang yang berharga. Perlakukan nama Anda sebagai judul saja.

Ketika menulis detail kontak Anda, alamat email dan nomor telepon Anda sangat penting. Saat ini, sudah lazim untuk memasukkan alamat lengkap Anda di CV Anda. Hari ini, Anda hanya perlu memasukan kota dan kabupaten Anda.

Jika ingin, Anda juga dapat memasukkan tautan ke profil LinkedIn Anda di bagian ini, tetapi hanya jika itu terupdate.

2. Profil pribadi

Profil pribadi, juga dikenal sebagai pernyataan pribadi, tujuan karir dan profil profesional, adalah salah satu aspek terpenting dari CV Anda. Ini adalah paragraf pendek yang berada tepat di bawah nama Anda dan detail kontak yang memberi calon pemberi kerja gambaran umum tentang siapa Anda dan apa yang Anda miliki.

Anda harus menyesuaikan profil Anda untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar, dengan menyoroti kualitas spesifik yang cocok dengan Anda untuk peran tersebut. Usahakan agar pernyataan pribadi Anda singkat dan manis, dan tidak lebih dari beberapa kalimat. Untuk memanfaatkan bagian ini sebaik-baiknya, Anda harus mencoba mengatasi hal-hal berikut:

  • Kamu siapa?
  • Apa yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan?
  • Apakah tujuan karir anda?

3. Pengalaman dan riwayat pekerjaan

Bagian riwayat pekerjaan Anda memberi Anda kesempatan untuk menguraikan pekerjaan, magang, dan pengalaman kerja Anda sebelumnya.

Daftarkan pengalaman Anda dalam urutan kronologis terbalik karena peran Anda saat ini adalah yang paling relevan bagi pemberi kerja.

Saat mendaftarkan setiap posisi pekerjaan, sebutkan jabatan Anda, perusahaan, tanggal Anda bekerja dan kalimat yang merangkum peran tersebut. Kemudian, tunjukkan poin tanggung jawab utama Anda, keterampilan dan pencapaian Anda, dan dukung setiap poin dengan kata kerja dan angka yang kuat untuk mendukung setiap klaim dan menunjukkan dampak Anda.

Ini membantu untuk memilih tugas yang paling relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, terutama jika itu daftar panjang. Jika Anda memiliki pengalaman bertahun-tahun, Anda dapat mengurangi detail peran lama atau yang tidak relevan. Jika Anda memiliki posisi lebih dari 10 tahun yang lalu, Anda dapat menghapusnya.

4. Pendidikan dan kualifikasi

Seperti bagian pengalaman Anda, pendidikan Anda harus terdaftar dalam urutan kronologis terbalik. Sertakan nama institusi dan tanggal Anda di sana, diikuti oleh kualifikasi dan nilai yang Anda capai.

Jika Anda baru saja meninggalkan pendidikan, Anda dapat menulis nama institusi, gelar/jurusan dan nilai yang anda dapatkan.

Jika Anda memiliki penelitian, Anda dapat menulis beberapa judul penelitian, tugas atau proyek yang paling relevan di bawahnya.

Untuk para profesional yang sedikit lebih jauh dalam karir mereka, atau memiliki banyak sertifikat, Anda dapat menuliskan daftar sertifikat yang pernah anda dapatkan pada CV anda, selama itu relefan dengan pekerjaan yang anda lamar.

5. Bagian tambahan

Ada berbagai bagian tambahan yang dapat memperkuat CV Anda dan menyoroti keterampilan Anda. Berikut adalah beberapa yang dapat Anda sertakan jika Anda memiliki kamar:

Keterampilan utama: Jika Anda menulis CV fungsional, atau memiliki beberapa kemampuan yang ingin Anda pamerkan kepada perusahaan, masukkan bagian keterampilan utama di bawah profil pribadi Anda. Anda harus berusaha merinci empat hingga lima kemampuan paling banyak.

Baca juga: 5+ Contoh CV untuk Guru dan Tips Membuatnya

Jenis Format CV

Format CV Kronologi Terbalik

Contoh format CV sederhana ini adalah Format standar yang umum digunakan.

CV menggunakan format kronologi terbalik umumnya mencakup pengalaman kerja terlebih dahulu, diikuti oleh pendidikan dalam urutan terbalik, dengan yang terbaru ditulis di atas, diikuti oleh pengalaman sebelumnya.

Kelebihan Format CV Kronologi Terbalik

  • Beberapa perekrut dan sistem ATS (Applicant Treking System) dapat dengan mudah melihat informasi yang ingin anda sampaikan
  • Mengutamakan skill dan pengalaman kerja. Dengan menyoroti pengalaman kerja, perekrut dapat mengidentifikasi perubahan dalam karir dan keterampilan kandidat yang terkait dengan pengalaman kerja tersebut

Kekurangan Format CV Kronologi Terbalik

  • Karena format CV standar ini banyak digunakan oleh pelamar kerja, mungkin sulit untuk membuat resume Anda menonjol di mata perekrut
  • Tidak cocok untuk mereka yang tidak memiliki pengalaman kerja, seperti lulusan baru atau mereka yang belum bekerja / mengganggur lama dalam riwayat pekerjaan.

Untuk Siapa Format CV Kronologi Terbalik?

Bagi Anda yang sudah senior/profesional atau pernah bekerja di perusahaan besar dan ingin menunjukkan kekuatan pengalaman profesional Anda.

