10 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Bagaimana Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja? Tidak diragukan lagi, ada kalanya kita memiliki kebutuhan mendesak yang sulit untuk kita lepaskan.
Hal ini mengakibatkan Anda tidak bisa masuk kerja. Sebenarnya tidak masalah selama Anda sudah izin ke HRD atau atasan Anda untuk izin tidak masuk kerja. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui contoh surat izin tidak kerja.
Dengan surat ini Anda tidak dianggap bolos kerja, tetapi juga sebagai wujud profesionalisme Anda.
Jika Anda tidak tahu contoh dan format surat izin tidak masuk kerja. Jangan khawatir, kami sudah menyiapkan contohnya di bawah ini!
Table of Contents
A. Format Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Format pembuatan surat izin tidak masuk kerja hampir sama dengan surat lainnya.
Saat menulis surat ini, Anda harus tetap berpegang pada formatnya. Sebagai aturan, perusahaan sudah memiliki templat tertentu untuk surat menyurat, termasuk izin tidak masuk kerja.
Berikut ini adalah contoh surat izin tidak masuk kerja yang umum digunakan.
1. Kop Surat
Surat izin tidak masuk kerja dianggap sebagai surat formal, jadi pastikan untuk menyertakan kop surat perusahaan Anda.
Sebagian besar perusahaan juga memiliki template khusus untuk kop surat ini. Jadi pastikan Anda menggunakan kop surat yang biasa digunakan di kantor Anda.
Baca juga: Contoh Izin Datang Terlambat Lewat WhatsApp
2. Pembuka
Surat izin tidak masuk kerja memuat dalam pembukaannya berupa tanggal surat dibuat, perihal, kepada siapa surat ditujukan, dan salam pembuka.
3. Isi atau Badan Surat
Dari segi isi, tentunya Anda perlu fokus pada alasan mengapa Anda mengirimkan surat ini.
Buatlah dengan jelas dan tidak rumit. Pastikan alasan yang Anda gunakan logis dan tidak dibuat-buat.
Juga, masukan informasi pribadi Anda dimulai dengan nama, posisi, departemen, nomor pegawai dan alamat Anda.
Beri tahu mereka berapa lama izin akan berakhir sampai Anda bisa mulai bekerja. Informasi ini dicantumkan agar departemen HRD dan supervisor tahu persis kapan Anda bisa kembali bekerja.
4. Penutup
Pada bagian ini Anda harus mengucapkan terima kasih dan memberikan salam penutup. Jangan lupa untuk memasukkan nama Anda.
B. Struktur Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Setiap surat formal harus memiliki struktur yang jelas. Begitu juga saat membuat surat izin untuk tidak masuk kerja.
Pastikan Anda membuat surat ijin tidak masuk kerja dalam urutan yang benar, karena ini akan memudahkan pihak yang bersangkutan untuk membaca surat permintaan Anda.
Selain itu, penataan yang benar memungkinkan isi pesan tersampaikan dengan benar. Secara umum susunan surat izin tidak masuk kerja adalah sebagai berikut:
- Tempat dan tanggal penulisan
- Alamat tujuan surat
- Perihal
- Salam pembuka
- Identitas pengirim
- Isi surat
- Salam penutup
- Nama pengirim dan tanda tangan
Baca juga: Cara Membuat Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja
C. Poin Penting saat Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja
HRD tidak selalu menerima surat izin tidak masuk kerja. Bisa jadi karena Anda tidak menulis surat yang baik.
Pada umumnya karyawan kurang memperhatikan beberapa poin penting saat menulis. Anda tidak ingin HRD menolak, saat membuat surat ijin tidak masuk kerja, pastikan untuk mengingat hal-hal berikut.
1. Ikuti Format Surat
Seperti disebutkan di atas, Anda harus membuat surat izin tidak masuk kerja berdasarkan format surat formal yang beredar di tempat kerja Anda.
2. Isi surat harus singkat dan rinci
Tidak perlu menulis alasan panjang lebar tentang alasan Anda tidak masuk kerja. Banyak hal yang bisa dijelaskan secara singkat, misalnya:
- Alasan anda tidak hadir
- Tanggal tidak hadir
- Durasi izin untuk tidak bekerja
- Jika perlu, dokumen keterangan seperti: Surat keterangan dari dokter.
3. Pikirkan alternatif
Dalam beberapa kasus, Anda dapat mempertimbangkan untuk membayar ketidakhadiran Anda dari pekerjaan.
Misalnya, meskipun Anda tidak dapat datang ke kantor, Anda tetap dapat bekerja dari jarak jauh atau menghadiri rapat online, dihubungi jika ada masalah pekerjaan, atau membalas email.
Atau alternatif lain yang bisa dipertimbangkan adalah dengan menyatakan siapa yang sementara menggantikan pekerjaan Anda selama Anda tidak turun masuk kerja.
Baca juga: Contoh Izin Sakit Kerja Lewat Whatsapp
D. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Ketika Anda ingin menulis surat izin tidak masuk kerja tetapi masih ragu untuk menulis atau mungkin mengisi formulir.
Jangan khawatir, contoh surat izin tidak masuk kerja ini bisa jadi refenresi anda.
1. Contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit
Mengambil izin sakit adalah hal yang biasa dan sangat manusiawi untuk dilakukan. Setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda untuk mengajukan izin sakit.
Beberapa perusahaan diharuskan menyertakan surat dokter, tetapi beberapa yang lain tidak memerlukan surat dokter jika izinnya tidak lebih dari satu hari.
Contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit di atas mungkin bisa menjadi rekomendasi Anda.
2. Contoh surat izin tidak masuk kerja karena masalah mendadak
Tidak dapat disangkal bahwa ada banyak masalah yang muncul secara tiba-tiba dan kita umumnya tidak dapat menerima atau menundanya.
Seperti bagian dari keluarga atau kerabat yang meninggal dunia. Jenis urusan ini juga dapat mencegah kita masuk kerja dan menyelesaikan semua pekerjaan.
Jika Anda mengalami urusan ini, berikut adalah contoh surat izin tidak masuk kerja untuk dikirimkan kepada manajer Anda di perusahaan tersebut.
3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Menikah
Saat hari pernikahan mendekat, anggota karyawan akan meminta izin tidak masuk kerja untuk mempersiapkan semua kebutuhan di hari pernikahan.
Anda kemudian dapat mengajukan izin untuk tidak masuk kerja karena Anda akan menikah dengan menggunakan template di atas.
4. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga
Alasan urusan keluarga seperti pernikahan, persalinan, dan urusan anggota keluarga lainnya adalah alasan umum yang sering dilakukan oleh pekerja untuk tidak masuk kerja.
Jika Anda memiliki urusan keluarga yang sifatnya tidak bisa ditinggalkan, Anda bisa menggunakan contoh surat izin tidak masuk kerja seperti contoh di atas.
5. Contoh Surat Izin tidak Masuk Kerja karena Melahirkan
Untuk kamu yang saat ini sedang menunggu si kecil datang, kamu juga bisa meminta cuti kerja untuk persiapan kelahiran.
Sedikit saran, sebaiknya Anda mengirimkan surat ini jauh-jauh hari agar perusahaan bisa berburu cadangan untuk sementara waktu.
6. Contoh Surat Izin tidak Masuk Kerja karena urusan yang penting
Terkadang kita memiliki urusan penting di luar perusahaan yang tidak bisa diabaikan.
Misalnya, sebagai wali dari kerabat dekat atau untuk membantu menyelesaikan perselisihan atau mengurus keperluan anak sekolah.
Selama proses penyelesaian, kita sering kali harus menghadiri pertemuan tatap muka yang penting dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti: kuasa Hukum.
7. Contoh Surat Izin tidak Masuk Kerja untuk Keadaan Darurat
Kondisi darurat di sini adalah kondisi yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat mempengaruhi produktivitas Anda. Seperti kecelakaan dan anggota keluarga ada keperluan penting.
Jika pekerjaan tidak dapat dilanjutkan dengan kondusif, Anda dapat meminta surat ijin tidak masuk kerja baik secara langsung maupun melalui email.
Tidak masalah jika terlambat selama asalannya jelas dan dapat diterima.
8. Contoh Surat Izin tidak Masuk Kerja untuk Bencana
Bencana sebagai sesuatu yang terjadi tidak dapat diketahui ketika itu terjadi. Bagi Anda yang berpedoman pada work from home dan terjebak di tengah bencana alam seperti banjir atau tanah longsor, mobilisasi pasti sulit.
Anda dapat mengirim surat ketidakhadiran kepada manajer Anda atau ke departemen sumber daya manusia Anda.
Alasan yang satu ini masih bisa diterima karena kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan ketika harus tetap bekerja.
9. Contoh Surat Izin tidak Masuk Kerja untuk kegiatan keagamaan
Perayaan keagamaan dalam kalender diperingati sebagai hari libur nasional. Namun, ada juga kegiatan keagamaan yang harus dilakukan dan tidak tercantum dalam kalender.
Jika Anda memiliki kegiatan keagamaan dalam waktu dekat dan bukan hari libur umum, Anda dapat mengajukan cuti kerja. Artinya, tugas masih aman, dan layanan juga dapat dilanjutkan.
10. Contoh Surat Izin tidak Masuk Kerja karena jadwal pemeriksaan kesehatan
Kemungkinan beberapa dari Anda telah menjalani operasi atau memiliki agenda pemeriksaan kesehatan rutin. Jika dokter menyusun agenda pada jam kerja, Anda juga harus hadir.
Oleh karena itu Anda dapat mengirimkan surat keterangan tidak mampu untuk bekerja beberapa hari sebelum pemeriksaan kesehatan. Bahkan izin 1/2 hari pun tidak masalah.
Ini adalah contoh surat cuti kerja yang bisa menjadi rujukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Karena dengan adanya surat ini, Anda bisa tetap beraktivitas di luar kantor tanpa memikirkan hukumannya.
Penutup
Contoh surat izin tidak masuk kerja ini bisa dijadikan rekomendasi jika Anda tidak bisa masuk kantor.
Jangan biarkan diri Anda menyalahgunakan karena jika Anda ketahuan berbohong dan tidak masuk kerja, maka kredibilitas Anda di mata HRD akan buruk.
Sekian artikel berjudul 10 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, semoga bermanfaat.