Pekerjaan, Gaji dan Tugas Event Organizer

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Event Organizer? Tertarik untuk menjadi Event Organizer? Cari tahu pekerjaan, tanggung jawab, upah, dan kualifikasi Event Organizer.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Event Organizer

A. Tentang Event Organizer

Event Organizer adalah pekerjaan yang membuat dan merancang ide acara agar acara berjalan lancar.

Tugas ini dirasa disukai oleh banyak orang, terutama kaum muda.

Tugas yang memungkinkan menyalurkan hobi dari sisi kreatif. Sebuah tugas yang menuntut seseorang untuk berpikir tanpa batasan kreatif.

Pada dasarnya, pekerjaan dasar dari Event Organizer adalah merencanakan, membuat, dan menjalankan acara. Ia juga memastikan acara berjalan dengan lancar.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Team Leader

B. Tanggung Jawab dan Tugas Event Organizer

Dalam tugas Event Organizer, dipisahkan berdasarkan formasi organisasi yang ada dalam Event Organizer.

Dimana masing-masing pihak memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Berikut ini adalah uraian tugas berdasarkan posisi organisasi Event Organizer.

1. Produser Event Organizer

Tugas Event organizer dari Produser Event Organizer.

Seorang Produser dalam suatu Event Organizer memiliki pekerjaan sebagai penanggung jawab klien. Pastikan dan menjamin acara tersebut berjalan lancar.

Tugas Produser Event Organizer

  • Merencanakan acara
  • Membuat strategi acara.
  • Membuat Jadwal kerja.
  • Mengatur dan merencanakan anggaran.
  • Mengkoordinasikan semua faktor yang mendorong pelaksanaan kegiatan untuk semua pihak, mulai dari aktris hingga sponsor.
  • Melakukan evaluasi pekerjaan.

Tanggung Jawab produser Event Organizer

Produser bertanggung jawab atas pekerjaannya. Sebagai berikut:

  • Mengatur persiapan acara.
  • Menangani masalah yang ada dan menganalisis masalah.
  • Skor web aktivitas untuk menyediakan laporan web acara.

Dalam pekerjaan produser Event Organizer, produser didukung oleh berbagai departemen untuk memberikan dukungan terhadap kelancaran acara.

2. General Affairs Event Organizer

Tugas Event organizer dari General Affairs Event Organizer

Di bawah ini adalah general affairs dalam pekerjaannya sebagai Event Organizer:

  • Review persiapan administrasi teknis dan non teknis acara.
  • Mencatat perkembangan event dari penyiapan hingga waktu pelaksanaan.
  • Mengumpulkan semua laporan yang terkait dengan semua bagian acara untuk bahan evaluasi acara.
  • Mengkaji segala persiapan sarana dan prasarana pendukung semua aspek rangkaian acara.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas General Affair

3. Finance Event Organizer

Tugas Event organizer dari Finance Event Organizer

Berikutnya adalah finance, yang mendukung kinerja produsen. Pekerjaan finance meliputi:

  • Bertanggung jawab penuh dengan urusan – urusan yang berhubungan dengan keuangan bagi produser.
  • Membuat anggaran acara bersama dengan pemimpin lainnya dengan menyesuaikan faktor-faktor berlangsungnya acara.
  • Membuat laporan dana masuk atau keluar.
  • Membuat strategi untuk kelancaran arus keuangan.
  • Menyiapkan pembayaran dan invoice serta bukti pembayaran.
  • Menyimpan atau mengarsipkan tanda terima untuk pembelian atau pengeluaran.
  • Buat skala fokus keuangan.

Seorang finance  bertanggung jawab atas segala hal yang berhubungan dengan keuangan. Mulai dari pemasukan hingga pengeluaran.

Selain itu, ia bertanggung jawab atas semua bukti transaksi pembelian atau pemasaran.

4. Trafic Event Organizer

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Event Organizer

Tugas Event organizer dari Trafic Event Organizer

Yang terakhir adalah trafic yang membantu produser. Pekerjaannya adalah sebagai berikut:

  • Mengumpulkan semua data dan informasi yang relevan tentang jalannya acara.
  • Memantau jalannya acara.
  • Mengumpulkan informasi dan rencana kerja.
  • Menyebarkan informasi dan rencana kerja kepada semua penyelenggara acara, mulai dari aktris hingga petugas keamanan seperti petugas polisi atau personel keamanan lainnya.

5. Production Division Event Organizer

Tugas Event organizer dari Production Division Event Organizer

Dalam acara, pihak Event Organizer memiliki bagian produksi yang melakukan pekerjaan yang sangat penting, yaitu:

Tugas production division di Event Organizer

  • Perencanaan desain, biaya dan peralatan/teknologi panggung.
  • Menyiapkan perlengkapan untuk panggung.
  • Mengatur persiapan panggung dan perlengkapan panggung.
  • Mecari informasi yang mendukung kelengkapan acara tersebut.

