11 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos

Bagaimana Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos? dan Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Po Box? Kali ini kami akan mengulas langkah-langkah penting bagi Anda untuk mengirim lamaran melalui PO BOX dan kantor pos.

11 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos

Kemudian anda bisa mendapatkan contoh surat lamaran yang benar dan bagus.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tata cara pengiriman surat lamaran dengan langkah ini untuk memperbesar peluang Anda mendapatkan pekerjaan.

Siapa yang tidak mengenal BUMN yang satu ini? Kantor pos memiliki cabang hampir di setiap wilayah Indonesia.

Sangat menarik untuk meninjau sejarah kantor pos untuk menambahkan wawasan Anda. Karena perusahaan menyukai pihak-pihak yang berkepentingan yang mempunyai wawasan yang luas.

Bagaimana kantor pos pertama dibangun? Kantor pos didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746 oleh seorang Gubernur Jenderal Batavia bernama G. W. Baron van Imhoff.

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan surat menyurat warga, khususnya bagi yang berhubungan dengan kantor-kantor di luar Jawa dan bagi yang datang dari dan pergi ke Belanda.

PT Pos Indonesia kini telah berubah menjadi perusahaan besar untuk sektor pos dengan menggunakan infrastruktur jaringannya di sebagian besar wilayah Indonesia.

Mekanisme kode pos telah dibuat untuk memudahkan penanganan pengiriman pos, di mana setiap wilayah di Indonesia dapat dikenali secara akurat.

Disini kami akan menjawab pertanyaan dari artikel 6 Cara Melamar Kerja Lewat Pos, JNE, dan lainnya mengenai bagaimana Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos? dan Bagaimana Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Po Box?

A. Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos

11 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos

Padahal, sebenarnya ada cara kirim surat melalui JNE, cara mengirim surat melalui TIKI, cara mengirim surat melalui J&T dan beberapa penyedia jasa ekspedisi lainnya hampir sama dengan mengirim melalui kantor pos.

Namun, yang dibandingkan tentu saja biaya dan proses transportasi dari masing-masing layanan.

Meskipun demikian, tampaknya lebih banyak mengirim surat lamaran sering dikirim melalui PO BOX.

Apa perbedaan antara kantor pos dan PO BOX? PO BOX atau singkatan dari Post Office Box sebagai layanan yang memungkinkan Anda mengirim dokumen langsung ke laci kotak surat di kantor pos.

Kotak pos atau PO BOX umumnya dimiliki oleh beberapa perusahaan yang menyewanya kepada Pos Indonesia.

Masing-masing kotak surat ini memiliki nomor dan kunci sehingga tidak ada yang bisa membukanya secara sewenang-wenang. Kunci ini hanya diberikan kepada penyewa, dalam hal ini perusahaan.

Keunggulan layanan PO BOX ini adalah grup perusahaan tidak lagi disibukkan dengan penerimaan surat lamaran yang meroket di waktu yang tidak terduga.

Anda cukup menyewa kotak surat dan mengumpulkan semua surat lamaran di dalamnya dan mengambilnya sekaligus.

Bagaimana cara mengirim surat lamaran melalui kantor pos atau PO BOX? Mari kita baca penjelasan dari artikel berikut ini:

1. Siapkan Dokumen yang akan Dikirim

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos yang pertama yaitu menyiapkan dokumen yang akan dikirimkan.

Dokumen yang akan diproses harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan atau perekrut.

Anda perlu mengecek dokumen apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam amplop map sebelum dikirim melalui kantor pos atau PO Box.

Biasanya, surat lamaran dan curriculum vitae (daftar riwayat hidup) adalah dokumen utama yang harus disiapkan.

Setelah itu diikuti berbagai persyaratan seperti fotokopi ijazah, sertifikat, KTP, surat keterangan sehat, SKCK dan lain-lain. Pastikan kelengkapan dokumen Anda sudah benar.

Untuk surat lamaran kerja, gunakan amplop khusus berwarna coklat yang biasanya tersedia di beberapa toko fotokopi atau toko alat tulis.