Format CV Fungsional

Jika Anda tidak termasuk dalam kelompok di atas, masih ada alternatif format CV yang menarik untuk Anda!

Contoh format CV yang inovatif ini sebagai format yang menunjukkan skill atau kemampuan yang ada.

Hal pertama yang ditulis setelah informasi pribadi adalah bagian kemampuan.

Karena tujuan dari format ini adalah untuk menunjukkan keterampilan, pelamar kerja mungkin kehilangan tahun, posisi, dan posisi saat bekerja.

Format CV lamaran kerja ini sering diubah menjadi portofolio untuk memamerkan desain atau proyek Anda.

Kelebihan Format CV Fungsional

  • Menunjukkan kemampuan. Tinjauan seperti itu memungkinkan perekrut untuk mengidentifikasi kualifikasi seseorang berdasarkan keterampilan dan informasi yang diberikan. Format ini memudahkan proses pemindaian yang dilakukan oleh perekrut ketika mencari keterampilan kandidat tertentu.
  • Tidak ada pengalaman kerja, tidak ada masalah. Jika Anda memiliki proyek sendiri, Anda tetap dapat membuat CV yang menarik dan menunjukkan kualifikasi Anda.

Kekurangan Format CV Fungsional

  • Tidak mengandung bukti. Karena CV biasanya ditulis tanpa tanggal atau nama perusahaan, perekrut biasanya masih meminta resume untuk mempelajari pengalaman kerja kandidat dan daftar riwayat hidup mereka. Karena itu, sertakan bukti seperti sertifikat untuk meyakinkan perekrut.

Untuk Siapa Format CV Fungsional?

Format CV ini cocok untuk lulusan baru tanpa pengalaman kerja/magang, pelamar kerja yang telah meninggalkan karir profesional yang lama atau yang sering berganti pekerjaan dalam waktu singkat.

Format CV Gabungan

Seperti namanya, Format CV Gabungan berarti kombinasi dari format CV kronologis dan Format CV Fungsional.

Format CV Gabungan ini memungkinkan kita untuk menuliskan pengalaman kerja dan memamerkan keahlian atau kekuatannya.

Kelebihan Format CV Gabungan

  • Masih mampu menunjukkan keterampilan sambil menunjukkan perkembangan perubahan karir kepada perekrut
  • Mempermudah perekrut untuk memindai CV

Kekurangan Format CV Gabungan

  • Tidak bisa memasukkan semua keterampilan. Karena Anda mencoba membuat CV Anda tidak lebih dari satu halaman, Anda harus memilih keterampilan yang paling relevan dan penting.

Untuk Siapa Format CV Gabungan?

Format CV ini cocok untuk para profesional dengan banyak pengalaman dan keterampilan untuk lulusan baru dengan pengalaman magang / kerja paruh waktu.

Baca juga: 5+ Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Tips Menulis CV

Apakah Anda akan menulis CV atau resume, ada beberapa tips bermanfaat yang harus Anda ikuti.

Cocokkan resume Anda atau CV dengan posisi. Ini paling penting saat menulis resume, tetapi juga berlaku untuk CV. Pastikan bahwa Anda menyoroti pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan Anda yang terkait dengan industri atau pekerjaan tertentu.

Dalam CV, misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di bidang pendidikan, Anda mungkin ingin memasukan pengalaman mengajar Anda di bagian atas CV Anda. Dalam resume, Anda mungkin hanya menyertakan pengalaman kerja yang berhubungan langsung dengan pekerjaan yang Anda lamar. Anda juga dapat memasukkan kata kunci dari deskripsi pekerjaan di resume atau CV Anda. Ini akan menunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda cocok untuk posisi itu.

Gunakan Template. Anda mungkin ingin menggunakan template untuk menyusun resume atau CV Anda. Ini akan membuat CV anda menjadi lebih menarik dan jelas, yang akan membantu pemberi kerja dengan cepat melihat kualifikasi dan pengalaman Anda.

Mengoreksi dan mengedit. Tidak masalah apakah Anda menggunakan CV atau resume, Anda perlu mengedit dokumen Anda secara menyeluruh. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa.

Pastikan format Anda seragam. misalnya, jika Anda menggunakan poin-poin dalam satu deskripsi pekerjaan, gunakan poin-poin di semua deskripsi pekerjaan Anda.

Cara Menulis CV yang Sukses

Ketahui apa yang harus dimasukkan dan juga cara penyampaian informasi. Cari sampel CV di google agar anda dapat contoh yang akan membantu anda dalam menulis CV, bagian ini akan membantu untuk menulis CV pertama Anda.

Pilih format yang sesuai. Pastikan Anda memilih format curriculum vitae yang sesuai untuk posisi yang Anda lamar. Jika Anda melamar akademik, misalnya, Anda tidak perlu memasukkan informasi pengalaman kerja yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan akademik.

Baca juga: Tips CV untuk Mengubah Jalur Karier

Contoh Format CV

Berikut ini adalah contoh Format CV yang bisa anda gunakan.

Contoh Format CV untuk Perawat

5+ Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja

Contoh Format CV untuk Guru

5+ Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja

Contoh Format CV untuk Bank

5+ Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja

Contoh Format CV Lamaran Kerja

5+ Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja

Contoh Format CV Magang Mahasiswa

5+ Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja

Contoh Format CV yang Baik

5+ Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja

Download Format CV Kosong Word

Kami akan memberikan format cv kosong kreatif kepada anda Download Format CV Kosong Kreatif


Sekian artikel berjudul 5+ Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!