Tanggung Jawab production division di Event Organizer

  • Memperhatikan persiapan alat sebagai pendukung acara, seperti pembangkit listrik, lampu, mekanisme suara dan lain-lain.
  • Menjadwalkan semua bagian produksi seperti soundcheck, showtime, dan lainnya.
  • Pastikan keamanan panggung seperti tegangan listrik, ketinggian panggung, dan kesesuaian panggung.

Bagian produksi membutuhkan kerjasama dari semua pihak. Untuk mendapatkan informasi dan data yang sesuai untuk mendukung keamanan panggung.

Departemen produksi memiliki organisasi yang mendukung jalannya produksi. Dengan susunan seperti ini:

a. Production manager Event Organizer

  • Menjadi koordinator semua kegiatan teknis produksi
  • Membuat seluruh rencana produksi
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan produksi secara langsung dengan produser.
  • Berkoordinasi dengan stage manager mengenai masalah teknis yang muncul di panggung.

b. Stage manager Event Organizer

  • Mempertimbangkan untuk mengamankan panggung.
  • Menjaga agar panggung tetap rapi dan bersih.
  • Menyiapkan panggung sesuai dengan kondisi yang diperkirakan sebelumnya.
  • Memantau keamanan, kehadiran, dan kebutuhan peralatan panggung.
  • Menyediaan aksesoris non teknis di atas panggung seperti air minum dalam kemasan.
  • Bertanggung jawab penuh atas kelancaran acara.
  • Memberikan keputusan dan solusi ketika masalah muncul di atas panggung.
  • Pembuatan Peralatan Plotter.
  • Menentukan dan memeriksa kesesuaian panggung dan keamanan panggung untuk keselamatan bersama.

c. Production Runners Event Organizer

  • Temukan informasi tentang di mana mendapatkan persyaratan kebutuhan produksi.
  • Untuk mendapatkan barang yang diperlukan, berkomunikasi langsung dengan manajer produksi.

Seorang Production Runners biasanya seseorang yang memiliki pengetahuan tentang daerah acara. Untuk mendukung kebutuhan mendadak.

6. Back Stage Facilities Event Organizer

Tugas Event organizer dari Back Stage Facilities Event Organizer

  • Memperbaiki dan mempersiapkan pekerjaan di belakang panggung.
  • Menjaga kebersihan di belakang panggung.
  • Menyalurkan semua kebutuhan di belakang panggung dengan lancar.
  • Menyediakan kebutuhan setiap lokasi di belakang panggung.

Kebutuhan akan fasilitas backstage sangat dibutuhkan dan memberikan dukungan untuk performance produksi seperti meja, bangku dan tenda aktor.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Karyawan Kantor

7. Back Stage Security Event Organizer

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Event Organizer

Tugas Event organizer dari Back Stage Security Event Organizer

  • Merencanakan pengamanan semua lokasi panggung.
  • Mengamankan semua lokasi panggung.
  • Melakukan tes sterilisasi panggung terhadap orang-orang yang tidak diwajibkan berada di panggung empat jam sebelum acara dimulai.
  • Mengamankan akses di dalam dan di luar panggung.
  • Mengamankan aktris atau pemain di atas panggung.
  • Menjadi blokade pemirsa yang mengganggu atau memasuki panggung.

8. Production Design Team Event Organizer

Tugas Event organizer dari Production Design Team Event Organizer

Dalam hal ini manajer produksi didukung oleh tim dalam merancang panggung, yang meliputi:

  • Lighting designer
  • Sound designer
  • Sound operator
  • Lighting operator
  • Stage operator
  • Stage builder supervisor.
  • Generator operator
  • Pyrotechnis operator.
  • Multimedia operator.

Posisi di atas bertanggung jawab atas kelancaran acara yang dilaksanakan bersama.

9. Front of House Division Event Organizer

Tugas Event organizer dari Front of House Division Event Organizer

Bagian Front of House Division adalah sisi lapangan yang menentukan lokasi acara.

Bagian ini memiliki koordinasi dengan beberapa pihak seperti polisi, perizinan, pemirsa dan lain-lain.

Posisi ini memiliki struktur organisasi untuk mendukung jalannya acara. Struktur organisasi tersebut meliputi:

Front House Manager Event Organizer

  • Memastikan kelayakan tempat itu.
  • Berkoordinasi dengan pengelola atau pemilik tempat mengenai acara, waktu dan lain-lain.
  • Menetapkan strategi dan mekanisme pengamanan untuk tempat tersebut.
  • Menemukan tenaga kerja yang diperlukan.
  • Berkoordinasi dengan semua faktor yang mendukung kelancaran acara seperti PMK, PPPK dan lain-lain.
  • Memantau dan melakukan tindakan pencegahan di pintu masuk dan lokasi penting lainnya.
  • Menyediakan fasilitas kepda penonton seperti loket tiket, toilet dan tempat parkir.