Untuk tata cara penulisan alamat pada amplop, di bawah ini adalah contoh format setelah hampir selesai.

2. Tulis atau Mengetik Alamat Perusahaan

Anda bisa menulis atau mengetik alamat perusahaan karena ini termasuk Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos.

Sebelum Anda mengirimkan surat lamaran melalui pos, tentunya Anda harus memasukkan alamat perusahaan sebagai penerima.

Sebaiknya Anda mengetiknya karena akan menampilkan surat lamaran kerja dengan rapi, bersih, dan menarik.

Anda dapat menuliskan alamat perusahaan dan kemudian mencetaknya di atas kertas putih.

Kemudian tempelkan pada sampul surat lamaran. Jangan lupa letakkan di pojok kanan bawah agar terlihat rapi dan sopan.

Tulisan tangan rapi

Jika Anda memutuskan untuk menulis surat lamaran mengunakan tulisan tangan , maka oleh karena itu pastikan seseorang dapat membacanya dengan mudah.

Meskipun hal ini tidak menjadi masalah, pastikan pelamar kerja juga harus menyesuaikannya dengan cara yang diterima perusahaan.

Gambar berikut adalah contoh layout penulisan amplop lamaran melalui pos.

11 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos

Secara umum, pihak yang menerima kerja akan membuat ketentuan tentang cara menulis surat lamaran.

Jika mereka mengizinkan Anda untuk menulis tangan, maka pastikan terlihat rapi dan mudah dibaca oleh seseorang.

Baca juga: Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Benar

3. Menggunakan Amplop Coklat yang Bagus

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos ketiga yaitu menggunakan amplop coklat yang bagus.

Pada umumnya, perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja menentukan berkas yang harus dikirimkan.

Pada umumnya, kirimlah menggunakan amplop berwarna coklat. Sebagai pelamar kerja, Anda harus mematuhi peraturan dan berusaha untuk tidak melanggar peraturan ini.

Selain itu, Anda harus menggunakan amplop berwarna coklat yang masih baru dan tidak kusam.

Meski sepele, hal ini bisa menunjukkan kesiapan kandidat dalam membuat surat lamaran. Tentu saja, masalah awal ini mempengaruhi ketertarikan perusahaan.

4. Urutkan Isi Dokumen

Urutkan isi dokumen merupakan Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos ketiga.

Poin utama selanjutnya adalah Anda perlu memperhatikan isi folder map surat lamaran.

Itu harus diurutkan berdasarkan persyaratan dan dokumen. Hal ini dapat memudahkan pihak pemberi pekerjaan untuk memilah kelengkapannya.

Jika ukuran dokumen tidak sama, Anda dapat menempatkan susunan dengan ukuran terkecil di bagian depan.

Hal ini juga menunjukkan tingkat kerapihan setiap pelamar bahkan menjadi salah satu faktor penerimaan oleh perusahaan.

Baca juga: 10 Urutan Lampiran Lamaran Kerja yang Benar

5. Pakai Paper Clip atau Penjepit

11 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos kelima yaitu menggunakan paper clip atau penjepit untuk dokumen yang akan dikirimkan.

Setelah memastikan bahwa dokumen di dalamnya telah disortir, Anda perlu menggunakan penjepit agar dokumen terlihat rapi dan teratur.

Harus diingat untuk tidak menggunakan warna mencolok karena dapat mengurangi kesopanan kepada perusahaan.

Lebih baik menggunakan paper clip daripada staples, karena dokumen dapat robek selama pengiriman atau selama proses seleksi.

Sebelumnya, pastikan dokumen sudah disortir dan siap dikirim ke penerima atau perusahaan.

6. Menggunakan Plastik untuk Membungkus Foto

Menggunakan plastik untuk membungkus pas foto merupakan Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos. Wajar saja, foto merupakan salah satu data yang selalu disertakan dalam semua surat lamaran.

Sebelum mengirimkannya, Anda perlu membundelnya dengan plastik dan kemudian menjepitnya di atas dokumen.