10. Talent Treatment Divison Event Organizer

Tugas Event organizer dari Talent Treatment Divison Event Organizer

Talent Treatment Divison sebagai posisi yang memenuhi segala macam kebutuhan para performer. Dalam organisasi ini terdapat pengaturan sebagai berikut:

  • Talent Treatment Coordinator yang memenuhi semua kebutuhan performer.
  • Talent security, bekerja mengawal dan menjaga para pemain seperti aktris atau orang lain.
  • Talent Doctor, bekerja untuk melindungi atau menyembuhkan aktris ketika hal-hal terkait kesehatan yang tidak terduga terjadi.

11. Imprseriat Event Organizer

Tugas Event organizer dari Imprseriat Event Organizer

Impereriat sebagai posisi yang mengurus semua perizinan yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah event.

Selain itu, Impereriat juga perlu mengetahui informasi tentang acara, lokasi, kegiatan, MC dan agenda acara hingga satu jam setelah acara.

12. Ticketing Divison Event Organizer

Tugas Event organizer dari Ticketing Divison Event Organizer

Departemen Ticketing Divison memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan tiket masuk untuk banyak penonton. yang bekerja seperti ini:

  • Kelola semua pengeluaran dan pemasukan untuk penjualan tiket.
  • Siapkan jumlah tiket yang sama sesuai kemampuan penonton.
  • Melakukan pengaturan penjualan order tiket.
  • Mengarahkan atau memberikan instruksi atau informasi pada pad tiket.
  • Pantau penjualan tiket di ticket box.

13. Promotion Division Event Organizer

Tugas Event organizer dari Promotion Division Event Organizer

Departemen Promosi adalah bagian yang mengelola kegiatan promosi pada acara tersebut. Yang mengatur rencana promosi, desain, materi promosi dan lainnya.

Di satu titik sebenarnya tidak mudah bagi pihak penyelenggara untuk menyelenggarakan sebuah acara besar. Banyak karyawan yang menentukan sukses tidaknya suatu acara.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Account Officer

C. Gaji dan Tunjangan Event Organizer

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Event Organizer

Gaji di perusahaan Event Organizer saat ini bervariasi tergantung di mana dan apa kebijakan perusahaan.

Umumnya, jika staf Event Organizer, mereka menerima upah rata-rata Rp 3.000.000 per bulan. Belum ada bonus tambahan.

Jika seorang freelancer mendapatkan gaji harian rata-rata Rp 250.000 hingga Rp 300.000.

Untuk tunjangan akan disesuaikan dengan perusahaan tempat karyawan bekerja.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Promotor Sales

D. Syarat Dan Kualifikasi Event Organizer

Persyaratannya tentu berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Sama sesuai standar masing-masing yang telah diputuskan.

Berikut ini adalah contoh persyaratan umum yang digunakan oleh beberapa perusahaan untuk mempekerjakan karyawan.

1. Pendidikan dan Pengalaman

  • Pria atau wanita maksimal 28 tahun.
  • Setidaknya pendidikan S1 jurusan komunikasi atau sejenisnya.
  • Anda memiliki satu tahun pengalaman di industri serupa.
  • Dapat beradaptasi dengan cepat.
  • Pekerja yang keras.

Di atas adalah contoh persyaratan umum jika Anda ingin menjadi karyawan Event Organizer di sebuah perusahaan.

2. Skill dan Kemampuan

Tentu saja, tidak hanya persyaratan administrasi umum yang diperlukan. Namun harus didukung oleh kemampuan atau skill seseorang.

Berikut adalah contoh keterampilan atau kekuatan yang harus Anda miliki:

  • Beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan baru.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Lincah, cepat dan teliti.
  • Dapat mengatasi stres kerja.
  • Memiliki disiplin yang tinggi.

Setidaknya Anda harus memiliki beberapa skill atau kekuatan seperti di atas. Karena pada dasarnya, penyelenggara momen akan menghadapi banyak orang.

Jika anda ingin membuat Event organizer bisa melihat video dibawah ini

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer Keuangan

Kesimpulan

Event organizer sebagai tugas tim yang paling fokus pada tujuan yang tinggi.

Event organizer saat ini memikul banyak tanggung jawab untuk acara yang berlangsung. Jika Anda sabar, gaji yang anda kumpulkan bisa tinggi.

Tertarik untuk menjadi Event organizer? Persiapkan dirimu.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang tugas Event organizer. Semoga Pekerjaan, Gaji dan Tugas Event Organizer bermanfaat bagi kita semua.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!