Hal ini penting bagi pelamar agar foto tidak hilang meski berada di dalam amplop.

Anda dapat menggunakan klip plastik dengan ukuran seragam yang sesuai dengan foto.

Usahakan untuk tidak terlalu tinggi karena dapat mengurangi penampilan pelamar dan memberikan kesan rapi. Kemudian cukup tempelkan di atas surat lamaran dengan penjepit.

Baca juga: 8 Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam

7. Masukkan Dokumen ke dalam Map

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos selanjutnya yaitu masukkan dokumen ke dalam Map

Tidak hanya dimasukkan ke dalam amplop, Anda juga bisa mengemasnya dalam folder map, sehingga lebih rapi dan aman.

Jangan lupa untuk memilih warna yang netral agar tetap memberikan kesan hormat pada perusahaan.

Selain itu, Anda dapat memilih folder map yang tidak terlalu berat sehingga Anda dapat mengurangi jumlah beban yang akan dikirimkan ke kantor pos.

Terakhir, jangan lupa untuk mengecek ulang sebelum mengirimkan surat lamaran Anda.

8. Perkiraan Biaya Pengiriman

Memastikan perkiraan biaya pengiriman merupakan Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos kedelapan.

Biaya pengiriman surat lamaran melalui pos, TIKI, JNE, J&T dan lain-lain berbeda tergantung jenis paket dan layanan transportasi.

Lihat batas waktu penerimaan lamaran kerja. Jika memakan waktu lama, Anda bisa mengambil paket transportasi standar dengan harga yang terjangkau, memang akan memakan waktu yang cukup lama.

Lain halnya jika batas waktu penerimaan lamaran pekerjaan tinggal beberapa hari lagi, Anda harus menggunakan jasa ekspres dengan harga yang lebih mahal dengan waktu pengiriman yang cepat.

Untuk memperkirakan biaya, Anda dapat mengunjungi salah satu situs resmi.

Pada umumnya setiap layanan telah menyediakan program berupa formulir untuk memprediksi berapa biaya antara titik awal pengiriman dan titik akhir tujuan pengiriman surat lamaran kerja.

9. Pergi ke kantor pos terdekat

11 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos kesembilan yaitu pergi ke kantor pos terdekat.

Setelah dokumen siap, Anda harus pergi ke kantor pos yang sesuai dengan kode pos tempat tinggal Anda.

Kunjungi salah satu petugas dan tanyakan berapa biaya pengiriman surat dengan menunjukkan tujuan pengiriman.

Pastikan Anda sudah menyiapkan uang yang benar agar petugas tidak repot memberikan uang kembalian.

Sekali lagi, usahakan untuk tidak pergi ke kantor pos pada jam sibuk seperti di awal bulan tepatnya pagi hingga siang hari.

Karena pada umumnya kantor pos sangat penuh dengan beberapa orang yang membayar tagihan dan lain-lain.

Tetapi ketika batas waktu surat lamaran sudah dekat, Anda harus dipaksa untuk mengirimkannya sesegera mungkin, meskipun Anda harus menunggu dalam antrean yang lama.

Setelah Anda menyelesaikan proses pembayaran, Anda akan menerima tanda terima pengiriman yang dapat Anda gunakan untuk memasukkan kode tracking. Kemudian lakukan cara keempat ini.

10. Tracking dengan Nomor Resi atau Pengiriman

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos selanjutnya yaitu tracking dengan nomor resi atau nomor pengiriman.

Sebagian besar perusahaan ekspedisi seperti Pos Indonesia, JNE, TIKI dan J&T telah memberikan fasilitas berupa tracking kepada pelanggannya.

Untuk mulai melacak pengiriman, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama buka website resmi Pos Indonesia, lalu pilih menu untuk melacak kiriman
  2. Kedua, masukkan nomor barcode kiriman. Kemudian masukkan kode keamanan yang sudah disiapkan.

Anda dapat langsung membaca hasil atau status pengiriman surat lamaran kerja lewat pos Anda di monitor yang berisi informasi terkait pengiriman seperti nomor resi pengiriman, lokasi, status, tanggal status, dan informasi tentang status pengiriman.

Tentu saja, siapa pun yang mengirim surat lamaran melalui PO BOX hanya dapat mengetahui kapan surat itu akan tiba di kotak surat saja.

Karena kita tidak tahu kapan pihak perusahaan akan membuka kotak surat.

Kami hanya dapat melanjutkan ke langkah berikutnya sambil menunggu perusahaan menyortir surat yang masuk melalui kotak surat tersebut.

11. Berdoa dan Kirim surat lamaran lagi

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos terakhir yang cukup penting yaitu bedoa dan kirim surat lamaran lagi.

Kebanyakan dari kita meremehkan kekuatan doa. Doa dapat menyejukkan hati dan tidak mudah marah, apalagi jika anda sedang menunggu informasi lamaran pekerjaan setelah mengirimkan surat lamaran anda melalui pos atau PO BOX.

Dengan berdoa kita juga akan menarik Tuhan ke dalam setiap aktivitas yang ada. Hingga kedepannya bisa lebih serius menerima apapun hasil yang dicapai.

Selain berdoa, setelah mengirim surat lamaran Anda bisa mencari lowongan pekerjaan lain dan kemudian mengirim surat lamaran lagi.

Ini berguna untuk meningkatkan peluang atau peluang Anda untuk diterima.

Kami selalu memberikan saran agar tidak terjebak di satu lowongan saja. Paling tidak, Anda harus mencoba sesuatu yang berbeda sehingga Anda dapat memilih jenis pekerjaan yang paling sesuai dengan keahlian Anda.

Baca juga: 7 Contoh Surat Lamaran Kerja Job Fair

B. Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Po Box

11 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos

Sebenarnya pengiriman surat lamaran melalui PO Box hampir sama dengan pengiriman surat melalui pos. Tapi bedanya Anda tidak perlu menulis tujuan alamat secara rinci pada amplop, cukup kode kotak posnya.

Anda pertama-tama pergi ke kantor pos atau agen pos dan mengirimkannya disana.

Pada umumnya para petugas akan menawarkan produk pos kilat khusus atau pos express, Anda dapat memilih salah satunya sesuai dengan yang ditentukan oleh perusahaan.

Setelah memasukkan data, Anda akan menerima tanda terima untuk penerimaan kiriman, yang akan membantu Anda menentukan status kiriman Anda.

Bahkan, langkah pengiriman melalui PO BOX ini sempat membuat beberapa pelamar ragu-ragu.

Karena meningkatnya penipuan terhadap tawaran pekerjaan, beberapa pelamar enggan mengirimkan surat lamaran kerja dengan menggunakan PO BOX.

Bagi perusahaan, bagaimanapun, ini sebenarnya menawarkan keuntungan, karena mereka tidak lagi sibuk menerima surat lamaran kerja.

Apa yang harus dilakukan Anda yaitu perlu berhati-hati dan mengetahui tentang perusahaan tersebut sebelum mengirimkan surat lamaran.

Jadi kalau dirasa bisa dipercaya, tidak ada salahnya mengirimkannya melalui PO BOX.

Pada dasarnya Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Po Box hampir sama dengan pengiriman biasa, yang membedakan hanya Kode PO BOX yang perlu ditulis untuk pengiriman menggunakan metode PO BOX

Contoh Cara Menulis Alamat Surat di Amplop untuk dikirim lewat Po Box

11 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos

Penutup

Melamar pekerjaan merupakan kegiatan yang memakan waktu, uang dan tenaga.

Untuk beberapa pencari kerja, saya berdoa agar Anda mendapatkan pekerjaan sesegera mungkin.

Jangan menyerah, teruslah berusaha mencari pekerjaan.

Semoga dapat membantu Anda memahami proses pengiriman surat secara umum, baik di kantor pos maupun di jasa transportasi lainnya.

Sekian artikel berjudul 11 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Pos, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!